Semangat 2016


Haaaaiiii… Haaalllooooo.. Apakabar semuanyaaaa??

Iihhh, udah tanggal 14 aja ya bulan Januari ini, berarti udah 2 minggu aja masuk ke tahun 2016, gak terasa! Rasanya ya kalau dihitung hari emang kadang terasa lama banget, tapi kalau dihitung bulan, tahun ya kok cepet banget ya, apalagi sekarang.

Bekerja di pemerintahan itu sama dengan artinya gak ada libur akhir tahun dan awal tahun. Ya kadang iri lihat perusahaan yang meliburkan karyawannya di akhir tahun, ya namanyakan rumput tetangga selalu lebih hijau yak πŸ˜› Akhir tahun berkutat sama realisasi, uang yang dikasih harus diserap, kalau gak diserap berarti kita salah, salah menentukan perencanaan, gak matang! Perlu dipertanggungjawabkan. Nah, kalau awal tahun ini aku berkutat mengurusi laporan akhir tahun 2015 untuk kinerja instansi di mana tempat aku bekerja sekarang.

Perubahan yang paling yang aku rasakan pada tahun keenam aku bekerja di kantor ini adalah (iihh, gak terasa udah enam tahun aja aku kerja yak) rasanya aku sudah hampir khatam dengan istilah pelaporan kesehatan loh! Ini prestasi banget menurut aku, hihihi.

Ya dulu kan pas aku disuruh nyari data K-1, K-4, neonatus ya kan kayak mencari rambut dalam jerami ya. Tapi sekarang aku ngerti. Dan rasanya aku bisa menerangkan dari A-Z tentang hal itu kepada orang awam lainnya. Malahan kadang aku lebih paham indikator itu daripada orang Puskesmas loh! Keren yak *ya diiyain aja lah ya* πŸ˜›

Foto perdana satu tim diawal tahun di gedung yang baru :D
Foto perdana satu tim diawal tahun di gedung yang baru πŸ˜€

Eh, tumben intronya kepanjangan. Semangat 2016 dari judul di atas tentu gak ada hubungannya dengan kerjaan di kantor aku kok, tapi ada beberapa hal yang aku semangatin kalau udah masuk bulan januari ini.

Pindah Rumah

Ya, yang paling terasa perbedaannya dari tahun 2015 ke tahun 2016 ini bagi keluarga aku tentu pindah rumah ya. Walaupun tetep belum seratuspersen pindahnya >.< tapi udah mulai nyicil ngabisin barang dari rumah ortu ke rumah yang baru. Kalau dari rumah mertua seh udah langsung dihabiskan barangnya, jadi otomatis sekarang udah gak pernah nginep di rumah mertua lagi. Sekarang cuma berkutat antara rumah sendiri sama rumah ortu. Mudah-mudahan dalam waktu deket barang yang mau dipindahin udah bisa pindah semua jadi bener bener udah gak perlu pindah-pindah sama sekali lagi.

Perbedaan dari tinggal rumah sendiri juga adalah dipagi hari ada aktifitas baru buat aku dan si abang. Kalau selama ini aku mau berangkat ke kantor ya langsung berangkat aja, kali ini aku harus boyong si K dulu dari rumah ke rumah mbahnya karena di rumah kan kosong ya gak ada yang jaga. Pengennya seh yang jagain K yang dateng ke rumah, tapi ya namanya juga minta tolong sama keluarga (bukan mbahnya seh yang jagain, tapi bibi) jadi gak bisa juga dipaksain buat dateng ke rumah. Pulangnya juga boyong-boyong K dari rumah mbahnya buat pulang ke rumah. Kasian deh lihatnya >.<

Ulang Tahun Katniss

Si K yang sekarang bisa minta dibacain cerita :D
Si K yang sekarang bisa minta dibacain cerita πŸ˜€

Semangat disetiap januari karena udah pengen ngurus-ngurusin buat si K ulang tahun! Ya, bayi yang imut-imut itu gak terasa udah mau 2 tahun aja loh! Udah cerewet banget ngomongnya mengarah ke bawel πŸ˜› Udah bisa protes dengan segala sesuatu. Misal dia suruh aku minum obat (biasa aku minum tolak angin gitu dia lihat) terus dia suruh aku minum. Ya aku pura-pura minum dong tampa membuka obatnya. Lah dia protes “buka dulu ma bungkusnya, baru diminum” yaaaa.. udah gak bisa dikibulin lagi ya K :mrgreen:

Gak sama dengan tahun lalu di mana ultah K dirayain lumayan rame. Kali ini aku pengen bertiga aja ulang tahunnya! Sesuai dengan keinginan tahun lalu yang gak bisa terealisasi karena neneknya maunya ngundang banyak orang. Nah, karena udah bisa ngerayain di rumah sendiri, jadinya bisa dong ya konsepnya semau emaknya aja. Paginya foto-foto bertiga, tiup-tiup lilin sampe puas (si K seneng bener dah kalau disuruh tiup lilin) nah siangnya baru niat nyuruh nenek dan mbahnya datang buat makan dan doa gitu deh.

