Cerita Katniss


Sebenarnya, kalau mau diikutin dengan cermat, banyak cerita si K yang layak untuk dijadikan bahan cerita. Tapi entah kenapa emaknya ini belakangan ini sangat teramat malas buat nulis blog. Baca blog temen juga cuma seputar blog yang udah di follow aja, jadi gak berkembang dan gak nambah kawan baru >.< Kangen juga seh sebenarnya buat blogwalking kayak dulu lagi, tapi memulainya susah bener yak. Terlebih lagi sekarang udah jarang blogger yang nulis tentang keseharian gitu kan yak. Banyak yang sponsorpost, atau blog khusus pas traveling aja (yang ini menjurus ke aku juga karena cuma nulis pas habis jalan-jalan aja πŸ˜› ) atau blog review. Nah kan jadi susah banget buat nyari temen blogger baru.

Seperti yang aku bilang di atas, cerita si K sebenarnya banyak, tapi kali ini si Niee cerita yang inget aja yak πŸ˜›

MENGGAMBAR

K ini mulai pegang pencil warna sebenarnya udah lama banget. Kayaknya kalau dihitung mundur itu semenjak dia umur 1 tahun udah mulai bisa corat-coret. Karena aku ok-ok aja anak yang corat coret ke dinding rumah ya jadilah si K merajalela kalau mencorat-coret. Apalagi semenjak pindah rumah akhir tahun 2015 lalu di mana dia dengan bebas mencoret dinding kamar, makin senenglah anaknya.

Adalagi momen pas dia suka lihat video di yutube yang nyorat-nyoret tangan pake kuas, emaknya ini ngebeliin tapi kok takut kulit anaknya sensitif yang berujung alergi jadi gak boleh dicoret ke tangan. Alhasil anaknya corat-coret ke buku gambar aja. Kebetulan emang dari dulu si K koleksi buku gambar yang ada stikernya. Ya dulu seh cuma buat maenin stikernya, kalay habis ya bukunya bernasib naas πŸ˜›

Setelah beberapa lama dan puas untuk nyorat-nyoret pake kuas, si anak kembali lagi nyorat-nyoret buku gambarnya dengan pensil. Tapi kalaupun sering nyorat-nyoret kelihatan banget anaknya gak betah. Biasanya emaknya ini ngajarin gimana caranya mewarnai gak pernah di dengar. Suka-suka dia aja gitu kalau mau mewarnai. Dan yang paling kelihatan mencolok adalah dia hanya mau mewarnai satu warna pada satu halaman! Nah loh, kan jelek banget yak. Karena itu akhirnya emaknya inipun berasumsi bahwa si K gak ada bakat di seni gambar πŸ˜›

Memasuki umur ke 3 tahun, emak bapaknya ini berencana membelikan si K meja belajar mugil gitu. Ada gitu kita lihat di Ace Hardware dan harganya lumayan murah juga. Tapi ntah karena apa, sok sibuk banget lah emak bapaknya sampe 3 bulan si K udah ulang tahun tetep aja mejanya gak kebeli. Sampai akhirnya pas aku jalan sama temen-temen Dinas Kesehatan dan lihat meja yang aku pengen beli itu diskon 15% langsung deh aku belikan si K. Walaupun dengan susah payah bawanya sampe ke mobil >.<

, setelah dibelikan meja belajar itu si K seneng banget. Setiap ada waktu luang pasti dia duduk-duduk di meja itu buat mewarnai. Dari yang dulu mewarnainya asal coret-coret aja udah mau mewarnai berwarna gitu. Dari yang dulu semaunya dialah pokoknya, udah mau mewarnainya mengikuti garis yang ada. Ditambah tangannya udah luwes gitu kelihatannya buat pegang pencil.

Beberapa waktu yang lalu juga pas si K dapet oleh-oleh dari temen papanya yang baru pulang dari KL berupa slingbag yang bisa diwarnai gitu, si K udah bisa mewarnai tasnya itu dengan ok banget menurut aku. Jadilah gak sia-sia oleh-olehnya kan. Dan dia dengan sangat bangga banget kalau udah pake tas itu karena dia yang mewarnai tasnya sendiri :mrgreen:

MENYAYI

Udah dari lama seh yak si K ini suka menyanyi. Disetiap kesempatan yang ada pasti dia isi dengan nyanyi. Bahkan mau tidurpun dia nyanyi dulu!

Tapi belakangan ini aku rasa kemampuan menyanyinya si K ini udah meningkat. Dilihat dari dia udah gak cuma nyayi lagu-lagu lulaby yang emaknya kenalkan, tapi sekarang dia udah merambat ke lagu-lagu panjang. Rasanya kemampuan ini meningkat semenjak dia nonton Troll terus-terusan sampe 12367 kali deh πŸ˜›Β  Yang pasti sampe emaknya bosan.

