Katniss Mengenal Warna


Dulu waktu belum punya anak bahkan belum menikah temen sekantor ada yang cerita kalau keponakannya yang udah berumur 3 tahun gitu masih susah untuk mengenal warna. Karena mendengar cerita itulah pas punya si K gak pernah menargetkan apapunlah kedianya. Menurut beberapa artikel yang aku baca kebanyakan anak mengenal warna juga diusia 2 tahun ke atas.

Tapi beberapa bulan belakangan ini aku perhatikan si K sangat berminat untuk mengamati warna, di umur 18 bulan udah mengenal perbedaan warna sebenarnya, tapi belum tahu namanya dan belum bisa menyebutkannya juga, lebih jauh lagi sebenarnya dia udah mulai tertarik dengan warna pink sejak umur 6 bulan kan yak.

Nah karena keterkarikannya itu aku mulai menstimulasikan si K untuk mengenal warna deh. Mulai dari selalu bertanya ke dia barang-barang yang disekitar itu warna apa. Dari yang aku tanya sendiri jawab sendiri sampai dengan dia bisa menyebutkan warnanya dengan benar.

Warna pertama yang dia tahu tentunya PINK 😛 Pas si K udah tahu warna pink aku langsung selalu menunjuk barang-barang berwarna pink untuk ditanyakan ke dia dan tentu dengan semangat dia akan menjawabnya dengan PINK MAAAAA :mrgreen:

Warna kedua yang si K kenal adalah warna orange. Ini juga gak sengaja karena dia punya mainan buah-buahan yang salah satu buahnya adalah jeruk (orange). Karena si K ini suka banget dengan video di youtube yang menampilkan permainan yang sama jadi dia tahu bahwa itu adalah buah orange yang seterusnya dia juga bisa membedakan benda-benda lain yang berwarna orange juga 😀

Selanjutnya udah mengalir aja gitu setiap ada warna aku tanya dan jawab sendiri hingga akhirnya setiap aku tanya udah tahu dia itu warna apa dan sekarang rasanya udah hampir semua warna dia kenal walaupun ada kadang dia masih mikir panjang dulu buat jawabnya, ataupun kadang timbul jahilnya yang gak mau jawab atau ngejawabnya salah salah padahal mah udah nyakin aja gitu dia sebenarnya tahu.

O ya, nambah satu lagi perkembangan terbaru si K diumur 21 bulan ini. Setelah 5 bulan giginya gak nambah-nambah akhirnya beberapa hari yang lalu gigi barunya tumbuh juga! Seneng deh, soalnya kan sering galau emaknya si K sampai saat ini giginya masih 6 aja gitu, sampai ditanyain sama dokter anaknya segala loh aku saking galaunya. Eh udah ditanyain jawaban dokternya “cuma udah biarin aja” >.< Jadi officialy si K giginya ada 7 sekarang dan sepertinya seh akan jadi 8 dalam waktu dekat karena gusinya udah kelihatan putih gitu. Mudah-mudahan nambah selanjutnya mama gak nungguin sampai 5 bulan lagi ya K!

Hello World! Ke Pontianak Yok!


Heiiiiii.. Sampan laju.. Sampan laju dari hilir sampai ke hulu..
Sungai Kapuas, sunggoh panjang dari dolok membelah kote..
Heiiiii.. Tak disangke.. Tak disangke dolok hutan menjadi kote..
Ramai pendudoknye. Pontianak name kotenye..
Sungai Kapuas punye cerite..
Bile kite minom aeknye..
Biarpon pegi jaoh ke mane..
Sunggoh susah tok melupekannye.
Heiiiii. Kapuas…
Heiiiii. Kapuas…

***

Pada udah pernah baca lirik di atas? Atau udah ada yang pernah dengar lagunya? Di atas adalah lirik dari lagu berjudul sungai Kapuas ada juga yang nyebutnya dengan Ae’ Kapuas seh, gak tahu yang resmi yang mana *dipentung* :P. Kalau ada acara yang bertemakan kedaerahan di sini yang sering diputar ya lagu ini. Kalau udah denger lagu ini pasti yang lagi merantau pengen pulang deh! Pengen nyicipin kuliner khas daerah Pontianaknya.