Liburaaaaaannnnn.

Dan salah satu yang bikin semangat menginjakin tahun 2016 ini apalagi kalau bukan rencana liburan aku ke Hongkong nanti di bulan Juli. Masih lama yaaa πŸ˜› tapikan karena budget dan jatah cuti terbatas yang cuma 9 hari kerja setahun itu πŸ˜₯ jadi emang bisanya jalan setahun sekali aja 😦

Tapi efektif kok ini liburan sekali setahun. Soalnya kalau udah capek gitu dengan kerjaan kantor yang gak selesai-selesai, bukan catatan sendiri, lihat-lihat itenerary yang udah dibuat, cari cari referensi lagi terus jadi semangat. Di dalam hati bilang tenang Niee kerjanya tinggal 6 bulan lagi kok, ntar kita bisa liburan.. Hahahahaha *gak banget deh*

Selain liburan ke Hongkong, tahun ini aku juga akan lagi-lagi berburu tiket untuk liburan selanjutnya. Mudah-mudahan seh gak ada halangan deh yak buat libur-liburan lagi πŸ˜€

***

So, semangat dong ya menatap 2016! *jiaaah menatap* kalau gak inget laporan 2015 yang belum selesai aja πŸ˜›

Advertisements

First Trip K! Persiapan..


Haaaaiiiii… Haalloooo.. Apakabar semua??

Yak, si Niee memulai tahun baru dengan semangat menulis baru. Mudah-mudah2an gak luntur lagi sampe akhir tahun yak, hihihi.. Alasan-alasan malas nulis tahun kemaren kayaknya udah gak berlaku lagi. Si bayi sekarang udah besar, bahkan beberapa hari lagi bayi ini akan jadi balita loh! Aaahhh.. waktu (jangan) cepat berlalu!

Nah, untuk memulai postingan pertama di tahun ini, marilah kita mulai dengan cerita jalan-jalan pertama Katniss! Ini rencana jalan-jalannya udah lama banget loh. Persiapannya juga panjang rasanya. Jadi semangatnyapun jauh-jauh hari udah kerasa. Sempat ragu jalannya terlaksana atau gak karena jadwal yang bentrok dengan kegiatan kantor. Tapi akhirnya terlaksana juga.. Yiiipppiieee!! *narihulahulahop*

PERSIAPAN!

Pertama kalinya jalan sama bayi itu ternyata degdegan loh. Apa-apa yang musti kudu wajib dibawa dari rumah harus sangat di prepare dengan baik. Karena itu jadilah si Niee (yang lebih tepat adalah si abang) cari info sebanyak banyaknya tentang perjalanan dengan bayi.

Yang menjadi perhatian khusus dari aku adalah soal makanan. Karena aku masih berprinsip K harus makan makanan rumahan. Gak boleh sama sekali dikenalkan dengan makanan instan. Walaupun banyak dari tulisan yang aku baca kalau gak masalah kok kalau ngasih makanan instan sewaktu travel. Masalahnya, kalau sekali aja dikasih makanan instan, bakalan kebiasaan kan jadinya.

Untuk terwujudnya prinsip tersebut, maka si Niee mempersiapkan perlengkapan tempur masak-memasak itu dengan semaksimal mungkin.

perlengkapan tempur K
perlengkapan tempur K, masak hari pertama liburan

Barang yang dibawa untuk peralatan masak adalah

  • Kompor listrik (ini penting banget, kalau gak ada kompor ya wasalam deh semua masak-memasaknya) Aku beli yang Maspion, gak terlalu ringan, tapi cukuplah dan yang pasti muat masuk ke dalam koper).
  • Rice cooker mini buat masak buburnya. Belinya merk Kris, ada jual di Ace Hardware (ini dapat hadiah dari temen sekantor pas lahiran K, lumayan kepakenya)
  • Beras, karena K aku belinya beras khusus sendiri.
  • Beberapa sayur yang tahan buat dua hari tanpa masuk kulkas kayak wortel dan kentang (walaupun sebenarnya pas jalan bisa belinya ke pasar. Tapi mana tahu kan yak, disiapin aja deh)
  • Talenan, pisau (aku belinya yang keramik) sendok dan panci (belinya yang ringan dan murah aja, pas pulang aku tinggal di hotel, hihihi)
  • Thermos makan dan thermos air untuk makan waktu jalan-jalan.
  • Botol jus dan botol untuk minum air putih
  • Pelumat makanan bayi for travel (belinya di asi bayi)

Alhamdulillah 6 hari perjalanan K lulus dengan tetap makan makanan rumahan. Walaupun jatohnya setiap hari aku harus bangun subuh-subuh buat masak. Hiks!

