KOK MAU JADI PNS? YAKIN?


Di sini siapa yang lagi daftar CPNS 2017?

Kalau di lingkungan aku, wuiihh pada heboh :mrgreen: Heboh pertama adalah ketika pembukaan CPNS Kementerian Hukum Dan HAM. Saking hebohnya, yang aku dengar jumlah pendaftar onlinenya saja mencapai lebih dari 1 juta orang! Udah daftar online, masih lagi dipaparkan yang telah lulus administrasi, untuk jenjang Strata 1 dan kedokteran aja pengumumannya sampa 4411 halaman dengan setiap halamannya berjumlahย  47 orang atau kurang lebih ada 207.317 pelamar yang akan bersaing memperebutkan posisi yang 500 tempat aja gak ada. Belum lagi untuk jenjang D3 dan SMAnya.

Lanjut lagi hari selasa kemaren beredar di Whatsap group tentang pembukaan formasi CPNS serentak diseluruh kementerian yang langsung dibilang HOAX. Kemudian siang harinya langsung bertebaran pengumuman penerimaan CPNS disetiap kementerian. Nah, saking hebohnya penerimaan CPNS ini berita benarpun dibuat HOAX. Mungkin yang buat hoaxnya takut saingannya banyak jadi menyebarkan berita hoax ๐Ÿ˜›

Kemudian keluarga heboh, kemudian para alumni heboh dan kemudian para temen di kantor heboh. Semua orang heboh untuk berlomba-lomba menjadi PNS baik untuk dirinya sendiri, untuk anaknya, untuk keluarganya, atau untuk tetangganya sampai untuk kenalannya di jalan ๐Ÿ˜€

Yang melamar jadi CPNS ini padahal bukan juga orang pengangguran loh. Ada yang udah kerja di Bank, ada yang udah punya usaha kecil-kecilan, ada yang ibu rumah tangga dan merasa udah saatnya dia bisa bekerja karena anaknya udah sekolah, ada yang udah kerja di perusahaan mana gitu cuma mau coba-coba lulus syukur gak lulus ya udahlah ๐Ÿ˜›

Waah, ternyata pekerjaan PNS ini masih menarik minat banyak orang ya. Terumana di lingkungan tempat aku deh sekarang yang aku rasakan.

TAPI tunggu dulu, beneran itu mau jadi PNS? Gajinya kecil loh! Gedean juga bonus harian aku dari MCI ๐Ÿ˜› *kemudian promosi* Barusan aku dapat infografis dari detik soal gaji PNS ini.

infografis gaji PNS oleh detik

Walaupun cuma sampe tahun 2015 tapi udah menggambarkan kok gajinya. Soalnya selama pemerintahan jokowi (tahun 2016-2017) gaji PNS gak naek-naek kawan! ๐Ÿ˜ฅ *nangisdipojokankolongmejakantor*

Si Niee pertama kali dapat gaji itu bulan Maret 2011 dengan besaran gaji 1,8 juta dan cuma dapat 80%nya karena masih CPNS. Jadi total bersih yang didapat itu 1,3 juta ditambah 7000 per hari dikali jumlah hari kerja satu bulan untuk uang makannya. IYA UANG MAKANNYA 7000 perak seharinya *ketawangakak*

Wah itukan dulu Niee, sekarang beda dong! Eitss, gak juga seh ๐Ÿ˜› kalau dilihat dari gaji pokok bersih yang aku terima ditransfer setiap bulannya kerekening jumlahnya adalah *drumroll* 2,7 juta sebulan! Untuk status golongan IIIb dengan masa kerja 7 tahun, hihihihi. Ini gampang kok di dapat. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 30 Tahun 2015 tentang gaji pokok PNS ini udah banyak diupload, jadi kalau mau tahu detailnya tinggal search aja di internet :mrgreen:

Itu yang gajinya 5 juta kalau gak yang udah eselon II (setara dirjen atau Kepala Dinas) atau gak yang udah masa kerjanya 30 tahun! ๐Ÿ˜› Kadang kalau hari buruh tiba terus mereka tereak-tereak minta UMR dan UMK dinaekkan sampe 3-4 juta aku tertawa miris sampe ngikik kadang mau nabok. Itu yang lulusan SD-SMP beneran minta gaji segitu gede? :woot: Padahal kalau di Pontianak aja gaji guru non-PNS itu cuma 700ribu loh. IYA gak sampe sejuta! Padahal guru, sekolahnya susah, ngurus anak calon penerus bangsa apalagi! Tapi gajinya kalah dengan BURUH! *eh kok malah ngelantur* ๐Ÿ˜›

TAPI, tentu PNS gak cuma mendapatkan gaji pokok donglah ya. Kalau gajinya cuma segitu mana cukup untuk bayar uang sekolah, uang les dan untuk makan di mall kakak! Belum lagi buat vacation setiap bulan di hotel dan ngetrip ke luar negerikan! *eh ๐Ÿ˜›

Selain gaji pokok tentu PNS juga dapat tunjangan ini itu (ya tunjangan beras, tunjangan anak, tunjangan istri/suami) ada lagi honor ini itu (buat yang pegang jabatan penting kayak pejabat, atau bendahara, atau apala-apalah) adalagi uang kesejahteraan pegawai, adalagi uang makan (yang tahun ini udah naek jadi 32000, alhamdulillah ya ๐Ÿ˜› ) yang tentunya beda daerah beda juga besarannya tergantung dengan kemampuan daerahnya masing-masing. Jadi beda ya total pendapatan PNS di Pontianak misalnya dengan di Jakarta. Atau PNS di Kementerian Kesehatan dengan PNS di Kementerian Keuangan.

