Fantastic Beasts : Ketika Dahaga Terhilangkan


Rasanya udah lama banget ya si irninya gak nulis tentang film yang baru ditonton. Seringnya selain berfikir udah banyak review yang berterbangan di seluruh dunia, beberapa film yang aku tonton belakangan ini emang gak terlalu masuk ke hati kali yak. Bagus filmnya, tapi ya sekedar bagus aja, sampailah ketika aku menonton film ini. INI FILM BAGUS BANGET KAKAK!!

Baca review film terakhir irni: COMIC 8 Kasino King

Cover Film Fantastic Beasts
Cover Film Fantastic Beasts

Sebagai penggemar Harry Potter rasanya ngenes gitu waktu terakhir baca seri bukunya yang ketujuh. Udahlah nunggunya lama banget sampe bertahun-tahun. Belinya pre-order pula, bacanya sedikit-sedikit tapi penasaran banget dan akhirnya sampailah harus merelakan hati ini bahwa bukunya emang udah tamat. Gak akan ada lagi buku-buku selanjutnya (dan eh ternyata ada buku barunya! Dasar kau JK Rowling!😆 ) Tapi sedikit menenangkan hati karena paling gak masih ada filmnya. Film pertama selesai, paling gak ada part 2 nya. Dan akhirnya Harry Potter pun bener-bener usai. By HARRY, kita gak akan ketemu lagi!😥

Harry Potter menurut aku penggambaran dunia sihir pada masa kini yang sempurna banget. Gak kayak kebanyakan film yang menggambarkan penyihir itu gelap (seperti Maleficent misalnya di dunia dogeng) Harry Potter series menggambarkan bahwa penyihir itu dekat dengan kita dan ada disekitar kita, kita aja yang gak menyadarinya. Karena konsep inilah yang dulunya waktu jaman SMP dan SMA aku seneng ngayal seandainya dunia sihir itu bener-bener ada. Atau bagaimana kalau salah satu tetangga aku adalah penyihir hebat, dan yang lainnya. Makanya setelah series itu habis serasa semua khayalan terhempas *lebay*

Pas denger film ini tayang sebernarnya gak ngeh juga ini film apaan. Karena aku jujur aja gak pernah melahap buku-buku pendukung Harry Potter kecuali ketujuh buku utamanya. Karena beberapa kali ngintip di gramed rasanya buku-buku itu aneh gitu, hahahaha. Buku Fantastic Beasts ini juga kalau baca bukunya sekilas emang cuma menjelaskan tentang hewan-hewan di dunia sihir dan di mana kita bisa menemukannya. Bener-bener bukan buku yang bercerita. Tapi pas baca beberapa review dari temen-temen apalagi pas tahu bahwa ini proyeknya JK Rowling dan ada hubungannya dengan Harry Potter si Irni pun semangat banget buat nontonya. AKU HARUS NONTON FILM INI DI BIOSKOP!

Cover Film Fantastic Beasts
Cover Film Fantastic Beasts

JALAN CERITA

Pada tahun 1920an Newt seorang penyihir dari Inggris datang ke Amerika dengan membawa sebuah koper yang berisi penuh dengan binatang-binatang sihir peliharaannya. Ketika hari pertama datang dia kemudian disuguhkan ke depan sebuah demo tentang penolakan penyihir oleh para aktivis. Sialnya pada saat demo sedang berlangsung salah satu peliharaannya malah keluar dari kopernya dan masuk ke dalam sebuah bank di mana Newt harus menangkap kembali binatang tersebut.

Di dalam bank, Newt bertemu dengan Kowalski, seorang yang sedang ingin meminjam uang di bank untuk membuka toko kue. Nasib buruknya kemudian membawa dia mengikuti perburuan Newt untuk mendapatkan hewan peliharaannya hingga mereka disangka akan mencuri uang di bank tersebut. Karena terburu-buru Newtpun ber-disapparate bersama dengan Kowalski dan karena takut kowalski langsung pergi.

Dari kejauhan Tina, seorang ex-Auror melihat gerak-gerik mencurigakan dari Newt dan membawanya ke Kementerian Sihir di Amerika. Dia mencurigai Newt yang membawa koper berisi penuh binatang sihir dan menduga bahwa kejadian beberapa hari belakang ini adalah ulah binatang-binatang itu. Namun, pada saat di cek ternyata koper Newt dan Kowalski tertukar. Beberapa binatang terlepas dari koper dan Newt harus mengembalikan mereka semua masuk ke dalam koper agar tidak tertangkap oleh manusia dan penyihir yang jahat.

Namun benarkah kejadian belakangan ini adalah ulang seekor binatang?

Review

Sekali lagi AKU SUKA BANGET SAMA FILMNYA! Banyak yang bilang rada bosan diawal film aku gak sama sekali tuh! Mungkin aku terlalu kagum dengan penceritaan dunia sihir dari versi orang dewasa dan berbaur dengan Muggle. Seperti juga aku terperangah waktu pertama kali nonton Harry Potter and The Sorcerer’s Stone dengan dunia sihirnya.

Di awal film emang yang aku rasakan adalah JK Rowling bener-bener mengenalkan dunia sihir yang baru. Dunia sihir di luar Hogwarts dan bahkan di luar Inggris. Bagaimana penyihir Amerika berpakaian (yang mana aku asumsikan bahwa mereka lebih berbaur dengan Muggle atau Non-Mag jika menyebutnya di Amerika daripada para penyihir di Inggris), suasana Kementerian Sihirnya yang terasa amat modern (bahkan ini tahun 20an loh) di bandingkan dengan London di tahun 2000an. Bagaimana orang-orang itu bekerja dan bagaimana fikiran-fikiran dan muggle itu melihat ini bener-bener dibagun karakternya di bagian awal film. Aku gak tahu juga film kedua dan seterusnya apakah akan masih bersetting di Amerika atau kembali ke London atau ke negara lainnya, tapi yang pasti JK-Rowling benar-benar berhasil mencabut pemikiran sempit kita di dunia sihir hanya ada di sekitaran London dan menanamkan image baru sihir di belahan dunia manapun.

