Catatan Tahun 2012


Haaiiiii,,, Halloooo… Apakabar semuanya?? Mudah-mudahan selalu sehat dan bahagia yak :mrgreen:

Seperti tahun-tahun sebelumnya aku akan membuat tulisan tentang perjalanan aku selama 2012 ini. Sebagai perbandingan yuks intip tulisan aku tahun 2010 di sini (yang aku tulis di Tumblr) dan tahun 2011 di sini (yang ternyata cuma menceritakan tentang perjalanan ngeblogku πŸ˜€ )

***

Bulan januari dimulai dengan perjalanan aku kembali ke Bandung. Kali ini, karena mau mempersiapkan benar untuk kopdaran dengan temen blogger di Bandung aku akhirnya menghubungi Asop. Gak nyangka juga ternyata asop mengundang banyak temen-temen blogger di Bandung yang menjadi temen baru aku sampe sekarang (dan mudah-mudahan sampe seterusnya).

Kopdar bersama Blogger Bandung – Januari 2012

Masuk ke bulan Februari rasanya bulan paling sibuk untuk aku dan keluarga, apalagi kalau bukan untuk mempersiapkan pernikahan kakak aku. Aku yang mendapatkan tugas untuk membuat undangan dan mempersiapkan musiknya Alhamdulillah bisa melaksanakan tugas dengan baik. Dan tentunya pernikahannya berjalan dengan lancar. Semoga pernikahan kakak akan selalu bahagia dan segera dikaruniai momongan *amin* πŸ˜€

Pernikahan Kakak – Februari 2012

Bulan Maret yang awalnya aku persiapkan untuk pergi ke KL (yang dimana tiketnya udah dibeli aja gitu) akhirnya gagal dan malah ‘dipaksa’ ibu pergi ke Sanggau disaat abang aku ulangtahun pada tanggal 25 Maret. Galau dong, untungnya bisa melarikan diri pulang ke Pontianak di hari yang pas 😳

Bulan Juni akhirnya hal yang aku tunggu-tunggu untuk peningkatan ‘status’ dalam pekerjaan aku datang. Yak, pas bulan ini aku menjalani salah satu syarat menjadi pegawai antah berantah Β dan melepaskan title Calon. Apalagi kalau bukan prajabatan!

Prajabatan ini berlangsung 3 minggu lebih gitu deh, dan yang menyenangkan dari kegiatan ini adalah aku diasramakan (walaupun kebanyakan kabur dari asrama seh πŸ˜† ) dimana kalau diasramakan itu akan lebih bisa dekat sama temen-temen aja gitu rasanya. Apalagi setelah prajabatan ini kami memutuskan untuk membuat arisan Prajabatan. Bukan untuk uangnya seh, tapi lebih kepada untuk kumpul barengnya dan membagi informasi antar instansi (yang dimana kita emang gak ada yang satu kantor kan yak).

Prajabatan - Juni 2012
Prajabatan – Juni 2012

Masuk ke bulan Juli seperti biasa aku diundang lagi untuk tugas kenegaraan yang entah apa orang pusat itu suka banget dengan Bandung jadi ke Bandung lagi. Karena pertemuannya hari senin jadi aku dari hari sabtu udah ke Jakarta duluan untuk jalan-jalan dan tentu saja KOPDARAN! Kali ini aku bisa menggaet Una dan Bunda untuk kopdaran di Sarina, Titi Sari untuk menemankan aku jalan-jalan di Bogor, dan pas di Bandung berhasil kopdaran lagi dengan para blogger Bandung.

Una, Aku dan Bunda :)
Una, Aku dan Bunda , Sarina – Juli 2012
Si manis Tiesa a.k.a Titi Sari
Kopdar dengan Titi, Bogor Juli 2012
Picture by teh Erry
Bandung Juli 2012

Bulan Oktober adalah salah satu bulan yang bisa dibilang penting dalam hidup aku. Yaks, pada bulan ini aku DILAMAR! 😳 Mudah-mudahan rencana kami berdua (aku dan abang) beserta keluarga bisa terlaksana dengan lancar pada tahun depan yak *amin* πŸ™‚

Lamaran Niee – Oktober 2012

Bulan Oktober ini juga aku akhirnya memberanikan diri untuk memulai usaha baru yaitu membuat online shop. Alhamdulilah seh sudah mulai ada pembelinya walaupun belum rame. Ya salah satu resolusi tahun 2013 aku adalah untuk lebih fokus mengembangkan usaha aku ini. Mudah-mudahan bisa makin maju dan pendapatannya lebih besar dari gaji aku gitu deh πŸ˜› Kalau udah bisa lebih besar dari gaji kan siapa tahu aku bisa pensiun dini πŸ˜‰

