Family Weekend – Menginap di Golden Tulip Pontianak


Seperti biasa, kalau udah bosen di rumah saatnya kita-kita nginep di hotel, huahahahaha. Gaya banget yak πŸ˜›

Baca : Liburan Akhir pekan Kibuw di Hotel

Bulan Nopember tahun lalu (iihh telat banget yak nulisnya πŸ˜› ) akhirnya kami kembali mencoba hotel baru lagi di Pontianak. Hotelnya termasuk baru seh, belum sampe lima tahun deh rasanya umur hotelnya. Penasaran aja sama kolam renangnya. Karena kita nginep di hotelkan emang pengen berenang yak. Sampai sekarang belum pernah ngajak si K berenang di kolam umum. Hiks, PR banget neh.

dscn2551

Kita dateng ke hotelnya udah malem kalau gak salah (ih kok jadi gak yakin sendiri yak) langsung masuk kamar soalnya udah cek in dari siangnya pas jam kerja. Soalnya kasian kalau belum cek in si K kelamaan nunggu di resepsionis.

Sampe di kamar, seperti yang sudah-sudah ritual si K adalah loncat-loncat di kasurnya. Jadilah biasanya buru-buru ngambil foto kamarnya dulu, kalau gak udah keburu diacak sama si K dan hasil fotonya udah jelek banget, hihihi. Setelah loncat-loncat kemudian diapun melihat disekeliling kamar. Tempat paling favorit si K kalau di hotel adalah deket brangkas dan dia suka mencet-mencetin tombol brangkasnya. Pernah gitu kejadian dianya ada nyimpen barang didalam brangkas dan eh kekunci gitu brangkasnya >.< Untung pas dicobain pake kode berapa gitu bisa kebuka, kalau gak kan udah hebohlah saya.

Setelah udah puas mengacak-acak kamar πŸ˜› kemudian diapun minta dibuatkan teh dengan dia sendiri yang harus nuangkan gula dan nyelupin tehnya sampai mengaduknya. Yang lucunya adalah kalau kita udah keduluan ngasih gulanya dia minta ulang dong! Ambil gelas dan gula baru >.<

Kalau udah melaksanakan ritualnya barulah kita bakalan tidur-tiduran sambil nonton tv. Dan kalau udah jam 8 anaknya pun dipaksa tidur. Btw si K ini kalau mau tidur selalu aja meregek dulu gak mau, aneh deh, padahal dulu pas masih nenen seneng-seneng aja tuh dia diajak tidur. Harus cari cara buat ngerayu dia tidur tanpa nangis deh.

Soal kamar kemaren pas nginep aku pilih kamar yang standar aja, soalnya cuma satu hari aja kan yak, dipakepun bener-bener cuma buat tidur doang. Datang sore pagi berenang siang udah pulang.

Kalau dilihat dari luas rasanya masih luasan pas nginep di Mercure seh yak padahal sama-sama bintang 4 dan sama-sama kamar standar. Kalau di Mercure ada dapet meja kursi sudut gitu, kalau disini gak dapet, dan kalaupun dapet kayaknya udah gak ada tempat buat nyimpennya deh.

Fasilitas yang di dapat seh sama yak, TV kabel ukuran 32 inci, dapet kopi teh dan perlengkapan toilet standar. Perbedaannya kalau disini gak ada dapet peralatan menjahit kayak di Mercure. Aku soalnya suka banget kalau dapet peralatan menjahit ini, aku kumpulin buat dibawa pas travel. Lumayan kan yak kalau ada baju yang robek bisa dijahit sementara πŸ˜€

***

Paginya seperti biasa si K bangun pasti pagi. Kalau gak jam set 6 ya jam 6. Rasanya seumur-umur si K paling telat bangun dia jam set 7 seh. Aku seh senenng ya anaknya bisa bangun pagi, paling gak ntar kalau masuk sekolah udah gak susah buat membiasakannya lagi.

Habis bangun tentu si K minta minum teh lagi! Heran deh padahal kalau dirumah aku gak pernah ngasih dia teh loh. Emang gak aku biasain seh minum pagi gitu, soalnya ribet aja kalau pagi harus minum teh atau kopi. Pagi-pagi ya anak-anak minum susu kalau mau :mrgreen:

Setelah itu kita langsung makan di cafetaria. Makanannya masih terasuk ok seh, tapi menurut aku variasinya kurang banyak. Namanya sarapan yak kalau aku singkirin dulu deh yang namanya makan nasi lengkap. Pengennya itu misalnya bubur pedas gitu, atau nasi goreng, mie tiaw yang dimasak hangat. Mau ngasih makan si K juga akhirnya bingung jadi ujung-ujungnya bubur putih doang sama ayam suir >.<

Udah kenyang semua lanjut berenang kita.

Aku suka kolam berenangnya kakaaakkk. Setelah dulu paling suka dengan kolam Mercure, akhirnya aku dapet kolam renang baru yang aku suka juga. Jadi ini kolam renangnya di dalam gedung, tapi dinding-dindingnya terbuka jadi tetep gak pengap tapi kalau hujan gak kebasahan.

Kolamnyapun gede dengan pemisahan antara kolam kecil untuk anak-anak dan kolam gede untuk orang dewasa. Tentu aja akunya berenang di kolam kecil dong yak, soalnya kan aku gak bisa berenang πŸ˜›

Gak ada fasilitas spesial apa-apa seh yang di dapat, palingan dapet handuk untuk ngeringin badan doang. Tapi karena kolamnya ok, aku langsung bilang si abang buat kapan-kapan balik lagi ke sini untuk berenang πŸ˜€

PR satu lagi aku soal berenang ini adalah aku tuh pengen banget ngeleskan si K buat berenang. Pas aku daftarin sekolah si K katanya ada seh dari sekolahnya buat ngajarin berenang bagi anak TK nya. Tapi karena K baru masuk playgroup jadinya belum bisa ikutan. Masih mikir seh mau dimasukkan sekarang atau nunggu pas TK aja, soalnya si K tahun 2017 ini akhirnya udah mulai kegiatan baru yaitu ngaji! Ih seneng deh rasanya anak udah masuk ke tahap yang lebih serius yak. Nah kalau baru masuk belajar ngaji dan bulan juli ntar masuk kindergarden takutnya anaknya kecapean. jadi perlu difikirkan lagi deh soal les renang ini.

Paling gak aku pengennya beliin si K pelampung tangan aja dulu, jadi gak pake lagi pelampung yang model bulat itu. Biar dia ngelatih bergerak dengan tangannya (ngaruh gak seh perbedaan pelampung ini untuk belajar berenang?)

Setelah hampir sejam kitapun udahan berenangnya. Lagi-lagi si K nangis dong pas diajak udahan. Neh anak emang hobinya nangis dulu baru ngomong πŸ˜›

Siang pulangnya kita singgah dulu ke Pizza Hut buat makan siang, jadi pas sampe di rumah tinggal bobo siang cantik aja, hahaha.

So, selamat menyambut weekend lagi semuanya. Mau jalan kemana weekend ini? πŸ™‚

Bulan Desember Ituh…


Guweh gak ada posting di blog sama sekali! Huahahahahahaha.

Sok sibuk banget yes akunya. Hiks.

Udah beberapa kali buka dashboard padahalnya, tapi pas buka ada aja masalahnya. Udah beberapa kali buat draft yang ujung-ujungnya gak selesai. Manalah aku ini bukan tipe orang yang nulis postingan di draft dulu, jadi kalau gak selesai sampe berminggu-minggu pasti jatohnya draftnya masuk trash. Kayak udah gak ada feeling lagi gitu mau lanjutinnya.

Tiga minggu long weekend ke mana Niee?

KAGAK ADA KEMANA-MANA SAYANYA! Hiks lagi

Long weekend pertama rencananya mau ke Singkawang, tapi kemudian males πŸ˜› beralihlah pengen nyobain wahana baru di Pontianak namanya Paradise Q, lumayan bagus kayaknya banyak yang ngeshared. Tapi berujung kitanya cuma leyeh-leyeh di rumah dan jalan-jalan ke Mall >.<

Akhirnya ada juga tempat wahana di Pontianak :D

Long Weekend kedua si kibuw sakit demam dan berujung long weekend ketiga pas tahun baru masih masa pemulihan jadilah gak ke mana-mana. Padahal pengen banget jalan kemana gitu. Akhirnya mengambil keputusan ntar tahun depan (tahun 2017 ini) kalau ada tiket promo dan ada libur panjangnya langsung aja beli tiket biar gak mati gaya, hahahaha.

Untungnya pas long weekend kemaren si papa gak ke kantor lagi (yak setelah sepanjang tahun [baik sabtu ataupun minggu, bahkan pas lebarang] si papa ke kantor terus akhirnya dua hari tanggal 1-2 Januari kemaren papanya ada dirumah πŸ˜€ ) jadi kita bisa jalan-jalan nikmatin taman-taman baru di Pontianak.

  

Setelah bertahun tahun iri dengan Kota laen yang banyak ruang terbuka hijaunya buat anak anak maen akhirnya bapak walikota ngedengerin juga jerita hati warganya ini *halah*. Karena Pontianak pembangunannya udah selesai, jalan udah mulus semua, sekolah udah ketje semua, kesehatan udah banyan duitnya *eh anggarannya maksudnya 😝 jadi Pontianak tinggal mempercantik diri aja. Banyak bangun taman di mana mana buat warganya selpi πŸ˜†

Bulan desember ini untuk terakhir kalinya juga si Niee kerja di Dinas Kesehatan. Setelah 6 tahun sekolah dasar akhirnya si Niee lulus juga. Bisa juga pindah instansi baru. Hihihi. 

Cerita tentang kepindahan ntar dijadikan satu postingan tersendiri aja kali ya. 

So walaupun telat banget udah tanggal 15 januari si Niee tetep mau ngucapin selamat tahun baru. Mari memulai tahun 2017 ini dengan semangat baru di kantor baru 😬

Cerita Seputar Kantor (Outbound)


Haaiiii… Haalloooo.. Apakabar semuanyaa?

Udah lama yak si Niee gak ngomongin soal kantor. Sebenarnya emang agak menghindari seh yak ngomong soal kerjaan apalagi di FB. Tapi kalau soal kerjaan yang sifatnya senang senang boleh dong yak didokumentasikan di blog πŸ˜†

Outbound

Si Irninya gak ikut foto soalnya lagi mandi >.<
Si Irninya gak ikut foto soalnya lagi mandi >.<

Seperti yang dilaksanakan pada tahun lalu, tahun ini kantor aku kembali ngadain outbound. Tapi berbeda dengan tahun lalu yang isinya cuma para pejabat, tahun ini yang diajakin outbound adalah seluruh staf sampai kepala di kantor. Dari yang tahun lalu aku gak ikutan maen (karena tahun lalu dan tahun ini aku sebagai panitianya seh) tahun ini aku udah niatin banget untuk ikutan maen pas outboundnya. Ternyata menyenangkan banget emang ya. Dan emang semenjak itu keakraban untuk staf di kantor jadi lebih terasa. Jadi lebih menyenangkan. Emang harus deh yak setahun sekali diadain kegiatan semacam ini yang melibatkan semua orang.

Outboundnya sendiri terdiri dari beberapa bagian. Pertama pemanasan dulu terus dilanjutkan dengan permainan untuk mengasah konsentrasi kita semuanya.

Game pertama adalah seluruh orang membuat sebuah lingkaran kemudian disuruh menghitung dari satu sampai berapapun. Yang menarik adalah perhitungan itu sesuai dengan arah tangan yang menyebutkan angkanya. Kalau tangan kanan kita menepuk pundak kiri maka orang yang disebelah kiri yang meneruskan hitungan, tapi kalau sebaliknya berarti orang disebelah kanan yang meneruskan hitungan. Terlihat simple ya, tapi ternyata banyak juga loh yang salah dalam game ini. Berarti kami kebanyakan kurang konsentrasi! >.<

Games konsentasi, ketanggapan dan kecepatan
Games konsentasi, ketanggapan dan kecepatan

Game kedua kita langsung dibagi menjadi beberapa kelompok. Kebetulan aku satu tim dengan kepala dinas dan dia sendirian pula yang cowoknya! Jadilah jadi bahan lelucuan di kelompok *si irni kualat* πŸ˜›

Yang kedua ini permainannya juga simple sebenarnya, jadi kita berhadapan dengan kelompok lawan. Tiap perorang ditengah-tengahnya ada sebuah bola yang harus direbut oleh setiap orang dari masing-masing tim. Tapi sebelum itu kita diberi instruksi lainnya dulu misal pegang kepala, pegang kuping dan sejenisnya baru deh pas ada aba-aba ambil bola langsung buru-buru rebutan. Tiga kali kesempatan aku dapet bolanya cuma satu kali. Kurang cekatan yak :mrgreen:

permaianan volley bola air
permaianan volley bola air

Game ketiga adalah volley air. Masing-masing tim terdiri dari 6 orang peserta. Setiap dua orang memegang sebuah plastik yang fungsinya adalah melempar dan menangkap bola air tersebut. Jika bolanya pecah, atau jatuh maka yang mendapat poin adalah tim lawan.

Tim aku menang dong pas game ini! Gampil deh ini *sok banget* >D

Nama games ini adalah robot manusia. Ada kayu berbentuk segitiga yang harus dinaiki oleh satu orang (di mana yang naik adalah aku karena paling ‘ringan’ diantara orang lainnya πŸ˜† ) dengan 6 tali yang berada di atasnya. Cara permainannya sebenarnya simple, setiap tim harus membawa robot manusia ini dari satu titik ke titik lainnya tanpa menyentuh kayu dan hanyaΒ  dengan bantuan tali tersebut.

Kelihatannya ini permainan yang membutuhkan tenaga besar yak. Pas tim aku baru mulai main juga dikecengin karena tim kami cuma punya satu cowok dan tim lawan ada 4 cowoknya. Ternyata gak loh! Ini adalah permainan strategi. Dengan cowok 1 lawan 4 kami bisa menang! πŸ˜€

Games roda manusia
Games roda manusia

Game selanjutnya adalah robot manusia. Jadi seluruh tim masuk ke dalam sebuah lingkaran dan tujuannya cuma mencapai titik lainnya. Etapi ternyata ini susah loh. Harus bener-bener kerja sama antara orang paling depan dan orang paling belakang. Tim aku susah banget majunya karena kelupaan untuk ‘mengantar’ roda dibagian atasnya.

Seperti foto di atas, game selanjutnya adalah panahan. Aku sendiri gak pernah yang namanya pegang busur dan anak panah. Etapi ternyata seru juga yak maen panahan ini. Aku beberapa kali nyoba ada kena satu kali targetnya, beberapa temen jadi pengen ikut klub panahan segala loh. Kalau aku sendiri seh jauh-jauh lah yak mau masuk klub segala, mau nonton bioskop aja susah kakak sekaraaaanggg *malah curcol*

Yang terakhir ini aku lupa nama gamenya. Permainannya sendiri ada roda-roda yang diatasnya terdapat satu papan. Kita satu tim harus naik ke atas papan-papan tersebut dan harus membawa “sampan” itu menuju ke titik tertentu dengan hanya bantuan kayu panjang yang dijadikan dayungnya. Jika ada yang jatuh dari papan tersebut maka tim nya akan kalah. Permaianan ini tim aku kalah dong, hahahaha. Ternyata susah yak.

