KOK MAU JADI PNS? YAKIN?


Di sini siapa yang lagi daftar CPNS 2017?

Kalau di lingkungan aku, wuiihh pada heboh :mrgreen: Heboh pertama adalah ketika pembukaan CPNS Kementerian Hukum Dan HAM. Saking hebohnya, yang aku dengar jumlah pendaftar onlinenya saja mencapai lebih dari 1 juta orang! Udah daftar online, masih lagi dipaparkan yang telah lulus administrasi, untuk jenjang Strata 1 dan kedokteran aja pengumumannya sampa 4411 halaman dengan setiap halamannya berjumlahΒ  47 orang atau kurang lebih ada 207.317 pelamar yang akan bersaing memperebutkan posisi yang 500 tempat aja gak ada. Belum lagi untuk jenjang D3 dan SMAnya.

Lanjut lagi hari selasa kemaren beredar di Whatsap group tentang pembukaan formasi CPNS serentak diseluruh kementerian yang langsung dibilang HOAX. Kemudian siang harinya langsung bertebaran pengumuman penerimaan CPNS disetiap kementerian. Nah, saking hebohnya penerimaan CPNS ini berita benarpun dibuat HOAX. Mungkin yang buat hoaxnya takut saingannya banyak jadi menyebarkan berita hoax πŸ˜›

Kemudian keluarga heboh, kemudian para alumni heboh dan kemudian para temen di kantor heboh. Semua orang heboh untuk berlomba-lomba menjadi PNS baik untuk dirinya sendiri, untuk anaknya, untuk keluarganya, atau untuk tetangganya sampai untuk kenalannya di jalan πŸ˜€

Yang melamar jadi CPNS ini padahal bukan juga orang pengangguran loh. Ada yang udah kerja di Bank, ada yang udah punya usaha kecil-kecilan, ada yang ibu rumah tangga dan merasa udah saatnya dia bisa bekerja karena anaknya udah sekolah, ada yang udah kerja di perusahaan mana gitu cuma mau coba-coba lulus syukur gak lulus ya udahlah πŸ˜›

Waah, ternyata pekerjaan PNS ini masih menarik minat banyak orang ya. Terumana di lingkungan tempat aku deh sekarang yang aku rasakan.

TAPI tunggu dulu, beneran itu mau jadi PNS? Gajinya kecil loh! Gedean juga bonus harian aku dari MCI πŸ˜› *kemudian promosi* Barusan aku dapat infografis dari detik soal gaji PNS ini.

infografis gaji PNS oleh detik

Walaupun cuma sampe tahun 2015 tapi udah menggambarkan kok gajinya. Soalnya selama pemerintahan jokowi (tahun 2016-2017) gaji PNS gak naek-naek kawan! πŸ˜₯ *nangisdipojokankolongmejakantor*

Si Niee pertama kali dapat gaji itu bulan Maret 2011 dengan besaran gaji 1,8 juta dan cuma dapat 80%nya karena masih CPNS. Jadi total bersih yang didapat itu 1,3 juta ditambah 7000 per hari dikali jumlah hari kerja satu bulan untuk uang makannya. IYA UANG MAKANNYA 7000 perak seharinya *ketawangakak*

Wah itukan dulu Niee, sekarang beda dong! Eitss, gak juga seh πŸ˜› kalau dilihat dari gaji pokok bersih yang aku terima ditransfer setiap bulannya kerekening jumlahnya adalah *drumroll* 2,7 juta sebulan! Untuk status golongan IIIb dengan masa kerja 7 tahun, hihihihi. Ini gampang kok di dapat. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2015 tentang gaji pokok PNS ini udah banyak diupload, jadi kalau mau tahu detailnya tinggal search aja di internet :mrgreen:

Itu yang gajinya 5 juta kalau gak yang udah eselon II (setara dirjen atau Kepala Dinas) atau gak yang udah masa kerjanya 30 tahun! πŸ˜› Kadang kalau hari buruh tiba terus mereka tereak-tereak minta UMR dan UMK dinaekkan sampe 3-4 juta aku tertawa miris sampe ngikik kadang mau nabok. Itu yang lulusan SD-SMP beneran minta gaji segitu gede? :woot: Padahal kalau di Pontianak aja gaji guru non-PNS itu cuma 700ribu loh. IYA gak sampe sejuta! Padahal guru, sekolahnya susah, ngurus anak calon penerus bangsa apalagi! Tapi gajinya kalah dengan BURUH! *eh kok malah ngelantur* πŸ˜›

TAPI, tentu PNS gak cuma mendapatkan gaji pokok donglah ya. Kalau gajinya cuma segitu mana cukup untuk bayar uang sekolah, uang les dan untuk makan di mall kakak! Belum lagi buat vacation setiap bulan di hotel dan ngetrip ke luar negerikan! *eh πŸ˜›

Selain gaji pokok tentu PNS juga dapat tunjangan ini itu (ya tunjangan beras, tunjangan anak, tunjangan istri/suami) ada lagi honor ini itu (buat yang pegang jabatan penting kayak pejabat, atau bendahara, atau apala-apalah) adalagi uang kesejahteraan pegawai, adalagi uang makan (yang tahun ini udah naek jadi 32000, alhamdulillah ya πŸ˜› ) yang tentunya beda daerah beda juga besarannya tergantung dengan kemampuan daerahnya masing-masing. Jadi beda ya total pendapatan PNS di Pontianak misalnya dengan di Jakarta. Atau PNS di Kementerian Kesehatan dengan PNS di Kementerian Keuangan.

PNS juga langsung punya hak di BPJS, langsung dapat dana pensiun di TASPEN. Dan tentu saja sangat mudah untuk mengajukan pinjaman ke Bank atau ngredit rumah di BPN πŸ˜› (woooiii RIBA woooiiii) *meratapi cicilan rumah yang masih 12 tahun lagi*

Jadi tetep masih pengen jadi PNS?

Kata orang jadi PNS itu enak. Tapi jaman udah berubah ya, PNS udah bukan bisa leha-leha kayak dulu lagi. Jadi PNS juga gak kayak dulu yang gak bisa dipecat. Sekarang salah dikit copot jabatan diganti sama orang baru, masalah dikit copot PNSnya gak dibayarkan pensiunnya, macam-macam dikit langsung di penjarakan gak pandang bulu.

INTINYA yang mau jadi PNS ya monggo, tapi jauh-jauh deh fikiran yang bilang jadi PNS itu enak. Dari gaji aja cuma bisa jadi kelas menengah, kalau cuma dari PNS gak mungkinlah orang bisa jadi kaya raya, dari pekerjaannya juga udah sulit sekarang, harus senyum sapa salam kalau gak mau dilaporkan ke Ombudsman :P, harus cekatan, harus punya ide briliant dan berinovasi biar bisa ketemu sama Pak Menteri *eh* dan harus-harus lainnya.

Buat yang tengah berjuang untuk tes CPNS, semangat ya! Kalau gak lulus jangan sedih. Sini kita bisnis sama sama di MCI! *nah loh πŸ˜›

Advertisements

Dibuang Sayang – About


Ceritanya dari pertama kali aku buat blog ini halaman About yang pertama aku buat gak pernah sekalipun aku lirik-lirik apalagi buat mengupdatenya. Pas mau ngupdate yang baru kok ya sayang aja gitu tulisan yang lama ini langsung dirubah tanpa disimpan terlebih dahulu.

Kalau mau direview sedikit ternyata udah banyak yak yang berubah dan berkembang dalam hidup aku dikurang lebih 5 tahun ini (ya ampuuuunnn… udah lima tahun aja loh ternyata >.< )

1. Dari segi tulisan aku masih suka nulis gaya warna-warni (yang males aja aku ngulangnya disini πŸ˜› dan miring-bold sana sini. Ya bisa dibilang seh kerajinan atau ALAY ya. Hihihi.

2. Masih mimpi jadi penulis (walaupun sekarang masih pengen seh buat satu buku aja yang diterbitkan, tapi keinginannya udah rada berkurang banyak seh. Sekarang lebih banyak mikirin anak ntar jadinya apa πŸ˜€ )

3. Baru lulus kuliah, belom masuk kerja (pantesan alay πŸ˜› ) dan semangatnya masih sangat menggebu-gebu gak tentu arah. Hahaha. Sekarang udah kerja 4 tahun, udah merasakan enak gak enaknya jadi PNS (yang aku usahain untuk gak terlalu banyak bercerita di blog soal kerjaan seh yak) dan bahkan barusan dapet SK naek pangkat! Yeaaahhhhh :mrgreen:

4. Masih suka nonton bola! Sekarang Niee? Udah gak sempat lagi kakak! Nonton bola itu menyita waktu dan energi banget! Karena aku gak suka nonton setengah-setengah yang kalau ada tayangan aja baru nonton dan gak ngikutin satu musin rasanya kurang seru yak. Jadi sekarang udah menyerah dengan yang namanya bola. Mungkin ntar kali yak kalau anaknya udah gede aku mau ngikutin lagi nonton bolanya.

5. Yang terakhir menyatakan akunya kurang kerjaan. HOK! Beda bangetkan yak dengan postingan aku yang ini tentang mencari keseimbangan karena merasa waktu sangat berkurang.

So, ini dia ‘Tentang Aku’ yang aku tulisan sekitaran akhir tahun 2010.

***

Melihat banyaknya yang antusias mengklik halaman about milik aku ini *caelah* maka akupun berkepikiran untuk membuat halaman ini rada panjangan. Ini hanya murni agar kalian yang kesasar kehalaman ini cukup senang membaca di sini berlama-lama (kalau perlu sampai seharian πŸ˜† ).

Ok, kita mulai saja lah. TERENG TENG TENG!!!!

Seperti yang telah kita ketahui beramai-ramai nama lengkap aku adalah IRNI IRMAYANI (itu loh dari domainnya aja udah kelihatan kan?) *sokngartes* 😳 Aku anak kedua dari dua bersaudara, beda dengan kakak cuma 2 tahun lebih gitu jadi gak termasuk sejenis anak bungsu yang manja (boleh dicek dikampung sebelah) *nahloh*. Lahir, sekolah SD, SMP, SMA, kuliah dan kerja di Pontianak (baca: membatu di kota yang panas namun sangat kucintai ini :mrgreen: ). Lahirnya sendiri pada tanggal 21 Agustus. Yang mau kasih kado boleh loh, ditunggu malah. *sengajadobold* πŸ˜†

Dulu seh waktu kecil bercita-cita jadi model, secara gitu punya badan yang bohai nan eksotes (mari kita ketawa beramai-ramai) tapi karena gak mau dikenal terlalu banyak orang *alesan* jadi lebih memilih pingin jadi penulis. Sampai sekarang masih mimpi jadi penulis seh, tapi ya gitu deh, gak tahu juga deh, apa deh, hmmmm iya deh *gakjelas*.

Pernah mengenyam pendidikan perkuliahan di Teknik Informatika Universitas Tanjungpura tahun 2006 dan Alhamdulillah udah lulus November 2010. Ceritanya ada aku tulis di sini dan di sono. Lulus kuliah karena gak tahu juga mau kerja apaan jadi nyoba2 aja pas ada pembukaan CPNS tanggal 4 Desember 2010. Eehhh,, yang asal aja gitu ikutan gak tahunya lulus, jadilah aku sekarang berpredikat sebagai CPNS kota Pontianak (waktu nulis ini aku belum masuk kerja, jadi gak tahu gimana kerjanya ntar), hehehe..