Masuk bulan terakhir di tahun ini akhirnya aku bisa memenuhi janji aku kepada ibu yang telah lama rasanya belum sempat terealisasi. Yak, apalagi kalau bukan mengajak ibu jalan-jalan ke Jakarta dan Bandung. Pas di Jakarta juga sempat-sempatin untuk ke pernikahan Deva dan bertemu dengan Divia untuk minta bantuin foto prewed πŸ˜€

Kawah Putih, Desember 2012
Kawah Putih, Desember 2012
Ancol with Divia - Desember 2012
Ancol with Divia – Desember 2012
Resepsi Pernikahan Deva dan Hendra
Resepsi Pernikahan Deva dan Hendra – Desember 2012

Cerita lengkapnya tahun depan aja yak :mrgreen: Di bulan ini juga akhirnya setelah 1 tahun 11 bulan masa penantian aku melepaskan title ‘Calon’ dari pangkat di pegawai aku. Mulai bulan depan sudah bisa dapet gaji 100% dong!! *BANZAI* *jogedjogedpisang*

***

Yak, itulah sepenggal cerita dari kehidupan aku ditahun 2012 ini. Doa aku untuk tahun depan ya mudah-mudahan lebih baik dari tahun ini dan segala apa yang aku rencanakan baik yang besar (pernikahan) maupun yang kecil dapat berjalan dengan lancar.

HAPPY NEW YEAR EVERY BODY!!

*tiup terompet*

Advertisements

Prajabatan [IV] Sayonara…


Angkatan XVI Tahun 2012

Akuuuuuu…. Pulaaaaanggggggg…… Ha ha ha haaaa aaaaa…. *nyanyi*

Lebai banget yak, padahal cuma masuk asrama selama tiga minggu dan setiap malam masih bisa keluar untuk makan malam, hihihi.. Tapi ini membuat aku berfikir bahwa aku sama sekali gak bisa kali ya tinggal di asrama. Peraturan dan segala minimnya fasilitas itu sangat membosankan bo.

Langsung membayangkan aja gimana rasanya ngekos gitu. Karena seumur-umur aku tuh gak pernah tinggal di luar rumah untuk menetap. Kalau liburan seh sering, tapi untuk tinggal? Aaahhh,, jadi berfikir gimana ntar pas aku kuliahlagi yak? *membayangkan*

Gak banyak kejadian yang bisa aku ceritain disini. Jadi berfikir aku ini emang orang yang yang terlalu dapat merekam momen yak. Ya, menurut aku seperti biasa aja gitu, kita belajar, main-main, makam-makan dan tentunya foto-foto πŸ˜› Diakhir acara banyak yang nangis untuk meningkalkan temen-temen yang sudah sama-sama selama tiga minggu ini. Tapi aku?? Seperti biasa dong lempeng aja gitu πŸ˜†

Ada kejadian pas hari kedua terakhir gitu deh sebelum ujian widyaiswaranya keren banget cara pendekatan ke peserta diklatnya. Sampe-sampe temen-temen aku nangis gitu dong pada saat dia ngomong dan mengajak kita nyanyi ‘Kemesraan’ bersama. Orang-orang di depan belakang, kanan kiri aku udah pada nangis. Bahkan ada yang sampe terisak-isak gitu deh.selama momen itu aku berfikir hal-hal yang sedih biar bisa nangis. Sampe mikirin yang aneh-aneh daaaaannnnn pas dapet sedihnya (tapi belom mata memerah apalagi mengeluarkan air mata) eh momennya udah selesai dong! *merengut ditepian sungai kapuas*

Walaupun begitu, sebenarnya selama masa diklat ini aku banyak sekali mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru. Terutama pengalaman dan ilmu dari temen-temen aku dari kabupaten sambas. Suka dukanya mereka yang mengajar di daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Juga tentang kebudayaan melayu (bahasa dan sastra) yang terlupakan oleh aku. Bener-bener nambah ilmu deh pokoknya.