Kalau emaknya bosan dan gak ada faedahnya sama sekali menemani anaknya nonton, tapi buat si K ada hasilnya ternyata loh. Hasilnya adalah dia hapal lagu-lagunya Troll. SEMUANYA! Dia bahkan tahu urutan lagunya dari lagu pertama sampe lagu terakhir. Dia juga tahu adegan disetiap lagu-lagu tersebut. Dan seperti yang aku ceritain di atas bahwa dia bisa menyanyikan lagu-lagu tersebut lengkap mulai dari intro sampe endingnya. Walaupun ucapannya masih gak jelas. Lah emaknya mau benerin ucapannya gak hapal juga gitu, jadi ya gak bisa >.<

Kirain ya menyanyinya hanya sampai di lagu Troll yak. Eh ternyata gak loh! Sekarang dia udah hapal beberapa lagu, termasuk lagu-lagu Frozen. Kalau dulu cuma sebatas tahu Let It Go aja sekarang udah hapas satu lagu lengkap.

jadi mikir pengen masukkan si K les menyanyi. Tapi si K sekarang kegiatannya lagi ngaji, nanti bulan Juli masuk sekolah. Kan emaknya gak mau si K terlalu banyak aktivitas yak (yang membuat emaknya harus bolak balik nganternya πŸ˜› ) jadilah mungkin masuk les musiknya tahun depan aja (kalau anaknya masih suka, hihihi)

BERDANDAN

Hahaha, ini asli random banget dah si K. Jadi setiap pagi itu dia suka ngelihatin emaknya ini dandan kalau mau kerja. Padahal emaknya ini cuma dandan biasa aja kok, yang standar lah. Dibilang bisa dandan mah jauuuhh. Gak paham juga dengan dunia permakeupan. Tapi emang dasar anaknya ini cepet banget nangkap gerak-gerik orang tuanya jadi dia bisa hapal gitu urutan aku dandan. Dan ujung-ujungnya dia bisa melakukannya sendiri! Mudah-mudahan nanti udah gede gak jadi genit pake dandan menor ya K, hihihi.

BERBICARA

Nah, ini kayaknya kemampuan paling mutahir si K. Ada aja yang bisa diomongkannya. Kalau sama emak bapaknya udah biasa lah ya. Ini bahkan dia sering ngajak bicara sama temen-temen atau orang yang dia ketemu di tempat bermain gitu. Walaupun emaknya jadi agak tenang sedikit paling gak ntar sekolah dia bisa bersosialisasi dengan baik dengan temen-temen di sekolahnya, tapi kalau dilihat dari umurnya neh kok anak banyak banget ngomongnya yak πŸ˜›

Rasanya gak ada kalimat atau kata yang dia belum tau, dan kalau dia belum ngerti pasti dia akan tanya sampe dia menemukan jawaban yang memuaskannya! Contohnya kayak aku malam mulai Ramadhan kan taraweh di rumah sementara bapaknya di Mesjid. Jadikan yang biasanya sholat yang dilihatnya cuma 4 rakaat gitu jadi banyak langsung deh dia tanyain “kok mama sholat terus-sholat terus ma?” dijawab sholat teraweh dia masih gak puas. Dijawab kalau bulan puasa itu harus sholat malam yang namanya teraweh dia masih kurang puas juga. Sampai akhirnya emaknya ngajakin dia puasa yang artinya gak makan gak minum baru dia bilang “katniss kan masih kecil, belum bisa puasa ma” baru dia berenti nanya πŸ˜›

Ohiya, soal jawab omongan orang si K ini juara banget dah. Misalnya diajak tidur terus anaknya gak tidur-tidur sampe emaknya ngedumel. Terus dengan santai dia jawab “mama lupa bacain katniss cerita, makanya katniss gak bobo ma” *hadeh* padahal baca ceritanya juga gak setiap hari kan yak. Terus kalau diajak mandi pagi, ada aja asalannya buat ngambar satu halaman dulu lah, maen sekali dulu lah, sampai nyanyi forzen dulu lah. Gak kebayang ntar sekolah gurunya dijawab terus kali yak.

***

Ok, segini dulu updatean tentang si K ya. Bye! :*

Satu Langkah Kecil


Ya, satu langkah kecil lagi dikehidupan si K. Anaknya akan sekolah 2 bulan kedepan!

Yeah, akhirnya si Irni emaknya udah memutuskan mau masukkan si K ke sekolah mana. Hmm, sebenarnya dari awal emang udah cendrung ke salah satu jenis sekolah seh. Cuma mau menyakinkan diri sendiri aja apa bener pilihannya. Dan karena si K masih ok-ok aja belajar ngajinya (btw, sekarang si K udah masuk Iqro’ 2 loh, cuma dalam waktu 2 bulan belajar ngaji! :mrgreen: ) jadi makin yakinlah masukkan si K ke sekolah Nasional pluss aja.

