Perkembangan Katniss (13 mo)


Haaaiiiii ….. Haaaallllooooo… apakabar semuanya?? Kabar baek kan yak 😀

Tadinya si Niee mau menuliskan perkembangan K pas dia masih umur 12 MO atau pas 1 tahun. Ya tapi rencana tinggallah rencana yak. Kita lanjut aja di 13 MO 😛

Perkembangan Motorik Kasar

Karena K pada awal perjalanan motorik kasarnya agak terlambat dibandingkan dengan bayi-bayi pada umumnya (dia baru bisa tengkurap sendiri umur 4 bulan dan baru bisa guling-guling umur 5 bulan) jadi aku gak berharap banget K bisa cepet jalannya.

Umur 6 bulan K baru bisa merayap, umur 7 bulan baru bisa merangkak dengan benar dan umur 8 bulan barulah K bisa duduk sendiri tanpa didudukkan (dia bisa duduk dengan didudukkan umur 7 bulan).

Makin kesini K makin mengejar ketertinggalan di awal perkembangan motorik kasarnya. Di umur 10 bulan K udah bisa berdiri sendiri dan diumurnya yang ke 11 bulan akhirnya K memperlihatkan langkah pertamanya (dan aku bersyukur banget aku yang melihatnya pertama kali 🙂 )

Karena masih gak yakin, aku memprediksikan K akan lancar berjalan diumur 14-15 bulan gitu deh. TAPIIII ternyata K berjuang untuk bisa jalan sendiri sangat besar loh. Dia selalu mau kalau disuruh-suruh berlatih jalan dan tepat diumur 12 bulan K resmi bisa jalan dan lari-larian. Horeeeeyyyyy :mrgreen:

Perkembangan visual dan sosial

Sebenarnya perkembangan ini gak terlalu aku perhatiin dari sejak awalnya. Jadi rada-rada lupa kapan yak pertama kali si K bisa mengucapkan kata, hihihi.

Karena kesalahan fatal itulah aku mau menuliskan perkembangan itu disini, supaya ntar kalau si anaknya nanya, ma kapan yak K pertama kali ngomong ya aku bisa jawab (dan kalau lupa bisa nyontek disini, 😛 ).

Diusia 12 MO kemaren K emang banyak sekali perkembangannya. Dari yang dulu-dulunya cuma bisa ngomong papapapapa-mamamama-nenenenen. Sekarang udah bisa mengucapkan kata yang bermakna dan jelas banget. Tentunya Papa dan Mama dia ngomongnya sudah sangat fasih (malah kadang ngomongnya BAPAK dan EMAK >.< ) Kalau ditanya orang siapa mamanya, K langsung bisa menunjuk aku sambil berteriak mamaaaaa 😀 dan setiap aku atau si abang pulang kantor pasti dia langsung heboh tereak-tereak Mamaaaa… Papaaaa… Duuuhh pokoknya setiap dia bilang mama kebahagiaan aku meningkat 1000% deh :mrgreen:

Kata yang udah jelas pengucapannya juga adalah Nenek, Lampu, Gajah, Enak, Mamam, Aja (nama temannya – Raja), Cicak, hmmm apalagi yak? Diantara pengucapan lainnya yang juga udah ok tapi masih belum fasih atau jelas seperti Daaaa.. (buat nendanya – yang mengasuh dia), Tiii.. (buat aunty nya), Buuu (buat warna-warna benda abu-abu) Nana (buat banana – pisang, walopun kadang juga jelas seh banana, tapi masih jarang) dan masih banyak lagi a.k.a emaknya lupa 😛

Selain pengucapan kata, K sekarang juga udah bisa diperintah-perintah yang sangat membuat emaknya senang bukan kepalang, hihihi. Misalnya dia lagi suka-sukanya diperintahin buat ngambil barang. Barang favorit yang paling dia suka ambil adalah sendal dan maunya pasang sendiri! Karena kesenangan ngambil barang-barang inilah emaknya memanfaatin situasi dengan sangat maksimal. Misalnya kalau lagi nonton TV dan remotenya jauh. Tinggal deh suruh si K ngambil remote dan dia dengan senanng hati riang gembira melakukan tugas mulianya 😆

Perkembangan tumbuh menumbuh

Lah, apa seh tuh niee? Itu loh maksudnya perkembangan pertumbuhan gigi. Hihihi.

K pertama kali tumbuh gigi adalah pas umur 7 MO dan tumbuhnya itu langsung dua dibagian bawah (yang menyebabkan PD emaknya sakit bukan kepalang >.< ). Nah, karena udah tumbuh pas 7 bulan emaknya tenang dong akan tumbuh gigi-gigi selanjutnya?

Tapi kenyataannya gak lohhhh……

Sampai sekarang 13 MO, K giginya masih aja dua. Terlambat gak seh pertumbuhan giginya ini? Aku terus terang rada galau dengan perkembangannya satu ini. Ya, karena masih baru dua, jadi K belum bisa makan yang keras-keras. AKu masih ngasih makan bubur sangat kasar (hampir kayak nasi sangat lembek gitu deh) soalnya kalau yang terlalu kasar dia masih mual makannya. Emangnya pertumbuhan gigi yang ideal itu umur 13 MO berapa seh? 😦

***

Hmmm,, apa lagi yak untuk perkembangan si K. Kayaknya udah dulu deh yak. Nanti kalau ada yang inget baru kita buat postingan baru lagi aja biar banyakan dikit, hahahaha.

ps. btw, si K sekarang lagi pilek neh tante oom, doain cepet sembuh ya, biar bisa disuruh-suruh nyari remote TV lagi 😀

ps lagi. dan lagi bulan April nanti K akan jalan-jalan ke Luar Negeri untuk pertama kalinya, mudah-mudahan K nya gak sakit sampe hari H dan pulang ke rumah deh yak >.<

Advertisements

9 thoughts on “Perkembangan Katniss (13 mo)”

  1. perkembangan tiap anak beda2 kok mba.. anak aku jalan di 14.5 bulan, skrg aja masih suka oleng2. Ngomong juga kayaknya belum si banyak katnis di 13 bln. Tapi gigi anakku udah 8, dan skrg di 15 mo + udah mau nambah 2 lagi hehe

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s