Ddduuuhhh,,, bener-bener gak tahu lagi mo nulis apa. Bener neh kata Amel, kalau udah lama gak nulis kehilangan roh dan gaya menulis sendiri yak >.<

Ya udah deh, segitu aja yak kali cerita aku. Dari pada makin gak nyambung aja πŸ˜›

nb: udah hampir fix aku tanggal 14 JULI nanti akan ke Jakarta.. Ayoo temen-temen jakarta kopdaran yuk.. Yang paling lowong seh hari minggunya. Atau hari sabtu siang/sorenya aku mau ke PRJ, siapa tahu ada yang mau kesana juga :mrgreen: Yuk mari Kopdaran!! πŸ™‚

Prajabatan [part III]


Haaaaaiiiiii Haaaalooooo… Apakabar semuanyaaaa???

Masih dalam cerita aku selama prajabatan neh.. Mudah2an gak bosen yak πŸ˜› Lagian emang gak ada cerita apa-apa seh selama seminggu ini, hehehehe…

GAJI 13

Huwaaaaa… yang PEENES mana suaranyaaaaaaaaaa… πŸ˜‰

Jadi pas hari senin kemaren aku dapet kabar dari abangku kalau gaji 13 udah keluar dong *joged-joged pisang* Karena selama ini aku gak ngeh juga gaji aku berapa karena langsung masuk ke rekening dan aku gak pernah lihat maka barulah aku tahu ternyata gaji pokok aku segitu.. Gak sampe digit kedua gitu, *hadeh* hahahahahaha.. Memberikan aku semangat juga seh kalau mau kaya berarti harus mulai memikirkan buka usaha berarti *huphup* πŸ˜‰

Karena aku masih di asrama baru bisa ambil gajinya kemaren hari jumat dan tentunya hari ini adalah hari pembantaiannya *eh πŸ˜› Tapi minggu ke tiga bulan depan aku mau keluar kota jadi ditahan-tahan deh. Mending belanjanya di sana aja kali yaaa,,,

JAKARTA dan BANDUNG

Dan keluar kotanya kemana lagi kalau bukan ke Jakarta dan Bandung, hahahaha. Bukan jalan-jalan seh sebenarnya. Biasalah karena belum bisa ambil cuti jadi memanfaatkan undangan dari pusat. Sebenarnya bosen juga seh diundangnya cuma dua kota itu aja.. Kapan dong keinginan aku terkabul buat pergi ke Batam yak? >.<

Yaaaa,,, disyukuri aja deh.. setelah bosan prajabatan 3 minggu dikasih hadiah jalan-jalan keluar kota lagi. Sebenarnya seh undangannya tanggal 16-19 di Bandung, tapi karena Jakarta lagi ulangtahun pengen juga ke Jakarta. Mungkin aku hari sabtu tanggal 14 Juli pagi udah pergi ke jakarta. Tanggal 16nya baru deh cus ke bandung dan tanggal 19 (hari terakhir) langsung pulang aja coz takut keburu puasa. Ribet aja gitu kalau sampe puasa di luar kota.

So, ada yang bisa di ajak kopdaran dengan waktu yang mepet? πŸ˜‰

TENTANG ASRAMA

Awalnya setiap masuk kelas ada aura semangatnya gitu deh. Hari ini pelajaran apa, mau bahas apa, satu kelompok dengan siapa. Tapiiiiiii,,, pas udah kesini kesininya, masuk ke minggu kedua kok jadi bosen banget yak.

Apalagi orang kantor udah SMS tentang beberapa PR kedepan. Udah membayangin aja gitu pasti 2 minggu pas dikantor sibuk banget. Laporan buat ‘jalan-jalan’ di atas belum dibuat sedikitpun. Belum lagi anak-anak asrama makin banyak maunya.

Sekarang lagi sibuk membahas tentang konsep malam perpisahan. Dibentuklah beberapa orang sebagai panitia dan (untungnya) aku gak kepilih dong πŸ˜› Anggota panitia yang terpilih juga karena faktor dekat dengan siapa gitu, karena aku anggota angkatan garis tepi πŸ˜› makanya aku bisa terlepas *bangsaaaaiiii*

Tapi ternyata panitia yang dibentuk itu rada gak rela juga kerjanya. Kata mereka seh ribet buat ngadainnya *diem* Karena itu mereka memberi ide untuk bagaimana ngadain di hotel aja. WHAAAATTTTSSS!!! Tentu aku gak setuju dong! Ya, menurut aku foya-foya banget hanya sekedar malam keakraban aja sampe di hotel. Alasannya hanya karena gak mau ribet dan makanannya enak lagi, huh! Percuma aja dong pelajaran tentang pelayanan masyarakat dan pelayanan prima menggebu-gebu banget kayaknya protes sama senior, kalau ngurus diri sendiri aja gak rela *kabur sebelum ditoyor sama temen seangkatan* πŸ˜†

