Rutinitas si K


Haaaaaiiii… Haaallloooo.. Apakabar semuaaa?? Ternyata ngebut posting diawal bulan gak menjamin juga akan menjadi banyak postingan di bulan ini yak. Berfikir baru tanggal 8 aja udah ada 4 postingan itu prestasi banget, eeehh tahunya mandek πŸ˜› Etapi kalau sama ini berarti di bulan September aku udah nulis 5 postingan emang prestasi seh, hihihihi.

Btw, kali ini aku ingin bercerita tentang rutinitas si K. Dari bayi neh anak emang aku biasain hidup dengan jadwal seh. Mulai dari mimik susu dari baru lahir sampe umur 6 bulan aku jadwalin dia minum susu itu 2 jam sekali. Maka selama enam bulanlah aku tidurnya gak tenang. Terbangun setiap dua jam itu lumayan melelahkan juga loh >.< Tapi hasilnya adalah si K gak pernah yang namanya minta nyusu semaunya sendiri. Sampai sekarang nyusunya masih terjadwal dengan baik (kecuali malam seh yak masih terbangun beberapa kali buat nenen, ini jadi PR neh buat aku. Pengennya si K udah gak bangun-bangun buat nenen seh. Gimana caranya ya? )

Tidur dari sejak lahir juga udah aku jadwal. Dulu waktu baru lahir setiap jam 8 malam aku akan ganti pakaiannya dengan pakaian untuk tidur (baju lengan panjang dan celana panjang) masuk kamar dan lampu kamar diredupkan. Hasilnya juga lumayan tuh, umur 2 bulan si K udah pasti jadwal tidurnya sampe sekarang.

Nah, karena merasa enak dengan adanya pola jadwal menjadwal itu makanya seluruh kegiatan si K dari bangun sampe tidur juga aku jadwal. Kira-kira jadwalnya begini:

05.00 – 06.00

Rentang waktu jam segini adalah si K bangun. Aku seh sukanya dia bangun jam 6, jadi aku bisa beraktivitas dulu. Kalau dianya bangun jam 5 udah deh buyar semua. Manalah jam 5 adalah jadwal aku masak buat makan si K satu harian pas aku tinggal kerja kan yak. Jadilah kalau jam segini dia udah bangun perlu dijagain dan tugas bapaknyalah yang jagain. Etapi kalau lagi males jagain tinggal tontonin Finger Family di iPad dia udah diem seh πŸ˜›

06.00 – 07.00

Aktifitas mandi. Kalau bangun pagi banget ya jam 6 itu udah mandi. Kalau jam 6 baru bangun ya jam setengah 7 baru mandi. Btw si K ini suka banget kalau disuruh mandi, maen air dan maen sabun, biasanya gak mau berenti. Tapi anehnya dia gak suka yang namanya di shampoin. Padahal aku jarang-jarang juga loh nyampoin si K ini. Palingan satu minggu dua sampe tiga kali aja aku shampoinnya. Karena aku fikir ya emang rambutnya gak terlalu kotor. Nah, kalau udah adegan shampo menshampo ini bisa panjang deh urusannya. Dari yang secara terang terangan ngasih lihat botol shamponya, sampe yang sembunyi-sembunyi langsung aja shamponya dikasih ke rambut selalu aja drama. Selalu aja berakhir dengan tereak tereak dan minta udah selesai mandinya. Beberapa keponakan aku juga sama seh anaknya gak suka dishampoin. Kalau anak temen-temen gimana? Pada demen gak? Kalau pada demen bersyukurlah!! πŸ˜€

Habis urusan mandi selesai tiba pulalah urusan pake baju. Urutannya harus jelas, pake krim dulu, terus pake minyak telon, baru pake bedak, minyak rambut, pake baju dan terakhir baru sisiran. Masalahnya sekarang adalah anaknya mau ngelakuin itu semuanya sendiri! Kalau gak dikasih (karena aku udah mepet waktunya mau kerja) mulailah grasak grusuk tereak atau kalau gak lari-larian gak pake baju! Duhhh anak gadis MAMA! >.<

Jam segini juga aku biasanya pergi kerja dengan adegan minta salam dan cium-cium di pagar.

07.00 – 08.00

Waktunya makan! Kadang kalau lagi OK banget anaknya bisa minta makan sendiri bilang laper :mrgreen: tapi kebanyakan seh perlu rada dipaksa dulu baru mau makan, hahaha. Walaupun waktu makannya masih lama aku masih bersyukur seh sampai sekarang si K masih mau makan 3 kali sehari tanpa ada kendala yang berarti. Sesekali ada seh gak maunya dia makan, tapi kalau dipujuk atau bahkan diganti menu dianya masih mau makan.

08.00 – 09.30

Waktunye maen. Kebanyakan maen kejar kejaran di halaman rumah. Akunya yang cuma jagain sabtu minggu aja rasanya capek dah ngikutin ini anak. Baterainya gak pernah habis (palingan kalau kecapean banget tidur malamnya lebih awal). Kalau bukan kita yang mengentikan kayaknya gak akan pernah berhenti deh anaknya lari πŸ˜€

Maenan seh udah dibeliin banyak ya, tapi maenan favoritnya tetep mangkok/piring, sendok dan gelas asli yang diambilnya sendiri di dapur. Ya tahu gitu kan mama gak beliin kamu maenan K! *pelit* πŸ˜›

09.30 – 10.00

Makan buah. Sebenarnya si K ini mau makan buah apa aja seh yang penting lembut. Kan giginya belum banyak soalnya :mrgreen: Tapi buah favorit K selama ini kayaknya jeruk dan pepaya. Gak pernah namanya dia nolak dah buah ini. Selalu mau dan habis dalam tempo yang sesingkat-singkatnya!

10.00 – 12.00

Tidur siang. Semenjak lebaran kemaren si K udah tidur siangnya sekali aja seh dari yang dulu dua kali tidur siang. Paling sebentar seh 1 jam pasti dia tidur. Tapi rekor paling lama adalah dia pernah tidur sampe 3 jam aja gitu. Dan kalau udah tidurnya lama gini ya emaknya senang karena ada alasan buat nonton drama korea! Kan sekalian jaga si K tidur siang πŸ˜›

12.00 – 13.00

Jadwalnya makan siang.

13.00 – 16.00

Nah ini jam-jam genting seh. Disaat emaknya udah tepar dan pengen leyeh-leyeh anaknya malahan lagi semangat semangatnya buat maen. Syukur-syukur kalau mau disuruh maen sendiri segala maenan lego atau boneka-bonekaannya. Lah kalau maunya maen keluar kan males banget πŸ˜›

Kalau neneknya ada biasanya diajakin masak-masak bareng. Karena neneknya masih hobi buat kue kue tradisional di rumah ya neh anak sok-sokan bantu deh. Tinggal dikasih sedikit bahan buat masaknya dan voilaaa. Dia akan sibuk sendiri buat kue seperti foto di atas πŸ˜€

16.00 – 16.30

Jadwal mandi seperti adegan di atas kembali terulang >.<

16.30 – 17.30

Makan sore.

17.30 – 19.00

Waktunya maen lagi. Tapi karena udah malem biasanya pintu rumah udah ditutup dan si K udah gak bisa maen kejar-kejaran di luar lagi *syujud syukur* πŸ˜› Dan kalau malam gini anaknya udah lumayan adem seh ya gak grasak grusuk lagi. Mungkin dia sudah lelah.

Kalau pas hari kerja jam segini jugalah akunya baru bisa maen sama dia. Jadwalnya pendek ya baru bisa ketemu sama anak πŸ˜₯

19.00 – 05.00

Tidur malam. Biasanya seh gak bangun-bangun lagi kecuali minta nenen. Itupun juga minta nenennya dalam kondisi tidur. Jadi kalau cepet dinenenkan akan langsung tidur lagi tanpa bangun. Kalau kelamaan ya kebangun anaknya. Tapi so far akunya selalu bangun seh kalau anaknya udah grasak-grusuk.

Dan karena si K tidur malamnya awal, jadi aku bisa puas-puasin berkegiatan malam hari. Ya salah satunya nonton drama korea lagi! Hahahahahaha. *digetok suami*

***

Yak, segitulah jadwal tetap si K seharian. Hampir gak pernah berubah seh, bahkan kalau kita mau jalan ke mall jadwal ke mallnya yang aku sesuaikan dengan jadwal si K. Biasanya ya jalannya pas jam 13.00 – 16.00 itu karena emang jam segitu jadwal dia maen. Bahkan waktu aku jalan-jalan ke Bangkok kemaren jadwal ini masih aku pertahankan, jadi emang kebiasaan aku mulai jalannya sore habis si K bangun tidur siang.

Sampai sekarang seh si K masih ok dengan jadwalnya. Mudah-mudahan gak berubah dalam waktu dekat seh, soalnya aku sendiri udah nyaman dengan pola si K ini πŸ˜€

Advertisements

20 thoughts on “Rutinitas si K”

  1. iya emang lebih enak kalo anak dijadwalin ya.
    pas anak masih 1 emang lebih gampang bikin jadwal. begitu anak udah 2 jadi kaco karena mesti ngikutin jadwal anak pertama juga. hahaha.

    1. Oia ya mas. Gak kebayang deh kalau punya dua anak ntar. Makanya punya anak kedua tunggu anak pertama udah gede ya. Kayak andrew jadinya lebih bisa ngikutin walaupun tetep pasti ada aja seh yang buat kaco πŸ˜†

  2. Waaah.. Udah terjadwal bgt ya hari2nya K. Tapi emang jadi enak sih Niee. Karena katanya bocil2 ini memang musti ngikutin jadwal supaya jam tidurnya pun ga berantakan.

    Kalau Jo mah.. Haaaaaah.. Begitu liburan di Indonesia, bubar semua jadwalnya..

    1. Kalau liburan emang biasanya jadi berantakan ya mbak be. Secara ya misal si K ini bobo jam 7 malam. Tapi kalau liburan pulang ke hotel aja udah jam 10. Makanya pas balik dari liburan aku maunya masih cuti. Jadi bisa balikin jadwalnya si K yang hancur berantakan. Hehehe

  3. Niiie…
    Memang sebaiknya sih anak dikasih jadwal supaya terbiasa hidup teratur, walopun tetep fleksibel juga sih…biasanya kalo ada sodara yang dateng ke rumah, jadwalnya suka kacau sih hehehe..tapi gak papa lah yah kesian juga kalo terlalu saklek…

    Sampai saat ini sih kalo weekdays anak2 selalu aku patok tidur jam 8 malem Niiie…dan setelah sikat gigi, cuci kaki dan berbagai alesan yang dibuat2 biasanya baru pada masuk kamar jam 9 bhahahaha….kalo udah gede mah suka pada banyak alesan lah….

    1. Emang bisa fleksibel seh teh. Cuma ya karena udah terjadwal gini biasanya jam 7 udah pasti minta bobo dia. Yang susah kalau pas ada acara dirumah ya jam 7 tetep minta nenen. Gak ada deh ceritanya maen maen ikut acara. Hahahaha.

      Kalau udah gede emang gak bisa terlalu dijadwal ya teh. Tapi gak papa deh ya. Selagi anaknya udah bisa tidur sendiri. Hihihi

    1. Hahahaha. Biasanya aku cuma posting 2-3 juga mbak. Entah ini kenapa bisa sampe lima. Makanya prestasi πŸ˜†

      Tapi padahal shampoonya aku gak saklek satu jenis loh mbak. Klo pengen ganti ya aku ganti setelah umur diatas satu tahun ini. Tapi tetep aja dianya gak suka. 😣

  4. Vay dulu waktu kecil banget juga malas shampoan karena kasus si mbaknya pakai shampoo 2in1 anak2 yang sebelumnya cuma dipakai untuk body wash, dan itu ternyata pedih di mata. Aduh itu hilangkan traumanya lama.
    Tak terasa ya K sudah besar…. πŸ™‚

    1. Tapi aku shampoonya yang beda sama sabun loh mbak zy. Shampoonya juga sering aku ganti. Entah kenapa ya gak suka dianya. Tapi gak trauma juga seh. Jangan sampe deh ya.

      Iyaaa. Udah gede ya si K πŸ˜†

  5. jadwalnya mirip2 ama jayden… cuma makan buahnya kadang pagi kadang sore, tergantung dia tidurnya berapa lama… kalo pagi ga tidur2 ya uda makan buah… kalo pagi tidur, makan buahnya sore… soalnya belakangan kalo sore susah disuruh tidur, mungkin emang uda waktunya tidur satu kali doang ya hahahaha… cuma kalo pergi2 ya berantakan deh jadwalnya hahahaha…

    1. Iya si K juga baru setelah lebaran ini ditidurin siangnya cuma sekali aja. Dan itu lumayan jadi enak jadwalnya jauh. Kalau nggak rada gimana gitu ngatur waktu makan dan maennya.

  6. Kayak Fa, klo mau di shampoin tereak2 sambil muter2, sambil nangis jg.. jadi klo mau keramas dia udh pasang kuda2 menghindar, pdhal jarang aku keramasin jg krn gampang pilek. Hahahah.. iya memang yaa.. dari kecil memang dah harus kita jadwalin u kegiatan anak, spy dah gedenya nanti dia ngerti bagi waktu dan isi wkt yg berguna πŸ™‚

    1. Hahahahaha. Si katniss gak begitu parahnya seh keramas. Tapi yang pasti baju emaknya ikutan basah juga. Jadi jangan pake baju kantor dulu deh kalau shampoin dia pagi πŸ˜†

  7. males shampoo mungkin pernah kena mata Niee…
    bagus banget jadwalnya…, biar dia disiplin ya….
    kasih jadwal sarapan pagi Niee, supaya biasa ntar sekolah mau sarapan…

    1. Sekarang makannya masih jam set7 seh bun. Ntar kalau mau sekolah harus disesuaikan lagi yaa 😁

      Kalau pernah kena mata seh rasanya ya gitu gitu aja bun. Gak ada yang parah banget

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s