April Trip – Kuching (Prolog)


Yak akhirnya si Niee niatin juga untuk memulai menulis tentang liburan K awal bulan lalu. Ya, masih sebulan lah ya, jadi belum basi basi amat juga ๐Ÿ˜›

Liburan kali ini adalah liburan kedua si K untuk rute yang lumayan jauh dan lumayan lama, juga termasuk liburan pertama K ke luar negeri. Jadi wajib dimasukkkan ke blog dong yak buat dokumentasi :mrgreen:

Persiapan liburan ini sendiri udah lama banget loh. Tiket pesawat untuk penerbangan Kuching – KL – Bangkok – KL – Kuching sendiri udah dipesan jauh-jauh hari bahkan saat si K belum genap berumur 40 hari! Inget banget waktu itu aku lagi sibuk-sibuknya ngurus si K yang belum jelas jadwal bobonya, si abang sibuk beli tiket promonya AirAsia, hihihi. Kami emang keluarga pemburu tiket murah seh yak ๐Ÿ˜€

Perjalanan kali ini juga gak aku abang dan K doang, tapi aku mengajak serta nenek dan Auntynya K yang rasanya jadi kurang sreg seh ya sebenarnya. Enakan cuma bertiga seh menurut aku karena si Nenek dan Auntynya yang emang gak pernah liburan apalagi ke luar negeri (si nenek emang gak hobi sedangkan si Aunty gak pernah punya kesempatan maupun teman ya makanya sekarang ini diajak) jadi rada memperlambat aku dan abang seh yang udah kompak masalah pembagian tugasnya selama traveling. Tapi pada dasarnya seh perjalanan selama sepuluh harinya berlangsung OK dan menyenangkan kok ๐Ÿ™‚

Pesawat Mas Wings ATR72 Pontianak - Kuhcing
Pesawat Mas Wings ATR72 Pontianak – Kuhcing

(btw, itu tipe pesawatnya boleh nyontek dari komennya Zilko di instagram ๐Ÿ˜› )

Perjalanan dimulai dengan rute Pontianak – Kuching, rute favorit Niee dan si Abang kalau pergi keluar negeri dari Pontianak. Kenapa? Karena tiket Pontianak – Kuching lebih murah dibandingkan dengan tiket Pontianak – Jakarta dan yang kedua, rute Kuching – Kuala Lumpur harga tiketnya itu murah banget! Kalau lagi promo bisa sampe IDR 18000. Kesimpulannya, kalau mau ke luar negeri dari Pontianak lewatlah Kuching! (Tapi sebelum ada rute baru Pontianak – KL langsung seh semenjak tanggal 3 April 2015 kemaren, tapikan si Niee beli tiketnya udah setahun yang lalu ๐Ÿ˜› )

Alhamdulillah persiapan perjalanan kali ini gak ada yang kelupaan seperti yang ke Jakarta kemaren. Kalau kemaren kan si Niee lupa bawa perlengkapan makeup yak, jadinya semua hasil fotonya akunya lusuh gitu gak berbedak ๐Ÿ˜ฆ (untungnya emang aku makeup-an juga gak kentara ya dengan gak, hihihi) sekarang alat makeupnya dibawa. Bawa gendongan juga, bawa stroller juga, pokoknya komplit deh ๐Ÿ˜€

Karena ini udah untuk ketigakalinya aku ke Kuching (dan rasanya gak ada apa-apa juga di Kuching ini apalagi ditambah akomodasi di Kuching sangatlah mahal karena harus selalu menggunakan taxi (yang biasanya bahkan lebih mahal dari harga tiket pesawat Kuching – KL!)) jadinya aku gak ada rencana sama sekali di Kuching ini. Palingan sesampainya di Kuching langsung cek in hotel, istirahat dan sorenya jalan-jalan disekitar waterfront Kuching yang tersohor seantero kota Pontianak aja, hahaha.

Lagian satu hari di Kuching emang aku memanfaatkan bener buat K istirahat karena sebelum pergi liburan ini si K tiba-tiba diare dong! Neneknya udah nyuruh batalin aja liburannya, akunya galau, papanya seh ikut aku aja apapun keputusannya. Tapi melihat K yang masih ceria-ceria aja walaupun lagi diare ya aku Bismillah aja buat pergi liburan. Yang penting obat-obatan K lengkap. Insya Allah lancar deh pokoknya *bacadoakomatkamit*

Pose paling ngehits se Kota Pontianak - Depan patung Kuching paling tersohor sekota Pontianak
Pose paling ngehits se Kota Pontianak – Depan patung Kuching paling tersohor sekota Pontianak
Paaaa,, banyak kapaalll :D
Paaaa,, banyak kapaalll ๐Ÿ˜€
Papa dan K main di waterfront
Papa dan K main di waterfront
Tiga Generasi
Tiga Generasi

Malamnya si Abang, Nenek dan Auntynya K makan-makan di kafe seberang waterfront yang lumayan rame juga (tapi kata abang makanannya kurang enak seh) Akunya? Ya nemenin K bobo di hotel dong! >.<

Besok paginya tetep si Abang, Nenek dan Aunty jalan ke pasar dan aku tetep nemenin K di hotel aja karena siangnya bakalan menguras tenaga yang sangat banyak. Aku akan pergi ke bandara antar bangsa Kuching dari hotel pukul 13, penerbangan dari Kuching – KL pukul 16, penerbangan KL – Bangkok pukul 20 dan sampe di Don Mueang Internatioanl Airport udah pukul 22 lebih waktu setempat!

OK, welcome Bangkok! Selamat datang di destinasi yang sebenarnya pada liburan bulan April ini Katniss! ๐Ÿ™‚

First Trip K! Hari Pertama..


Salah satu kebiasaan aneh K kalau mau pergi-pergi adalah selalu tidur nyenyak disaat detik-detik menjelang berpergian. Ini udah beberapa kali terjadi loh, baik mau pergi imunisasi atau sekedar jalan-jalan ke mall. Masalahnya adalah ini jalan-jalannya udah terpatok waktu, apalagi naek pesawat, jangan sampe ketinggalan lah! (Etapi ada cerita juga seh gara-gara tidur dalam perjalanan ini, hihihi)

Perginya pake pesawat Sriwijaya pukul 10.45. Rencana perginya pukul 9.30. Jam 9 kurang K dinenenin dan tertidur nyenyak dong! Yang biasanya aku gak mau kalau ada yang ganggu K pas tidur (neh anak termasuk yang susah tidurnya) jadi dengan terpaksa membangunkan K tepat pukul 9.30 untuk siap-siap berangkat ke bandara.

Sampai di bandara pukul 10.00. Si abang berinisiatif untuk cek in sendirian dulu (karena yang nganterin K ini rame loh! Ada neneknya, mbahnya, auntynya, dan 2 temannya, serasa naek haji dah ๐Ÿ˜› ). Etapi ternyata kalau banyak anak bayi itu gak boleh cek in sendirian loh. Anak bayinya harus dibawa untuk dilihat (apakah ini emang bayi atau anak-anak). Ini juga berimbas sama cek in online. Jadi yang bawa bayi gak bisa deh cek in online gitu (ini sangat perlu diperhatikan buat menghitung ketepatan waktu)

Pukul 10.30 masuk ke ruang tunggu keberangkatan. Katanya pihak Sriwijaya seh gak delay. Etapi baru bener-bener take off itu pukul 12.00 loh! Yak, selamat datang dipenerbangan Indonesia! ๐Ÿ˜ฆ

Penerbangan pertama Katniss :D
Penerbangan pertama Katniss ๐Ÿ˜€

Pas di dalam pesawat aku dikasih pelampung tambahan dan seatbelt tambahan untuk bayi. Jadi seatbeltnya itu ada lubang untuk menghubungkan dengan punya yang pangku babynya. Selebihnya gak ada yang wah lagi dari penerbangan dengan bayi selain siapin stamina aja kalau babynya mulai rewel.

Tapi, alhamdulillah K gak rewel sama sekali loh! Pas take off dia disusukan dan langsung blas bobo (mungkin efek masih ngantuk tapi dibangunin tadi) dan bangun pas udah mau landing.

Sesampainya di bandara, ngurusin bagasi dan langsung cari tempat makan buat ngasih makan K. Jadi dalam perjalanan ini setiap mau nyari tempat makan yang ditanya pertama kali adalah, punya baby chair gak? Kalau punya, tempatnya terlihat nyaman dan gak terlalu ramai langsung ok dah ๐Ÿ˜€

***

Rencananya, dari bandara aku menggunakan Bis Damri buat ke Bogor dan di bogor akan dijemput sama supir yang udah dipesan. Masalahnya adalah Damri ke Bogor itu ternyata lama datangnya dan pas dateng selalu aja rebutan! Beberapa kali lewat, kami selalu aja gak dapet karena penuh.

Pas nyusun strategi aku (dengan menggendong K) duluan masuk untuk dapet tempat, eh bisnya penuh dong! Cuma tinggal 1 kuris kosong. Udah lemes aja harus turun dari bis lagi dan udah sore pula (pukul 3.30 pm). Untungnya kondekturnya memperbolehkan kami duduk di kursi paling belakang (kursi yang biasa buat merokok itu ๐Ÿ˜ฆ ) dan syukurnya lagi gak ada orang yang merokok dalam perjalanan itu. Katniss juga sangat pinter selama di Bus. Yang aku udah mulai mabok aja (pas disusuin dianya tidur) terus bangun dan dipegang Papanya sampe ke Bogor tampa rewel sedikitpun *pukpukK* Jadilah pukul 5.00 pm kami sampai di bogor *banzaaiii!*

Niatnya, sampai di bogor singgah ke koto bayi dulu buat beli stoller, untuk jalan-jalan ke puncaknya. Etapi dibilang gitu si supirnya bilang kalau beli stoller dulu bakalan gak bisa naek ke pucaknya lewat tol dong! Emang apa hubungannya? Karena malas berdebat dan energi udah terkuras, jadi ikutin supirnya aja tanpa beli stollernya (dan sekali lagi, ini merupakan kesalahan besar loh jalan gak pake stoller!).

Pas magrib akhirnya sampe juga dipenginapan. Badan udah capek banget. Langsung bersih-bersihin K, kasih makan dan tidur! Besok liburan akan dimulai! ๐Ÿ˜€

Bekal Liburan Si K!


Haaaiiiiiโ€ฆ Halloooo.. Apakabar semuanyaaa??

 

Libur telah tiba… LIbur telah tiba… Hore Hore Hore!!! *eh masih ada hari senin ding masuk kantornya* ๐Ÿ˜ฅ Gak sabar pengen cepet-cepet beresin kerjaan biar bisa mulai siap-siap liburan. Apalagi ini bakal jadi liburan pertama Niee sejak hamil dan melahirkan. Si K bakal nyobain naik pesawat pertama kali. Udah mulai mikir-mikir sih apa aja yang mau dibawa buat bekal K selama di atas pesawat dan di Jakarta. Perlu diingat-ingat neh, seminggu sebelum berangkat, baju-baju si K harus mulai dicuci biar nanti gak kekurangan. Mesin cuci yang bagus kesayangan Niee, siap-siap kerja keras yaโ€ฆ Kan jarang dipake juga ๐Ÿ˜› Eh, bawa berapa koper ya? Perlengkapan si K sendiri banyak banget. Aku konsisten buat gak memberikan makanan instan buat K soalnya. Jadilah segala kompor, talenan, panci, pisau dan kawan-kawannya bakalan nangkring manis di dalam koper :mrgreen:

 

Mudah-mudahan gak repot buat urusan makanan si K. Dari hasil baca-baca di internet, ada beberapa saran praktis biar jadwal ASI dan MPASI bayi gak terganggu selama perjalanan dan liburan.