Karakter Newt sendiri yang diperankan oleh Eddie Redmayne sangat penyihir Hogwarts banget, tipe tertutup yang punya banyak sisi mesteri di dalamnya. Walaupun di dalam bukunya tidak pernah menggambarkan bagaimana karakter Newt itu sendiri, tapi membandingkan karakternya di film dan buku yang akan dituliskannya rasanya cocok sekali dengan kecintaannya yang begitu besar kepada makhluk-makhluk dunia sihir.

Aku juga sangat suka dengan penggambaran isi dalam koper Newt di mana dia merawat hewan-hewannya. Itu sangat MAGIC sekali:mrgreen:

Dan adanya karakter Non-Mag Dan Fogler sebagai Kowalski sangat pas sekali dibuat oleh JK-Rowling. Kita jadi bisa melihat bagaimana reaksi seorang yang bukan penyihir dihadapkan dengan dunia sihir yang begitu fantastic di satu sisi dan begitu kelam di sisi lainnya.

Jadi berapa nilai yang aku berikan untuk film ini? Tentu aja 9,5/10. Kenapa gak 10/10 aja Niee? Karena kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT, hihihihi.

Buat kalian penggemar seri film Harry Potter kalian harus nonton film ini. BUat kalian penggemar film yang bergenre fantasi gini kalian juga harus nonton film ini. Tapi buat kalian yang gak suka genre beginian mending gak nonton seh, ntar nasibnya kayak si abang suami yang dari awal sampe akhir bingung ini film isinya apaan😆

Karena tetep ya dunia hiburan itu masalah selera. Kalau aku seh semua jenis film suka aja, yang ngebedainnya bagus atau gak filmnya.:mrgreen:

fantasticbeasts-4 fantasticbeasts-5

JADI KALIAN MAU NONTON FILM INI ATAU GAK NEH SETELAH BACA REVIEWNYA?😀

ps: seluruh gambar diambil dari twitter dan FB resmi Fantastic Beasts The Movie

Baca juga review film-film lainnya si Irni di sini

Cerita Seputar Kantor (Outbound)


Haaiiii… Haalloooo.. Apakabar semuanyaa?

Udah lama yak si Niee gak ngomongin soal kantor. Sebenarnya emang agak menghindari seh yak ngomong soal kerjaan apalagi di FB. Tapi kalau soal kerjaan yang sifatnya senang senang boleh dong yak didokumentasikan di blog 😆

Outbound

Si Irninya gak ikut foto soalnya lagi mandi >.<
Si Irninya gak ikut foto soalnya lagi mandi >.<

Seperti yang dilaksanakan pada tahun lalu, tahun ini kantor aku kembali ngadain outbound. Tapi berbeda dengan tahun lalu yang isinya cuma para pejabat, tahun ini yang diajakin outbound adalah seluruh staf sampai kepala di kantor. Dari yang tahun lalu aku gak ikutan maen (karena tahun lalu dan tahun ini aku sebagai panitianya seh) tahun ini aku udah niatin banget untuk ikutan maen pas outboundnya. Ternyata menyenangkan banget emang ya. Dan emang semenjak itu keakraban untuk staf di kantor jadi lebih terasa. Jadi lebih menyenangkan. Emang harus deh yak setahun sekali diadain kegiatan semacam ini yang melibatkan semua orang.

Outboundnya sendiri terdiri dari beberapa bagian. Pertama pemanasan dulu terus dilanjutkan dengan permainan untuk mengasah konsentrasi kita semuanya.

Game pertama adalah seluruh orang membuat sebuah lingkaran kemudian disuruh menghitung dari satu sampai berapapun. Yang menarik adalah perhitungan itu sesuai dengan arah tangan yang menyebutkan angkanya. Kalau tangan kanan kita menepuk pundak kiri maka orang yang disebelah kiri yang meneruskan hitungan, tapi kalau sebaliknya berarti orang disebelah kanan yang meneruskan hitungan. Terlihat simple ya, tapi ternyata banyak juga loh yang salah dalam game ini. Berarti kami kebanyakan kurang konsentrasi! >.<

Games konsentasi, ketanggapan dan kecepatan
Games konsentasi, ketanggapan dan kecepatan

Game kedua kita langsung dibagi menjadi beberapa kelompok. Kebetulan aku satu tim dengan kepala dinas dan dia sendirian pula yang cowoknya! Jadilah jadi bahan lelucuan di kelompok *si irni kualat*😛

Yang kedua ini permainannya juga simple sebenarnya, jadi kita berhadapan dengan kelompok lawan. Tiap perorang ditengah-tengahnya ada sebuah bola yang harus direbut oleh setiap orang dari masing-masing tim. Tapi sebelum itu kita diberi instruksi lainnya dulu misal pegang kepala, pegang kuping dan sejenisnya baru deh pas ada aba-aba ambil bola langsung buru-buru rebutan. Tiga kali kesempatan aku dapet bolanya cuma satu kali. Kurang cekatan yak:mrgreen:

permaianan volley bola air
permaianan volley bola air

Game ketiga adalah volley air. Masing-masing tim terdiri dari 6 orang peserta. Setiap dua orang memegang sebuah plastik yang fungsinya adalah melempar dan menangkap bola air tersebut. Jika bolanya pecah, atau jatuh maka yang mendapat poin adalah tim lawan.

Tim aku menang dong pas game ini! Gampil deh ini *sok banget* >D

Nama games ini adalah robot manusia. Ada kayu berbentuk segitiga yang harus dinaiki oleh satu orang (di mana yang naik adalah aku karena paling ‘ringan’ diantara orang lainnya😆 ) dengan 6 tali yang berada di atasnya. Cara permainannya sebenarnya simple, setiap tim harus membawa robot manusia ini dari satu titik ke titik lainnya tanpa menyentuh kayu dan hanya  dengan bantuan tali tersebut.