***

Yak,, segitu aja deh update aku minggu ini. Maaf banget kalau belum maksimal untuk bw ke blognya temen-temen. Ntar pas udah selesai dan keluar dari asrama akan dicicil sedikit-sedikit pastinya :mrgreen:

Prajabatan [Part II]


Haaaaaiiii… Haaaallooooooo.. Apakabar semuaaaaaaa.. Kangen banget sama temen-temen semua…*elus-elus dasboard*

Udah pernah aku ceritain kan yak dipostingan yang ini kalau aku tanggal 11 JUNI kemaren mulai masuk asrama untuk prajabatan. Nah, pas masuknya aku sama sekali blank loh ini mau ngapain? Yang perlu disiapkan apa-apa aja? Terus berapa hari tinggal diasramanya? Dan yang paling penting jam berapa aku bisa cabut dari asrama buat ke mall? *eh πŸ˜› satu-satunya yang diberitahu adalah pakaian yang harus dibawa *oke deh kakak*

Berbekal beberpa kali ikut pelatihan di luar kota, maka akupun menyiapkan barang bawaan yang sama cuma ditambah kemeja putih sama baju olahraga doang, jam 9 datanglah aku ke diklat dengan membawa motor sendiri (ini rencana untuk kaburnya mateng banget gak seh sampe bawa motor gitu πŸ˜› ) ke Badan Pendidikan Latihan di Pontianak.

Sebelumnya aku masih mikir, aaahhh pas di asrama pasti masih bisa deh bw ke blog temen-temen yang udah aku ikuti. Tapi ternyata gak bisaaaaa donggggg!!! *garuk-garuk tanah* Jadwal di asrama itu padat banget deh, membuat aku yang pemalas ini harus bener-bener menyesuaikan diri *hup-hup goyang-goyangin pinggang*

  • 5 pagi olahraga
  • 6 pagi sarapan
  • 6.30 pagi apel pagi
  • 7.15 pagi masuk kelas sampe 5.45 sore dengan waktu istirahat 3 kali dengan total 1 setengah jam (sekaligus untuk sholat dan makan)
  • 8.30 apel malam

Begitu terus setiap hari >.<

Kalau pas istirahat bener-bener gak bisa ngapai-ngapain deh. Biasanya habis sholat aja udah telat buat masuk kelas.

Nah, jangan sebut aku irni dong kalau gak bisa kabur dari asrama, hahaha *sembunyi dibalik pos satpam* Biasanya, habis magrib kan kosong tuh, selain biasanya ngobrol-ngobrol sama peserta lainnya (dan seharusnya diisi untuk belajar buku yang seabrek-abrek banyaknya), ya kalau udah bosan juga aku jalan aja makan malam diluar :mrgreen:

Ada beberapa hal yang aneh sebenarnya yang terjadi pada saat prajabatan ini dengan aku.

Pertama – pada tahu dong aku ini pemalas banget (malah bangga πŸ˜› ) eh tapi pas pembagian pengurus kelas aku kebagian aja gitu!! *syok* ayooo pada nebak aku jadi apa cobak untuk angkatan XVI di prajabatan ini? Ketua? Oohh tentu tidak! Wakil?? Gak juga ding. Sekretaris? BIG NO!! Capek bo nulis pake tulis tangan semua *manja* bendahara? Ogah, ntar kalau kurang uangnya aku yang nambahin *pelid* πŸ˜† Apa dong niee?? Jadiiiii, jadddddiii Aku jadi TIME KEEPER SAUDARA-SAUDARA!! *teriak pake toa*

Ya, aku langsung protes dong ke ketua angkatan. Lah, tugasnya itu loh mengingatkan para anggota angkatan untuk TEPAT WAKTUΒ  dalam semua kegiatan. Lah, aku sehari-harinya bangun kesiangan terus (5 sampe 10 menit doang seh πŸ˜› ), paling lama masuk kelas karena nongkrong dulu di kamar sambil baca novel, dan paling sering kabur!! Tapi ketua angkatannya tetep kekuh dong. Katanya biar aku semangat jadi rajin *tendang pintu* >.< Ok deh, semoga amanat ini bisa aku laksanakan dengan baik dan benar.

