Surat Balasan untuk Takita


Dear Takita,

Apa kabar? Maaf ya kalau kakak baru balas suratnya. Pas baca surat dari Takita sebenarnya kakak bingung juga mau jawab apa. Soal mimpi Takita yang ingin semua rumah terdengar suasana hangat dari candaan saat Ayah dan Bunda bercerita. Kakak mau ngomong apa? Kakak saja gak pernah merasakan hal seperti itu. Merasakan bagaimana senangnya mendengar ayah atau ibu kakak bercerita.

Namun, sebenarnya kakak masih sedikit beruntung seh. Dulu, waktu neneknya kakak masih hidup, dialah yang sering mendogengkan kakak cerita-cerita rakyat semacam batu balah batu betangkop, sungai landak, pak loy dan masih banyak lagi. Kalau Takita dan temen-temen pernah mendengar cerita seperti itu gak? Mungkin gak pernah juga yak, soalnya itu adalah cerita rakyat dari Kalimantan Barat. Kalau Takita lahirnya dari mana? πŸ™‚

Kalau nenek kakak sudah bercerita itu seru banget. Walaupun gak gerak dengan aktif karena sudah tua, tapi nenek sangat suka membuat suara-suara unik yang lucu. Misalnya berteriak : Pak Loooyyyy,, oooo Pak Looyyy..!! Suka banget dengernya πŸ™‚

Waktu nenek kakak meninggal, otomatis gak ada penurus yang suka bercerita di keluarga karena ibu sibuk mengajar dan bapak kakak juga jarang di rumah. Kangen juga seh sebenarnya mendengarkan dogeng sebelum tidur. Kakak jadi merasakan sangat kehilangan dengan nenek 😦

Makanya, kalau kakak punya anak nanti pengen banget bisa menghidupkan nuansa bercerita di rumah. Agar anak-anak kakak nanti bisa seperti Takita yang selalu mendengarkan cerita.Makanya dari sekarang kakak senang mengkoleksi buku sekarang dan sangat menyimpannya dengan baik. Ya karena kakak berfikir buku itu akan kakak wariskan untuk anak-anak kakak nantinya 😳

Karena seperti kata Takita disurat banyak hal yang bisa dilakukan oleh ayah dan bunda saat bercerita. Kata-kata baru, kebiasaan baru, dan tentunya banyak pengetahuan baru yang bisa didepat dari bercerita. Tentunya kedekatan antara anak dan Ayah Bunda bisa lebih menyenangkan.

Apalagi sekarang sudah banyak banget media yang bisa dijadikan cerita. Buku-buku anak-anak sudah sangat mudah didapat. Bahkan buku dari bahan kain juga ada. Tentu ini akan lebih nyaman buat Takita kan? Soalnya gak susah untuk memegangnya. Sudah seperti memegang boneka. :mrgreen:

Ada lagi cerita-cerita rekaman. Takita pasti udah pernah denger dong kan suara merdu kakak-kakak yang memajukan Indonesia bercerita? Takita seharusnya harus bersyukur hidup di jaman yang serba mudah seperti sekarang.

Kakak berharap, mimpi Takita untuk menjadikan anak-anak Indonesia bisa menikmati suasana cerita dan mendogeng di rumah bersama Ayah dan Bunda menjadi kenyataan ya. Yuk kita berusaha bersama-sama. Kakak akan membantu sekuat tenaga kakak agat mimpi kita dapat terwujud. Kakak tentunya juga akan mengajak temen-temen kakak yang telah mempunyai anak untuk membiasakan kebiasaan ini. Bercerita juga dapat membuat anak cerdas kan yak πŸ™‚

Sudah dulu ya Takita surat dari kakak. Pesan kakak jadilah anak yang pintar. Peganglah selalu mimpimu untuk menjadikan anak-anak Indonesia mendengar cerita. Karena kakak yakin, niat tulusmu akan selalu mendapat dukungan dari siapapun yang mendengar ketulusan mimpimu.

Salam sayang,

Kak Niee.

Advertisements

41 thoughts on “Surat Balasan untuk Takita”

  1. Sewaktu kecil saya juga jarang mendengarkan carita dari ayah dan bunda, bukan karena mereka sibuk bekerja, tapi memang budaya bercerita itu memang sudah memudar… Sepertinya pengalaman ini merupakan mimpi yang ditakutik takita ya.. 😦

    1. waaahh… jadi gak pernah sama sekali gitu? sayang banget ya mas.. padahal menurut penelitian (yang entah di mana penelitian itu πŸ˜› ) kalau anak yang sering diceritain akan lebih cerdas dan berpengetahuan luas gitu yak..

    1. sama-sama Takita..

      terus menjadi model keluarga yang gemar bercerita ya )
      kakak dukung terus dari sini πŸ˜€

      ayooo.. mudah2an suatu hari bisa berjumpa ya kita.. mau kado apa? πŸ˜‰

    1. Takita ini tokoh fiksi yos.. Yg dibuat khusus untuk menggelorakan semangat bercerita didalam keluarga yg digagas oleh indonesia bercerita..

      Ini bukan lomba atau kontes kok.. Cuma sukarela aja membantu mengembangkan bercerita ini πŸ™‚

  2. Oalah… aku nyasar di blog kawan yg sering comment di blog sendiri… xD
    pengin liat surat balesannya nyasar ketempatmu juga ujung2nya…. yah gpp berarti at least udah mampir balik blogmu. dan sekali dayung 2 pulau terlampaui huehehe…

    Aku agree dgn pendapatmu bahwa mimpi Takita ingin semua rumah dan bukan hal mudah… Tapi tak ada salahnya bermimpi dan kita sedikit banyak membantu mimpi Takita tsb πŸ™‚

    nice post πŸ˜€

  3. semoga dapat kesempatan bertemu dgn Takita ya Niee

    aku jd inget dulu sering bgt anak anak tetangga main ke rumahku untuk dibacakan cerita anak anak sebelum kelas dimulai πŸ™‚

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s