Kelihatannya ini permainan yang membutuhkan tenaga besar yak. Pas tim aku baru mulai main juga dikecengin karena tim kami cuma punya satu cowok dan tim lawan ada 4 cowoknya. Ternyata gak loh! Ini adalah permainan strategi. Dengan cowok 1 lawan 4 kami bisa menang!😀

Games roda manusia
Games roda manusia

Game selanjutnya adalah robot manusia. Jadi seluruh tim masuk ke dalam sebuah lingkaran dan tujuannya cuma mencapai titik lainnya. Etapi ternyata ini susah loh. Harus bener-bener kerja sama antara orang paling depan dan orang paling belakang. Tim aku susah banget majunya karena kelupaan untuk ‘mengantar’ roda dibagian atasnya.

Seperti foto di atas, game selanjutnya adalah panahan. Aku sendiri gak pernah yang namanya pegang busur dan anak panah. Etapi ternyata seru juga yak maen panahan ini. Aku beberapa kali nyoba ada kena satu kali targetnya, beberapa temen jadi pengen ikut klub panahan segala loh. Kalau aku sendiri seh jauh-jauh lah yak mau masuk klub segala, mau nonton bioskop aja susah kakak sekaraaaanggg *malah curcol*

Yang terakhir ini aku lupa nama gamenya. Permainannya sendiri ada roda-roda yang diatasnya terdapat satu papan. Kita satu tim harus naik ke atas papan-papan tersebut dan harus membawa “sampan” itu menuju ke titik tertentu dengan hanya bantuan kayu panjang yang dijadikan dayungnya. Jika ada yang jatuh dari papan tersebut maka tim nya akan kalah. Permaianan ini tim aku kalah dong, hahahaha. Ternyata susah yak.

Games volley balon
Games volley balon

Setelah seluruh game selesai, diumumkan kelompok mana-mana yang menang dari juara 3-1. Dan ternyata kelompok aku jadi juara satu dong! Hahahahahaha. Rasanya lucu juga karena kami cuma maen-maen aja isinya. Mungkin emang outbound jangan terlalu serius, jadi yang seneng-seneng aja yang menang😛

Pulang dari tempat udah malam dan kami mampir ke sebuah restoran di Mempawah. Udah capek, lelah makan ikan rasanya enak bener!

***

Jadi temen-temen ada gak kegiatan semacam ini di kantornya? Biasanya dalam bentuk apa?

Sudah Cari Penginapan, Mari Kongkow di Tangerang Sampai Kenyang


[ADV]

Siapa sih yang tak tahu Jakarta? Kota dengan segudang aktivitasnya yang begitu padat. Tak hanya menjadi pusat bisnis, industri, politik, maupun kebudayaan, Jakarta juga sering dijadikan tujuan utama bagi para pelancong yang akan mengekplorasi jenis pariwisata di kota ini. Salah satu pusat penghubung transportasi di Jakarta ialah Bandar Udara Soekarno-Hatta. Bandara ini tentu memiliki korelasi yang signifikan dengan pertumbuhan bisnis properti yang cukup pesat, salah satunya hotel.

Mengapa demikian? Zaman sekarang, manusia sudah terbiasa dengan sesuatu yang ‘instan’. Jadi, tak heran saat sampai di bandara, Anda malas menempuh perjalanan jauh lagi hanya untuk mencari hotel karena waktu kunjung yang terbatas. Salah satu cara termudah untuk mencari tahu lebih banyak seputar hotel terdekat dari Bandara Soekarno-Hatta adalah melalui aplikasi traveling seperti Traveloka. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan Anda kunjungi situs ini.

Adapun beberapa hotel terdekat dari Bandara Soerkarno-Hatta diantaranya d’primahotel Airport Jakarta 1A (0.33 kilometer), Jakarta Airport Hotel (0.53 kilometer), POP! Hotel Airport Jakarta (1..87 kilometer), Cengkareng Transit Hotel (1.98 kilometer), Sheraton Bandara Hotel (2.57 kilometer), Hotel Ibis Budget Jakarta Airport (3.09 kilometer), Ibis Styles Jakarta Airport (3.15 kilometer), dan masih banyak lagi.

Berhubung lokasi terdekat Soekarno-Hatta adalah Kota Tangerang, jadi saat Anda merasa bosan di hotel, mungkin Anda bisa kongkow ke beberapa tempat makanan unik berikut ini. So, check this out!

  1. Cafe Hammock Plus

1

Sumber: hipwee.com

Sensasi makan dalam ayunan tentu belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Nah, Cafe Hammock Plus di daerah Sukasari, Tangerang ini menawarkan keunikan yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat makan manapun. Yap, di sini Anda akan menjajal sensasi makan di atas hummock sambil berayun maupun berbaring. Hummock ini dijadikan sebagai pengganti kursi oleh pengelola cafe.

 Selain makanan dan aneka camilan yang di banderol dengan harga yang cukup terjangkau, Cafe Hammock Plus juga menyediakan perpustkaan mini berisi buku-buku serta novel yang bisa Anda baca sambil bersantai di atas hummock. Pokoknya Anda akan di buat betah berlama-lama di tempat ini. Hati-hati, jangan sampai ketiduran ya. Hehe.

  1. Nibbles Cafe

2

Sumber: malesmandi.com

 Nibbles Cafe terletak di Jalan Ciarab No. 1 Tangerang. Di cafe ini, Anda akan menemukan berbagai macam makanan hits kekinian ala anak muda zaman sekarang. Ada black burger & hotdog, steak, kue cubit berbagai varian rasa, indomie goreng bolognese, hingga makanan standar nasi goreng. Minuman yang disajikan cafe ini juga cukup banyak ragamnya dan bisa membuat Anda meleleh. Jika Anda penasaran, segera kunjungi Nibbles Cafe yuk.