Lagian, si Irni emang kalau mau sesuatu udah difikirkan dari jauh-jauh hari sebelumnya seh yak. Anaknya mau diarahkan kuliah dimana nantinya udah aku fikirkan dari sekarang. Jadi karena emang kalau ada rejekinya pengen banget nguliahin si K ke luar negeri, jadilah rasanya memasukkan anak ke sekolah Nasional Pluss adalah pilihan yang tepat.

Btw, sekarang aku lagi searching tentang beasiswa untuk S1 di luar, udah ada beberapa referensi yang didapat seh, tapi kalau temen-temen ada referensi lainnya bisikin dong. Biar si Irninya banyak pilihan πŸ˜€

Daftarin sekolah anaknya udah lama, si Miss nya bilang bakalan akan dihubungi kalau mau ngukur bajunya. Saking lamanya sampai si emak inipun hampir lupa, yang pada akhirnya minggu lalu dihubungi sama sekolah kalau tanggal 2 Mei kudu dateng ke Sekolah untuk ngukur baju.

Waah, semangat dong emaknya, akhirnya anaknya bakalan sekolah beneran! (Hah, iya pas lihat si K pakai seragam gini jadi berasa bener emak-emak wali murid akunya πŸ˜› ) Udah janjian sama si K bakalan dijemput siang habis makan siang di rumah mbahnya untuk ke Sekolah.

Reaksi K pertama datang ke Sekolahnya? Dia seneng banget! Karena banyak maenan dan ada ayunan serta seluncuran di sekolahnya. Hahahaha. Gak tahu dia kalau di sekolah ntar itu disuruh belajar, bukan cuma maen πŸ˜› Sayangnya lagi hujan, jadi si K gak bisa maen seluncurannya. Tapi maen-maen di sekolahnya aja udah seneng kok anaknya, sampai gak mau diajak pulang! Mudah-mudahan pas beneran sekolah nanti juga betah ya K :*

Aah, si Irni gak sabar banget buat ngantar si K sekolah di hari pertama! Tapi kata abang, awas jangan mewek yak. Aku prediksi bapaknya yang bakalan mewek πŸ˜›

Katniss’s Youtube Channel


Hiyaaaa,Β  judulnya cetar banget kayak udah jadi yutubers aja. Padahal mah isinya cetek remeh remeh semuanya. Editnya juga masih sangat-sangat gak bisa >.<.

Tapi-tapi udah tanggal 14 Maret si Niee belum juga ngisi postingankan gak lucu yak, jadilah mari kita cerita-cerita tentang si K lewat video-video yang aku upload di yutub aja yak :mrgreen:

Ceritanya si K kan suka nonton acara di yutub yak (haduh ini emaknya emang salah banget, jadi jangan dihujat πŸ˜› ). Dari awal si K yang suka lihat lagu-lagu gitu, lama-lama dia suka nonton video review-review maenan. Nah, tercetuslah keinginan emaknya buat ngevideoin si K pas maenkan maenannya.

Eeehh anaknya yang biasanya anteng kalau maen pas divideoin jadi malah gak genah maennya. Dikit-dikit minta lihat kameranya, dikit-dikit minta pipis, dikit-dikit minta makan kue πŸ˜›

Setelah berhasil ngevideokannya ada lagi kendala, sampai sekarang si Niee gak bisa edit video kakakkk. Ternyata edit video itu susahnya ampun yaaakk *sungkem sama vlogger* jadilah videonya cuma ala kadarnya aja. Karena nekat aja berani uploadnya. Itung-itung buat si K lah ntar udah gede kalau gak ditonton sama orang lain πŸ˜› Lagian si K suka ngerasa lucu sendiri kalau pas dia lihat-lihat video eh ada muka dia juga di situ, hahahaha.

BERMAIN PUZZEL

Ini salah satu maenan favorit si K, Puzzel. Sebenarnya dia lebih dan sangat-sangat suka maen puzzel yang karton, tapi belum pernah divideokan yang bener dan upload ke yutub.