***

Menjadi perhatian kedua adalah soal pakaian dan diaper. Aku sendiri lebih memilih gak papa repot dikit dengan bawa pakaian lebih asalkan jangan kurang. Manalah kalau kurang mau beli pakaian bayi kan yak, ribet jatohnya. Karena aku pergi 6 hari dan 5 malam, aku menyiapkan K 6 baju tidur (dilebihkan 1 takut kalau basah atau kotor) 6 pasang baju buat jalan-jalan (exclude baju yang dipake hari pertama pergi. Ini yang dua disiapin kalau kalau perlu ganti baju dijalan, jadi satu baju dibawa-bawa pas jalan-jalan) 3 atasan (yang ternyata gak kepake juga) dan 3 pasang baju hari hari untuk di hotel, 2 kaos dalam (takut pas dipuncak cuacanya dingin, 1 pasang sepatu dan 1 pasang sendal, 2 kaos kaki dan satu jaket.

Yang menyelamatkan kecukupan baju-baju itu adalah banyaknya aku membawa saputangan kecil dan celemek makan. Yang kurang paling jaketnya. Karena ternyata jaket itu cepet kotor juga dan karena cuma bawa satu jadinya agak kontor dan gak ganti-ganti sampe pulang *pukpukkatniss*

Diaper sendiri aku bawanya bener-bener untuk 6 hari (dan dilebihkan dikit). Sebenarnya abang bilang gak usah bawa banyak-banyak, ntar beli aja pas di tempat tujuan. Etapi kalau masih muat dikoper kenapa harus dibeli ditempat tujuan kan yak! Jadi mari kita bawa semua :mrgreen:

Karena peralatan K udah banyak, jadi mamanya yang ngalah. Cuma bawa jeans 2 buah, dua celana untuk di hotel, tiga baju atasan (include yang dipake hari pertama) satu jiblab terusan dan satu jilbab pasmina. Itupun sampe kelupaan bawa peralatan makeup! Jadilah tolong abaikan muka lusuh emak K selama jalan-jalan ini berlangsung.

Total bawaan perjalanan ini adalah 1 koper ukuran sedang, satu tas selempang ukuran sedang, satu tas bayi (yang isinya peralatan makan K, pakaian dan diapernya).

Sebenarnya ada satu barang lagi yang belum dibawa dan niatnya seh mau beli pas hari pertama di Bogor yaitu stoller. Tapi gak dibawa dan gak kebeli dihari pertama dan itu satu kesalahan besar loh! Kalau kalian bawa anak bayi jalan-jalan, maka jangan sekali-kali gak bawa stoller. Kalian akan menyesal-sal-sal-sal! πŸ˜‰

Update-Update..


Haaaiiii… Haaloooooo… Apakabar semuanyaaaa? πŸ™‚

Sekarang mau cerita yang ringan-ringan aja deh. Update yang belum aku ceritain disini karena kemalasan aku buat posting πŸ˜› Tentu minus cerita liburannya dong, itu pasti akan diposting khusus yang gak tahu kapan πŸ˜†

Update Kerjaan

Yang namanya kerjaan itu kalau gak diminta ya ujung-ujungnya ditunda-tunda. Nah, karena sudah pada tahu kebiasaan se Indonesia seperti ini, maka orang pusat membuat momentum untuk mengundang kami-kami dari daerah biar bisa ngumpulin laporan bareng. Momentum itulah yang membuat aku bisa jalan-jalan setiap 2 tahun sekali ke jakarta/bandung (yang udah bosen aja gitu kota itu muluk >.< )

Dari bulan Desember udah tahu bahwa akan pergi ke Bandung yang pastinya juga akan membawa laporan tahunan yang harus siap sebelum pergi. Makanya selama bulan Januari dari pagi sampe malam ngerjain laporan itu muluk.