  1. Sandwich Attack

3

Sumber: suara.merahputih.com

Lokasi Sandwich Attack cukup strategis, yaitu berada di alun-alun Kota Tangerang. So, jika Anda berkunjung kesini, jangan sampai terlewatkan ya. Konsep berdagang yang di pilih Sandwich Attack serupa dengan food truck, hanya saja menggunakan sebuah mobil, jadi kuliner ini bersifat nomaden alias berpindah-pindah tempat. Dengan harga yang terjangkau, sandwich dengan berbagai varian rasa dan pun ditawarkan mulai dari isi ayam, daging, hingga tuna.

  1. Travelmie

4

Sumber: indonesiana.merahputih.com

Rindu dengan suasana camping? Belum punya waktu luang untuk hiking? Datang saja ke Travelmie yang terletak di Jalan Kisamaun, Tangerang. Konsep unik yang diambil oleh cafe ini adalah menikmati lezatnya indomie di tengah-tengah sebuah perkemahan. Di Travelmie, Anda bisa menyantap nikmatnya indomie sesuai dengan gambar yang ada di bungkusnya loh.

Filosofi Travelmie ialah terinspirasi dari para traveler yang menjadikan indomie sebagai makanan pokok saat traveling. Maka dari itu, cafe ini mewujudkannya tanpa harus membuat Anda berlelah-lelah dahulu mencapai puncak gunung. Berbagai perlengkapan camping pun di tata rapi sesuai dengan kondisi pegunungan. Ada tenda, poster gunung, lampu petromaks, lantai berbatu koral, potongan batang pohon yang dijadikan kursi, hingga tulisan Mdpl khas anak gunung.

  1. Ustrie

5

Sumber: desi-rigamanaya.blogspot.co.id

Sebuah ide kreatif muncul begitu saja pada seorang penggagas cafe yang dinamakan Ind.ustrie. Cafe yang terletak di Bintaro, Tangerang ini terinsipirasi dari kawasan industri yang cukup dominan di Kota Tangerang. Muncul lah ide untuk mewujudkannya dalam sebuah rumah makan dengan konsep yang cukup unik. Meskipun industri pada umumnya jauh dari kesan elegan dan minimalis, namun cafe ini tetap menggunakan desain interior yang terbilang cukup minimalis.

Makanan yang ditawarkan oleh Travelmie diantaranya ramen, cakes, berbagai olahan roti, dessert seperti es krim, hingga katsu. Menu andalan Travelmie adalah Beef Katsudon yang rasanya seperti popcorn chicken. Untuk Anda penggemar kopi, jangan khawatir karena Travelmie juga menyediakan berbagai jenis varian kopi yang menggiurkan. Anda berani coba?

 

Memilih Sekolah si K


Walah, si Irni lagi galau! Galau mau masukin si Kibuw ke sekolah apa! Hahahaha.

Sebenarnya udah dari dulu pengen banget kalau punya anak nyekolahin dia dari umur 3 tahunan. Kalau sekarang lagi musimnya PAUD gitu kali ya nyebutnya. Tapi gak mau juga yang maksain anaknya harus belajar dan jadi pinter banget gitu diusianya yang masih kecil banget. Ya sekolahnya sebagai ajang dia nyari temen aja, bersosialisasi dan nambah kegiatan. Soalnya dilihat dari keseharian si K sekarang ini kok rasanya gitu gitu doang yak.

Pagi-pagi dia udah disibukkan dengan kegiatan rutin mandi untuk siap-siap diantar ke rumah Mbahnya. Selama di rumah Mbahnya dia ya maen-maen sama omnya. Di rumah Mbahnya juga bukan tipe rumah gede yang punya halaman luas yang bisa dia eksplore gitu. Tetep aja seharian diam di dalam rumah bahkan di dalam kamar karena aktifitasnya ya emang di dalam kamar doang. Paling diajak ke teras. Mau ke luar udah jalanan gede, ngeri buat dilepas anaknya.

Paling pas seh dia di rumah neneknya. Orang tua aku. Karena di rumah aku dulu halamannya luas banget ada tamannya gede, di belakang rumah ada kebun bermacam-macam buah, ada ternak juga yang bisa maen-maen. Rumahnya juga di dalam gang jadi bisa maen lari-larian di gang sama anak-anak kecil tetangga yang seumuran ada gitu beberapa. Tapi masalahnya adalah rumah orang tua akunya jauh dari rumah aku sekarang dan tentu jauh dari kantor, makanya gak mungkin dititipin ke rumah neneknya.

Taman di rumah Nenek yang gede banget.
Taman di rumah Nenek yang gede banget.

Jadi solusi yang paling ok menurut aku adalah menyekolahkannya.:mrgreen:

Dari semenjak belum menikah sampai udah punya anak sekarang aku pengen banget masukin anak itu ke playgroup model nasional plus gitu yang isinya nyanyi-nyanyi dan maen-maen pake bahasa Inggris. Si K juga gak asing lagi dengan bahasa Inggris untuk kesehariannya. Lagu-lagu anak-anak bahasa Inggris dia udah lumayan fasih dan hapal semuanya. Nama-nama binatang dia juga gak kebingungan antara nama Indonesia dan Inggrisnya. Menghitung dia lebih lancar bahasa Inggris malah daripada bahasa Indonesia. Untuk mengenal bentuk malah paling parah dah. Dia tahunya circle, dll dan gak tahu sama sekali dengan lingkaran, segi empat, dll😆 . Ya karena itu aku anggap dia siap dong untuk sekolah di Nasional Plus. Terlebih lagi ada satu sekolah Nasional Plus cabang dari Jakarta yang udah buka di Pontianak beberapa tahun yang lalu dan beberapa orang yang aku kenal dan anaknya sekolah disana memuji tentang sekolahnya. Katanya anak-anak mereka sejak masuk ke sekolahnya menjadi lebih berani dan potensinya lebih tergali.