Beli maenannya dari si K umur setahunan dan cuma beberapa minggu aja dia udah bisa dong sendiri. Ada bakat emang anaknya mengenal dan membayangkan bentuk dengan maen puzzel ini. Mungkin ada bakat jadi arsitek (lah gak nyambung πŸ˜› )

BERMAIN MANDI BOLA

Sebenarnya aku gak terlalu suka si K maen mandi bola ditempat umum gini. Tapi karena tempat bermain yang asyik di Pontianak ya cuma ini (gak termasuk taman-taman yang mulai ditata ada playgroundnya seh, tapi kalau siang kan panas πŸ˜› ) ya ujung-ujungnya terpaparlah Si K dengan mandi bola ini dan ternyata anaknya suka >.< Jadilah sudah beberapa kali (baca: sering kali) kita ke sini. Ada beberapa tempat mandi bola di Pontianak dan ada beberapa yang udah kita blacklist karena bolanya terlihat kotor. Untungnya si K masih OK seh setiap selesai mandi bola, gak gatal-gatal atau jadi bersin-bersin, jadi masih bisa lanjut lah yak πŸ˜›

OPEN BOX ES CREAM

Ini dia neh, video percobaan ala-ala vlog yang viewersnya yang jutaan kali itu (dan si K telah ratusan kali nontonnya πŸ˜› ) dan hasilnya BERANTAKAN! Hahahaha. Kita coba lain kali lagi deh yak.

***

So, segini dulu yak cerita-cerita si K. Ayo dong subcribe yutubnya si K di sini. :mrgreen:

Cerita Katniss (3yo)


Tahun 2017 ini, yang bertepatan dengan dimulainya si K berusia 3 tahun akan menjadi tahun yang besar buat si K. Banyak banget fase baru yang akan dilaluinya pada tahun dan umur yang sekarang. Misalnya saja tahun ajaran baru nantinya dia bakalan mulai masuk ke sekolah. Iiihhh gak sabar deh emaknya ini buat mulai mempersiapkan sekolahnya si K. Walaupun sebenarnya pusing juga gimana proses antar jemputnya ntar. Karena kalau masih di Kesehatan dulu sekolahnya deket dengan kantor dan deket dengan rumah Mbahnya yang selama ini dia dititipkan ke sono kalau lagi emak bapaknya kerja. Nah karena si Niee udah pindah kantor, jadilah sekolah si K jadi jauuuuuuh banget dari kantor. Alamat masuk kesiangan terus dah kalau gini πŸ˜›

Akhirnya si K didaftarin ke mana Niee? Setelah galau bakalan dimasukkan ke sekolah Islam atau sekolah nasional plus beberapa bulan yang lalu, akhirnya aku daftarin si K ke sekolah NASIONAL PLUS! Huahahaha. Dengan pertimbangan si K akan belajar ngaji sama guru ngaji di rumah.

Jadi, inilah beberapa kegiatan/situasi baru si K pada awal tahun 2017 ini.

PUNYA SEPUPU BARU

si K dan baby Z yang lagi bobo siang :P
si K dan baby Z yang lagi bobo siang πŸ˜›

Akhirnya setelah 3 tahun menjadi cucu satu-satunya dikedua belah pihak si K punya sepupu juga. Hahaha. Untuk si K sendiri gak ada yang terlalu berubah seh dari kesehariannya, soalnya emang kita udah tinggal di rumah sendiri dan sepupunya masih tinggal di rumah nenek, jadi sehari-hari mereka berdua jarang ketemu. Positifnya adalah kalau semenjak beberapa bulan yang lalu anaknya susah banget kalau diajak ke rumah nenek, kalau sekarang jadi kegirangan dia kalau diajak ke rumah nenek. Bahkan beberapa kali dia yang minta buat lihat baby Z.

Kalau lihat dia sama babynya seh kayaknya seneng yak, sayang gitu. Walaupun karena si K nya juga masih kecil jadi tingkahnya ke si baby masih aneh-aneh bentuknya. Misal dia suka ngelepaskan sarung tangan buat diajak tepuk tangan bareng! Positifnya adalah dia jadi ada sisi pahamnya gitu kalau orang hamil (ontynya) suatu saat baby di dalam perutnya bakalan lahir dan jadi baby yang lucu :mrgreen: Dan sekarang dia bisa minta punya baby! Hahahaha. Bentar ya nak tunggu K gedean dikit dulu, biar mama bisa narik nafas bentar πŸ˜›

BELAJAR NGAJI

Yak, karena udah positif (dan udah bayar uang masuk sekolah juga πŸ˜› ) dan setelah berdiskusi dengan si abang suami, akhirnya kami memutuskan untuk memulaikan si K belajar mengaji.

Kenapa sekarang? Karena si K sekarang udah hafal dengan huruf-huruf hijaiyah, dan dia juga lagi seneng-senengnya bermain “mama mau huruf yang mana?” Misal aku bilang Alif, dia bakalan lari buat nunjuk huruf alif yang ada diposter dan kalau bener langsung minta peluk, suka deh! Karena sudah mengenal huruf ini ya sekalian kenapa gak diajarin Iqro’ kan yak. Lagian aku ingetnya juga pertama kali masuk TPA itu umur 3 tahunan juga, jadi sama lah.