Bertepatan hari jadi (Harjad) kemaren pada tanggal 23 Oktober 2015 aku sedikit disentil sama abang blogger Borneo bang Dwi tentang ikut menyemarakkan Harjad Pontianak ini ke dalam blog.  Para blogger dari Pontianak serentak pada hari tersebut ngeposting dengan tema “Pontianak Menyapa Dunia”. Tapi karena aku aku gak ikutan dikomunitas blogger Pontianak jadi gak ikutan deh 😛 Gak kok, cuma lagi sibuk aja dengan sederetan acara di kantor untuk Harjad ini. Lagian kan si Niee emang ngepost seringnya dijam kerja *eh* :mrgreen:

Bujang Dare Pontianak lagi pake Baju Kurong dan Telok Belanga :D
Bujang Dare Pontianak lagi pake Baju Kurong dan Telok Belanga 😀

Kalau dulu ada yang nanya kalau ke Pontianak mau ngapain Niee? Akunya suka bengong petang petong melongo gak bisa jawab. Lah emang mau ngapain di Pontianak kalau gak ada apa-apanya? Nah, kalau sekarang marilah si Niee sedikit-sedikit mengingat apa seh yang seru dari Kota Pontianak ini 🙂

KULINER

Caikue kukus isi bengkoang dan kucai
Caikue kukus isi bengkoang dan kucai
Bubor Pedas
Bubor Pedas

Kalau ada temen blogger datang ke Pontianak dan suka food travelling pasti dengan gampang deh aku rekomendasikan tempat-tempat makan yang khas Pontianak. Kayak waktu si Ais ke Pontianak tahun 2013 lalu (eehh bener kan is tahun 2013? 😀 ) aku langsung membawa dia ke Bubor Pedas Pak Ngah sama makan Caikue. Aaahhh itu dua makanan favorit aku deh. Rasanya endes banget lah. Jadi laperrrrr…

Masih ada makanan lainnya yang walaupun bukan makanan khas daerah tapi TOP dah rasanya kayak Es Krim Angi (Es krim Petrus), Mie Tiaw Pollo, Bubur Tulang, Pisang goreng srikaya, sotong pangkong kalau lagi bulan puasa, nasi lemang dan masih banyak lagi. Untuk oleh-olehnya bisa beliin kue bingke, atau kue lapis khas Pontianak, stik ubi (talas), manisan lidah buaya, air lidah buaya, pokoknya banyak deh. Dulu waktu pernah buat sekali giveway aku pernah kirimkan paket oleh-oleh khas Pontianak ini dah kalau gak salah ke bunda Monda sama Om NH.

TEMPAT HIBURAN

kangen lihat langit biru di Pontianak, rasanya udah 3 bulan langitnya isi asap pembakaran hutan aja :(
kangen lihat langit biru di Pontianak, rasanya udah 3 bulan langitnya isi asap pembakaran hutan aja 😦 #melawanAsap
Rumah Randakng
Rumah Randakng

Walaupun si Niee kalau jalan disekitar Pontianak jatohnya ke Mall lagi ke Mall lagi tapi sebenarnya kalau ditilik lebih jauh *halah* banyak juga kok tempat yang bisa dikunjungi ke Pontianak ini. Kalau suka dengan bangunan sejarah atau bangunan daerah gitu bisa ke Tugu Khatulistiwa. Setiap bulan Maret dan September juga diadakan acara titik kulminasi di Tugu ini. Bisa juga ke museum Kalimantan Barat, Rumah Betang dan Rumah Randakng khas suku dayak buat foto-foto. Atau kalau mau ala-ala pasar malam bisa juga ke taman alun-alun Kapuas di mana kita bisa naik perahu gitu buat melihat Kota Pontianak dari Sungai Kapuas.  View paling ok seh lihat jembatan kapuas dari bawah pas malam hari.

EVENT

index
Karnaval Khatulistiwa

Nah, beberapa tahun belakangan ini Pontianak lagi rajin ngadain event yang menurut aku bagus juga untuk mendatangkan wisatawan ke sini. Lebih bagus lagi kalau acaranya dijadiin agenda rutin gitu deh biar wisatawan juga tahu mau datang pada bulan apa-apa aja. Kayak titik kulminasi di atas yang. Banyak juga loh ternyata wisatawan baik manca negara maupun lokal datang ke Pontianak untuk hanya menyaksikan telur yang gak ada bayangannya gitu, jadi intinya seh posisi matahari tepat berada di atas kepala kita sehingga bayangan ada tepat di bawah kita hingga seolah-oleh kita gak punya bayangan! Padahal ini cuma berlangsung beberapa menit loh, jadi momennya harus pas banget lah.

Baru-baru ini Pontianak juga mengadakan festival besar bertaraf Nasional berfama Karnaval Khatulistiwa. Sebenarnya seh ini adalah rangkaian HUT Indonesia yang di pusatkan di Kota Pontianak dan dikoordinir langsung oleh Pemerintah Pusat dan dibuka langsung oleh Jokowi. Makanya hampir seluruh propinsi ikut memeriahkan acara ini. Mudah-mudahan seh dijadikan acara tahunan buat mengaet wisatawan jugakan 😀

Meriam Karbit
Meriam Karbit
Saprahan - Tradisi makan bersama dengan tangan di lantai bersama sama di Kota Pontianak
Saprahan – Tradisi makan bersama dengan tangan di lantai bersama sama di Kota Pontianak

Kalau mau lebih banyak acara dan festival gitu datanglah ke Pontianak pada bulan Oktober, karena bertepatan sama rangkaian Harjad Kota Pontianak banyak banget mengadakan acara. Mulai dari festival meriam karbit, makan saprahan, arakan pengantin, lomba sampan tradisional, karnaval sekolah, permainan daerah dan masih banyak lagi.

Eksis dulu di Harjad Kota Pontianak :D
Eksis dulu di Harjad Kota Pontianak 😀

Jadi ada yang mau ke Pontianak? Yuks sini yuks 😀

sumber gambar:

Pohon Manggar


Haaaiiiii…. Haaallooooo.. Apakabar semuanyaaaa?? Si Niee sok-sokan bulan lalu bisa update sampe 5 postingan sekarang malu sendiri karena bulan ini baru nulis dua postingan aja >.<

Mumpung hari ini tanggal 23 Oktober 2015 adalah bertepatan dengan HUT Kota Pontianak ke 244 dengan tema “Pontianak Menyapa Dunia” maka marilah kita meriahkan tema ini. Paling gak si Niee berpartisipasi untuk mengenalkan satu lagi budaya asli Kota Pontianak setelah dulu sempat menulis tentang Telok Belanga Baju Kurong yang masuk ke Page 1 google loh! Hahahaha. Berarti belum ada yang secara spesifik nulis tentang itu ya. Dan setelah aku cari dengan kata kunci Pohon Manggar di google juga gak dapat satu blog yang bercerita tentang hal ini. Banyaknya tentang pohon kelapa, bukan hiasan manggar khas Pontianaknya.

Penampakan Pohon Manggar Khas Pontianak
Penampakan Pohon Manggar Khas Pontianak

Seperti inilah penampakan pohon manggar hiasan khas Kota Pontianak ini. Pohon ini biasanya digunakan untuk acara-acara tertentu aja seh, semisal acara nikahan pas arak-arakan penganten prianya keluarga yang bawa penganten bawa pohon manggar ini. Kalau penanda tempat resepsi pernikahan itu janur kuning nah kalau penanda acara khitanan atau khataman Al-Qu’an lebih seringnya pake pohon manggar ini deh.

Nah, dalam rangka hari jadi Kota Pontianak Walikota Pontianak mengintruksikan untuk seluruh kantor baik pemerintah maupun swasta agar memasang pohon manggar ini di kantornya masing-masing. Jadi semarak deh Kota Pontianaknya. Sukak!

IMG_1468
Kantor Walikota Pontianak ini baru direnovasi jadi bernuansa Rumah Melayu gitu. Keren yak! :mrgreen:
Kantor Walikota Pontianak berhias Pohon Manggar dan PNS berseragam Baju Kurong dan Telok Belanga
Kantor Walikota Pontianak berhias Pohon Manggar dan PNS berseragam Baju Kurong dan Telok Belanga

Harapannya seh semoga Kota Pontianak bisa semakin maju diantara kota-kota di Indonesia dan karya-karyanya dikenal diseluruh Indonesia bahkan dunia sesuai dengan harapannya untuk menyapa dunia! Biar gak ada lagi yang bertanya oh si Niee orang Pontianak? Daerah mana tuh? Sulawasi kah? *pentung!* 😛

Kalau temen-temen ada gak hiasan khas daerahnya? 🙂

[Review Drakor] Hello Monster & Scholar Who Walk At The Night


Yak, ketemu lagi dengan si Niee yang habis menyelesaikan dua lagi drama koreanya.

Nah, kali ini aku mau ngereview dua drama korea yang baru aku nonton sekaligus. Sebenarnya seh ada tiga drama yang barusan aku tonton satunya adalah Warm And Cozy. Tapi baru juga episode 4 akunya males ngelanjutin nontonnya karena gak bagus gitulah menurut aku. Dan setelah nonton Oh My Ghost yang bagus banget itu menurut aku jadinya susah move on deh. Kalau jelek dikit jadi males nontonnya.

Hello Monster – I Remember You

Hello_Monster-p1Ceritanya tentang seorang anak laki-laki bernama Lee Hyun yang semasa kecil dia dicurigai oleh ayahnya sendiri bahwa dia memiliki kelainan mental yang dapat membahayakan banyak orang. Ditambah lagi dia kepergok oleh ayahnya sedang berbicang dan bertukar informasi dengan seorang narapidana pembunuhan yang kejam dan juga memiliki kelainan mental. Jadilah Lee Hyun dikurung oleh ayahnya di kamar bawah tanah rumahnya hingga dia tidak dapat berkomunikasi dengan orang luar bahkan adiknya sendiri.

Suatu malam sang pembunuh melarikan diri dari penjara dan membunuh ayahnya Lee Hyun di depan matanya sendiri yang menyebabkan Lee Hyun menjadi yatim piatu dan kehilangan seorang adik.

Setelah dewasa Lee Hyun yang menetap di luar negeri dan menjadi profesor ahli kriminologi datang kembali ke Korea untuk sebuah kasus pembunuhan yang misterius di mana dalam kasus ini dia menerima email untuk melihat langsung kejadian tersebut. Lee Hyun tentu sangat tertarik dengan kejadian itu karena kasus tersebut menurut email yang dia dapat, dapat mendekatkan dia untuk mencari adiknya yang hilang.

Pada saat dia berada di TKP, Lee Hyun bertemu dengan anggota tim kepolisian yang menangani kasus pembunuhan tersebut yaitu Cha Ji An, Kang Eun Hyeok, Son Myeong Woo, Min Seung Jo dan Choi Eun Bok.

Cha Ji An sangat senang melihat Lee Hyun ada ditempat tersebut karena sebenarnya dia telah memata-matai Lee Hyun selama lebih dari 20 tahun setelah ayahnya sang sipir penjara hilang dan dianggap berkomplotan dengan pembunuh yang membunuh ayahnya Lee Hyun.

Di satu sisi, setelah Lee Hyun kembali ke korea beberapa orang mulai berdatangan dikehidupannya, mulai dari seorang pengacara Jung Sun Ho serta seorang tetangga yang hidup sendiri dengan keluarganya ada di Amerika bernama Lee Joon Ho.

Dapatkah Lee Hyun menemukan adiknya yang hilang 20tahun lalu? Lalu siapa sebenarnya Lee Joon Ho yang selalu tampak jelas mendekati Lee Hyun?

hello monster
Seo In Guk ini aku ingetnya maen di Master Sun sebagai Second Leadnya cowok, aku gak selesai seh nontonnya 😛 Dia juga ada berperan sebagai cameo di film Oh My Ghost episode terakhir. Kalau Jang Na Ra maen sebagai guru di School 2013 (kalau ini aku baru nonton episode 3 dan males lanjut juga 😀 ). Yang laen gak inget maen di mana

Kata si Niee..

Sebenarnya jalan ceritanya film ini mudah ketebak yak. Aku pas pertama kali lihat Jung Sun Ho udah tahu ini sebenarnya siapa dan Lee Joon Ho itu siapa tapi tetep aja dibuat ribet jalan ceritanya harus menangani kasus demi kasus pembunuhan dulu baru mendapatkan jawaban.

Pada dasarnya menurut aku film ini emang cuma mau menampilkan sisi sisi bagaimana seh sebenarnya motif dari masing-masing setiap kasus pembunuhan seperti karena dendam, karena gak suka, karena merasa merepotkan, karena menuntut keadilan dan pada tangga teratas piramidanya adalah karena ‘hobi’.

Cerita cinta-cintaannya juga gak terlalu kuat. Terkesan terlalu dipaksakan kalau si cowok tiba-tiba datang kerumah si cewek karena menjadi tersangka pembunuhan, dan si cewek yang seorang polisi dibiarin aja gitu, padahal dianya belum suka loh. Dan sehabis cowoknya udah pulang ke rumah gantian si cewek yang tinggal di rumah cowoknya yang memupuk kedekatan antara keduanya dan tetep aja aku fikir porsinya kurang banget!

Endingnya lebih mengecewakan lagi karena ini adalah film pembunuhan yang menanggangkat beberapa pembunuh dengan dua orang pembunuh utama lah pada akhirnya pembunuhnya gak ditangkap dan hidup dengan bebasnya aja gitu. Gak ada tindakan yang gimana untuk memburu si pembunuh dan menjebloskannya dalam penjara.

Walaupun jalan ceritanya rada kacau 😛 tapi kalau dilihat episode perepisode lumayan lah ya menemani malam-malam yang penuh kehampaan kalau gak nonton drama korea *halah*. Jadi aku kasih nilai 6/10 deh buat filmnya :mrgreen:

Scholar Who Walks The Night

Scholar-Who-Walks-the-Night_780x436(2)

Kim Sung Yeol adalah seorang penjaga sekaligus teman dari putra mahkota bernama Jung Hyun. Suatu hari tanpa sengaja Sung Yeol tahu bahwa di dalam istana ada seorang vampire bernama Gwi yang selama 200tahun telah mengatur sang raja dari balik istana bawah tanahnya. Sang Putra Mahkota Jung Hyun tidak mau itu terjadi terus menurus dan ingin mengentikannya. Diapun kemudian bekerja sama dengan Hae Seo, seorang vampire penjaga. Seluruh rencananya dia tulis dalam buku hariannya untuk bejaga kalau terjadi sesuatu padanya orang lain dapat melanjutkan apa yang telah dia rencanakan. Sayangnya rencana Putra Mahkota Jung Hyun diketahui oleh Gwi dan kemudian membunuhnya. Gwi juga memburu Hae Seo untuk kemudian membunuhnya juga. Pada saat Sung Yeol berusaha mencari vampire perjaga tersebut yang tersisa hanya vampire yang hampir mati. Untuk dapat melawan Gwi, Hae Seopun kemudian menggigit Sung Yeol agar dia menjadi vampire dan dapat mengalahkan Gwi.

120 tahun berselang, Kim Sung Yeol masih mencari keberadaan catatan harian Putra Mahkota Jung Hyun untuk mendapatkan petunjuk bagaimana caranya mengalahkan Gwi hingga akhirnya dia bertemu dengan seorang penjual buku bernama Jo Yang Sun yang dapat mencari buku apapun kecuali catatan harian tersebut.

Jo Yang Sun adalah seorang penjual buku perempuan yang berpakaian ala laki-laki, namun suatu malam ketika dia sedang menjual buku di rumah para Ginsaeng pada penjaga keamanan menyergap seluruh laki-laki hingga pada akhirnya dia membuka jati dirinya dan diketaui oleh Kim Sung Yeol.

Insentitas kedekatan Kim Sung Yeol dan Yang Sun demi mencari buku catatan harian putra mahkota itu membuat keduanya kian akrab dan tumbuh rasa saling menyayangi. Sayangnya Sung Yeol tahu bahwa dia tidak bisa jatuh cinta kepada manusia karena dia adalah vampire dan satu-satunya alasan dia hidup adalah untuk membunuh Gwi. Hingga akhirnya dia menemukan catatan Putra Mahkota yang mengatakan bahwa ada tiga orang yang bisa membunuh Gwi yaitu seorang vampire penjaga, Raja yang punya tekat dan seorang yang berhubungan dengan ibu.

Pada akhirnya dikatahui orang yang berhubungan dengan ibu adalah Yang Sun karena dia adalah keturunan langsung dari Gwi pada masa lalu. Raja percaya dengan mengorbankan Yang Sun dan membuat Gwi meminum darahnya maka Gwi akan mati.

Benarkah apa yang dikatakan oleh raja? Lalu apakah Sung Yeol mau saja menyerahkan Yang Sun kepada Gwi untuk menyelesaikan tugasnya di dunia ini dan pergi untuk selamanya?

Gak ada cast yang aku familiar sebenarnya :P
Gak ada cast yang aku familiar sebenarnya 😛

Ini adalah film kedua yang aku tonton di tahun 2015 ini di mana ceritanya dianggkat dari Webtoon. Keduanya sama-sama menampilkan cerita tentang vampire. Keduanya sama-sama menampilkan cerita tentang jaman Joseon walaupun yang pertama yaitu Orang Marmalade rada galau 😛 .

Secara cerita aku suka filmnya karena gak mudah buat ditebak, secara jumlah episodenya juga pas 16 episode. Soalnya kebanyakan kan kalau udah cerita jaman kerajaan gini suka panjang-panjang filmnya.

Endingnya juga ok lah walaupun kalau cerita vampire aku lebih suka kalau pada akhirnya keduanya jadi vampire bersama-sama dan hidup bahagia selamanya, hihihi. Ya soalnya gak mungkin lah kan vampire dan manusia saling melengkapi satu sama lain?

Gak banyak juga seh yang mau aku komentari dari film ini, ya intinya kalau mau nonton di nikmatin aja, hahaha *lah ini seh bukan ngeriview Niee namanya 😛 * Aku kasih nilai 7/10 juga deh buat filmnya karena lumayan buat nambah-nambah stok tontonan di malam minggu bagi yang jomblo :mrgreen:

Cerita Katniss Minggu Ini


Ceritanya dari hari rabu kemaren sampe hari jumat aku gak masuk kerja. Kalau ditambah sama hari sabtu dan minggu berarti aku lima hari full nemenin Katniss.

Liburan Niee? Gak! Sama sekali gak ada seneng-senengan malah sedih sebuh bebenarnya.

Jadi hari rabu lalu seperti kebiasaan Katniss dan Papanya jalan-jalan bareng pagi-pagi untuk beliin mamanya sarapan pake motor. Udah sering, anaknya juga udah bisa pegangan di motor dengan lumayan lah ya. Tapi tetep setiap papanya bawa motor akunya rada takut-takut gitu. Ya kita bisa lah ya jaga-jaga diri dengan bawa pelan dan memperhatikan jalan dengan seksama, tapi kalau orang lain kan belum tentu!

Nah, kejadian dong pagi itu saat udah mau jalan pulang, karena anaknya kelihatan seneng banget si Papapun mengambil jalan rada jauhan buat memperlama jalur pulangnya. Sempet kepikiran pengen beliin si K helm biar enak kalau dibawa-bawa pake motor gini dan pas fikiran itu selesai Papanya dan si K ditabrak dari belakang dong! Si penabrak dengan cueknya langsung kabur lagi! Benci!

Katnissnya? Langsung jatuh bebas ke sisi kanan motor. Dalam kondisi panik, si abang dengan dibantu oleh kakak-kakak penjaga toko deket tempat kejadian langsung bawa Katniss pulang ke rumah. Akunya pas lihat? Langsung histeris dong! Bayangin muka si K udah belumuran darah gitu. Dijidat dan diarea hidung dan mulut. Panik dong takut darahnya keluar dari hidung. Ditambah lagi tangisan si K yang udah histeris banget lah pokoknya. Gak pernah si K nangis sampe segitunya deh. Terus langsung di bawa ke rumah sakit.

Alhamdulillah, dokter di IGDnya bilang gak ada luka dalam. Semua luka di wajah Katniss cuma luka lecet biasa. Dan bener pas dibersihkan dengan benar oleh perawatnya (di mana ada adegan histeris lagi dari si K pas dibersihkan dengan alkohol dan diberi betadine) kelihatan deh bagian yang lecetnya di mana. Aku sendiri sempat foto si K pas luka-luka gitu, tapi pas dilihat gitu kok gak tega ya jadinya dihapus.

Pulang dari rumah sakit langsung dibawa ke nenek-nenek tukang urut bayi biar diperiksa lagi dari segi tradisionalnya. Biar badan anaknya juga gak sakit setelahnya. Syukurnya itu adalah keputusan yang tepat. Karena menurut si Nenek kalau dibawa urut udah dua atau tiga hari maka bukannya nambah sembuh yang ada badannya sakit karena udah ada pembengkakan.

Pokoknya ini jadi catatan pribadi aku dan abang aja, jadi jangan lagi-lagi deh bawa si K pake motor, gak aman. Kalau bertiga masih ok lah ya tapi kalau sendiri lebih baik pake mobil aja sambil dia didudukin di carseat. Trauma deh >.<