Kinderfield di Pontianak
Kinderfield di Pontianak

Tapi permasalahannya adalah disaat bersamaan aku juga pengen si K paham tentang agama. Karena kalau ngarepin di rumah aku sama si abang gak terlalu agamis juga yak. Bisa dibilang kami hanya melaksanakan hal yang wajib aja semisal sholat, puasa sama ngaji. Aku juga sering seh nyelipin video-video tentang belajar huruf hijaiyah dan si K udah ada beberapa hapal alif ba ta tsa nya, tapi kalau untuk ngajarin si K ngaji aku nyerah dah, takut salah baca tajwid! Gawat dah kalau gitu.

Karena itulah akupun mulai galau. Lihat temen kanan kiri yang anaknya sekolah TK di TK Islam gitu kok keren yak selesai TK udah lulus Iqro’ dan masuk SD kelas 1-2 gitu udah khatam 30 Juz Alqur’an. Jangan sampai karena si K belajar di nasional Plus dia jadinya gak bisa ngaji. Amit Amit dah.

Aku sendiri dulu sekolah di SD Negeri yang belajar agamanya juga 2 jam sehari.  Khatam Al-Qur’an klo gak salah kelas 3 SD gitu lah dan alhamdulillah gak berkesusahan juga dengan belajar agama. Beberapa kali aku juga masuk ke TPA jadi pengetahuan agama lumayan dah. Orang tua aku juga seperti aku seh, yang gak agamis banget ya paling gak yang wajib harus dilaksanakan jangan sampe kagak!

Sekolah Al-Alzhar Pontianak
Sekolah Al-Azhar Pontianak

Sebenarnya ada solusinya yaitu masuk ke rumah-rumah Hafidz gitu. Ada beberapa di dekat rumah aku yang buka. Beberapa anak tetangga dan temen kantor yang anaknya gak sekolah di sekolah Islam masuk ke situ dan katanya seh udah lancar ngaji dan hapal beberapa surah juga. Walaupun gak akan sebaik anak dari sekolah Islam yang kadang bisa bahasa arab juga. Tapi win-win solution deh yak. Dapet nasional plusnya tapi tetep bisa dapet ilmu agama. Walaupun bakalan akan lebih bekerja keras lagi dari anak-anak yang laen.

Sekolah-sekolah tadi kalau mau masuk untuk tahun ajaran 2017/2018 udah mulai buka pendaftarannya mulai sekarang hingga bulan Desember. Jadi walaupun galau aku sudah harus memutuskan mau dimasukkan ke mana si K paling gak sampe awal bulan depan.

So kemanakah si K akan sekolah nantinya? Kita lihat saja nanti. Hihihihi😀

***

Temen-temen ada yang mau masukkan anaknya sekolah juga tahun depan? Mau masuk kemana rencananya?

 

7 Tahapan Membuat Itinerary Liburan


Cieeee, si Irni sok-sokkan buat tips di blog. Padahal mah gak juga jago-jago amat. Tapi lagi-lagi berhubung banyak yang nanya (terutama temen-temen FB) dan males ngomonginnya satu-satu daripada-daripadakan ya mending nulis di blog aja. Lumayan kan bisa dapet ide satu postingan😛

Sebenarnya, dulu waktu mulai suka jalan-jalan aku gak buat itinerary karena gak ngerti juga fungsi itinerary itu buat apaan. Tapi jatohnya pergi sama sekali gak teroganisir dan malah kayak kehilangan arah gitu pas udah sampe di tempat tujuan.

Lama-lama setelah berkenalan dengan namanya itenerary itu, aku suka buat dan makin lama makin detail. Yang namanya tempat tujuan itu di mana, ke sananya naek apa keluar di exit berapa sampai waktu-waktunya juga aku tulis deh. Ke sininya malah lebih nyantai lagi, yang penting udah tahu seminggu mau ke mana aja dan mau ngapain aja, gak perlu detail-detail amat juga gak apa-apa. Tapi tetep dibuat dan dilakukan research lah yak, jangan jadi kayak orang bego aja udah liburan jauh-jauh.

Jadi menurut aku itenerary itu menyesuaikan kondisi aja yang mana yang enaknya, kalau postingan ini pastinya menggambarkan membuat itinerary yang detail yak.

Gambar itenerary yang aku buat untuk liburan aku ke Hongkong, setiap sheet ada detailnya lagi. Kalau pergi ke tempat yang baru pasti buat kayak gini, tapi kalau udah semisal ke Singapore atau KL ya gak dibuat detail, cuma tempat-tempatnya aja. Itenerary ini di kirim ke email dan setiap malam dibaca ulang :D
Gambar itenerary yang aku buat untuk liburan aku ke Hongkong, setiap sheet ada detailnya lagi. Kalau pergi ke tempat yang baru pasti buat kayak gini, tapi kalau udah semisal ke Singapore atau KL ya gak dibuat detail, cuma tempat-tempatnya aja. Itenerary ini di kirim ke email dan setiap malam dibaca ulang😀 [ini buatnya udah dari tahun 2015 loh, hahahaha]
Jadi, ini dia tahapan si Irni membuat itenerary perjalanan liburan:

1. Menentukan Jadwal Pasti Liburan

Ini penting banget untuk menentukan tema liburan kita, apalagi kalau mau pergi ke negera yang 4 musim (Hmm, si Irni seh gak pernah juga yak ke negara 4 musim, jadi didoain aja segera😛 ) Jangan jadi saltum atau bahkan jadi salah persiapannya.

Semisal aku ke Hongkong kemaren, karena udah tahu pasti perginya bulan Juli yang mana lagi musim panas di Hongkong dan kemungkinan besar akan ada badai jadi persiapannya membawa pakaian yang nyaman semisal kaos, bawa kaca mata dan topi karena kemungkinan suhunya sampai 35C, bawa sunblock, payung, dll.

