Perkembangan Katniss (13 mo)


Haaaiiiii ….. Haaaallllooooo… apakabar semuanya?? Kabar baek kan yak πŸ˜€

Tadinya si Niee mau menuliskan perkembangan K pas dia masih umur 12 MO atau pas 1 tahun. Ya tapi rencana tinggallah rencana yak. Kita lanjut aja di 13 MO πŸ˜›

Perkembangan Motorik Kasar

Karena K pada awal perjalanan motorik kasarnya agak terlambat dibandingkan dengan bayi-bayi pada umumnya (dia baru bisa tengkurap sendiri umur 4 bulan dan baru bisa guling-guling umur 5 bulan) jadi aku gak berharap banget K bisa cepet jalannya.

Umur 6 bulan K baru bisa merayap, umur 7 bulan baru bisa merangkak dengan benar dan umur 8 bulan barulah K bisa duduk sendiri tanpa didudukkan (dia bisa duduk dengan didudukkan umur 7 bulan).

Makin kesini K makin mengejar ketertinggalan di awal perkembangan motorik kasarnya. Di umur 10 bulan K udah bisa berdiri sendiri dan diumurnya yang ke 11 bulan akhirnya K memperlihatkan langkah pertamanya (dan aku bersyukur banget aku yang melihatnya pertama kali πŸ™‚ )

Karena masih gak yakin, aku memprediksikan K akan lancar berjalan diumur 14-15 bulan gitu deh. TAPIIII ternyata K berjuang untuk bisa jalan sendiri sangat besar loh. Dia selalu mau kalau disuruh-suruh berlatih jalan dan tepat diumur 12 bulan K resmi bisa jalan dan lari-larian. Horeeeeyyyyy :mrgreen:

Perkembangan visual dan sosial

Sebenarnya perkembangan ini gak terlalu aku perhatiin dari sejak awalnya. Jadi rada-rada lupa kapan yak pertama kali si K bisa mengucapkan kata, hihihi.

Karena kesalahan fatal itulah aku mau menuliskan perkembangan itu disini, supaya ntar kalau si anaknya nanya, ma kapan yak K pertama kali ngomong ya aku bisa jawab (dan kalau lupa bisa nyontek disini, πŸ˜› ).

Diusia 12 MO kemaren K emang banyak sekali perkembangannya. Dari yang dulu-dulunya cuma bisa ngomong papapapapa-mamamama-nenenenen. Sekarang udah bisa mengucapkan kata yang bermakna dan jelas banget. Tentunya Papa dan Mama dia ngomongnya sudah sangat fasih (malah kadang ngomongnya BAPAK dan EMAK >.< ) Kalau ditanya orang siapa mamanya, K langsung bisa menunjuk aku sambil berteriak mamaaaaa πŸ˜€ dan setiap aku atau si abang pulang kantor pasti dia langsung heboh tereak-tereak Mamaaaa… Papaaaa… Duuuhh pokoknya setiap dia bilang mama kebahagiaan aku meningkat 1000% deh :mrgreen:

Kata yang udah jelas pengucapannya juga adalah Nenek, Lampu, Gajah, Enak, Mamam, Aja (nama temannya – Raja), Cicak, hmmm apalagi yak? Diantara pengucapan lainnya yang juga udah ok tapi masih belum fasih atau jelas seperti Daaaa.. (buat nendanya – yang mengasuh dia), Tiii.. (buat aunty nya), Buuu (buat warna-warna benda abu-abu) Nana (buat banana – pisang, walopun kadang juga jelas seh banana, tapi masih jarang) dan masih banyak lagi a.k.a emaknya lupa πŸ˜›

Selain pengucapan kata, K sekarang juga udah bisa diperintah-perintah yang sangat membuat emaknya senang bukan kepalang, hihihi. Misalnya dia lagi suka-sukanya diperintahin buat ngambil barang. Barang favorit yang paling dia suka ambil adalah sendal dan maunya pasang sendiri! Karena kesenangan ngambil barang-barang inilah emaknya memanfaatin situasi dengan sangat maksimal. Misalnya kalau lagi nonton TV dan remotenya jauh. Tinggal deh suruh si K ngambil remote dan dia dengan senanng hati riang gembira melakukan tugas mulianya πŸ˜†

Perkembangan tumbuh menumbuh

Lah, apa seh tuh niee? Itu loh maksudnya perkembangan pertumbuhan gigi. Hihihi.