Karena aku ingin menjadi anak gaol seantero Pontianak gitu *ampunisaya* jadi aku punya hobi menulis (nah gak nyambung kan!), baca novel (terutama novel yang bengenre fantasi kayak Harry Potter, Narnia, Percy Jackson, ect), nonton film (segala jenis film kecuali film mesum Indonesia *huek*), jalan2, traveling, makan, dan tentunya tidur :mrgreen:

Fans berat dari Manchester United dan Tim Nasional Inggris *bangsai* dari tahun 2002 dan mungkin sekarang pendukung Tim Nas Indonesia juga (bukan karena Ifran Bachdim loh yak!).

Awal mulanya membuat blog ini untuk keperluan curcol aku yang gak bisa kebendung *halah*, hehe. Enggak ding, maunya seh jadi sarana menyuarakan celotehan2 aku yang gak penting tapi dipenting-pentingin πŸ˜€ Makanya blog ini aku namain Celoteh Niee. Niee sendiri diambil dari panggilan aku ni dari Irni *begono*.

Nah, udah tahu kan siapa aku. Kalau masih kurang silahkan tanya beramai-ramai dikolom komentar, pasti akan akan jawab (karena sayah kurang kerjaan).

bye bye..

Catatan Tahun 2012


Haaiiiii,,, Halloooo… Apakabar semuanya?? Mudah-mudahan selalu sehat dan bahagia yak :mrgreen:

Seperti tahun-tahun sebelumnya aku akan membuat tulisan tentang perjalanan aku selama 2012 ini. Sebagai perbandingan yuks intip tulisan aku tahun 2010 di sini (yang aku tulis di Tumblr) dan tahun 2011 di sini (yang ternyata cuma menceritakan tentang perjalanan ngeblogku πŸ˜€ )

***

Bulan januari dimulai dengan perjalanan aku kembali ke Bandung. Kali ini, karena mau mempersiapkan benar untuk kopdaran dengan temen blogger di Bandung aku akhirnya menghubungi Asop. Gak nyangka juga ternyata asop mengundang banyak temen-temen blogger di Bandung yang menjadi temen baru aku sampe sekarang (dan mudah-mudahan sampe seterusnya).

Kopdar bersama Blogger Bandung – Januari 2012

Masuk ke bulan Februari rasanya bulan paling sibuk untuk aku dan keluarga, apalagi kalau bukan untuk mempersiapkan pernikahan kakak aku. Aku yang mendapatkan tugas untuk membuat undangan dan mempersiapkan musiknya Alhamdulillah bisa melaksanakan tugas dengan baik. Dan tentunya pernikahannya berjalan dengan lancar. Semoga pernikahan kakak akan selalu bahagia dan segera dikaruniai momongan *amin* πŸ˜€

Pernikahan Kakak – Februari 2012

Bulan Maret yang awalnya aku persiapkan untuk pergi ke KL (yang dimana tiketnya udah dibeli aja gitu) akhirnya gagal dan malah ‘dipaksa’ ibu pergi ke Sanggau disaat abang aku ulangtahun pada tanggal 25 Maret. Galau dong, untungnya bisa melarikan diri pulang ke Pontianak di hari yang pas 😳

Bulan Juni akhirnya hal yang aku tunggu-tunggu untuk peningkatan ‘status’ dalam pekerjaan aku datang. Yak, pas bulan ini aku menjalani salah satu syarat menjadi pegawai antah berantah Β dan melepaskan title Calon. Apalagi kalau bukan prajabatan!

Prajabatan ini berlangsung 3 minggu lebih gitu deh, dan yang menyenangkan dari kegiatan ini adalah aku diasramakan (walaupun kebanyakan kabur dari asrama seh πŸ˜† ) dimana kalau diasramakan itu akan lebih bisa dekat sama temen-temen aja gitu rasanya. Apalagi setelah prajabatan ini kami memutuskan untuk membuat arisan Prajabatan. Bukan untuk uangnya seh, tapi lebih kepada untuk kumpul barengnya dan membagi informasi antar instansi (yang dimana kita emang gak ada yang satu kantor kan yak).

