KOK MAU JADI PNS? YAKIN?


Di sini siapa yang lagi daftar CPNS 2017?

Kalau di lingkungan aku, wuiihh pada heboh :mrgreen: Heboh pertama adalah ketika pembukaan CPNS Kementerian Hukum Dan HAM. Saking hebohnya, yang aku dengar jumlah pendaftar onlinenya saja mencapai lebih dari 1 juta orang! Udah daftar online, masih lagi dipaparkan yang telah lulus administrasi, untuk jenjang Strata 1 dan kedokteran aja pengumumannya sampa 4411 halaman dengan setiap halamannya berjumlahΒ  47 orang atau kurang lebih ada 207.317 pelamar yang akan bersaing memperebutkan posisi yang 500 tempat aja gak ada. Belum lagi untuk jenjang D3 dan SMAnya.

Lanjut lagi hari selasa kemaren beredar di Whatsap group tentang pembukaan formasi CPNS serentak diseluruh kementerian yang langsung dibilang HOAX. Kemudian siang harinya langsung bertebaran pengumuman penerimaan CPNS disetiap kementerian. Nah, saking hebohnya penerimaan CPNS ini berita benarpun dibuat HOAX. Mungkin yang buat hoaxnya takut saingannya banyak jadi menyebarkan berita hoax πŸ˜›

Kemudian keluarga heboh, kemudian para alumni heboh dan kemudian para temen di kantor heboh. Semua orang heboh untuk berlomba-lomba menjadi PNS baik untuk dirinya sendiri, untuk anaknya, untuk keluarganya, atau untuk tetangganya sampai untuk kenalannya di jalan πŸ˜€

Yang melamar jadi CPNS ini padahal bukan juga orang pengangguran loh. Ada yang udah kerja di Bank, ada yang udah punya usaha kecil-kecilan, ada yang ibu rumah tangga dan merasa udah saatnya dia bisa bekerja karena anaknya udah sekolah, ada yang udah kerja di perusahaan mana gitu cuma mau coba-coba lulus syukur gak lulus ya udahlah πŸ˜›

Waah, ternyata pekerjaan PNS ini masih menarik minat banyak orang ya. Terumana di lingkungan tempat aku deh sekarang yang aku rasakan.

TAPI tunggu dulu, beneran itu mau jadi PNS? Gajinya kecil loh! Gedean juga bonus harian aku dari MCI πŸ˜› *kemudian promosi* Barusan aku dapat infografis dari detik soal gaji PNS ini.

infografis gaji PNS oleh detik

Walaupun cuma sampe tahun 2015 tapi udah menggambarkan kok gajinya. Soalnya selama pemerintahan jokowi (tahun 2016-2017) gaji PNS gak naek-naek kawan! πŸ˜₯ *nangisdipojokankolongmejakantor*

Si Niee pertama kali dapat gaji itu bulan Maret 2011 dengan besaran gaji 1,8 juta dan cuma dapat 80%nya karena masih CPNS. Jadi total bersih yang didapat itu 1,3 juta ditambah 7000 per hari dikali jumlah hari kerja satu bulan untuk uang makannya. IYA UANG MAKANNYA 7000 perak seharinya *ketawangakak*

Wah itukan dulu Niee, sekarang beda dong! Eitss, gak juga seh πŸ˜› kalau dilihat dari gaji pokok bersih yang aku terima ditransfer setiap bulannya kerekening jumlahnya adalah *drumroll* 2,7 juta sebulan! Untuk status golongan IIIb dengan masa kerja 7 tahun, hihihihi. Ini gampang kok di dapat. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2015 tentang gaji pokok PNS ini udah banyak diupload, jadi kalau mau tahu detailnya tinggal search aja di internet :mrgreen:

Itu yang gajinya 5 juta kalau gak yang udah eselon II (setara dirjen atau Kepala Dinas) atau gak yang udah masa kerjanya 30 tahun! πŸ˜› Kadang kalau hari buruh tiba terus mereka tereak-tereak minta UMR dan UMK dinaekkan sampe 3-4 juta aku tertawa miris sampe ngikik kadang mau nabok. Itu yang lulusan SD-SMP beneran minta gaji segitu gede? :woot: Padahal kalau di Pontianak aja gaji guru non-PNS itu cuma 700ribu loh. IYA gak sampe sejuta! Padahal guru, sekolahnya susah, ngurus anak calon penerus bangsa apalagi! Tapi gajinya kalah dengan BURUH! *eh kok malah ngelantur* πŸ˜›

TAPI, tentu PNS gak cuma mendapatkan gaji pokok donglah ya. Kalau gajinya cuma segitu mana cukup untuk bayar uang sekolah, uang les dan untuk makan di mall kakak! Belum lagi buat vacation setiap bulan di hotel dan ngetrip ke luar negerikan! *eh πŸ˜›

Selain gaji pokok tentu PNS juga dapat tunjangan ini itu (ya tunjangan beras, tunjangan anak, tunjangan istri/suami) ada lagi honor ini itu (buat yang pegang jabatan penting kayak pejabat, atau bendahara, atau apala-apalah) adalagi uang kesejahteraan pegawai, adalagi uang makan (yang tahun ini udah naek jadi 32000, alhamdulillah ya πŸ˜› ) yang tentunya beda daerah beda juga besarannya tergantung dengan kemampuan daerahnya masing-masing. Jadi beda ya total pendapatan PNS di Pontianak misalnya dengan di Jakarta. Atau PNS di Kementerian Kesehatan dengan PNS di Kementerian Keuangan.

PNS juga langsung punya hak di BPJS, langsung dapat dana pensiun di TASPEN. Dan tentu saja sangat mudah untuk mengajukan pinjaman ke Bank atau ngredit rumah di BPN πŸ˜› (woooiii RIBA woooiiii) *meratapi cicilan rumah yang masih 12 tahun lagi*

Jadi tetep masih pengen jadi PNS?

Kata orang jadi PNS itu enak. Tapi jaman udah berubah ya, PNS udah bukan bisa leha-leha kayak dulu lagi. Jadi PNS juga gak kayak dulu yang gak bisa dipecat. Sekarang salah dikit copot jabatan diganti sama orang baru, masalah dikit copot PNSnya gak dibayarkan pensiunnya, macam-macam dikit langsung di penjarakan gak pandang bulu.

INTINYA yang mau jadi PNS ya monggo, tapi jauh-jauh deh fikiran yang bilang jadi PNS itu enak. Dari gaji aja cuma bisa jadi kelas menengah, kalau cuma dari PNS gak mungkinlah orang bisa jadi kaya raya, dari pekerjaannya juga udah sulit sekarang, harus senyum sapa salam kalau gak mau dilaporkan ke Ombudsman :P, harus cekatan, harus punya ide briliant dan berinovasi biar bisa ketemu sama Pak Menteri *eh* dan harus-harus lainnya.

Buat yang tengah berjuang untuk tes CPNS, semangat ya! Kalau gak lulus jangan sedih. Sini kita bisnis sama sama di MCI! *nah loh πŸ˜›

Advertisements