Jadwal yang pasti ini juga berhubungan dengan seberapa lama kita mau liburan. Semisal 7 hari 5 malam, atau 8 hari 7 malam. Karena membuat itinerary yang detail itu sangat bergantung pada jumlah hari liburan kita. Bahkan kalau aku dulu hari apa kita sampai dan hari apa kita pulang juga sangat berpengaruh untuk penentuan lokasi wisata yang akan didatangi.

So, kalau kalian mau buat itinerary yang detail sedetail detailnya, tentu jadwal pasti liburan ini sudah harus ditangan.

2. Menentukan Lokasi Penginapan

Sebenarnya kalau aku pergi liburan, walaupun tiket sudah ditangan semenjak setahun sebelumnya tapi kalau booking hotel selalu maksimal H-sebulan. Ini meminimalisir kerugian kalau gak jadi liburannya juga😛

Tapi walaupun belinya sudah mepet waktunya, tentu lokasi hotel sudah ditentukan jauh hari sebelum itu karena lokasi hotel ini sangat berpengaruh kepada pembuatan itinerary yang sedang aku rancang.

Misal aku pengen pergi ke Garden By The Bay di Singapore, tentu akan sangat berbeda MRT yang aku gunakan jika aku menginap di daerah Bugis atau aku menginap di daerah litle India.

Lokasi penginapan ini juga berpengaruh pada research yang pasti aku lakukan untuk mencari lokasi makanan halal di daerah hotel untuk keperluan aku sarapan atau bahkan makan malam. Maklum ya bo, ini aku liburan selalu bawa balita jadi pagi pasti sarapan dulu di hotel dan malam udah pulang ke hotel lagi karena jadwal tidurnya yang tidak bisa terlalu malam. Jadilah lokasi makanan ini sangat penting.

Lucu dong ya kalau aku ngeresearchnya makanan halal daerah China Town padahal nginepnya di Rochor, gak nyambung!😛

Etapi kadang juga seh aku researchnya kebalik, jadi cari dulu daerah yang mudah mendapatkan makanan halalnya baru deh menentukan hotel yang berada di dekat situ. Tapi kalau pake metode ini kadang susah sendiri karena daerah itu bukan daerah favorit atau daerah yang jauh dari jangkawan tempat-tempat wisata.

Intinya seh kalau aku, kalau kalian pengen bikin itinerary yang detail, lokasi penginapan harus sudah ditangan. Lebih bagus lagi dipastiin aja sekalian hotelnya yang mana jadi bisa buat peta dari hotel ke stasiun MRTnya lewat mana dan seberapa jauh jadi bisa mendapatkan estimasi waktu yang akurat.

3. Menentukan Tempat yang akan dikunjungi

Pertama yang akan aku lakukan untuk menentukan tempat yang akan dikunjungi adalah searching di google dengan keyworld “Tempat wisata di negara/kota x” atau sejenisnya. Adalagi aku akan ngubek-ngubek aplikasi TripAdvisor dan baca-baca review dari orang-orang tempat mana aja yang harus dikunjungi di negara/kota yang akan aku datangi.

Aku akan mencatat SEMUA tempat-tempat yang orang-orang rekomendasikan tersebut. Dari list tersebut aku akan baca lagi reviewnya satu persatu. Bahkan seringnya aku akan melakukan research lagi satu per satu tempat-tempat wisata tersebut. Dari hasil research inilah aku akan mendapatkan list pasti tempat yang aku pengen banget kunjungi. Kalau aku dapat 10 tempat yang aku pengen datangi aku akan masukkan kesepuluh tempat tersebut ke dalam itenerary yang sedang aku susun.

Faktanya di datangi atau tidak kesepuluh tempat tersebut gak jadi masalah. Aku punya pemikiran sendiri dengan gaya itenerary yaitu padat di awal jadwal. Nanti pada saat eksekusinya tinggal diukur aja kondisi kita saat itu apakah mampu mengikuti jadwal yang telah kita susun. Kalau gak mampu ya tinggal dicoret beberapa tempat tujuannya. Toh liburan-liburan kita ini. Kalau capek mendingan tidur di hotel, lah wong ini liburan kok bukan sedang kerja😆

4. Melihat jadwal buka/tutup tempat wisata yang akan dikunjungi

Ini berhubungan juga dengan poin nomor 1 dan poin nomor 3 di atas. Misal kita dari Hongkong sampai di lokasi hari Senin dengan asumsi kita akan di sana selama 7 hari dan pulang melalui Shenzhen. Tentu ini rawan sekali untuk batal karena kalau kita mau berpindah dari Hongkong ke Shenzhen pada hari sabtu, ini berarti kantor imigrasi yang melayani pembuatan VoA kemungkinan besar tutup. Kalaupun tetap memaksakan haruslah kita pergi ke Shenzhen di hari jumat. (update terbaru yang aku baca seh kantor pembuatan VoA Shenzhen dari Hongkong udah ditutup)

Atau semisal kita lagi jalan di Bangkok dan pastinya pengen mengunjungi Wat yang terkenal di sana. Tapi Wat Wat ini ada jadwalnya juga loh. Jangan sampe udah jauh jauh pergi ke sama eh ternyata sedang tutup. Kan bete.

Ini juga berlaku dengan pakaian yang kita kenakan. Beberapa tempat harus menggunakan sepatu untuk bisa masuk. Beberapa tempat seperti kalau mau mengunjungi mesjid harus menggunakan baju yang longgar. Karena akunya kebiasaan kalau jalan pake jeans ya harap maklum kadang gak bisa masuk ke mesjidnya.

5. Membuat jadwal harian kunjungan

Setelah kita tahu jadwal liburan, tahu di mana kita bakalan tinggal, tahu tempat yang akan kita tuju dan tahu jadwal buka/tutup tempat tersebut barulah kita bisa mengutak atik jadwal harian yang kita inginkan.

Saat membuat jadwal harian ini kita juga harus tahu pasti tempat wisata yang dekat satu sama lainnya biar kita gak buang waktu di perjalanan. Jangan sampai kita paginya ke wilayah selatan sorenya kita mau ke wilayah tenggara.