Prajabatan - Juni 2012
Prajabatan – Juni 2012

Masuk ke bulan Juli seperti biasa aku diundang lagi untuk tugas kenegaraan yang entah apa orang pusat itu suka banget dengan Bandung jadi ke Bandung lagi. Karena pertemuannya hari senin jadi aku dari hari sabtu udah ke Jakarta duluan untuk jalan-jalan dan tentu saja KOPDARAN! Kali ini aku bisa menggaet Una dan Bunda untuk kopdaran di Sarina, Titi Sari untuk menemankan aku jalan-jalan di Bogor, dan pas di Bandung berhasil kopdaran lagi dengan para blogger Bandung.

Una, Aku dan Bunda :)
Una, Aku dan Bunda , Sarina – Juli 2012
Si manis Tiesa a.k.a Titi Sari
Kopdar dengan Titi, Bogor Juli 2012
Picture by teh Erry
Bandung Juli 2012

Bulan Oktober adalah salah satu bulan yang bisa dibilang penting dalam hidup aku. Yaks, pada bulan ini aku DILAMAR! 😳 Mudah-mudahan rencana kami berdua (aku dan abang) beserta keluarga bisa terlaksana dengan lancar pada tahun depan yak *amin* πŸ™‚

Lamaran Niee – Oktober 2012

Bulan Oktober ini juga aku akhirnya memberanikan diri untuk memulai usaha baru yaitu membuat online shop. Alhamdulilah seh sudah mulai ada pembelinya walaupun belum rame. Ya salah satu resolusi tahun 2013 aku adalah untuk lebih fokus mengembangkan usaha aku ini. Mudah-mudahan bisa makin maju dan pendapatannya lebih besar dari gaji aku gitu deh πŸ˜› Kalau udah bisa lebih besar dari gaji kan siapa tahu aku bisa pensiun dini πŸ˜‰

Masuk bulan terakhir di tahun ini akhirnya aku bisa memenuhi janji aku kepada ibu yang telah lama rasanya belum sempat terealisasi. Yak, apalagi kalau bukan mengajak ibu jalan-jalan ke Jakarta dan Bandung. Pas di Jakarta juga sempat-sempatin untuk ke pernikahan Deva dan bertemu dengan Divia untuk minta bantuin foto prewed πŸ˜€

Kawah Putih, Desember 2012
Kawah Putih, Desember 2012
Ancol with Divia - Desember 2012
Ancol with Divia – Desember 2012
Resepsi Pernikahan Deva dan Hendra
Resepsi Pernikahan Deva dan Hendra – Desember 2012

Cerita lengkapnya tahun depan aja yak :mrgreen: Di bulan ini juga akhirnya setelah 1 tahun 11 bulan masa penantian aku melepaskan title ‘Calon’ dari pangkat di pegawai aku. Mulai bulan depan sudah bisa dapet gaji 100% dong!! *BANZAI* *jogedjogedpisang*

***

Yak, itulah sepenggal cerita dari kehidupan aku ditahun 2012 ini. Doa aku untuk tahun depan ya mudah-mudahan lebih baik dari tahun ini dan segala apa yang aku rencanakan baik yang besar (pernikahan) maupun yang kecil dapat berjalan dengan lancar.

HAPPY NEW YEAR EVERY BODY!!

*tiup terompet*

Moratorium Pegawai


Haaiiiii… Halooo.. Apakabar semuanya?? Udah lama berfikir untuk menjadikan salah satu tema blog ini tentang lika-liku dunia pegawai. Etapi kok kalau mulai nulis dan ngomongin ini males bener yak, rasanya kurang menarik aja gitu πŸ˜› Nah, mumpung lagi mau nulis tentang tema ini, yuks mari mendengarkan pendapat niee tentang salah satu topik yang tahun 2011 lalu sangat hangat didengungkan oleh kementerian (dalam hal ini aku lebih sering menyebutnya orang pusat) apalagi kalau bukan (seperti judul yang aku tulis) Moratorium.

Moratorium pegawai adalah penghentian sementara perekrutan pegawai negeri sipil yang menurut berita di website Menpan sendiri di sini akan BARU berakhir pada Desember 2012. Padahal kenyataannya yang aku lihat sudah tuh ada ngerekrut pegawai dari pertengahan tahun 2012.