K pertama kali tumbuh gigi adalah pas umur 7 MO dan tumbuhnya itu langsung dua dibagian bawah (yang menyebabkan PD emaknya sakit bukan kepalang >.< ). Nah, karena udah tumbuh pas 7 bulan emaknya tenang dong akan tumbuh gigi-gigi selanjutnya?

Tapi kenyataannya gak lohhhh……

Sampai sekarang 13 MO, K giginya masih aja dua. Terlambat gak seh pertumbuhan giginya ini? Aku terus terang rada galau dengan perkembangannya satu ini. Ya, karena masih baru dua, jadi K belum bisa makan yang keras-keras. AKu masih ngasih makan bubur sangat kasar (hampir kayak nasi sangat lembek gitu deh) soalnya kalau yang terlalu kasar dia masih mual makannya. Emangnya pertumbuhan gigi yang ideal itu umur 13 MO berapa seh? 😦

***

Hmmm,, apa lagi yak untuk perkembangan si K. Kayaknya udah dulu deh yak. Nanti kalau ada yang inget baru kita buat postingan baru lagi aja biar banyakan dikit, hahahaha.

ps. btw, si K sekarang lagi pilek neh tante oom, doain cepet sembuh ya, biar bisa disuruh-suruh nyari remote TV lagi πŸ˜€

ps lagi. dan lagi bulan April nanti K akan jalan-jalan ke Luar Negeri untuk pertama kalinya, mudah-mudahan K nya gak sakit sampe hari H dan pulang ke rumah deh yak >.<

Advertisements

Surat Balasan untuk Takita


Dear Takita,

Apa kabar? Maaf ya kalau kakak baru balas suratnya. Pas baca surat dari Takita sebenarnya kakak bingung juga mau jawab apa. Soal mimpi Takita yang ingin semua rumah terdengar suasana hangat dari candaan saat Ayah dan Bunda bercerita. Kakak mau ngomong apa? Kakak saja gak pernah merasakan hal seperti itu. Merasakan bagaimana senangnya mendengar ayah atau ibu kakak bercerita.

Namun, sebenarnya kakak masih sedikit beruntung seh. Dulu, waktu neneknya kakak masih hidup, dialah yang sering mendogengkan kakak cerita-cerita rakyat semacam batu balah batu betangkop, sungai landak, pak loy dan masih banyak lagi. Kalau Takita dan temen-temen pernah mendengar cerita seperti itu gak? Mungkin gak pernah juga yak, soalnya itu adalah cerita rakyat dari Kalimantan Barat. Kalau Takita lahirnya dari mana? πŸ™‚

Kalau nenek kakak sudah bercerita itu seru banget. Walaupun gak gerak dengan aktif karena sudah tua, tapi nenek sangat suka membuat suara-suara unik yang lucu. Misalnya berteriak : Pak Loooyyyy,, oooo Pak Looyyy..!! Suka banget dengernya πŸ™‚

Waktu nenek kakak meninggal, otomatis gak ada penurus yang suka bercerita di keluarga karena ibu sibuk mengajar dan bapak kakak juga jarang di rumah. Kangen juga seh sebenarnya mendengarkan dogeng sebelum tidur. Kakak jadi merasakan sangat kehilangan dengan nenek 😦

Makanya, kalau kakak punya anak nanti pengen banget bisa menghidupkan nuansa bercerita di rumah. Agar anak-anak kakak nanti bisa seperti Takita yang selalu mendengarkan cerita.Makanya dari sekarang kakak senang mengkoleksi buku sekarang dan sangat menyimpannya dengan baik. Ya karena kakak berfikir buku itu akan kakak wariskan untuk anak-anak kakak nantinya 😳

Karena seperti kata Takita disurat banyak hal yang bisa dilakukan oleh ayah dan bunda saat bercerita. Kata-kata baru, kebiasaan baru, dan tentunya banyak pengetahuan baru yang bisa didepat dari bercerita. Tentunya kedekatan antara anak dan Ayah Bunda bisa lebih menyenangkan.

Apalagi sekarang sudah banyak banget media yang bisa dijadikan cerita. Buku-buku anak-anak sudah sangat mudah didapat. Bahkan buku dari bahan kain juga ada. Tentu ini akan lebih nyaman buat Takita kan? Soalnya gak susah untuk memegangnya. Sudah seperti memegang boneka. :mrgreen:

Ada lagi cerita-cerita rekaman. Takita pasti udah pernah denger dong kan suara merdu kakak-kakak yang memajukan Indonesia bercerita? Takita seharusnya harus bersyukur hidup di jaman yang serba mudah seperti sekarang.

Kakak berharap, mimpi Takita untuk menjadikan anak-anak Indonesia bisa menikmati suasana cerita dan mendogeng di rumah bersama Ayah dan Bunda menjadi kenyataan ya. Yuk kita berusaha bersama-sama. Kakak akan membantu sekuat tenaga kakak agat mimpi kita dapat terwujud. Kakak tentunya juga akan mengajak temen-temen kakak yang telah mempunyai anak untuk membiasakan kebiasaan ini. Bercerita juga dapat membuat anak cerdas kan yak πŸ™‚

Sudah dulu ya Takita surat dari kakak. Pesan kakak jadilah anak yang pintar. Peganglah selalu mimpimu untuk menjadikan anak-anak Indonesia mendengar cerita. Karena kakak yakin, niat tulusmu akan selalu mendapat dukungan dari siapapun yang mendengar ketulusan mimpimu.

Salam sayang,

Kak Niee.

Menjaga Diri, Menjaga Masa Depan Bangsa..


Haaiiii Halooo.. Apakabar semua? Pernah dengar MDGs? Rasanya udah gak asing lagi deh yak. MDGs adalah singktan dari Millennium Development Goals. Aku pertama kali denger pada tahun 2008 saat di TV sering mengiklankan ini. Pada awalnya aku gak terlalu ngeh dan perduli tentang kesepakatan bersama antar dunia ini. Tapi, semenjak masuk dan kecemplung kedunia kesehatan, akupun mulai perduli.

MDGs sendiri mempunyai 8 Goals yaitu:

  1. Memberantas kemiskinan dan kelaparan ekstrem
  2. Mewujudkan pendidikan dasar untuk semua
  3. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
  4. Menurunkan angka kematian anak
  5. Meningkatkan kesehatan ibu
  6. Memerangi HIV dan AIDS, Malaria dan penyakit lainnya
  7. Memastikan kelestarian lingkungan
  8. Promoted Global Partnership for Development
kalyanamitra.or.id

Bidang kesehatan sendiri mengurusi 5 Goals yaitu Goals kesatu, keempat, kelima, keenam, dan ketujuh. Dua yang menjadi perhatian khusus pada saat ini adalah poin ke empat dan kelima. Mengapa? Karena setelah hampir 5 tahun dan tinggal 3 tahun tersisa untuk mencapai target (Target MDGs tahun 2015 untuk tercapai semua goals) kedua goals tersebut belum dan masih sangat jauh dari target yang diinginkan.

Sebagai perempuan, merasa miris segaligus ngeri setiap kali menerima laporan tentang kematian ibu dan kematian bayi yang kok setiap bulan selalu saja ada. Kebanyakan penyebab kematian ibu yang aku tahu adalah hypertensi sedangkan kematian bayi kebanyakan disebabkan oleh berat badan bayi yang lahir dibawah standar. Belum lagi tanpa kita sadari ternyata banyak loh ibu-ibu yang keguguran (coba cek tetangga, teman dan saudara, hampir semua dari orang yang kita kenal ada yang pernah keguguran! >.< ).

Akar keberhasilan bidang kesehatan adalah gizi yang baik.