Pulang dari pertemuannya yang ngirain bisa nyante bentar langsung dibombardir lagi sama kerjaan baru yang sampe sekarang belum selesai. Mau ngeluh rasanya malu yak. Jadi teringat perkataan temen di FB: Bersyukur kita sekarang capek karena kerjaan, bukan kita capek karena mencari pekerjaan. Dan sekarang cuma bisa bilang Alhamdulillah bisa sibuk sampe sekarang dan berarti kantor masih perlu tenaga aku πŸ™‚ *sok bijak banget niee!* πŸ˜›

Target aku adalah pekerjaan rutin HARUS selesai awal maret bulan depan. Makanya sekarang siang malam ngerjain kerjaan-kerjaan-kerjaan. Yak, aku mau tenang dong selama cuti ntar πŸ˜‰

Update Pernikahan

Selain pekerjaan yang ngejar-ngejar buat diselesaikan, tentu aku harus menyisihkan waktu yang cukup juga buat mempersiapkan pernikahan aku, yang gak terasa tinggal sebulan lagi dong *syok sendiri*

Persiapan gede seperti sewa gedung, beli barang hantaran, foto, penyanyi, menetapkan perias dan dekor serta makanan Alhamdulillah sudah. Dari tahun lalu sibuk mempersiapkan ini jadi kaget sendiri kalau persiapan teknis hari H ternyata juga perlu perhatian khusus. Aku yang akan nikah di gedung yang tempatnya lumayan jauh dari rumah perlu persiapan seperti pengangkutan barang, para penanggungjawab seperti makanan, cuci piring, angkut piring kotor, parkir dan segala hal kecil maupun besar gak boleh terlewatkan.

Jadi sekarang sedang melist apa-apa aja yang udah dan yang belum. Kalau belum segera cari orang sebegai penanggungjawabnya. Dan ya, cari orang untuk menjadi penanggungjawab itu bukan hal yang mudah loh ternyata. Harus bener-bener orang yang kita percaya dan gesit. Targer aku H-7 seluruh persiapan sudah berjalan sehingga 7 hari menjelang pernikahan semua penanggungjawab tinggal melakukan pekerjaan mereka masing-masing tanpa diperintahkan lagi. semoga lancar deh (minta doanya temen-temen πŸ˜€ )

Perawatan

Mulai awal bulan ini aku juga mengambil paket perawatan calon pengantin di Martha Tilaar. Karena kota Pontianak mungkin termasuk kota kecil jadi yang paling bagus perawatannya menurut aku ya di Marta ini.

Perawatannya terdiri dari SPA sebanyak 6 kali yang dibarengi dengan Ratus, facial, salon, hingga yang terkecil seperti manicure-padicure (gak hapal bo :P). Ya sebenarnya ini cuma alasan buat diri aku sendiri seh untuk mengikutinya. Dulu-dulu mau ngespa sering-sering mikirnya mahal jadi gak mau. Tapi mumpung sekarang mau nikah ya dijabanin aja *elus-elus tabungan* :mrgreen:

Kopdaran

Dulu mikirnya, karena aku tinggal di Pontianak gak akan pernah merasakan kopi darat di Pontianak. Eh, ternyata ketemu juga sama Mbak Susan yang suaminya ternyata orang asli KalBar, jadi deh dua kali kopdaran dengan dia.

Gak pernah membayangkan akan ada seorang blogger yang akan berkunjung ke Pontianak karena alasan apapun kalau bukan asalnya dari KalBar. Etapi ternyata om NH pernah loh ke Pontianak walaupun kita gak sempat ketemuan.

Nah, pas dapet kabar Ais mau ke Pontianak, aku langsung heboh sendiri ngajakin kopdaran. Tapi sayangnya di datang ke Pontianak tanggal 16 Januari dan aku tanggal 17 januari sudah pergi ke Bandung buat pertemuan. Yaaaa… masak gagal lagi mau kopdaran 😦

Etapi Ais memberikan kabar yang baik dengan bilang kalau dia pulangnya baru tanggal 31 Januari. Karena aku pulang dari Jakartanya 27 Januari, maka aku buat janji kopdaran dengan dia hari senin tanggal 28 Januari 2013, dan yess akhirnya kami berdua bertemu!! :mrgreen:

Kopdaran dengan Ais di Bubur Pedas Pak Ngah
Kopdaran dengan Ais di Bubur Pedas Pak Ngah

Buku-Buku-Buku

Yak, selama jarang update di blog aku niatin untuk baca buku baru lagi. Karena terakhir aku baca buku itu rasanya udah lamaaaaaa banget, dan buku terakhir yang aku baca juga aku udah lupa deh >.< Maka pas kemall aku langsung deh beli buku. Gak mau muluk-muluk beli buku yang sekarang lagi hits ujung-ujungnya aku gak suka. Jadi aku kemaren beli 2 buku baru terbitan lama πŸ˜€