 

Kasih ASI dalam perjalanan

 

Setiap ibu berhak menyusui bayinya kapan saja dan di mana saja, termasuk di atas pesawat kan yak. Tapi, buat kepentingan jaga privasi kalau memang mau menyusui bayi di pesawat bisa pakai kain penutup yang disiapin dari rumah. Nah, sekarang inilah bergunanya kado dari auntynya K yang setelah anaknya umur hampir 11 bulan gak pernah dipake ๐Ÿ˜›

Buat jaga-jaga aku mau bawain K jus di dalam botol seh kalau susah diruang tunggu menyusuinya, toh susu cair (atau jus boleh kali yak?) bayi bukan termasuk cairan yang dilarang dibawa penumpang pesawat.

Minum susu (apalagi nenen emaknya) bisa menenangkan bayi yang pasti ngerasa kupingnya gak nyaman karena perubahan tekanan udara. Waktu menelan itu loh yang bikin kuping jadi lega. Pontianak-Jakarta kira-kira 4 jam udah termasuk waktu tunggu di bandara, perjalanan darat dari dan ke bandara. Belom lagi habis dari Bandara akunya langsung cus menuju bogor pake Damri.. Mantap deh perjalanan si Niee mah ๐Ÿ˜€

 

Bagaimana dengan MPASI-nya?

 

Rencananya seh, karena jadwal pesawatnya pukul 9.45 WIB, jadi perkiraan emaknya K akan makan setibanya di Bandara. Maish mikir seh mau makan dibagian mananya bandara *galau* Kayaknya perlu bawa banyak tisu basah dan yang pasti celemek bayi. Yang pasti baju K gak bakalan selamat deh walaupun udah pake celemek, semoga di Jakarta nanti ada mesin cuci yang bagus buat pakaian bayi.

 

Untungnya larangan bawa cairan ke dalam pesawat gak berlaku buat makanan dan minuman bayi. Karena jadwal makannya di bandara, udah dipastiin dong makanan K akan dibawa. Nah, satu lagi barang berguna setelah sekian lama dibeli. Apalagi kalau bukan thermos makanan bayi.. hahahaha…

 

Apa lagi ya?

 

Daftar bekal si K kayaknya udah panjang banget, tapi rasanya masih ada yang kurang. Mungkin barang-barang ini perlu dibawa ke kabin pesawat juga:

 

  • Mainan buat ngibur dia selama perjalanan. Ini masih bingung deh mau bawa apaan. Ada ide man teman?
  • popok cadangan
  • tisu basah buat jaga-jaga waktu ganti popok
  • cadangan makanan kalau jadwalnya molor

 

Sementara baru itu yang kepikir. Penerbangan sekitar sejam aja persiapan buat si K udah banyak banget gitu. Gimana tahun depan kalau terbang ke Bangkok?! Aaahh, tapi inikan emang mau nyoba sebelum perjalanan jauh itu. Dan pas dibangkok semoga K udah bisa makan nasi, jadi alat tempurnya udah bisa dikurangi kan yak.. hehehehe..

Rencana Liburan


Haaaaiiiii… Haalooooo… Apakabar semuaaa..?? :mrgreen:

Ok, ini sebenarnya rencana liburan ini udah semenjak bulan Juli aku rencanain, tapi karena aku iniย  tipe orang yang masih berfikiran rada kuno. Kalau ingin melakukan sesuatu pasti aku akan simpan niatan itu hingga sampe saatnya aku laksanain. Soalnya, menurut pemikiran kuno aku, kalau diceritain ntar gak jadi! ๐Ÿ˜›

Tapi, pas kemaren aku ngerencanain buat jalan-jalan ke KL Maret lalu dan aku simpan hingga saat hari H, aku juga gak jadi tuh jalan jalannya ๐Ÿ˜ฅ

Nah, karena itu kali ini aku mau cerita aja. Biar banyak yang aminin gitu supaya rencana jalan-jalan aku ini terkabul ๐Ÿ˜ณ

***

Malem-malem pas di bandung kemaren, aku dapet kabar bahwa Air Asia lagi promo semua rute. Karena emang udah ngincer buat pergi akhir maret 2013 nanti (masih lama yaaa boooo ๐Ÿ˜› ) akhirnya aku mengalahkan rasa capek setelah kegiatan seharian demi seonggok tiket. Setelah utak atik tanggal menyesuaikan dengan rencana cuti 3 tahunan aku akhirnya dipilihlah tanggal 27 Maret 2013 untuk perjalanan akuย  :mrgreen:

Coretan Rencana Perjalanan di Grand Pasundan, Bandung

Sebenarnya seh ini lebih mahal daripada harga yang aku dapet kemaren, dimana aku dapet total 100 MYR gitu untuk rute yang sama bulan Maret lalu. Tapi karena kemaren aku masih ragu ya gak dibeli deh. Sekarang juga masih masuk kedalam hitungan deh yak harganya. Masih termasuk murah. Perorangnya cuma 272,66 MYR.

KUALA LUMPUR

Tujuan utama aku adalah ke KL. Ya, sebenarnya gak ada yang dipengenin seh disini (ya jadi kenapa juga kesini niee? >.< ) Tapi karena dari KL ini adalah titik yang bagus untuk kesemua rute di asia tenggara dari Pontianak.

Rencananya, kalau lagi pelit aku akan menggunakan bis dari Pontianak ke Kuching dimana pesawat pertamaku menuju ke KL. Perbandingannya, kalau aku naek bis harganya IDR 150.000 dan kalau naek pesawat harganya IDR 539.000. Bedanya jauh kan ya boo… Itu seh udah2/3 biaya perjalanan aku, jadi kemungkinan dicoret.

Karena kemungkinan terbesar adalah pasti pake bis, berarti aku harus memesan bis tanggal 26 Maret mengambil perjalanan pukul 9 pm yang diperkirakan sampe pukul 9 AM dan langsung ke Bandara internasional di kuching sono buat ke KL *siapsiapantimo10biji*

PHUCKET

Setelah 5 hari di KL (weeeeewwww,,, aku baru sadar ternyata rencana aku lama juga yak, karena penyesuaian tiket neh!! ) tujuan kedua aku adalah ke phucket! Sebenarnya seh tujuan utamanya mau ke Phi Phi Island, cuma masih nyari nyari info juga neh mengenai penginapan dan tour satu hari ke Phi Phi Island dari Pucket. Kalau ada temen-temen yang pernah kesana boleh dong diinfokan, ntar aku doain semoga cepet kaya atau gak jadi artis deh ๐Ÿ˜‰

Karena gak ada tujuan lain di Phucket, jadi disini cuma 3 hari aja. Tanggal 2 April udah cussss,,, menuju ke Singapore.

Singapore

Di Singapurnya belum ditentuin berapa hari. Tergantung aku mau pulang lewat mana, apakah lewat Batam ke Pontianak, atau dari Singapur ke Pontianak. Masalahnya adalah penerbangan dengan dua rute diatas itu gak setiap hari adanya. Jadi bener-bener harus ngepasin jangan sampe terlalu cepet atau terlalu lama. Kalau terlalu cepet ntar gak puas jalan-jalannya, dan kalau terlalu lama bisa tekor deh eyke penginapannya ๐Ÿ™„

***

So, buat temen-temen yang udah pernah ketiga tempat di atas, atau salah satunya deh, mohon infonya dong hotel yang bagus, tempat rekreasi dan gimana cara belinya biar gak ngabisin waktu, ringkas dan yang paling penting MURAH!! :mrgreen:

Dan tentunya mohon doanya juga yak, mudah-mudahan perjalanan kali ini aku bisa terlaksana. Ya, sayang aja kan yak uangnya udah dibeliin tiket gini, mana kalau AA kan apalagi yang promo gak bisa ada pembatalan gitu, jadi pasti hangus deh tiketnya ๐Ÿ˜ฆ

Sumber Gambar :