Para Pegawai Antah Berantah :mrgreen:

Sebenarnya perlu gak seh moratorium ini diberlakukan? Pendapat aku perlu gak perlu seh. Tergantung apa yang akan digantung *eh*

Kebanyakan masyarakat akan bilang : “bagus tuh, PNS kan banyak yang kurang kerjaan, buktinya banyak yang sering bolos, nganggur dan banyak hal negatif lainnya”. Kenyataannya? Ya bisa iya bisa gak seh (lah si niee gantung terus ngomongnya πŸ˜› )

Harus dilihat kasus berkasus seh. Misalnya, kalau untuk administrasi menurut aku pegawai itu sudah sangat cukup dan kadang malah berlebihan. Ini yang perlu diberlakukan moratorium. Sedangkan untuk pegawai fungsional seperti kalau di bidang aku dokter, perawat atau bidan serta (nambah deh) guru rasanya kurang pas lah moratorium ini diberlakukan.

Bayangkan aja di daerah aku misalnya, Dokter yang selayaknya di satu Puskesmas itu harus kudu wajib ada minimal 2 orang, di sini kenyataannya ada dokter yang pegang 3-4 Puskesmas sekaligus! Bidan yang seabrek-abrek kerjaannya (di mana kalau bidan di Puskesmas itu bukan hanya kerja didalam gedung yak! Karena peran Puskesmas itu sebenarnya lebih kepada promotif dan preventif) bisa-bisanya cuma ada 2 di Puskesmas, lah kalau ada Posyandu siapa yang jaga Puskesmas? Guru juga bernasib sama.

Lalu kenapa banyak pegawai di (misalnya) Puskesmas ‘kelihatannya’ kurang bekerja niee? Karena perekrutan yang kurang pas menurut aku.

Misalnya gini, kami dari kantor ini telah menyusun kebutuhan pegawai yang diperlukan itu dokter 5 orang dan berkelebihan tenaga farmasi. Dari kami masuk ke daerah, dari daerah diserahkan ke propinsi dan dari propinsi baru deh ke pusat. Sampai akhirnya keluar perekrutannya akhirnya yang akan diterima itu 5 orang farmasi dan 1 orang dokter. Nah loh! Mau diapakan lagi farmasi itu? Kan sudah lebih, jadinya ‘nganggur’ deh. Mulai deh digosipin kurang kerjaan lagi. Ya emang kurang seh kerjaannya orangnya rame gitu! πŸ˜›

Pendataan yang kurang akurat untuk kebutuhan dan pekerjaan yang menurut aku perlu dibenahi oleh baik di daerah maupun di Pusat. Mungkin dibuat aplikasi khusus untuk pegawai yang datanya diisi oleh daerah yang langsung dilihat oleh pemerintah pusat atau bahkan masyarakat. Kalau pendataan ini sudah baik aku rasanya gak ada lagi deh kelebihan pegawai yang dirasakan sekarang. Perekrutan pegawai negeripun gak perlulah serentak yang jumlahnya luar biasa banyak. Cukup perinstansi yang dikelola dengan transparan dan sesuai dengan keperluan dan yang pasti pendanaan yang seminim mungkin dong yak πŸ˜‰

Jadi intinya moratorium gak bisa diberlakukan untuk seluruh pegawai. Harus dilihat kasus perkasus juga. Kalau disamaratakan untuk seluruh pegawai apakabar daerah yang pegawainya (terutama fungsional) kekurangan?

***

Kalau temen-temen pendapat tentang moratorium ini apa? Yuks share πŸ™‚

ps: ini nulis dikit capek juga yak. Takut salah bo kelebihan ngomong πŸ˜›

ps lagi : Tak bosan-bosan aku untuk mengingatkan agar jangan lupa ikutan GA aku yak temen-temen! https://irniirmayani.wordpress.com/2012/10/31/giveaway-sebuah-permintaan/ bener-bener ditunggu loh kehadirannya secara ‘nyata’ πŸ™‚