Dengan membuat jadwal harian kita juga bisa menyisipkan tempat tempat yang bukan tujuan utama tapi bisa didatangi karena sekalian lewat. Misal kalau di KL itu tempat sekalian lewat menurut aku itu Central Market. Jadi aku akan menyisipkan 1-2jam dari dua jadwal aku untuk mengunjungi tempat ini. Biasa seh sekalian lewat dan belanja buat beli oleh oleh.

Jadwal harian yang dibuat itu sepadat mungkin. Jangan sampai ada celah. Bahkan kadang aku menghitung juga jadwal untuk istirahat siang buat K. Iyaa. Istirahat juga udah terjadwal! 😅 walaupun padat tapi tetep realistis dong ya. Dihitung juga waktu tunggu dan lama perjalanannya.

Nanti kalau pas kenyataannya waktunya gak cukup atau kitanya yang udah kecapean tinggal di delete beberapa tempat yang pengen-pengen amat kita kunjungi. Sekali lagi toh ini liburan, bukan kejar target kerjaan😀

6. Melakukan research akomodasi dan transportasi

Ini penting banget dong yak. Gak mungkin dong kita mau ke Angkor Wat tapi gak tahu harus pake apa dan gimana caranya. Nah ini berhubungan juga dengan poin nomor 2 tentang memastikan di mana kita menginap.

Kecuali kalian sepergian di sana selalu pake taxi ya lain cerita yak. Etapi jalan sampai dikibulin tukang taxinya juga dong kalau kita gak tahu menahu tempat yang kita tuju. Paling gak kita tahu arah dan situasi deh, jangan pengennya ke gunung eh di ajak ke pantai (kecuali gunung sama pantainya bersebelahan😛 )

Melakukan research fasilitas publik untuk BAYI balita (yang liburan bersama anak balita)

Ini optional deh yak yang bepergian dengan anak balita pasti tahu banget dah betapa ribetnya bawa balita jalan-jalan itu. Sebelum pergi udah banyak persiapannya, ya makanannya lah, minumannya lah jangan sampe kehausan dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui fasilitas untuk bayi dan balita ini tentu membuat kita gak buta arah semisal anaknya perlu ganti diaper atau anaknya lagi pengen nenen dengan emaknya. Kita yang udah tahu fasilitas untuk itu pasti langsung ketempat tujuan gak perlu nanya-nanya lagi. Makanya aku suka searching tempat-tempat beginian dulu pas buat itenerary. Atau kalau gak ada infonya pas datang disuatu tempat mata suka jelalatan dulu dengan simbol anak bayi ganti diaper itu walaupun anaknya belum memerlukan. Naluri deh yak😀

***

 Itulah tahapan-tahapan yang aku lakukan saat itinerary liburan selama ini. Sekali lagi, ini tergantung lagi personal masing-masing deh yak. Tapi sebagain besar mungkin sudah diwakili di sini. jadi yang mau liburan dan masih bingung dan takut untuk jalan-jalan tanpa travel agent ayo dimulai dengan coba-coba membuat itinerarynya. Yakin deh kalau kalian sudah khatam dengan pembuatan ini kalian gak akan takut lagi jalan-jalan tanpa travel. Karena pada saat membuat itinerary kalian akan sudah membayangkan bagaimana situasi di sana🙂

AYO LIBURAN!!:mrgreen:

Untuk Apa Irni Ngeblog?


Ihiyyyy, rasanya saat ngeh bahwa hari ini adalah Hari Blogger Nasional langsung kepikiran bahwa aku harus ngeposting sesuatu buat hari spesial ini yak. Postingannya yang tentunya harus ada berbau-bau dikit dengan blog, gak cuma postingan review drakor, jalan-jalan atau postingan gak jelas seperti biasanya😛 Makanya sekarang aku mau mereview diri sendiri kenapa seorang Irni ngeblog, hahahahahaha *ketahuan banget gak ada ide yahud*:mrgreen:

 

 

Hari Blogger Nasional

Ini dia beberapa alasan kenapa Irni membuat blog, dari pertama ngeblog di blogspot, gonta-ganti domain di wordpress sampailah di blog sekarang ini. So cekidot:

1. Diary Pribadi

Bener-bener sebuah keputusan yang memalukan sebenarnya untuk menjadikan blog sebuah diary pribadi. Bayangin aku dengan seenak hatinya menulis tentang suka sama gebetan, kesel sama senior, bahkan benci sama temen di blog! Emang seh dulu gak ada juga yang baca, tapi sekarang setelah memulai lagi rada seriusin ngeblog biasanya temen-temen pada searching di google dengan keyword tertentu pake nama aku masuknya di blog itu! Bener bener malu deh. Akhirnya untuk menghindari rasa malu aku private aja sekarang blognya, habis mau dihapus kok sayang, hahahahahahaha.

2. Media Mencurahkan Pendapat

Karena sudah merasa malu dengan blog yang isi gak jelas pertama itu, jadinya aku membuat blog baru yang dulu isinya pengennya yang keren-keren aja gitu (keren jaman duluuu, sekarang seh kagak!😛 ). Jadi awal ngeblog di blog ini isinya ngebahas isu politiklah, review film berdasarkan pengamatanlah, pokoknya hal-hal yang beratlah  aku paling suka ngebahasnya.

Kesini-sininya malah lelah sendiri. Ngapain juga ngurusin ini itu unu ana. Mungkin udah masuk ke pemerintahan juga yang membuat lelah (dulukan waktu pertama buat blog masih mahasiswa ya, jiwanya masih suci *halah ). Mungkin juga tahu kalau ngomong di blog gak ada gunanya juga. Mungkin karena udah paham sistem di dunia ini begitu rumitnya sehingga gak usah difikirkan lagi, buih dilautan ini gak akan bisa melakukan perubahan, lebih baik cari seneng seneng aja buat pribadi. *Malah balik curhat*😛

3. Catatan Tempat Liburan

Dulu aku sangat iri dengan orang-orang yang bebas kemana aja sesuka hari mereka. Ya disini gak pernah dibolehin sama orang tua seh yak jalan-jalannya. Sampai sekarang aja masih gak ngerti kenapa ibu selalu aja ngelarang aku untuk jalan-jalan. Alasan logis yang aku dapet mungkin ibu takut buat jalan-jalan itu, karena berfikir yang macem-macem jadinya dia juga takut untuk ngasih anaknya buat jalan-jalan.