Kedua – Setelah syok jadi time keeper, pas latihan LKBB (dengan ogah-ogahan :P, karena aku dulu pernah semangat mau masuk paskibra tapi gak lulus dan akhirnya jadi model aja *eh ) entah dilihat dari mana aku dipilih untuk jadi pengibar bendera loh!! πŸ™„ terakhir jadi pengibar bendera klo gak salah pas SD deh buat upacara senin deh. Tapi pas ngibarin ternyata aku bagus-bagus aja seh, pasti yang menggagalkan aku buat jadi paskibra akan menyesal banget melihattata cara baris berbaris aku yang oks banget *muntah* πŸ˜† (sstttt,,, minggu depan giliran aku ditunjuk jadi pemimpin apel pagi loh.. Aaahhh, ini orang-orang salah lihat kali yak, hihihi)

Ya gitu dulu deh cerita-cerita tentang prajabnya. Sekarang lagi di rumah, coz hari minggu libur *bangsai* *joged-joged pisang*. Tapi ntar malem juga udah masuk asrama lagi >.< Doakan waktu cepat berlalu yak.. Dari jadwal seh prajabatan ini sampe tanggal 4 JULI. MASIH ADA 2 MINGGU LAGI BOOOKKK!!!!! dan doakan juga aku lulus ya ujiannya, biar jadi ranking satu gitu seangkatan πŸ˜‰

Prajabatan..


Haaaaiiiii Haloooo,,,, Apakabarnya semua??

Aku sekarang lagi syok. Barusan ada SMS dari temen satu angkatan CPNS yang mengabarkan bahwa prajabatan golongan 3 akan dilaksanakan pada tanggal 11 JUNI 2012!! APA??

Serius, aku rada kaget dengan berita yang aku dengar barusan. Emang seh udah ada segelintir berita yang bilang bahwa prajab akan dilaksanakan bulan Juni, tapi kali itu rencananya akan dilakukan pada tanggal 14 JUNI. Menilik dari tanggal segitu dan melihat dari tahun tahun sebelumnya yang biasanya prajab itu mundur bukannya maju akhirnya aku menyiapkan jadwal sedemikian rupa untuk mengadain kegiatan hingga sampe 12 JUNI. Itupun banyak yang mundur hingga akhirnya aku pepetkan sampe tanggal 14 JUNI. Tapi sekarang malahan jadwal prajabnya maju >.<

Jujur, sebenarnya aku memang udah lama menunggu prajabatan ini. Alasan pertama yang terfikir oleh aku adalah kalau aku prajab berarti tanggungjawab pekerjaan aku bisa tinggalkan selama kurang lebih 1 bulan πŸ˜› Alasan kedua tentu aja karena kalau sudah prajabatan gaji aku yang selama ini hanya aku dapet 80% bisa dapet utuh 100% dong akhirnya πŸ˜€ Tapi kalau terlalu mendadak gini dengan pekerjaan yang belum selesai jadi pusing juga ternyata. Apakabar dengan kerjaan aku disetiap awal bulan dan setiap awal trisemester? Jadi berfikir kalau ada yang salah jika prajabatan ini dilakukan pada akhir semester begini. Gak pada hapal apa tuh BKDΒ  banyak laporan yang musti dibuat? Mereka kan juga ada dipemerintahan!! *huuffttt *garuk-garuk tanah*

Sekilas syarat-syarat untuk pendataan prajabatan adalah :

  • surat rekomendasi dari kepala unit kerja
  • surat pernyataan sanggup menginap di asrama
  • surat keterangan dokter dari puskesmas
  • copy askes
  • SK CPNS

Yang aku tunggu-tunggu dari prajab ini selain dua diatasΒ  memang salah satunya lagi adalah menginap di asrama. Entah mengapa rasanya dari jaman sekolah hingga jaman kuliah menginap dengan sesama teman itu menjadi kegiatan yang asyik menurut aku. Namun disisi lain aku jadi mikir juga nanti tidurnya gimana ya? Kamar mandinya gimana ya? Aku harus bawa baju apa aja? Baju yang bisa dibawa baju gimana aja? Kalau baju tidur gimana (soalnya baju tidur aku kan seksi semua πŸ˜› ) dan banyak lagi pertanyaan yang gak penting menurut aku.

Lah gimana gak penting kalau sebenarnya prajabatan itu kan seperti diklat yang akan mempelajari peraturan daerah segambreng-gambreng banyaknya. Belum lagi mulai angkatan aku akan ada pelatihan baris-berbaris dengan TNI gitu.. (huwaaaa,,, gagal deh program pemutihan aku πŸ˜† )

So, apa yang musti aku persiapkan neh? Baju baru perlu beli berapa biji? *eh

SUMBER: