Biaya Liburan Ke Legoland Malaysia


Haaii Haaiii. Si Irni pulang-pulang dari Legoland kemaren banyak diburui pertanyaan oleh kawan-kawan kantor dan temen-temen di Facebook. Pada penasaran, berapa ya kira-kira budget yang diperlukan untuk persiapan liburan ke Legoland, Malaysia?

Karena banyak yang nanya inilah jadi si Irni terinspirasi buat nulis satu blog khusus untuk membahasa budget liburan ini. Lumayan kan yak nambah-nambah bahan untuk postingan, hihihi. Lagipula sebenarnya sebelum ini aku gak terlalu tahuloh berapa jumlah tepatnya liburan kemaren. Baru pas mau nulis blog inilah minta detailnya sama si abang. Langsung deh disindir, “makanya liburan jangan cuma modal pergi doang, urusan bayarnya lupa”. Lah, itukan tugasnya istri yak, minta liburan dan melupakan biayanya πŸ˜›

Baca juga cerita lainnya dari rangkaian weekend trip 2017 ini yak πŸ™‚

  1. Weekend Trip : Johor Bahru – Singapore [Treaser]
  2. Weekend Trip : Legoland Malaysia
  3. Weekend Trip : Hello Kitty Town
  4. Weekend Trip : Angry Bird
  5. Weekend Trip : Singapore
  6. Weekend Trip : Biaya Liburan Ke Legoland Malaysia

DISCLAIMER : Semua biaya transportasi dari dan ke Legoland dihitung dari Pontianak yak. Karena emang kitakan orang Pontianak, hihihi.

Oiya, karena aku juga ke liburan Singapore sehabis dari Legoland, jadi budgetnya juga disisipin pas di Singapore juga yak. Ini dia perhitungan detail budget perjalanan Katniss kali ini.

Tiket Pesawat

Perjalanan kali ini kami menggunakan 3 maskapai penerbangan yang berbeda. Pontianak – Kuala Lumpur dengan AirAsia. Kuala Lumpur – Johor Bahru dengan Malaysia Airlines dan Batam – Pontianak dengan Citylink.

Tiket PNK – KUL dengan AirAsia

 

Tiket KUL – JHB dengan Malaysia Airlines
Batam – Pontianak dengan Citylink

Karena liburan kita kali ini emang beli tiketnya mendadak (baca bagian 2 soal rencana liburan kita yang harus mundur) jadi emang gak terlalu berekspetasilah ya buat dapat tiket murah. Uang tiket pesawat yang sebelumnya bisa dikembalikan aja udah Alhamdulillah banget deh akunya.

Bisa dilihat yak dengan jelas dari gambar di atas. Biaya tiket untuk kita bertiga adalah

  1. PNK – KUL (AirAsia) Rp. 2.008.700 atau Rp. 669.567 per orang. (Bisa lebih murah lagi kalau gak pake bagasi, beli kursi dan gak pesan makanan)
  2. KUL – JHB (Malaysia Airlines) Rp. 849.343 atau Rp. 283.114 per orang.
  3. BTM – PNK (Citylink) Rp. 1.528.826 atau Rp. 509.847 per orang

Hotel

Citrus Hotel Johor Bahru
81 Dickson Hotel Singapore

Kalau hotel aku rada pilih-pilih ya. Pengennya yang model modern minimalis gitu lah. Soalnya aku gak suka hotel tua yang bau apek (kayak dulu nginep di Shenzhen) rasanya gimana aja gitu.

Nah, pemilihan hotel ini selalu ditugaskan ke si abang suami dengan mempertimbangkan tempat yang strategis untuk transportasi umum, makanan dan tentunya harga yang masuk ke kantong πŸ˜›

  1. Hotel Citrus Johor Bahru Rp. 808.000 untuk 3 malam
  2. Hotel 81 Dickson (balik lagi ke hotel ini setelah tahun lalu menginap disini juga) Rp. 834.215 untuk 1 malam

Kelihatan banget ya beda harga hotel untuk di Malaysia dan di Singapore πŸ˜›

Biaya Masuk Atraksi

Maksudnya biaya masuk ke tempat permainan selama kita jalan-jalan gitu.

  • Legoland, Johor Bahru
reservasi legoland
  • Hello Kitty Town 255 RM bertiga
  • Angry Bird 180 RM bertiga (ini mahal menurut aku)
  • Children Garden Singapore (gratis)

Tiket Ferry

Pulangnya sendiri aku dari Batam via Ferry dari Singapore. Milih ini karena lebih flexible seh yak. Penerbangan ke Pontianak sore, gak kayak penerbangan dari KL ke Pontianak pagi jadi gak buru-buru buat ngejar pesawat.

Kemaren sendiri naek Batam Fast dengan harga 25 dolar Singapore satu orangnya.

Lain-lainnya

Untuk transport selama di Johor Bahru dan Singapore standar aja kali ya. Naaek Grabnya juga lumayan murah. Kalau selama di Singapore aku selalu pake MRT ke mana-mana. Isi ezLink masing-masing 10 dolar masih ada lebih banyak.

Kalau makan menurut aku urusan selera deh yak. Karena selera makan aku rendah banget dan harus makan makanan Indonesia jadi porsi budget makannya rada mahal sedikit πŸ˜› *kena omel abang suami* Rata-rata aku satu kali makan itu sekitar 50ribuan rupiah.

***

Jadi, kita totalin kasarnya yak

  1. Tiket pesawat Rp. 4.386.869,- (bisa lebih murah jadi Rp. 3.235.734,- aja klo gak pake beli bagasi, kursi dan makan serta kalau mau ke Johor Bahru dari KLnya pake bis aja)
  2. Hotel Rp. 1.642.215,-
  3. Tiket masuk tempat atraksi Rp. 3.136.000,-
  4. Tiket Ferry Rp. 675.000,-

So, udah ada bayangan dong yak, kirai-kira perlu budget berapa untuk bisa jalan-jalan bawa anak liburan ke Legoland. Ini cuma gambaran kasarnya aja kok. Bisa lebih murah dan tentu bisa jauh lebih mahal disesuaikan dengan gaya kita masing-masing selama liburannya.

Ada yang mau ke Legoland? Yuks liburan yuks πŸ™‚

HKTrip – Tiket


Haaaaiiiii… Haaallllooooo… Apakabar semuanyaaaaa??

IIhhh kangen deh sama blog. Belakangan ini rada jarang ngeblog ya si Niee nya. Tapi untuk beberapa waktu kedepan si Niee bakalan banyak bahan cerita deh karena baru balik liburan dari Hongkong.. Yeaaahhh.. Akhirnya tiket yang udah dibeli dari bulan september tahun lalu terpakai juga :mrgreen:

Kalau mau baca cerita lengkap pas si Niee jalan-jalan ke Hongkong – Macau – Shenzhen kemaren boleh loh intip-intip di postingan ini:

 

Karena banyak temen-temen kantor dan sekitarnya yang nanyain perihal tiket ini dan sibuk bolak balik ceritain gimana kronologisnya, so postingan pertama dari rangkaian HKTrip ini bakalan aku dedikasikan untuk cerita tentang tiket ya.

Niee ke Hongkong tiketnya berapa harganya?

Pertanyaan paling sering mendunia sejagatraya terlebih lagi untuk sekitaran temen-temen kantor.

Lumayan murah kok. Kalau mahal, sayanya sama si abang belum mampu. Belum mampu kalau harus naek garuda yang nyaman itu. Makanya naeknya AirAsia aja. Belinyapun hampir setahun sebelum keberangkatan pas AirAsianya lagi promo gede-gedean. Tapi inipun dapatnya gak yang paling murah loh. Jadi masih ada yang bisa lebih murah lagi kalau pas dapet. Intinya seh rajin-rajin aja lihat website atau FBnya AirAsia atau maskapai lainnya. Group backpakeran juga sering ngasih info kalau ada tiket murah ini. Bahkan sampe ke Eropa juga ada yang murah banget. Pernah aku lihat tiket PP dari KL ke Paris cuma 4jutaan gitu. Murah banget kan!

Tiket Pontianak - KL (PP)

tiket 1 tiket 2Jumlah harga tiketnya:

  1. Tiket Kuala Lumpur – Pontianak (PP) bertiga Rp. 2.446.500,-
  2. Tiket KL – Macao bertiga 551 MYR kalau di Rupiahin dengan Kurs Rp3200 jadinya Rp. 1.763.200,-
  3. Tiket Hongkong – KL bertiga 1231.91 HKD kalau di Rupiahin dengan Kurs Rp1700 jadinya Rp. 2.094.247,-

Jadi total seluruhnya adalah Rp. 6.303.947 untuk bertiga dari Pontianak – KL – Macau – Hongkong – KL – Pontianak. Harga ini udah include semua yak. Udah termasuk beli bagasi disetiap penerbangan sebanyak 40Kg (kelebihan banyak seh sebenarnya, 30kg udah cukup deh ternyata) dan beli kursi biar bisa dapet sejajar bertiga (soalnya kalau cek in biasa tanpa beli kursi dapetnya suka misah-misah neh AirAsia)

Kalau gak beli bagasi dan gak beli kursi harganya bisa jauh lebih murah loh. Perbandingannya kayak gini neh.

tiket 4Untuk penerbangan dari Hongkong ke KL kalau gak beli bagasi sama beli kursi, jatohnya bertiga cuma 845.91 HKD atau Rp. 1.438.047 aja. Berarti tiket untuk satu orangnya cuma Rp. 479.349 doang. Murah banget kan! :mrgreen:

Jadi tagline AirAsia yang bilang Everyone can Fly itu bener banget! *kemudian minta fee sama AirAsia* πŸ˜›

Gak takut beli jaoh-jaoh hari tiketnya gak jadi berangkat?

Emang gak ada jaminan kalau kita jadi berangkat dengan membeli tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Aku juga pernah gagal sekali pergi ke KL yang tiketnya udah dibeli 3 bulan sebelumnya karena alasan tertentu. Tapi ada juga temen kantor aku yang beli tiketnya 2 minggu sebelumnya juga batal karena anaknya sakit. Intinya seh ya siapin hati aja. Kalau batal ya ikhlasin πŸ˜› Karena liburan itu gak cuma sekedar soal ada atau gak ada duit, tapi soal kesempatan juga. Mungkin dikasih jalan buat liburan lebih jauh dan lebih lama lagi, hehehe.

Solusi dari aku seh kalau beli di AirAsia ini kalau beli tiket belilah tiketnya doang aja. Kalau dilihat dari harga bagasinya bisa jatoh lebih mahal harga bagasikan yak? Beli bagasi dan perintilan lainnya tunggu H-3 keberangkatan aja, jadi gak rugi-rugi amat kalau batal. 800 HKD sama 1200 HKD kan bedanya gede yak. Aku sendiri baru beli kursi tanggal 13 Juli 2016 dan beli bagasi baru 26 Juli 2016 sehari sebelum penerbangannya.

So, ada yang udah beli tiket liburan untuk tahun depan? Aku sekarang lagi nungguin promo AirAsia lagi neh untuk liburan ke Korea. Hihihihi.

Berburu Tiket Murah


Sudahkah Anda merencanakan liburan tahun depan? Kalau aku sudah! Hahahahahaha :mrgreen:

Sebagai orang yang suka jalan, tapi duit pas-pasan dan gak pernah menang kontes dapet liburan gratis >.< aku harus pandai-pandai cari cara sendiri agar memuaskan nafsu travelku. Apalagi aku tinggal di Pontianak yang jalur penerbangannya cukup susah untuk dijangkau. Kalau mau ke daerah lain di Indonesia aku harus melewati jalur penerbangan Pontianak – Jakarta dulu yang harga tiketnya gak pernah murah 😦 Pernah seh dulu dapat tiket promo Pontianak – Jakarta PP pake Garuda cuma RP600000. MURAH BANGET kan untuk ukuran garuda? Tapi itu tahun 2012 dan sekarang kalau garuda promo palingan harga segitu cuma bisa untuk pergi doang, jadi kalau PP harus bayar dua kali lipat. Apalagi sekarang pergi kemana-mana maunya bertiga dengan suami dan anak, ya harga tiketnya dikali tiga! *mewek*

Kalau mau ke Luar Negeri dulu akunya selalu memilih penerbangan lewat Khucing. Walaupun harga tiket dari Pontianak- Khucingnya gak juga murah-murah bener (sekitar Rp500000) tapi dari Khucing banyak pilihan penerbangannya menggunakan Air Asia jadi bisa menekan budget juga. Alhamdulillah per April 2015 kemaren Air Asia udah membuka penerbangan langsung Pontianak – Kuala Lumpur PP yang harganya sangat terjangkau apalagi pas Air Asia lagi promo! Pernah gitu dia menjual tiketnya cuma seharga Rp80000 doang! Itu mah sekali nonton bioskop (plus makannya) aja kaaannnn!! *langsung beli* >.<

airasia

Biasanya kalau aku mau liburan tahun depan untuk liburan ke luar negeri (kalau liburan dalam negeri aku jarang berburu tiket murah seh, soalnya gak ada juga πŸ˜€ ), dari tahun ini aku udah mencari-cari tiket promo Air Asia. Kenapa Air Asia? Ya karena akses dari Pontianak satu-satunya paling mudah ya Air Asia, Cuma itu doang seh alasannya πŸ˜›

Nah, sekarang dari tanggal 7 September hingga 13 September Air Asia lagi promo gede-gedean buat penerbangan dari tanggal 1 Maret 2016 – 29 Oktober 2016. Karena alasan inilah aku selalu merencanakan liburan dari satu tahun sebelumnya, karena kalau mau murah ya belinya harus lebih awal πŸ˜€

airasia1

Tuuuuhhhh kan ke GuangZhou aja dari Pontianak Cuma Rp829000 coba! Sayangnya kalau mau ke sana harus pake visa dan kalau udah pake visa ngurusnya harus ke Jakarta, mahalan tiket ke Jakartanya kali dibanding ke Guangzhounya >.<

Jadi si Niee liburan tahun depannya mau ke mana?

Seperti yang udah aku bahas dibeberapa postingan sebelumnya, aku akan ke Hongkong tahun depan! Iiihhhhh udah gak sabar deh, padahal perginya masih 11 bulan lagi! Hahahahaha *kemudian dilupain*

disneylandhk

Harga tiketnya dapat berapa?

Nah, penting ini untuk diketahui. Walaupun Air Asia promonya mulai dari Rp150000 seperti di atas tapi kita juga harus pandai-pandai mencari tiket kemana seh yang murah itu? Kapan pas murahnya? Biasanya walaupun sedang promo tapi kalau belinya pas weekend atau lagi tanggal merah apalagi libur panjang tetep aja harganya mahal. Sekarang ini yang banyak tiket Rp0 adalah penerbangan dari dan ke Thailand. Hampir semua tanggal harganya Rp0. Ini mungkin efek dari pengeboman di Thailand yang menyebabkan banyak traveler takut untuk pergi ke sana dalam waktu dekat.

Kalau liburannya udah dipatok kayak aku maunya ke Hongkong ya harus siap-siap gak dapat promo termurah. Ini juga harus memiliki skill yang tinggi *halah* untuk mencocok-cocokkan harga-harga promo kalau kita perginya dengan melakukan transit. Biasanya gak ada tuh namanya tiket promo dari Pontianak ke KL tanggal 1 promo juga tiket promonya KL ke HK tanggal segitu. Atau biasanya dalam satu hari tiket promo dari KL ke HK Cuma ada pada penerbangan pukul 6.30 AM, nah mana mungkin ada penerbangan sebelum itu dari Pontianak. Makanya kita harus juga memikirkan kapan kita pergi? Apakah kita akan transit lewat kota mana? Perlukah kita menginap dahulu semalam untuk mencocokkan jadwal promonya? Nah kalau emang perlu menginap di mana? Kalau menginap biaya penginapan satu malam masih sebanding gak dengan harga tiket promonya? Atau malah akan lebih baik kalau beli yang gak promo tapi gak perlu nginep semalam jadi lebih hemat? Pokoknya hal-hal seperti itu lah yang aku sendiri kalau disuruh beli dan mencocok-cocokkannya bingung sendiri loh, hahahaha. Biarlah kita serahkan kepada ahlinya si abang suami aja πŸ˜€

Aku kemaren beli Tiketnya akhirnya menggunakan rute Pontianak – KL – Macau – HK – KL – Pontianak dengan asumsi akan menginap satu malam di KL sebelum berangkat ke Macau dan setelah pulang dari HK. Harga tiketnya sendiri untuk KL – Macau adalah 351 MYR dan untuk HK – KL sebesar 845.91 HKD. Harga tiketnya belum termasuk bagasi. Kalau aku hitung total pengeluaran aku untuk tiket ini termasuk bagasi adalah Rp5400000 untuk dari Pontianak ke Pontianak neto untuk tiga orang (2 orang dewasa dan 1 anak). Berarti perorangnya adalah Rp1800000 lumayan lah yak untuk ukuran dari pedalaman Indonesia πŸ˜›

So, mau kemana kalian liburan tahun depan? πŸ˜€

 

 

Disclaimer: Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi, gak ada keterkaitan dengan Air Asia secara langsung. Tapi seandaikan Air Asia mau mengendorse untuk memberikan tiket gratis aku, abang dan si K buat jalan-jalan ke Seoul buat tahun 2017 boleh juga loh πŸ˜›

 

Harga Sebuah Perjalanan


Haaaiiiiii… Halloooo… Apakabar semuanyaaaaaaa…?? :mrgreen:

Lagi bingung mau posting apaan, celingak celinguk cari inspirasi buat ikutan lomba blog “Andai Aku menjadi Ketua KPK” tapi gak dapet ide juga (btw udah pada tahu berlum ada lomba blog ini? Kalau mau ikutan bisa langsung klik di sini hadiahnya gede-gede loh πŸ™‚ ) Akhirnya aku buka YM aja dan YM-an sama temen SMP dan kuliah aku Indra (btw, dia blogger juga loh, silahkan berkunjung ke blognya di sono ) yang lagi kuliah di Perancis. Ngobrol ngalur lindur dan kemudian dia menanyakan kapan aku mau ke Paris nyusulnya, mumpung dia ada di sana (yang pastinya aku mau dibawa jalan-jalan keliling Perancis dong kan Ndra? πŸ˜‰ )

Pergi ke Eropa? Bener-bener mimpi buat aku. Karena selain jauh kalau jalan kaki (ya maksud lo niee? ) tiket buat kesananya pasti juga mahal naudzubillah!

Namun, semuanya pemikiran akupun berubah ketika negara api menyerang diberitahu oleh si Indra bahwa tiket ke Paris gaklah semahal yang aku kira. Ada yang namanya Malaysia Airlines yang menjual tiket paris PP IDR 10.000k.

Gak percaya dong aku. Dulu pernah ditawarkan untuk PP bisa 2 kali lipat daripada itu. Bahkan lebih. Langsung dong aku googling Airlinesnya dan mendapati bahwa tiketnya lebih murah dong dari yang temen aku itu sebutkan *melototin monitor*

Bisa dilihat kan? Harga Non Promonya aja MYR 1800 dan terlebih ada harga promonya ternyata saudara-saudara yang harganya MYR 1135 gitu! Ya gak murah banget banget seh. Tapi masuk akal banget untuk bisa liburan ke Paris dengan harga segitu dong yak kan? (mencari kawan untuk membenarkan diri) Kan mau juga jalan-jalan seperti mbakbe yang kemaren barusan ke Disney Land Paris *ihiy* 😳

Dan karena itulah mari kita beramai-ramai menabung satu dua tahun kedepan untuk menuju negeri impian *uhuk*

*tidur lagi*