Games volley balon
Games volley balon

Setelah seluruh game selesai, diumumkan kelompok mana-mana yang menang dari juara 3-1. Dan ternyata kelompok aku jadi juara satu dong! Hahahahahaha. Rasanya lucu juga karena kami cuma maen-maen aja isinya. Mungkin emang outbound jangan terlalu serius, jadi yang seneng-seneng aja yang menang πŸ˜›

Pulang dari tempat udah malam dan kami mampir ke sebuah restoran di Mempawah. Udah capek, lelah makan ikan rasanya enak bener!

***

Jadi temen-temen ada gak kegiatan semacam ini di kantornya? Biasanya dalam bentuk apa?

HKTrip – Tiket


Haaaaiiiii… Haaallllooooo… Apakabar semuanyaaaaa??

IIhhh kangen deh sama blog. Belakangan ini rada jarang ngeblog ya si Niee nya. Tapi untuk beberapa waktu kedepan si Niee bakalan banyak bahan cerita deh karena baru balik liburan dari Hongkong.. Yeaaahhh.. Akhirnya tiket yang udah dibeli dari bulan september tahun lalu terpakai juga :mrgreen:

Kalau mau baca cerita lengkap pas si Niee jalan-jalan ke Hongkong – Macau – Shenzhen kemaren boleh loh intip-intip di postingan ini:

 

Karena banyak temen-temen kantor dan sekitarnya yang nanyain perihal tiket ini dan sibuk bolak balik ceritain gimana kronologisnya, so postingan pertama dari rangkaian HKTrip ini bakalan aku dedikasikan untuk cerita tentang tiket ya.

Niee ke Hongkong tiketnya berapa harganya?

Pertanyaan paling sering mendunia sejagatraya terlebih lagi untuk sekitaran temen-temen kantor.

Lumayan murah kok. Kalau mahal, sayanya sama si abang belum mampu. Belum mampu kalau harus naek garuda yang nyaman itu. Makanya naeknya AirAsia aja. Belinyapun hampir setahun sebelum keberangkatan pas AirAsianya lagi promo gede-gedean. Tapi inipun dapatnya gak yang paling murah loh. Jadi masih ada yang bisa lebih murah lagi kalau pas dapet. Intinya seh rajin-rajin aja lihat website atau FBnya AirAsia atau maskapai lainnya. Group backpakeran juga sering ngasih info kalau ada tiket murah ini. Bahkan sampe ke Eropa juga ada yang murah banget. Pernah aku lihat tiket PP dari KL ke Paris cuma 4jutaan gitu. Murah banget kan!

Tiket Pontianak - KL (PP)

tiket 1 tiket 2Jumlah harga tiketnya:

  1. Tiket Kuala Lumpur – Pontianak (PP) bertiga Rp. 2.446.500,-
  2. Tiket KL – Macao bertiga 551 MYR kalau di Rupiahin dengan Kurs Rp3200 jadinya Rp. 1.763.200,-
  3. Tiket Hongkong – KL bertiga 1231.91 HKD kalau di Rupiahin dengan Kurs Rp1700 jadinya Rp. 2.094.247,-

Jadi total seluruhnya adalah Rp. 6.303.947 untuk bertiga dari Pontianak – KL – Macau – Hongkong – KL – Pontianak. Harga ini udah include semua yak. Udah termasuk beli bagasi disetiap penerbangan sebanyak 40Kg (kelebihan banyak seh sebenarnya, 30kg udah cukup deh ternyata) dan beli kursi biar bisa dapet sejajar bertiga (soalnya kalau cek in biasa tanpa beli kursi dapetnya suka misah-misah neh AirAsia)

Kalau gak beli bagasi dan gak beli kursi harganya bisa jauh lebih murah loh. Perbandingannya kayak gini neh.

tiket 4Untuk penerbangan dari Hongkong ke KL kalau gak beli bagasi sama beli kursi, jatohnya bertiga cuma 845.91 HKD atau Rp. 1.438.047 aja. Berarti tiket untuk satu orangnya cuma Rp. 479.349 doang. Murah banget kan! :mrgreen:

Jadi tagline AirAsia yang bilang Everyone can Fly itu bener banget! *kemudian minta fee sama AirAsia* πŸ˜›

Gak takut beli jaoh-jaoh hari tiketnya gak jadi berangkat?