Bermain Sepeda Roda 4

img_4352 img_4353

Sebenarnya ini gak baru juga seh ya si K maen sepeda, tapi kemaren kan roda tiga πŸ˜› Dan aku rasa roda 4 ini adalah loncatan juga buat K, karena sedikit demi sedikit akan aku lepas roda bantuannya biar dia bisa bermain roda 2 sendiri. Soalnya gile gitu lihat anak-anak di komplek kok ya kecil-kecil udah bisa roda dua, umuran 4tahunan gitu, mantap dah πŸ˜€

***

Selain itu si K juga mengalami beberapa perubahan besar seperti sekarang udah pinter mengucapkan kata maaf. Ini juga karena kesalahan emaknya seh yang beberapa bulan belakangan ini emosi sama si K sering gak stabil. Tiba-tiba bisa ngomelin si K sengomel-ngomelnya. Sampai kadang kena tegur abang karena omelan aku emang gak cocok dengan anak umur 2-3 tahun. Anaknya belum mengerti! Sampai sekarang aku emang mulai menahan omelan seh (apalagi kalau aku udah marah anaknya bisa nangis dan minta maaf sambil segukan yang berujung jadi akunya yang sedih 😦 dan tetiba kasihan sama anaknya yang terlihat masih sangat kecil sekali).

Sebabnya seh sebenarnya si K sekarang selain mudah minta maaf juga mudah naik emosinya. Kalau udah gak dibolehin sesuatu bisa marah dan marahnya kayak orang tua yang mukanya gimana gitu (kata bapaknya persis kayak emaknya kalau marah >.< ). Jadinya kalau udah gak dibolehin, anaknya marah, didiemin gak mau, emaknya jadi emosi, anaknya nangis mewek, emaknya kasian dan seterusnya begitu terus berulang.

Rasanya perlu banyak belajar dari yang udah ahli neh gimana untuk mengajarkan mengontrol kemarahan kepada anak. Soalnya walaupun jiwa sosial si K tinggi, kalau emosinya juga tinggi gitu takut juga pas sekolah nantinya kan yak. Ada yang bisa kasih saran?

***

Kayaknya segitu dulu deh yak cerita plus curhatan emaknya si K. Bye!

Katniss 3rd Birthday


Haaaiiii, Haaalloooo.. Apakabar semuanyaaaa..

Jadi-jadi tanggal 23 Januari 2016 kemaren si Kibuw ulang tahun ketiga! Huwaaaa, gak terasa ya si Niee udah jadi emak-emak udah tiga tahun aja. Rasanya tahun-tahun pertama nulis blog ini isinya masih galau-galau aja tentang gebetan *eh πŸ˜›

Birthday's Girl
Birthday’s Girl

Seperti tahun sebelumnya, tahun inipun ulangtahun si K gak dirayain yang gimana-gimana gitu, apalagi pas tanggal 23 Januarinya itu pas hari senin jadi sebagai pegawai kantoran yang teladan *halah* gak bisa deh kita buat foto-foto dan potong kuenya pas hari H. Jadi pagi-pagi kita cuma tiup lilin aja, itupun anaknya udah seneng banget.

Jadilah pas hari sabtu baru kita niatin buat ngadain sesi foto-foto dan potong kuenya. Manalah jam 9nya ada lagi acara nikahan sepupu, jadilah kita kebut-kebutan aja foto-fotonya. Sorenya baru ngajakin sepupu-sepupu 2-3 orang buat makan-makan di rumah sambil selamatan.

img_4297
Kue ulangtahun si K yang ketiga

Dari semenjak awal tahun 2016 lalu si K kita udah doktrin biar suka sama Mickey Mouse. Bukan maksud apa-apa seh, cuma karena kitakan mau ke Disneyland kemaren, jadi biar pas sampe ke Disneyland anaknya semangat gitu.

Baca : HKTrip – Disneyland Hongkong

Eh ternyata doktrin kita berhasil, anaknya jadi kesenengan dengan Mickey Mouse dan teman-temannya. Segala apa-apanya kita belinya tema Mickey, jadilah kita terusin aja ulangtahun ketiga nanti temanya Mickey Mouse aja.

Baca : Ulangtahun pertama K , Ulang tahun kedua K

Karena temanya udah dipastikan, pertama kali yang dicicil buat dibeli adalah BAJU nya. Hahaha. Soalnya kalau yang laen bisa dipesan H-7 lah ya, nah kalau bajunya gak dapet kan ya gak lucu. Jadilah mulai dari pulang dari Hongkong sekitaran bulan Agustus aku udah nyari-nyari bajunya. Dapatlah dua buah bajunya. Eyalah kok pas sesi foto-foto gak ada foto bajunya yang kelihatan jelas, huahahaha. Dasar amatir ya eyke.