Sherlock Begins dan The Red Pyramid
Sherlock Begins dan The Red Pyramid

Dan aku sukaaaaakkk dengan kedua bukunya. Buku pertama, Sherlock Begins: A Study in Scarlet udah aku tamatin. Bukunya bercerita tentangΒ  asal mulanya petualangan Serlock dan pertama kalinya dia bertemu dengan sahabatnya Dr. Watson. Dari kemaren-kemaren nyari buku Sherlock Holmes yang pertama dan penulisnyaΒ Sir Arthur Conan Doyle akhirnya dapet juga. Karena itu aku akan mencari buku-buku selanjutnya secara urut. Mudah-mudahan aja bisa dapet πŸ˜€

Buku kedua masih setengah aku membacanya. Membelinya sendiri karena melihat penulisnya yang merupakan penulis sama dengan Percy Jackson yaitu Rick Riordan. Jika novel Percy bercerita tentang mitologi Yunani, kali ini Rick menceritakan tentang mitologi Mesir. Dan aku sangat tertarik banget. Sekarang berarti aku sudah mengetahui tentang 3 mitologi, Yunani, Nordik dan Mesir. Kayaknya mitologi Romawi juga seru neh :mrgreen:

Film

Kemaren malam barusan nonton film terbaru di XXI, yak apalagi kalau bukan A Good Day for Die Hard. Filmnya bagus seh seperti biasa. Tapi menurut aku gak ada sesuatu yang baru, atau sesuatu yang wah yang menjadi nilai tambah di film ini. Tetep dengan kejar-kejaran, tetep dengan tembak-tembakan yang keren, pesawat dan teknologi yang ok, tapi ya itu tadi. Gak ada sesuatu yang baru. Jadi aku cuma ngasih nilai 7 deh buat filmnya.

Oia, yang paling kelihatan perbedaannya adalah Bruce Willis yang terlihat sangat sudah tua πŸ˜›

IMLEK!!!

Imlek sendiri sangat terasa di Pontianak. Hampir disemua jalan di Pontianak memasang lampion untuk sebulan kedepan hingga Cap Go Meh tiba. Pokoknya Pontianak jadi Chinese Town besar deh. So, buat temen-temen blogger yang mau liburan dan merasakan imlek yang luar biasa dateng aja ke Pontianak mulai dari ini tanggal 9 Februari 2013 hingga tanggal 24 Februari 2013 yang bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh.

Alun-alun Gubernur sendiri malam ini udah mempersiapkan hingga 1 ton kembang api untuk perayaan nanti malam. Aaahh,, pokoknya semangat deh Pontianak kalau udah imlek mah. Dan pastinya aku ikutan dong ntar malam mau malam tahun baruan πŸ˜€

2013-01-29 07.26.04Terakhir, aku ucapkan selamat imlek pada semua temen-temen blogger yang merayakan. Gong Xi Fa Cai. Selamat tahun baru China ke 2564.

Persiapan Pernikahan..


Haiiii… Halooo.. Apakabar semua? Waduh, setelah berkali-kali baca postingan sebelum ini kok jadi rada aneh sendiri yak. Itu bener tulisan aku? Hahaha…

Ya, emang kadang-kadang kalau lagi galau aku emang banyak mau yang dibenahi dari apapun yang aku dengar dan gak sepaham dengan aku langsung gatel deh buat komentari. Mungkin itu sisi lainnya seorang niee *halah πŸ˜†

Ada yang bilang klo emang suatu hari nanti aku jadi seperti itu jangan lupa yak impiannya. Iya, mudah-mudahan aku gak lupa yak. Tapi beneran, aku sampai sekarang seh gak kepengen jadi seperti yang begituan. Terlalu banyak yang absurd. Ini juga masuk CPNS keceplung πŸ˜› (pengennya tetep jadi penulis dong >.< )

Sebenarnya postingan itu jadinya panjang banget. Cuma, pas aku baca ketentuannya yang harus cuma 500 kata ya terpaksa dipangkas hampir setengahnya deh 😦 *Demi hadiah yang menggiurkan itu :mrgreen: *

Ok, kali ini postingan puyeng lagi (haduh si niee gak bosen apa nulis yang pusing-pusing? ) Ya, sesuai dengan list aku aja yang kemaren pengen ceritain gimana ribetnya aku mempersiapkan pernikahan kakak aku.

Continue reading “Persiapan Pernikahan..”