Emang gak ada jaminan kalau kita jadi berangkat dengan membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Aku juga pernah gagal sekali pergi ke KL yang tiketnya udah dibeli 3 bulan sebelumnya karena alasan tertentu. Tapi ada juga temen kantor aku yang beli tiketnya 2 minggu sebelumnya juga batal karena anaknya sakit. Intinya seh ya siapin hati aja. Kalau batal ya ikhlasin πŸ˜› Karena liburan itu gak cuma sekedar soal ada atau gak ada duit, tapi soal kesempatan juga. Mungkin dikasih jalan buat liburan lebih jauh dan lebih lama lagi, hehehe.

Solusi dari aku seh kalau beli di AirAsia ini kalau beli tiket belilah tiketnya doang aja. Kalau dilihat dari harga bagasinya bisa jatoh lebih mahal harga bagasikan yak? Beli bagasi dan perintilan lainnya tunggu H-3 keberangkatan aja, jadi gak rugi-rugi amat kalau batal. 800 HKD sama 1200 HKD kan bedanya gede yak. Aku sendiri baru beli kursi tanggal 13 Juli 2016 dan beli bagasi baru 26 Juli 2016 sehari sebelum penerbangannya.

So, ada yang udah beli tiket liburan untuk tahun depan? Aku sekarang lagi nungguin promo AirAsia lagi neh untuk liburan ke Korea. Hihihihi.

Menu Sarapan


Terinspirasi dari status om NH di Facebook tentang sarapan.

Sarapan kok sate?
Sarapan kok sate?

Lah emang sate bukan untuk sarapan om?

Dulu waktu aku kecil sering setiap hari minggu sering sekali diajakin sama ibu pergi ke pasar tradisional. Pasar tradisional jaman dulukan parah banget ya suasananya, bau-becek-pengap, pokoknya aku gak suka deh! Kadang kalau lagi males aku nungguin ibu di parkiran motor aja. Kenapa kalau gak suka selalu ikut terus ke pasar? Karena pulang dari pasar ibu akan membawa aku sarapan ke abang sate langganan! Seneng deh kalau udah kayak gini. Jadi mainset aku selama ini makan sate ya untuk sarapan.

Baru semenjak kenalan sama si abang suami aja aku ada kebiasaan baru makan sate pada malam hari. Kebetulan di dekat rumah si abang ada yang jual sate malam hari (FYI di Pontianak yang jual sate malam itu sedikit!). Itupun sate yang dijual adalah sate Madura. Akukan sukanya sate melayu yang berkuah itu. BTW pada udah tahu belum penampakan sate khas melayu itu?

Sate khas Melayu dengan kuah kacang. Dimakan dengan ketupat dan timun sumber: www.foodspotting.com
Sate khas Melayu dengan kuah kacang. Dimakan dengan ketupat dan timun
sumber: http://www.foodspotting.com

Walaupun kadang kala makan sate di malam hari tapi aku masih berasa aneh loh makan sate malam-malam gitu. Lah ini kan menu sarapan kok dipake buat makan malam? :mrgreen:

Selain sate menu yang populer juga untuk sarapan di Pontianak adalah Roti Cane. Gak perlu nyari-nyari tempat khusus deh untuk makan roti cane ini kalau mau sarapan, bertebaran di mana-mana. Malahan kalau buat makan malam susah nyarinya! Aku rasa roti cane ini emang pas deh ya buat sarapan, soalnya kan rotinya kecil banget, jadi kalau untuk dipake makan siang atau makan malam kelaperan dong saya πŸ˜› Walaupun dimakannya pake kuah kari seh. Jadi makan kuah kari untuk sarapan? HAJAR! πŸ˜€

Roti cane dimakan pake kuah kari daging. Aku seh selalu makannya pake daging sapi. sumber: www.visitv3.com
Roti cane dimakan pake kuah kari daging. Aku seh selalu makannya pake daging sapi.
sumber: http://www.visitv3.com

Menu sarapan selanjutnya yang juga populer di Pontianak adalah pecal. Di dekat rumah aku sendiri ada 3 ibu-ibu jualan pecal di depan rumahnya pagi-pagi. Dan karena untuk sarapan pecal yang dijual ini harganya murah-murah loh, cuma 4 ribu rupiah aja udah bikin kenyang! Isinya juga lengkap kok, ada mie kuning, ketupat, sayuran dan kerupuk. Pokoknya kalau udah bekal pecal ke kantor orang ruangan pada kepengen semua deh.

Dan menu terakhir yang biasa dipake sarapan di Pontianak adalah Mie Tiaw. Kalau ini emang seh rata-rata penjual Mie Tiaw yang terkenal banget di Pontianak jualannya pada malam hari. Tapi entah kenapa banyak warung-warung kecil di dalam gang atau pinggir jalan kalau pagi menyediaan mie tiaw untuk menu sarapannya.

Mie Tiaw Pontianak, kalau ke Pontianak jangan lupa makan mie tiawnya ya! :D sumber www.kompasiana.com
Mie Tiaw Pontianak, kalau ke Pontianak jangan lupa makan mie tiawnya ya! πŸ˜€
sumber http://www.kompasiana.com

Selain yang aku sebut di atas sebenarnya masih banyak seh memu-menu sarapan yang biasa aku makan lagi seperti nasi goreng, nasi kuning, bubur, lontong sayur, soto. Tapi itu termasuk biasa kali ya ditempat lain juga. Atau tetep menu-menu yang aku sebutkan tadi gak terbiasa untuk dijadikan menu sarapan di tempat kalian?