Setelah udah punya gaji sendiri dan awal pekerjaan aku emang sering banget untuk berpergian ke luar kota jadilah aku keranjingan buat jalan-jalan. Kalau dulu cuma memperpanjang jaldin dari yang balik hari jumat ke minggu semenjak menikah liburan udah merupakan suatu agenda rutin buat kami bertiga.

Sayang doang yak hasil jalan-jalannya gak dicatatkan di blog. Lumayan kadang kalau mau pergi ke tempat yang sama baca-baca lagi tulisan sendiri sebagai bahan pertimbangan😀

4. Media Catatan Perkembangan Anak

Semenjak menikah dan punya anak emang isi blog ini langsung berubah deh. Dari yang tadinya radikal sekarang isinya cuma remeh temen geje aja, hahahaha. TAPI dengan menuliskan perkembangan anak di blog kita bisa dengan gampang membaca lagi tulisan lama kita kalau terjadi hal-hal yang sama dikemudian hari. Ini juga jadi jimat pribadi kalau nanti punya anak kedua, bisa jadi bahan perbandingan. Karena seperti yang semua orang tahu bahwa catatan di blog itu akan tersimpang selamanya di internet (kecuali wordpress bangkrut kali yak :P)

Aku ngebayangin kalau nanti si K udah gede seneng kali ya dia membaca cerita-ceritanya di blog ini. Karena pengen si K membaca inilah kadang aku sangat menfilter cerita tentang K yang aneh-aneh, takut kalau udah gede anaknya malu bahkan protes ke emaknya kalau udah menceritakan hal-hal aneh dari dirinya di blog, hehehehe.

5. Agar berguna bagi sebagian orang

Niat mulia banget yak, hahahahaha. Tapi beneran loh dari hal-hal kecil yang kita ceritakan di blog kadang sangat membantu orang yang sedang mencari informasi, atau bahkan orang yang sedang mencari teman untuk sekedar berfikir “aahh ternyata ada juga kok orang yang sama dengan aku”. Misal cerita-cerita aku tentang menyusui kadang menjadi inspirasi bagi ibu-ibu yang baru ingin memulai perjuangannya.

Karena aku juga merasa berterimakasih banget kepada blogger-blogger selama ini dalam segala hal kayak review produk, drama, film, blog perjalanan, blog mama-mama dalam mengurus anak dan lain sebagainya, aku juga ingin berbagi sedikit cerita-cerita aku kepada mereka yang mencari informasi tersebut. Timbal balik lah istilahnya:mrgreen:

***

Kira-kira inilah sebagian alasan kenapa aku menulis blog. Kalau temen-temen sekalian ada alasan khusus gak kenapa membuat blog yang sekarang ini?

BTW SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL😉

Kiat yang Patut Dipahami Sebelum Melirik Investasi Berlian


[ADV]

Investasi tidak selalu berupa hal-hal yang sifatnya berat dan memusingkan. Sebenarnya semua orang bisa berinvestasi dengan cara sederhana, termasuk kaum wanita. Selain berinvestasi dengan memiliki perhiasan emas, kaum wanita kini juga semakin cermat dengan memilih investasi berlian.

Investasi berupa cincin berlian wanita memang tampak sederhana. Namun tetap saja kita butuh pengetahuan yang memadai agar bisa terhindar dari risiko kerugian akibat investasi berlian. Beberapa kiat berikut ini patut dipahami sebelum melirik investasi berlian :

picture by Liputan6.com
picture by Liputan6.com

Memilih Model Berlian yang Tepat

Tidak semua model berlian memiliki nilai jual yang tinggi saat dijual kembali nanti. Pada umumnya, berlian dengan potongan bulat atau round adalah jenis berlian yang paling populer dan diminati. Harganya cenderung naik seiring dengan berjalannya waktu.

Warna Berlian Mempengaruhi Harganya

Semakin jernih warna sebuah berlian, maka semakin mahal pula harganya. Berlian yang jernih memiliki kemampuan untuk membiaskan cahaya secara maksimal. Sehingga kilauan warnanya tampak indah dan sangat diminati oleh para kolektor berlian. Hal inilah yang menyebabkan berlian yang warnanya jernih menjadi incaran banyak orang dengan harga yang sangat memuaskan.

Mencermati Kondisi Fisik Berlian

Secara kasat mata, setiap berlian tentu tampak sama. Padahal bila diperhatikan secara teliti, bisa saja sebuah berlian memiliki bentuk yang pecah atau tergores. Sedikit cacat saja pada berlian ternyata berisiko membuat harga berlian tersebut merosot tajam. Kalau ingin mendapatkan berlian dengan kualitas terbaik, alangkah baiknya bila kita mempercayakan pemilihan berlian kepada orang yang sudah ahli.

Memantau Fluktuasi Harga Berlian

Hampir sama seperti harga emas, harga berlian juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Setiap minggu harganya berubah mengikuti harga pasaran. Fluktuasi harga ini yang akan menjadi patokan ketika kita hendak membeli atau menjual berlian. Sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal atau terhindar dari kerugian besar akibat salah perhitungan.

Kalau berencana mengenakan aksesori lain selain cincin berlian, maka kita bisa berburu koleksi cincin yang istimewa di MatahariMall. Koleksi cincin MatahariMall yang super lengkap membat kita leluasa memilih yang sesuai selera dan budget. Saat bosan dengan cincin berlian kesayangan, kita pun bisa beralih ke gaya yang lebih simpel dengan cincin berbahan lain yang kita sukai.