PNS juga langsung punya hak di BPJS, langsung dapat dana pensiun di TASPEN. Dan tentu saja sangat mudah untuk mengajukan pinjaman ke Bank atau ngredit rumah di BPN ๐Ÿ˜› (woooiii RIBA woooiiii) *meratapi cicilan rumah yang masih 12 tahun lagi*

Jadi tetep masih pengen jadi PNS?

Kata orang jadi PNS itu enak. Tapi jaman udah berubah ya, PNS udah bukan bisa leha-leha kayak dulu lagi. Jadi PNS juga gak kayak dulu yang gak bisa dipecat. Sekarang salah dikit copot jabatan diganti sama orang baru, masalah dikit copot PNSnya gak dibayarkan pensiunnya, macam-macam dikit langsung di penjarakan gak pandang bulu.

INTINYA yang mau jadi PNS ya monggo, tapi jauh-jauh deh fikiran yang bilang jadi PNS itu enak. Dari gaji aja cuma bisa jadi kelas menengah, kalau cuma dari PNS gak mungkinlah orang bisa jadi kaya raya, dari pekerjaannya juga udah sulit sekarang, harus senyum sapa salam kalau gak mau dilaporkan ke Ombudsman :P, harus cekatan, harus punya ide briliant dan berinovasi biar bisa ketemu sama Pak Menteri *eh* dan harus-harus lainnya.

Buat yang tengah berjuang untuk tes CPNS, semangat ya! Kalau gak lulus jangan sedih. Sini kita bisnis sama sama di MCI! *nah loh ๐Ÿ˜›

Advertisements

22 thoughts on “KOK MAU JADI PNS? YAKIN?”

  1. PNS yang dikejarnya pas pensiun terjamin dapat uang pensiunnya, apalagi buat kamu wanita kan menggiurkan banget ๐Ÿ˜€ . Memang sih mungkin pas pensiun ga seberapa nilainya tp paling tidak sdh pasti ada duit. Adikku tuh yg sukses mci, baru balik dia dari cina, trus sdh dpt 2 tiket kapal pesiar ๐Ÿ˜€ . Klo aku ngeblog ajalah hahaha.

    1. iya mbak ya banyak yang ngejar pensiunnya. Tapi gosip yang beredar bahwa ntar PNS juga gak dapat pensiun bulanan lagi loh mbak. Langsung aja gitu berapa juta pesangon model perusahaan gitu.

      Iya neh mbak. banyak yg sukses di MCI. aku baru laku 2 produk ๐Ÿคฃ

  2. Semua pekerjaan ya pasti ada plus minusnya ya Niee. Kalau belum menerjuni langsung memang pandangannya biasanya bisa bias, alias cuma terlihat enaknya doang atau nggak enaknya doang, hahaha ๐Ÿ˜› .

    1. iya ko. bahkan dari dulu aku selalu berfikiran yang kerja di bank itu melelahkan tapi banyak uang. Eh ternyata pas ada orang terdekat kerja di bank. wah ternyata gak sama dengan yang difikirkan ๐Ÿ˜†

      Tapi yang berminat jadi pns ternyata emang masih banyak banget. temen aku yang udah aku anggap mapan aja masih sibuk mau daftar ๐Ÿ˜ฎ

  3. bisa jd krn prestise lbih hebring ya, tp kata anakku , anak muda sih skrg lebih suka kerja di perusahaan start up lebih bergengsi. Anaku kerja di swasta dari lulusan sarjana sdh kerja dua tahun dan gajinya melebihi suamiku yg pns

    1. bukan anak muda seh mbak. mungkin pengaruh pergaulan. Lah anak muda ditempatku juga berburu pns semua ๐Ÿ˜†

      Tapi sebenarnya kerja startup apalagi yang nasional emang lebih ketje ya mbak. semacam go jek gitu atau kerja di tokopedia atau dari google gajinya pake dolar ๐Ÿ˜†

    1. dulu aku gak mau jadi PNS. Tapi berkat doa orang tua daftar sekali langsung diterima. hahahaha. sekarang dinikmati saja sambil sambil lainnya ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

    1. sebenarnya ada uang lembur mbak bagi yang kerja diluar jam kantor. dan kalau itu dilakukan setiap hari lumayan juga kalau dikumpulin selama sebulan.

      tapi aku seh gak mau ya. lebih baik pulang langsung ketemu sama anak ๐Ÿ˜†

      iya. apapun kerjaannya yang penting bahagia ya mbak ๐Ÿ˜Š

  4. Hahahaaa judulnya serius tapi isinya lucu gitu mbak, ketawa terus bacanya. Katanya sih yang mau jadi PNS itu karena terjamin masa tua-nya, dapat dana pensiun gitu-gitu. Berarti para CPNS itu memang sudah mikir jauh kedepan mbak (apa kejauhan ya? hahahaha).

    Aku waktu baru lulus, nyoba-nyoba tes CPNS tapi gagal mulu. Eh baru 2 kali deng. Kegagalan yang kedua aku langsung memutuskan, aku nggak akan jadi PNS. Aku jadi pengusaha aja ๐Ÿ˜›

    1. itu pengalaman pribadi mbak ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

      tapi berita terkininya gak dapat pensiun lagi seh mbak. ntar dapat langsung pensangon prek gitu berapa ratus juta. jadi gak sama dengan jaman dulu lagi.

      aku malah gak mau mbak awalnya. eh tes pertama langsung lulus ๐Ÿคฃ

    1. hahahahaha. jangan saling tikung ya mbak ๐Ÿ˜

      bener mbak. selama ini seh alhamdulillah masih berasa lebih dari cukup. makanya banyak yang lihat contoh dan tertarik kali ya ikutin gaya kutje kita. hahahaha

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s