Liburan Akhir Pekan


Haaaaiiii… Haaaloooo … Apakabar semuaaa??

Udah beberapa minggu ini akunya gak kemana-mana seh akhir pekan. Biasanya ada aja waktu udah bosen banget sama kerjaan pengennya akhir pekan jalan ngedate berdua aja sama si abang suamik. Tapi beberapa waktu ini kok ya si K kayaknya lagi minta perhatian lebih banget. Gak boleh lihat emak bapaknya pasti langsung bermanja-manjaan. Udah makin ngerti kali ya kehadiran emak bapaknya yang sok sibuk banget pergi kerja jam 7 pulang jam 5 πŸ˜₯ Jadi beberapa minggu ini kalau gak jalan sama si K bertiga ya di rumah aja.

Nah, sekarang aku mau cerita tentang kebiasaan kita liburan singkat nginep di hotel waktu akhir pekan. Sekalian review dikit-dikit lah hotelnya buat yang pengen ke Pontianak siapa tahu bisa kesalah satu hotel yang aku tulis di sini. Awalnya seh cuma buat ngajakin si K berenang aja di kolam berenang hotelnya, tapi lama-lama seru juga ternyata menghabiskan waktu full bertiga. Soalnya kan sekarang masih tinggal numpang di rumah ortu >.< Semoga rumahnya cepet beres deh biar bisa pindah secepatnya πŸ˜€

Mercure Hotel Pontianak

Sebenarnya ini adalah pertama kalinya kami bertiga nginep di hotel yang niatnya emang cuma buat seneng-seneng bertiga bareng. Kalau sebelumnya kan nginep dihotelnya karena ada acara nikahan temen. Karena emang niatnya santai-santai jadi nginep di Mercure kali ini rada berasa liburannya lah ya :mrgreen:

Kalau nginep di hotel di dalam Pontianak seh aku selalunya nginep hari jum’at sampe sabtu pagi gitu ya. Alasannya seh cuma satu, biar ada waktu istirahat lagi di rumah setelah seharian jalan-jalan di hari sabtunya. Maklum ya bo emak-emak gak pernah olahraga, dibawa berenang dikit besoknya langsung pegel linu πŸ˜›

Hotel Mercure Pontianak ini terletak di jalan Jend. Achmad Yani, Pontianak. Kalau dilihat dari jalan protokolnya ini strategis seh ya, karena merupakan satu-satunya Hotel yang ada di jalan ini. Deket dengan satu-satunya Mall besar di Kota Pontianak (samping-sampingan gitu) πŸ˜› Tapi kalau mau nyari makan malam rada sulit seh di daerah ini karena emang daerahnya yang elit jadi mau kemana-mana juga susah. Pokoknya kalau mau nginep di sini ya nikmatin aja hotelnya atau jalannya naek taxi.

Nikmatin hotelnya karena menurut aku setelah 4 hotel yang aku pernah nginep di Pontianak ini Hotel Mercure dari segi pelayanan, design interior, fasilitas dan makanannya semuanya paling TOP dah. Untuk kamar dengan harga yang paling murah aja udah dapat yang luas banget. Seluruh koridor dilapisi sama karpet jadi si K enak lari-larian. Tempat tidurnya sendiri gak terlalu tinggi jadi gak khawatir buat si K bobo. Sanitrian kit nya paling lengkap, kolam renangnya ok secara ukuran (emang standar ukuran hotel lah ya) ada ukuran untuk anak-anak yang mana K bisa jalan dong di kolamnya, jadi suka banget dah dia πŸ˜€ dan ada kolam ukuran buat dewasanya juga serta yang paling penting adalah makanan untuk sarapannya SEMUANYA ENAK! Iya penting banget neh karena aku bukan tipe penikmat makanan hotel ya, dan aku selalu aja beranggapan makanan hotel itu gak enak. Tapi ini beneran enak. Puas deh nginep di sini. Aku kasih nilai 9/10 deh buat hotel ini.

Best Western Kota Baru

Pas kita nginep di Best Western ini hotelnya emang baru buka seh yak jadi bagian depannya masih ada pembangunan gitu deh. Dari tampak luar kayaknya hotelnya kecil, tapi ternyata pas masuk ke dalam lumayan lega juga kok hotelnya. Gak bisa dibandingkan plek-plek sama Mercure pastinya karena secara bintang juga beda. Kalau Mercure bintang 4 ini hotel bintang 3. Tapi karena harganya yang lebih murah dan salah satu dari sedikit hotel bintang 3 di Pontianak yang punya kolam renang walaupun cuma satu ukuran dan airnya dingin banget! Jadi ini juga recomended kok buat yang pengen nyari hotel yang harganya ok di kantong.

Makanan untuk sarapannya sendiri termasuk ok seh walau jauh banget lah dari Mercure, tapi karena harganya leih murah jadi dimaafkan deh πŸ˜›

Dari lokasinya rada ajaib dikit seh menurut aku, karena bukan pusat wisatanya Kota Pontianak, tapi disekelilingnya mudah untuk nyari makan. Deket dengan indomaret jadi kalau ada keperluan mendesak bisa cari di sana.

Yang paling gak banget yang aku ingat dari menginap di sini adalah aku mengalami kecelakaan kecil dengan pintu lemarinya. Jadi di bagian tempat buka lemarinya kan ada besi kecil tuh, ternyata besinya tajam dan membuat jari aku luka! Bener-bener perlu diperhatikan deh buat pihak Best Westren untuk interiornya. Untung aku yang kena kan bukannya si K. Kalau K yang kena bisa kacau dah.

HARRIS HOTEL PONTIANAK

Sama dengan Best Western, Hotel Harris ini termasuk baru juga di Pontianak. Baru tahun 2015 ini deh launchingnya. Awalnya pas launching udah mau nginep aja di sini karena kayaknya ok dari segi tampilan luar, tapi karena kolam renangnya belum ready jadi ya nunggu dulu. Kan nginep di hotel maunya berenang πŸ˜€

Konsep kolam renangnya sendiri beda dari hotel-hotel di Pontianak pada umumnya yang biasanya ada di lantai dasar. Kolam renang Hotel Harris ini adanya di lantai 13 jadinya konsepnya sky view gitu. Kolamnya sendiri enak karena ada untuk anak dan dewasanya juga dipisah. Tapi kalau sky viewnya sendiri kurang berasa seh karena ketutupan sama besi besi apa gitu gak jelas. Sayang banget jadinya.

Untuk design interiornya sendiri kok aku merasanya kurang ok ya baik dari lobi maupun di dalam kamarnya, terasa sempit gitu padahal luasnya lumayan loh 26m2. Sanitarian kit nya juga gak selengkap di Mercure, malahan berasa sama dengan di Best Western yang dari segi bintang dan harganya jauh di bawah Harris.

Untuk menu sarapannya juga gak terlalu banyak dan gak terlalu enak, bener-bener perlu ada pembenahan deh menurut aku untuk hotel sebesar Harris begini.

Kelebihan Hotel Harris adalah lokasinya yang paling strategis dari ketiga hotel ini menurut aku karena terletak di Jalan Gajahmada tempat paling hits di Pontianak. Paling hits karena di jalan ini ditetapkan sebagai coffee street di mana bertebaran warung-warung kopi dari yang murah banget tapi kualitasnya ok banget. Gak cuma kopi seh tapi seluruh makanan khas Pontianak bertebaran di jalan ini. Jadi kalau mau wisata kuliner di Pontianak emang aku rekomendasikan untuk nginep di sini dah.

***

Ok, segitu dulu review hotel dari aku karena emang baru nginep empat kali seh πŸ˜€ Satu kalinya kan udah pernah aku ceritain di sini ya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa nginep-nginep cantik lagi. Atau ada gak ya hotel yang mau ngasih ada vocher gratis? πŸ˜›

Hello World! Ke Pontianak Yok!


Heiiiiii.. Sampan laju.. Sampan laju dari hilir sampai ke hulu..
Sungai Kapuas, sunggoh panjang dari dolok membelah kote..
Heiiiii.. Tak disangke.. Tak disangke dolok hutan menjadi kote..
Ramai pendudoknye. Pontianak name kotenye..
Sungai Kapuas punye cerite..
Bile kite minom aeknye..
Biarpon pegi jaoh ke mane..
Sunggoh susah tok melupekannye.
Heiiiii. Kapuas…
Heiiiii. Kapuas…

***

Pada udah pernah baca lirik di atas? Atau udah ada yang pernah dengar lagunya? Di atas adalah lirik dari lagu berjudul sungai Kapuas ada juga yang nyebutnya dengan Ae’ Kapuas seh, gak tahu yang resmi yang mana *dipentung* :P. Kalau ada acara yang bertemakan kedaerahan di sini yang sering diputar ya lagu ini. Kalau udah denger lagu ini pasti yang lagi merantau pengen pulang deh! Pengen nyicipin kuliner khas daerah Pontianaknya.

Bertepatan hari jadi (Harjad) kemaren pada tanggal 23 Oktober 2015 aku sedikit disentil sama abang blogger Borneo bang Dwi tentang ikut menyemarakkan Harjad Pontianak ini ke dalam blog.Β  Para blogger dari Pontianak serentak pada hari tersebut ngeposting dengan tema “Pontianak Menyapa Dunia”. Tapi karena aku aku gak ikutan dikomunitas blogger Pontianak jadi gak ikutan deh πŸ˜› Gak kok, cuma lagi sibuk aja dengan sederetan acara di kantor untuk Harjad ini. Lagian kan si Niee emang ngepost seringnya dijam kerja *eh* :mrgreen:

Bujang Dare Pontianak lagi pake Baju Kurong dan Telok Belanga :D
Bujang Dare Pontianak lagi pake Baju Kurong dan Telok Belanga πŸ˜€

Kalau dulu ada yang nanya kalau ke Pontianak mau ngapain Niee? Akunya suka bengong petang petong melongo gak bisa jawab. Lah emang mau ngapain di Pontianak kalau gak ada apa-apanya? Nah, kalau sekarang marilah si Niee sedikit-sedikit mengingat apa seh yang seru dari Kota Pontianak ini πŸ™‚

KULINER

Caikue kukus isi bengkoang dan kucai
Caikue kukus isi bengkoang dan kucai
Bubor Pedas
Bubor Pedas

Kalau ada temen blogger datang ke Pontianak dan suka food travelling pasti dengan gampang deh aku rekomendasikan tempat-tempat makan yang khas Pontianak. Kayak waktu si Ais ke Pontianak tahun 2013 lalu (eehh bener kan is tahun 2013? πŸ˜€ ) aku langsung membawa dia ke Bubor Pedas Pak Ngah sama makan Caikue. Aaahhh itu dua makanan favorit aku deh. Rasanya endes banget lah. Jadi laperrrrr…

Masih ada makanan lainnya yang walaupun bukan makanan khas daerah tapi TOP dah rasanya kayak Es Krim Angi (Es krim Petrus), Mie Tiaw Pollo, Bubur Tulang, Pisang goreng srikaya, sotong pangkong kalau lagi bulan puasa, nasi lemang dan masih banyak lagi. Untuk oleh-olehnya bisa beliin kue bingke, atau kue lapis khas Pontianak, stik ubi (talas), manisan lidah buaya, air lidah buaya, pokoknya banyak deh. Dulu waktu pernah buat sekali giveway aku pernah kirimkan paket oleh-oleh khas Pontianak ini dah kalau gak salah ke bunda Monda sama Om NH.

TEMPAT HIBURAN

kangen lihat langit biru di Pontianak, rasanya udah 3 bulan langitnya isi asap pembakaran hutan aja :(
kangen lihat langit biru di Pontianak, rasanya udah 3 bulan langitnya isi asap pembakaran hutan aja 😦 #melawanAsap
Rumah Randakng
Rumah Randakng

Walaupun si Niee kalau jalan disekitar Pontianak jatohnya ke Mall lagi ke Mall lagi tapi sebenarnya kalau ditilik lebih jauh *halah* banyak juga kok tempat yang bisa dikunjungi ke Pontianak ini. Kalau suka dengan bangunan sejarah atau bangunan daerah gitu bisa ke Tugu Khatulistiwa. Setiap bulan Maret dan September juga diadakan acara titik kulminasi di Tugu ini. Bisa juga ke museum Kalimantan Barat, Rumah Betang dan Rumah Randakng khas suku dayak buat foto-foto. Atau kalau mau ala-ala pasar malam bisa juga ke taman alun-alun Kapuas di mana kita bisa naik perahu gitu buat melihat Kota Pontianak dari Sungai Kapuas.Β  View paling ok seh lihat jembatan kapuas dari bawah pas malam hari.

EVENT

index
Karnaval Khatulistiwa

Nah, beberapa tahun belakangan ini Pontianak lagi rajin ngadain event yang menurut aku bagus juga untuk mendatangkan wisatawan ke sini. Lebih bagus lagi kalau acaranya dijadiin agenda rutin gitu deh biar wisatawan juga tahu mau datang pada bulan apa-apa aja. Kayak titik kulminasi di atas yang. Banyak juga loh ternyata wisatawan baik manca negara maupun lokal datang ke Pontianak untuk hanya menyaksikan telur yang gak ada bayangannya gitu, jadi intinya seh posisi matahari tepat berada di atas kepala kita sehingga bayangan ada tepat di bawah kita hingga seolah-oleh kita gak punya bayangan! Padahal ini cuma berlangsung beberapa menit loh, jadi momennya harus pas banget lah.

Baru-baru ini Pontianak juga mengadakan festival besar bertaraf Nasional berfama Karnaval Khatulistiwa. Sebenarnya seh ini adalah rangkaian HUT Indonesia yang di pusatkan di Kota Pontianak dan dikoordinir langsung oleh Pemerintah Pusat dan dibuka langsung oleh Jokowi. Makanya hampir seluruh propinsi ikut memeriahkan acara ini. Mudah-mudahan seh dijadikan acara tahunan buat mengaet wisatawan jugakan πŸ˜€

Meriam Karbit
Meriam Karbit
Saprahan - Tradisi makan bersama dengan tangan di lantai bersama sama di Kota Pontianak
Saprahan – Tradisi makan bersama dengan tangan di lantai bersama sama di Kota Pontianak

Kalau mau lebih banyak acara dan festival gitu datanglah ke Pontianak pada bulan Oktober, karena bertepatan sama rangkaian Harjad Kota Pontianak banyak banget mengadakan acara. Mulai dari festival meriam karbit, makan saprahan, arakan pengantin, lomba sampan tradisional, karnaval sekolah, permainan daerah dan masih banyak lagi.

Eksis dulu di Harjad Kota Pontianak :D
Eksis dulu di Harjad Kota Pontianak πŸ˜€

Jadi ada yang mau ke Pontianak? Yuks sini yuks πŸ˜€

sumber gambar: