Berburu Tiket Murah


Sudahkah Anda merencanakan liburan tahun depan? Kalau aku sudah! Hahahahahaha :mrgreen:

Sebagai orang yang suka jalan, tapi duit pas-pasan dan gak pernah menang kontes dapet liburan gratis >.< aku harus pandai-pandai cari cara sendiri agar memuaskan nafsu travelku. Apalagi aku tinggal di Pontianak yang jalur penerbangannya cukup susah untuk dijangkau. Kalau mau ke daerah lain di Indonesia aku harus melewati jalur penerbangan Pontianak – Jakarta dulu yang harga tiketnya gak pernah murah 😦 Pernah seh dulu dapat tiket promo Pontianak – Jakarta PP pake Garuda cuma RP600000. MURAH BANGET kan untuk ukuran garuda? Tapi itu tahun 2012 dan sekarang kalau garuda promo palingan harga segitu cuma bisa untuk pergi doang, jadi kalau PP harus bayar dua kali lipat. Apalagi sekarang pergi kemana-mana maunya bertiga dengan suami dan anak, ya harga tiketnya dikali tiga! *mewek*

Kalau mau ke Luar Negeri dulu akunya selalu memilih penerbangan lewat Khucing. Walaupun harga tiket dari Pontianak- Khucingnya gak juga murah-murah bener (sekitar Rp500000) tapi dari Khucing banyak pilihan penerbangannya menggunakan Air Asia jadi bisa menekan budget juga. Alhamdulillah per April 2015 kemaren Air Asia udah membuka penerbangan langsung Pontianak – Kuala Lumpur PP yang harganya sangat terjangkau apalagi pas Air Asia lagi promo! Pernah gitu dia menjual tiketnya cuma seharga Rp80000 doang! Itu mah sekali nonton bioskop (plus makannya) aja kaaannnn!! *langsung beli* >.<

airasia

Biasanya kalau aku mau liburan tahun depan untuk liburan ke luar negeri (kalau liburan dalam negeri aku jarang berburu tiket murah seh, soalnya gak ada juga 😀 ), dari tahun ini aku udah mencari-cari tiket promo Air Asia. Kenapa Air Asia? Ya karena akses dari Pontianak satu-satunya paling mudah ya Air Asia, Cuma itu doang seh alasannya 😛

Nah, sekarang dari tanggal 7 September hingga 13 September Air Asia lagi promo gede-gedean buat penerbangan dari tanggal 1 Maret 2016 – 29 Oktober 2016. Karena alasan inilah aku selalu merencanakan liburan dari satu tahun sebelumnya, karena kalau mau murah ya belinya harus lebih awal 😀

airasia1

Tuuuuhhhh kan ke GuangZhou aja dari Pontianak Cuma Rp829000 coba! Sayangnya kalau mau ke sana harus pake visa dan kalau udah pake visa ngurusnya harus ke Jakarta, mahalan tiket ke Jakartanya kali dibanding ke Guangzhounya >.<

Jadi si Niee liburan tahun depannya mau ke mana?

Seperti yang udah aku bahas dibeberapa postingan sebelumnya, aku akan ke Hongkong tahun depan! Iiihhhhh udah gak sabar deh, padahal perginya masih 11 bulan lagi! Hahahahaha *kemudian dilupain*

disneylandhk

Harga tiketnya dapat berapa?

Nah, penting ini untuk diketahui. Walaupun Air Asia promonya mulai dari Rp150000 seperti di atas tapi kita juga harus pandai-pandai mencari tiket kemana seh yang murah itu? Kapan pas murahnya? Biasanya walaupun sedang promo tapi kalau belinya pas weekend atau lagi tanggal merah apalagi libur panjang tetep aja harganya mahal. Sekarang ini yang banyak tiket Rp0 adalah penerbangan dari dan ke Thailand. Hampir semua tanggal harganya Rp0. Ini mungkin efek dari pengeboman di Thailand yang menyebabkan banyak traveler takut untuk pergi ke sana dalam waktu dekat.

Kalau liburannya udah dipatok kayak aku maunya ke Hongkong ya harus siap-siap gak dapat promo termurah. Ini juga harus memiliki skill yang tinggi *halah* untuk mencocok-cocokkan harga-harga promo kalau kita perginya dengan melakukan transit. Biasanya gak ada tuh namanya tiket promo dari Pontianak ke KL tanggal 1 promo juga tiket promonya KL ke HK tanggal segitu. Atau biasanya dalam satu hari tiket promo dari KL ke HK Cuma ada pada penerbangan pukul 6.30 AM, nah mana mungkin ada penerbangan sebelum itu dari Pontianak. Makanya kita harus juga memikirkan kapan kita pergi? Apakah kita akan transit lewat kota mana? Perlukah kita menginap dahulu semalam untuk mencocokkan jadwal promonya? Nah kalau emang perlu menginap di mana? Kalau menginap biaya penginapan satu malam masih sebanding gak dengan harga tiket promonya? Atau malah akan lebih baik kalau beli yang gak promo tapi gak perlu nginep semalam jadi lebih hemat? Pokoknya hal-hal seperti itu lah yang aku sendiri kalau disuruh beli dan mencocok-cocokkannya bingung sendiri loh, hahahaha. Biarlah kita serahkan kepada ahlinya si abang suami aja 😀

Aku kemaren beli Tiketnya akhirnya menggunakan rute Pontianak – KL – Macau – HK – KL – Pontianak dengan asumsi akan menginap satu malam di KL sebelum berangkat ke Macau dan setelah pulang dari HK. Harga tiketnya sendiri untuk KL – Macau adalah 351 MYR dan untuk HK – KL sebesar 845.91 HKD. Harga tiketnya belum termasuk bagasi. Kalau aku hitung total pengeluaran aku untuk tiket ini termasuk bagasi adalah Rp5400000 untuk dari Pontianak ke Pontianak neto untuk tiga orang (2 orang dewasa dan 1 anak). Berarti perorangnya adalah Rp1800000 lumayan lah yak untuk ukuran dari pedalaman Indonesia 😛

So, mau kemana kalian liburan tahun depan? 😀

 

 

Disclaimer: Tulisan ini murni dari pengalaman pribadi, gak ada keterkaitan dengan Air Asia secara langsung. Tapi seandaikan Air Asia mau mengendorse untuk memberikan tiket gratis aku, abang dan si K buat jalan-jalan ke Seoul buat tahun 2017 boleh juga loh 😛

 

Advertisements

35 thoughts on “Berburu Tiket Murah”

    1. Masih lama banget kan mas. Hahahahaha. Biasanya aku lupain kalau pernah beli tiket kayak gini. Lagian kan aku belum bayar total juga. Bagasi belum dibeli untuk mengurangi kerugian klo gak jadi berangkat. Hahahahaha. Tapi klo udah beberapa bulan lagi baru deh heboh lagi beli beli hotelnya 😆

    1. Aku pernah hangus satu kali waktu mau ke Kl. Tapi karena waktu itu murah banget. Baru beli tiket khucing kl yang cuma 200k jadi gak rugi rugi banget 😁

  1. Lumayan banget Niee tiket segitu pp. Dari Pontianak pula mulainya sampai ke Hongkong, hehehe 🙂 .

    Aku juga sudah mulai mikirin buat tahun depan nih. Tapi rada ragu beli ato engga ya soalnya kepikiran buat pergi tapi destinasinya jauh jadi harga tiketnya juga lumayan, hahaha 😆 #masihgalau

    1. Iya kan kalau dari Jakarta emang banyak pilihan, tapi kalau dari Pontianak kan emang cuma satu pilihannya, jadi menurut aku seh harga segitu ok banget 😀

      iiihhhh,, jadi penasaran zilko mau liburan ke mana… kan asia udah yaaaa.. apa mau ke amerika selatan? 😀

  2. Wah dapetnya lumayan banget Niee. Skrg aku mulai males cari tiket murah karena kebanyakan pake transit lama. Makanya kmrn akhirnya cari promo juga promonya GA aja hahaha..

    Igh udah ga sabar ya Niee jalan2 ke HK nya. Semoga lancar semua ya

    1. iya seh emang transitnya itu yang nyebelin banget.. Tapi kalau gak promo gak mampu belinya.. hahahahaha//

      iyaaaa… semoga gak ada halangan deh yak sampe hari H 😀

  3. lanjut rencanakan minta cuti dari jauh2 hari ya..
    bunda belum pernah beli tiket jauh hari Niee.., musti liat2 jadwal liburan anak2 sih..

    moga lancar ntar jalan2nya, sejauh ini berhasil terus kan ya

    1. iya bundaaaa… jadi gak disalip sama temen seruangan, hahahaha

      amiinn.. sejauh ini seh beberapa kali beli tiket berhasil terlaksana, mudah2an rencana ini juga ya 😀

  4. gw demen beli tiket2 promo jauh-jauh hari soalnya biaya travelling jadi bisa dicicil dari setaon sebelumnya hehee.. dan selama setaon kedepan jadi punya tambahan aktivitas yang gw demen yaitu browsing2 tempat tujuan wisatanya 🙂

  5. Niiie…
    Asyik banget siiih tahun depan mau jalan2 lagiiiih…mudah2an beneran di endorse air asia yah Niiie hehehe…

    Stres banget ini tiket ke Seoul masih bertahan di 5 jutaan aja sih hiks…dollar oh dollar :((

  6. Tiket promo ini, sekarang-sekarang kebanyakan cuma untuk tiket pergi aja, kalau pulangnya harga normal, mungkin karena nyarinya yang dari Bandung, atau Jakarta. Pernah sih dapat tiket murah PP, emang asik kalo udah dapat murah PP gitu 😀

    1. Bisa dapet PP tapi emang waktunya pandai2 nyarinya. Makanya kita gak saklek buat nentuin kapan mau liburannya.

      Emang kalau udah dapet yang ok seneng banget ya 😁

  7. Itu murah banget Mbak 5,4 bertiga…
    Tahun depan pengen ke Eropaaa… bisa ngga ya, au duit dari mana hahaha ngarep dulu ajaaa。。。 Sama balik Jepang lagi amiiin hihihi

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s