Urusan baju-bajuan beres, lanjut ke urusan goodiebag. Yak, walaupun gak ngundang banyak orang tetep aku maunya beli goodiebag kakak. Goodiebagnya dibagikan ke para tetangga dan mantan teman kantor di kesehatan (MANTAN! *digebuk bos*). Karena lihat postingan mas Arman soal goodiebag si Emma yang ada dapet murah aku sampe email mas arman loh pesan yang murah itu di mana, dan jadilah aku pesan ke tempat yang sama yang direkomendasikan mas arman, hahaha. Lumayan tas gitu harganya 21k :mrgreen:

Baju beres, goodiebag udah dipesan, tinggal mikirin mau diisi apaan. Karena dari tahun lalu sebenarnya udah kepengen buat mug gambar si K gitu jadilah pesannya itu aja sama snack2 kecil buat cemal-cemil. Etapi lagi-lagi isi goodiebagnya gak difoto, huahahaha.

This slideshow requires JavaScript.

Yang jadi perhatian lagi adalah masalah kue. Karena udah berpengalaman ditahun lalu dapet tempat pesan kue yang ok dan rasanya enak banget jadilah aku santai aja gak nyari-nyari lagi tempat kue lainnya. Eyalah akunya lupa kalau tanggal 28 kemaren itu ada CNY dan tempat yang aku pesan lagi ngerayainnya, jadilah dia nolak pesanan aku buat hari sabtu. Bahkan aku pesannya buat hari jumat malam juga gak mau >.<

Nasib ya tiga kali pesan kue ditempat yang berbeda ketiga-tiganya. Syukurnya pas udah H-7 dapat tempat buat kue yang tahun lalu buatin cupcakenya si K pas ultah kedua. Modelnya ketje seh, tapi rasanya lebih enakan yang tahun lalu.

img_4320

Terakhir yang gak ada waktu buat difikirin adalah background dindinnya mau diapain. Gak kayak tahun lalu yang udah dipersiapkan dengan matang, tahun ini sampai H-1 pun aku gak ada ide mau diapain tuh dinding biar ada paling gak hiasanlah sedikit. Jadilah pas pulang kerja hari jumatnya aku singgah ketoko buat beli balon warna hitam dan merah sesuai tema, beli balon huruf K (sebenarnya mau HBD angka 3 tapi gak ada dan males mau nyari di toko lainnya >.< ) dan aku teringat pernah lihat hiasan gitu yang buat balon membentuk gambar Mickey Mouse gitu. Udah mirip belum bentuknya? Huahahaha, jauh banget ya. Tapi lumayan deh daripada dindingnya kosong.

Setelah pagi-pagi foto-foto, siang ke acara nikahan, sore foto-foto sesi kedua lagi dengan baju dan topi baru πŸ˜› sambil nungguin sepupu-sepupunya dateng, makan-makan, maka berakhirlah acara ulangtahun si K. Besok paginya pas ruang tamunya dikemasin anaknya protes kok mejanya berubah ma? Huahahaha.

Doanya semoga Katniss sehat selalu, jadi anak sholeha, pintar, baik hatinya, banyak temannya, pemaaf, berbakti sama kedua orang tua, berbahagia selalu dan segala doa baik untuk K dunia dan akhirat. AMIN.

Kalau kalian weekendnya pada kemana? πŸ™‚

Memilih Sekolah si K


Walah, si Irni lagi galau! Galau mau masukin si Kibuw ke sekolah apa! Hahahaha.

Sebenarnya udah dari dulu pengen banget kalau punya anak nyekolahin dia dari umur 3 tahunan. Kalau sekarang lagi musimnya PAUD gitu kali ya nyebutnya. Tapi gak mau juga yang maksain anaknya harus belajar dan jadi pinter banget gitu diusianya yang masih kecil banget. Ya sekolahnya sebagai ajang dia nyari temen aja, bersosialisasi dan nambah kegiatan. Soalnya dilihat dari keseharian si K sekarang ini kok rasanya gitu gitu doang yak.

Pagi-pagi dia udah disibukkan dengan kegiatan rutin mandi untuk siap-siap diantar ke rumah Mbahnya. Selama di rumah Mbahnya dia ya maen-maen sama omnya. Di rumah Mbahnya juga bukan tipe rumah gede yang punya halaman luas yang bisa dia eksplore gitu. Tetep aja seharian diam di dalam rumah bahkan di dalam kamar karena aktifitasnya ya emang di dalam kamar doang. Paling diajak ke teras. Mau ke luar udah jalanan gede, ngeri buat dilepas anaknya.

Paling pas seh dia di rumah neneknya. Orang tua aku. Karena di rumah aku dulu halamannya luas banget ada tamannya gede, di belakang rumah ada kebun bermacam-macam buah, ada ternak juga yang bisa maen-maen. Rumahnya juga di dalam gang jadi bisa maen lari-larian di gang sama anak-anak kecil tetangga yang seumuran ada gitu beberapa. Tapi masalahnya adalah rumah orang tua akunya jauh dari rumah aku sekarang dan tentu jauh dari kantor, makanya gak mungkin dititipin ke rumah neneknya.

Taman di rumah Nenek yang gede banget.
Taman di rumah Nenek yang gede banget.

Jadi solusi yang paling ok menurut aku adalah menyekolahkannya. :mrgreen:

Dari semenjak belum menikah sampai udah punya anak sekarang aku pengen banget masukin anak itu ke playgroup model nasional plus gitu yang isinya nyanyi-nyanyi dan maen-maen pake bahasa Inggris. Si K juga gak asing lagi dengan bahasa Inggris untuk kesehariannya. Lagu-lagu anak-anak bahasa Inggris dia udah lumayan fasih dan hapal semuanya. Nama-nama binatang dia juga gak kebingungan antara nama Indonesia dan Inggrisnya. Menghitung dia lebih lancar bahasa Inggris malah daripada bahasa Indonesia. Untuk mengenal bentuk malah paling parah dah. Dia tahunya circle, dll dan gak tahu sama sekali dengan lingkaran, segi empat, dll πŸ˜† . Ya karena itu aku anggap dia siap dong untuk sekolah di Nasional Plus. Terlebih lagi ada satu sekolah Nasional Plus cabang dari Jakarta yang udah buka di Pontianak beberapa tahun yang lalu dan beberapa orang yang aku kenal dan anaknya sekolah disana memuji tentang sekolahnya. Katanya anak-anak mereka sejak masuk ke sekolahnya menjadi lebih berani dan potensinya lebih tergali.

Kinderfield di Pontianak
Kinderfield di Pontianak

Tapi permasalahannya adalah disaat bersamaan aku juga pengen si K paham tentang agama. Karena kalau ngarepin di rumah aku sama si abang gak terlalu agamis juga yak. Bisa dibilang kami hanya melaksanakan hal yang wajib aja semisal sholat, puasa sama ngaji. Aku juga sering seh nyelipin video-video tentang belajar huruf hijaiyah dan si K udah ada beberapa hapal alif ba ta tsa nya, tapi kalau untuk ngajarin si K ngaji aku nyerah dah, takut salah baca tajwid! Gawat dah kalau gitu.

Karena itulah akupun mulai galau. Lihat temen kanan kiri yang anaknya sekolah TK di TK Islam gitu kok keren yak selesai TK udah lulus Iqro’ dan masuk SD kelas 1-2 gitu udah khatam 30 Juz Alqur’an. Jangan sampai karena si K belajar di nasional Plus dia jadinya gak bisa ngaji. Amit Amit dah.

Aku sendiri dulu sekolah di SD Negeri yang belajar agamanya juga 2 jam sehari.Β  Khatam Al-Qur’an klo gak salah kelas 3 SD gitu lah dan alhamdulillah gak berkesusahan juga dengan belajar agama. Beberapa kali aku juga masuk ke TPA jadi pengetahuan agama lumayan dah. Orang tua aku juga seperti aku seh, yang gak agamis banget ya paling gak yang wajib harus dilaksanakan jangan sampe kagak!

Sekolah Al-Alzhar Pontianak
Sekolah Al-Azhar Pontianak

Sebenarnya ada solusinya yaitu masuk ke rumah-rumah Hafidz gitu. Ada beberapa di dekat rumah aku yang buka. Beberapa anak tetangga dan temen kantor yang anaknya gak sekolah di sekolah Islam masuk ke situ dan katanya seh udah lancar ngaji dan hapal beberapa surah juga. Walaupun gak akan sebaik anak dari sekolah Islam yang kadang bisa bahasa arab juga. Tapi win-win solution deh yak. Dapet nasional plusnya tapi tetep bisa dapet ilmu agama. Walaupun bakalan akan lebih bekerja keras lagi dari anak-anak yang laen.

Sekolah-sekolah tadi kalau mau masuk untuk tahun ajaran 2017/2018 udah mulai buka pendaftarannya mulai sekarang hingga bulan Desember. Jadi walaupun galau aku sudah harus memutuskan mau dimasukkan ke mana si K paling gak sampe awal bulan depan.

So kemanakah si K akan sekolah nantinya? Kita lihat saja nanti. Hihihihi πŸ˜€

***

Temen-temen ada yang mau masukkan anaknya sekolah juga tahun depan? Mau masuk kemana rencananya?

 

Logika Anak Balita


Balik lagi ke cerita si Niee tentang si K. Anak dua tahun yang kadang pengen aku rasukin isi dalam kepalanya karena selalu aja dia punya cara maennya sendiri yang bikin ngemes emaknya. Kadang sebel. Tapi kebanyakan lucu! πŸ˜†

Jadi semenjak Katniss kenal yang namanya yutub dia suka banget nonton surprice egg begituan. Dari yang animasi sampai kakak kakak yang hobinya cuma bukain semacam kinderjoy tapi viewernya sampe ratusan juta. Karena senang nonton yutub itulah setiap dibawa ke indomaret (dan anehnya kenapa surprice egg selalu ada di depan kasir) selalu diminta dibeliin itu. Awalnya aku seh kasih aja ya. Tapi setelah setiap hari saat dianterin ke rumah mbahnya selalu minta singgah ke toko tante (sebutan dia buat toko indomaret dan alfamart) lumayan juga kan yak. Karena belinya pasti bukan cuma itu adalah perentelah lainnya hingga harus mengeluarkan sampai 50ribuan. Dan itu setiap hari.

Makanya aku mencari alasan agar gak setiap hari ke sana. Dapatlah satu alasan bahwa aku gak pegang uang. Yang pegang uang itu papa. Dan kalau mau singgah ke toko tante harus sama papa. Toh si K dianter dan dijemput papanya gak sesering aku yang lebih rutin. Jadi ok lah menurut aku alasan ini. Percakapannya kira kira begini. 

Mama : Katniss kita gak usah ke toko tante ya hari ini. 

Katniss : Kenapa ma (anaknya kalau dibilangin pasti pertanyaan pertamanya kenapa πŸ˜†)

Mama : soalnya mama gak ada duit, dihabisin Katniss setiap hari beli surprice egg. 

Katniss : minta duit sama papa ya ma. Biar mama bisa beliin katniss surprice egg lagi. 

Mama : iya nanti mama minta. 

Alhamdulillah dibicarakan gitu anaknya nurut. Dan untuk dua tiga minggupun Aku tenang mengantar dan menjemput si K tanpa ada regekan dia minta singgah ke toko tante lagi. 

Sampai suatu hari pagi pagi aku ada minta uang ke si abang suami buat membeli sesuatu. Seperti biasalahnya si abang ngasih aku duit sebelum pergi kerja disaat aku lagi ngemasin katniss. Dan anaknya lihat dong aku dapet uang dari papanya. Tapi coba tebak apa yang si K bilang?

Katniss : mama dikasih apa sama papa. 

Mama : uang sayang. Untuk belanja (tanpa mikirin apapun)

Katniss : mama udah bisa singgah ke toko tante lagi kan ma buat beli surprice egg. Kan udah dikasih duit sama papa. 

*akunya begong*

Setelah sekian minggu. Setelah emaknya lupa kejadian gak ada duit itu. Setelah apapun itu namanya. Ternyatanya anaknya masih inget dan masih nandain buat bisa beli surprice egg lagi loh! Kirain udah lupa πŸ˜†

Untungnya setelah kejadian itu yang anterin si K papanya. Jadi aku gak kebagian ditagih lagi dan besok besoknya dia kembali gak nagih untuk ke toko tante buat beli surprice egg. Tapi kok akunya jadi merasa bersalah ya. Merasa bohongin gitu. Tapi gak mau juga beliin dia setiap hari. Selain tekor gak bagus juga kan yak. Jadinya galau 😣


Beberapa kali aku menolak permohonan katniss dengan berbagai alasan juga selalu diinget loh sama ini anak. Misal siang siang di hari sabtu aku diajakin maen Ten in the bed and the little one say roll over itu yang menurut aku melelahkan karena kalau udah maen gak bisa sekali jalan. Jadi kadang aku beralasan kalau maen ten in the bed itu malam katniss. Siang katniss maen masak masakan aja. Dan semenjak itu setiap malam dianya ngajakin maen ten in the bed. 😝

Ada lagi jadi karena anaknya ini semenjak disapih susah banget bobo siangnya. Jadi karena aku kadang ngantuk juga kan yak akunya nyuruh si K nonton tv aja sedangkan akunya bobo. Iya aku beneran bobo loh. Hahahahahaha. Tapi semenjak itu setiap aku nyuruh bobo siang dia selalu bilang gini. 

Mama : katniss ayo bobo siang

Katniss : mama aja yang bobo siang ma. Katniss nonton tv. Katniss bobonya malam aja habis sikat gigi. 

Mama : *tak bisa berkata kata*


Sebenarnya masih banyak seh cerita si K ini. Tapi keseringnya kalau udah nulis gini suka lupa sendiri. Seharusnya dicatet di note aja kali ya biar bisa lebih sering posting di blog πŸ˜†πŸ˜†

Sekarang sampai disini dulu aja deh. Ini juga nulis di HP karena begong di kantor listriknya mati dari tadi pagi. Iyaaaa di Pontianak mah masih sering yang namanya listrik mati. Dan kerennya di kantor aku gak punya genset. Jadi kalau listrik mati kerjanya libur! Seru kan 😝😝