Pernah sekali aku mendengar ada seorang saudara teman sekantor mengalami beberapa lagi keguguran. Setelah dicek di dokter spesialis kandungan ternyata dia terkena virus yang disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi mie instan! (Daaann semenjak itu aku hampir gak pernah makan mie instan lagi dong.. ). Maka akupun berfikir, kalau banyak kematian bayi pasti disebabkan dari ibunya. Ibunya sendiri pasti disebabkan oleh kondisi tubuhnya sebelum dan selama kehamilan dong yak! Sssooo,, jika ingin bayi lahir sehat, ibu hamil juga harus sehat, jika ingin ibu hamil sehat, maka calon-calon ibu harus sehat, jika ingin calon ibu sehat, berarti perempuan-perempuan harus sehat. So, bagi para perempuan, yuks menjaga kesehatan. Kalau kita sehat, maka masa depan bangsa Indonesia juga akan sehat kan yak :mrgreen:

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi calon ibu yang sehat? Kalau aku seh melakukan beberapa hal kecil, yang menjadi kebiasaan, tapi kadang dilupakan oleh kebanyakan orang:

1. Diet Makan Mie Instan

Iyaaa,, mie instan emang enak bener yak. Tapi kalau ternyata makanan itu menyebabkan adanya virus yang membenci janin di dalam perut kita dan selalu ingin menggugurkannya gak mau dong. Lagian mie instan itukan dicernanya susah banget. Sampai 3 hari didalam perut mie instan itu bentuknya tetep sama loh. Sssooo,, mari kita diet makan mie instan! (yak, walaupun sebulan sekali aku masih makan juga seh πŸ˜› )

2. Kebersihan Mencebok

Ini sering dilupakan, apalagi dengan era modernisasi toilet yang bentuknya aneh-aneh seperti sekarang ini. Aneh disini menurut aku adalah toilet yang tidak menyediakan air dan toilet yang airnya berada di belakang dudukan. Karena, menurut kesehatan, membersihkan organ intim itu harus bener loh, karena berpengaruh dengan organ reproduksi kita. Gak boleh asal hanya dengan tissue. Atau kesahalan cebok yang airnya dari belakang. Kalau cebok dari belakang itu pastinya ailiran air dari belakang tubuh sehingga kotoran yang dari belakang akan secara tak segaja masuk kedalam organ itim, ini yang salah! Aku juga heran kenapa toilet ada yang dibuat demikian, apa susahnya menyediakan selang air disamping kan yak? Jadi kalau aku di mall lebih memilih toilet jongkok deh daripada toilet duduk yang airnya dari belakang.

3. Mandi

“Anak gadis gak boleh jarang mandi, ntar gak laku,” kata nenek aku dulu. Ya ampun, apa hubungannya juga gak laku dengan jarang mandi :P. Tapi ternyata perempuan memang harus dan wajib mandi loh. Terutama mengganti secara berkala pakaian dalam (apalagi jika sedang datang bulan). Karena pakaian dalam yang lembab menyebabkan tumbuhnya bakteri yang nantinya akan berhubungan dengan organ reproduksi juga. Makaaa,, yukss kita mandi πŸ˜‰

***

Nah, persiapan pra menikah sudah. Tinggal persiapan jika sudah menjadi calon ibu a.k.a ibu hamil sekarang. Ternyata, menurut data (dari kantor aku tentu saja πŸ˜› ) masih banyak loh ibu-ibu hamil yang tidak memeriksakan kehamilannya. Miris banget yak 😦 Alasan mereka seh biasanya sudah diperiksa masa tukang urut (dukun beranak), dan alasan lainnya adalah karena gak punya biaya >.<

Kalau masalah pertama yaitu dukun beranak emang susah seh. Kebanyakan masyarakat kita lebih suka dan lebih percaya dukun yang sudah tua daripada bidan-bidan yang umurnya saja gak setara dengan cucunya si dukun. Kalau masalah kedua, pemerintah dari tahun 2011 sudah memberikan solusinya yaitu program Jampersal (Jaminan Persalinan).

Jampersal adalah program pemerintah yang mengratiskan biaya pemeriksaan ibu hami (4 kali – 1 kali pertrimesternya) dan gratis biaya persalinan normal hingga sampai tahap operasi! Kalau pemeriksaan tinggal ke puskesmas terdekat aja atau bidan praktek swasta yang sudah bekerja sama dengan pemerintah. Kalau operasi yang pasti di seluruh rumah sakit pemerintah gratis juga beberapa rumah sakit swasta yang bekerja sama.

Sudah gratis, mau dong periksa kehamilan di tempat kesehatan? πŸ˜‰ (sekalian promosi program kantor booo πŸ˜› ). Beberapa tips dari aku untuk para ibu hamil untuk menjaga kandungannya antara lain:

1. Periksa Kehamilan

Ini MUSTI.KUDU.WAJIB. Ya, ampun jaman sekarang masih juga ada yang gak periksa kehamilan? CUPU banget dah. Sudah mudah, gratis pula!

Pemeriksaan kehamilan sendiri paling sedikit dilakukan 4 kali dalam masa kehamilan yaitu 1 kali pada 3 bulan pertama, 1 kali 3 bulan kedua dan 2 kali pada 3 bulan ketiga. Kalau mau lebih seh lebih baik selama mampu dan mau :mrgreen:

2. Menjaga asupan makanan

Iyaaa,, udah hamil gak boleh makan seenaknya lagi dong. Tahan sampai 9 bulan aja kok. Demi anak, demi masa depan indonesia #tsaa.. Selain gak boleh makan seenaknya, ibu hamil juga memerlukan nutrisi yang lebih banyak dari yang lainnya. Memperbanyak makan buah-buahan dan sayuran untuk mendapatkan vitamin alami sudah barang wajib yang harus dipenuhi. Apalagi pada dasarnya ibu hamil seharusnya mengkonsumsi 40 table Fe selama masa kehamilan kan.

Mengkonsumsi susu khusus ibu hamil juga penting untuk menambah nutrisi di dalam tubuh ibu dan anak. Selain itu, dengan menjaga asupan gizi dan makanan saat melahirkan juga akan berpengaruh kepada banyaknya ASI yang dihasilkan tubuh πŸ˜€

3. Olahraga

Olahraga ini selain untuk kesehatan ibu dan bayi di dalam perutnya, juga berfungsi untuk memperlancar pada proses persalinan nantinya πŸ™‚

4. Jangan Kelelahan

Banyak ibu hamil yang masih aktif walaupun sedang hamil, tapi banyak juga loh ibu-ibu yang kandungannya tidak terlalu kuat. Makanya, 3 bulan pertama kehamilan harus dijaga bener. Jangan pernah sekali-kali merasa kuat sehingga melakukan sesuatu yang membuat kelelahan. Karena dari yang aku denger keguguran banyak terjadi ditrimester pertama kehamilan ini. Toh, mencegah lebih baik daripada mengobati kan yak πŸ˜€

***

Tahap akhir adalah saat melahirkan. Dari usaha keras kita menjaga kesehatan prahamil dan semasa hamil, pada akhirnya insyaAllah kita akan melahirkan dengan selamat kan yak. Setelah melahirkan jangan lupa melakukan IMD (Inisiasi menyusui dini) dan ASIX selama 6 bulan dong. Kalau semua sudah dilaksanakan akan ada satu anak indonesia yang terlahir sehat, bugar, pintar yang menjadi masa depan bangga 30 tahun yang akan datang.

Sooooo,,, yang perempuan yuks mari jaga kesehatan kita. Yang laki-laki ayoo dukung adik, kakak, pacar dan istrinya. Jangan ada lagi perempuan dibawah umur yang melahirkan, jangan ada lagi ibu hamil yang kekurangan gizi, jangan ada lagi ibu hamil yang tidak pernah memeriksa kehamilannya. Mejaga diri, menjaga kesehatan, menjaga masa depan Indonesia kan yak πŸ˜€

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Writing Competitions NUTRISI UNTUK BANGSA.

Real Steel: Film yang PAS..


Haiii Halooo.. Apa kabar semua?

Entah kenapa akhir akhir ini aktifitas hiburan rutin aku berkurang secara drastis. Aku yang suka baca buku beberapa bulan ini hanya bisa menyelesaikan 2 buku yang padahal gak tebel2 amat. Aku yang suka nonton bioskop (malahan aku dulu terobsesi dengan nonton bioskop pada waktu premier) sekarang syukur2 ada waktu dan temen buat diajakin nonton, dan aku yang suka banget k-drama sampai beberapa bulan ini gak ada nyentuh dvd sama sekali. Terakhir kali itu nonton hunter city, bahkan dorama yang dikasih Pitsu aja belom sempat ditonton πŸ˜₯

Dari kegiatan 3 diatas beberapa hari ini aku lagi aktif nonton bioskop. Film terakhir yang aku tonton apalagi kalau bukan Real Steel.

21cineplex.com

Β Hari minggu @buteto berinisiatif ngajakin aku dan @vyorita nonton bioskop untuk membalas film terakhir kami tonton yang gak ada bagus bagusnya sampe aku ketiduran itu πŸ˜› Kali ini aku gak mau kecolongan lagi, sebelum menonton aku cari resensi sana sini dan minta pendapat kakak yang udah nonton. Katanya seh film ini bagus banget. Jadinya aku tetapin hari senin buat kami nonton bioskop lagi. Sekalian ngilangin stress dari kantor.

Awalnya cuma akan nonton bertiga, lalu kemudian ngajakin @kirniadia, eh pas hari H nia ngajakin yang lainnya hingga jumlah rombongan kami bersebelah orang. Rada rame seh menurut aku untuk kegiatan nonton bioskop. Tapi ya sudahlah, yang penting dibawa asyik aja :mrgreen:

Cerita film ini sendiri tentang seorang mantan petinju. Perkembangan teknologi yang maju kemudian mengubah pertarungan yang awalnya dilakukan oleh manusia digantikan dengan robot. Jadilah Charlie Keton menjadi petarung bersama robotnya.

Kehidupan Charlie tidak berjalan mulus. Hampir setiap pertarungan yang diikutinya selalu saja berbuah kegagalan dan kekalahan sehingga seringnya dia kehilangan robot-robotnya.

Suatu ketika Charlie dihadapkan untuk mengasuh anaknya Max karena mantan pacarnya (ibu dari Max) telah meninggal dunia. Tanpa diketahui, Max ternyata juga menyukai robot petarung. Hingga suatu hari terjadi kecelakaan yang hampir menewaskan dirinya ditepi jurang dan disaat itulah Max menemukan robot keluaran kedua bernama Atom.

Atom ternyata adalah robot yang istimewa karena bisa menirukan gerakan yang dilihatnya. Dimulailah pertarungan Max bersama Atomnya yang tanpa disangka melangkah terus hingga ke pertarungan propesional dan melawan robot yang tak terkalahkan abad ini.

***

Cerita film ini bagus banget menurut aku. Karena bisa dibilang film ini gak ada penjahatnya sama sekali. Ceritanya mengalir begitu saja tanpa harus ada konflik konflik yang terlalu berat.

Film ini juga sangat cocok buat anak-anak karena banyak cerita antara ayah dan anaknya dan hampir gak ada adegan dewasanya kecuali sebuah ciuman yang termasuk kategori biasa aja. Jadi aman. (teringat sama film Transformers 3 yang aku bilang gak ada apa2 ke temen kantor yang mau bawa anaknya nonton gak tahunya dia protes bahwa ada adegan di ranjang yang bawa boneka kelinci itu πŸ˜› ).

Gak nyesel deh nonton neh film. Ya selain durasi filmnya yang lama (coz aku rada berasa rugi kalau film yang pendek πŸ˜› *pelit* ) terlebih lagi aku gak ketiduran bahkan ngantuk waktu nonton film ini πŸ˜† 9/10 deh buat neh film.

So, selamat menonton πŸ™‚

nb: aku kan seringnya klo baca blog dari email atau google reader itu dari HP yak. Hari ini aku lihat wordpress versi mobile tampilannya udah berubah. Yang dulu gak ada headernya, sekarang udah ada. Cuma yang buat ribet adalah komennya yang letaknya di tengah (bukan dibawah kayak dulu).
Tadi juga baca tweetnya mas Arman soal google reader yang berubah tampilannya. Aku belum lihat seh saat baca tweetnya. Dan setelah aku lihat ternyata emang berubah deh. Tapi gak berubah2 amat seh. Gak tahu juga yang mana enaknya. Yang pasti seh aku masih setia sebagai pengguna reader dari HP πŸ˜€