wisata

Autumn Trip [Korea] : Busan


Baca juga tulisan lainnya di #Autumn Trip Korea irni yak:

  1. Autumn Trip [Korea] : Preview
  2. Autumn Trip [Korea] : Perjalanan ke Korea
  3. Autumn Trip [Korea] : Busan
  4. Autumn Trip [Korea] : N-Seoul Tower, Itaewon dan Myeongdong Street
  5. Autumn Trip [Korea] : Everland
  6. Autumn Trip [Korea] : Nami Island
  7. Autumn Trip [Korea] : Kuala Lumpur

Sesampainya di Busan kita sebenarnya rada ragu dengan barang bawaan kita. Ya, kita emang setiap bepergian selalu bawa bahan mentah untuk masak makanan si K. Seperti bawang-bawangan, kentang, wortel dan lain sebagainya. Masalahnya ada semacam lemari gitu yang menampilkan barang apa-apa aja yang gak boleh masuk ke Korea. Karena kita gak mau ambil pusing, jadilah kita buang bawaan kita.

Eeehhh, setelah dibuang ternyata gak ada diperiksa sama sekali dong >.< Jadi nyesel buang barang-barangnya! Soalnya pas beli lagi di Korea harganya udah mahal πŸ˜›

Sebelum keluar dari bandara, si abang singgah dulu ke 7-11 buat beli T-Moneynya Korea untuk kebutuhan transportasi kita. Pas beli langsung di top up sebanyak 10.000 WON. Rasa-rasanya, selama kita di korea kita cuma pernah top up lagi satu kali. Jadi total kita gunakan adalah 40.000 WON buat bepergian bertiga (si K masih gratis seh).

Keluar dari bandara Gimhae International Airport Busan, kita langsung menuju ke tempat pemberhentian bis. Dari pintu keluar tinggal belok kanan sedikit (tanpa menyebrang jalan) kita udah bisa dapat jejeran bus stopnya. Kalau gak ngerti dengan papan bisnya, atau untuk lebih memastikan kita harus naek bis yang mana, bisa tanya aja ke supir bisnya kok. Karena seperti yang aku katakan di postingan sebelumnya, orang korea itu ramah-ramah πŸ™‚

Akhirnya, setelah menunggu setengah jam, kita naek Limousine Bus tujuan Nampodong dan turun di stasiun Gwangbok dong Lotte Departement Store (tapi kita kelewatan satu stasiun :P) untuk langsung menuju hotel yang telah kita pesan yaitu Nampo WA Hotel (BTW, aku puas banget loh sama hotel ini dari segi fasilitas dan harga, kapan-kapan aku review yak :mrgreen:) Karena kamar kita belum siap dan perlu waktu kurang lebih 1 jam untuk selesai membersihkannya, jadi kami memutuskan untuk menitipkan koper aja di hotelnya, biar aja badan belum mandi dari kemaren pagi, tetep dong semangat buat jalannya πŸ˜€

Tujuan pertama kita di Busan adalah CARI MAKAN! Iya, ini perut udah protes aja belum dapat makan yang layak dari pagi. Pagi harinya kita tadi cuma makan makanan yang dipesan di dalam pesawat soalnya. Udahlah porsinya keuprit, rasanya ya gitu-gitu doang lagi kan! Dengan semangat, abang menyampaikan bahwa ada restoran Indonesia cuma beberapa stasiun dari hotel kita naek subway. Ya udin, kita cuss ke sana aja.

Di jalan dari hotel kita ada beberapa patung yang si K demen banget buat minta foto dan pelukan sama patungnya. Kalau sekali seh ok lah ya, lah ini setiap kali lewat! Bahkan saat malam hari yang mana kitanya udah capek >.<

Dari hotel kita naek Subway di Nampo Station di Line 1 ke Sasang Station di Line 2 (pindah satu kali). Etapi ternyata gak deket-deket juga seh restorannya. Setelah aku hitung, melewati 16 stasiun aja gitu! *dibohongi sama abang suami* huhuhu.

Setelah sampai di Sasang Station kita langsung mendapati suasana yang musim gugur banget! Daun-daun yang udah pada berubah warna, suhu yang dingin tapi adem, dan ternyata banyak sekali bunga musim gugur! Si K udah kalut banget pengen maen-maen di tamannya. Tapikan kita udah laper banget pengen makan dulu. Jadilah kita gak kasih si K maen. Dijanjiin ntar aja kalau udah selesai makan baru kita maen-maen di tamannya.

Awalnya si abang dengan GPSnya yakin bener tempat yang akan dituju. Lah kok makin lama makin gak yakin, duh! Akhirnya kita kesesat entah di mana gitu >.< Balik lagi ke jalan semula yang menemukan taman-taman lagi (dan membuat si K gundah gulana lagi pengen maen) akhirnya kita temukan juga tempat makannya.

Si K lagi sibuk nyusun itinerary πŸ˜›
Menuju Restoran Rindu Kampoeng : Naek Subway Busan jalur 2, turun di Stasiun Sasang dan keluar melalui pintu nomor 3. Jalan kaki lurus sejauh 100-200 meter dan belok ke kanan sebelum E-mart, restoran terletak di sebelah kanan nyempil aja gitu. Ada tangga ke atas dan jengjreng, ternyata luas juga kok, dibawah cuma numpang tangga doang ":P

Makanan di sini ya menu-menu Indonesia seh. Ada soto, bakso, nasi goreng, ayam goreng dan lain sebagainya. Aku kemaren pesannya nasi soto dan nasi ayam goreng. Ternyata porsinya gede banget saudara-saudara! Aku sampe minta bungkus buat makan malam di hotel πŸ˜›

Selesai makan, perut kenyang, kemudian sesuai dengan janjinya, kita maen-maen sebentar di taman yang dilalui tadi sebelum ke restorannya. Si K kesenangan banget dia. Tapi pas disuruh foto anaknya seringnya gak mau >.<

Hampir satu jam kita jalan-jalan disekitaran Festival bunga musim gugur di taman ini. Itu juga si K kalau gak dipaksa balik gak mau balik kali dia. Akhirnya sekita jam 5 kita pulang menuju hotel. Rencana mengunjungi beberapa tempat diitenerary hari ini gagal semua karena kita kecapean banget. Di perjalanan menuju hotel si K tidur dan gak bangun-bangun sampai pagi dong! Bahkan pas aku gantiin bajunya biar gak gatel dia juga gak bangun. Kecapean banget lah pokoknya. Jadi bener yak kita gak paksain untuk melanjutkan perjalanan kita malam harinya. Kasian soalnya si K kecapean.

Keesokan harinya si K berleha-leha di atas tempat tidur. Gak biasanya loh, kalau hari biasa dia selalu bangun lebih awal dari emaknya dan menyuruh aku untuk buka jendela dan ngidupin lampu. Emaknya bahkan masih males-malesan πŸ˜› Karena itu kita tahu bahwa K sangat kecapean. Makanya kita gak ngoyo juga mau pergi hari ini. Rencana kita bakalan mau ke Haedong Yonggungsa Temple, Shinsegae Centum City dan BIFF. Dan pada kenyataannya kita gak sempat mengunjungi Shinsegae Centum City >.<

Karena kita hari ini bakalan ke Seoul, maka dari itu sebelum pergi kita kemasin dulu barang-barang kita dan cek out hotel dan menitipkan koper kita ke resepsionisnya lagi. Dari hotel kita menuju ke stasiun subway (yang mana si K masih pengen meluk patungnya >.< ) diperjalanan kita beli cemilan korea dulu karena penasaran dari hari pertama sampai. Setelah kita lihat kayaknya aman karena isiannya cuma kacang (etapi ini aku gak konfirm yak kehalalannya >.< ) jadi kita beli deh.

Cemilan Khas Korea

Si K itu susah banget untuk suka sesuatu dan makanan yang baru dilihatnya. Pas kita kasih ini ke dia, eh dianya mau dong makannya, hahaha. Tumben!

Habis beli cemilan, kita langsung ke Nampo Station yang gak jauh dari hotel menuju ke Haeundae Station dengan transit satu kali di Seomyeon Station. Perjalanannya lumayan jauh seh, sekitar 30 menit menggunakan subway. Setelah keluar stasiun subway, kemudian diteruskan naek bis nomor 181 menuju ke Haedong Yonggungsa Temple. Di dalam bis inilah kita dikasih uang 1000 won sama kakek-kakek korea karena lihat si K lucu. Tapi kita gak ambil seh, cuma 1000 won gini πŸ˜›

Dapet permen dari Ajummah yang bawa baby di subway. Awalnya gak mau diambil, eh pas habis minta tambah >.<
Haedong Yonggungsa Temple

Setelah turun bis, ternyata perjuangan belum berakhir. Untuk sampai ke Templenya, kita harus melalui jalan menanjak yang panjangnya sekitar 500 meter. Setelah itu masih lagi harus menaiki anak tangga yang banyaknya bukan maen, barulah tiba di templenya.

Untungnya si K lagi semangat-semangatnya berjalan. Dia menaiki tangga dengan semangat membara dan kadang-kadang gak mau dipegang lagi tangannya yang buat sport jantung emaknya. Manalah lokasinya itu ekstream banget, jadi disepanjang jalan akunya deg-degan jagain si K. Tapi pas sampai wuiihh, pemandangannya emang bagus yak! Si K yang gak pernah lihat laut kesenangan banget dia lihat ombakΒ  yang suaranya membahana. Sampai dia dengan sukarela gitu buat difoto πŸ˜›

Haedong Yonggungsa Temple
Haedong Yonggungsa Temple

Naek ke atas lagi, kita akan sampai di Templenya. Kami gak masuk seh, cuma lihat lihat dari luarnya aja. Tapi si K penasaran banget pengen masuk, jadi susah buat nahannya. Akhirnya di atas kita istirahat dulu sebelum melanjutnya perjalanan *jompo* πŸ˜›

Di atas, si K menemukan maenan favoritnya: AIR. Awalnya kita gak tahu fungsi air ini karena keterangannya cuma dari bahasa Korea. Tapi setelah kita lihat beberapa orang meminum air itu dari gayung yang dimainkan si K, baru ngeh lah kita kalau ini air suci(?) untuk diminum.Β  Langsunglah kita suruh si K berenti maen airnya. Eh anaknya jadi mutung πŸ˜›

Haedong Yonggungsa Temple
Haedong Yonggungsa Temple

Turun ke bawah, geser sedikit ke kanan, kita akan mendapati sebuah tebing batu yang ada patung Budhanya. Di sini banyak sekali burung merpati yang membuat si K semangat lagi buat ngejar burungnya!

Kita udah ngeri aja dong yak, lah wong dibatas batunya langsung jurang menuju ke laut gitu, gimana kita gak heboh ngejagain si K! Duh neh anak emang aktifnya kebangetan, gak sadar batasan. Kalau udah capek baru deh langsung tepar.

Menunggu bis pulang ke stasiun subway

Karena kita sampai ke hotelnya udah malem, jadi kita cuma singgah ke BIFF aja untuk beli oleh-oleh. Tapi tempatnya udah sepi ding, toko-toko udah pada tutup pas aku dateng. Padahal baru jam 6.

Busan International Film Festival
Busan International Film Festival

Pulang ke hotel, kita ambil koper langsung menuju ke Busan Station untuk pergi ke Seoul dengan KTX. Karena kita baca-baca bahwa gak usah beli tiket onlinenya dulu kalau masih ragu dengan jadwal kepergian, makanya kita beli tiketnya di counternya KTX aja. Beli di counternya ternyata gampang banget kok. Dan ketersediaan kursinya banyak banget, jadi jangan takut buat beli tiket KTX dari stasiunnya.

BTW, KTX adalah kereta cepatnya Korea. Kecepatannya yang aku lihat dari layar monitornya adalah +/- 280km/jam. Tapi di dalam keretanya sama sekali gak terasa seh lajunya. Kita santai-santai aja di dalam sambil ngasih makan si K.

Ohya, untuk masuk ke KTX ini gak ada penjagaan sama sekali. Jadi kalaupun kita gak ada tiket, kita bisa masuk aja gitu. Karena gak ada penjaga ini aku dan abang jadi bingung mau masuk ke kereta yang mana. Kita harus sampai konfirmasi tiga kali ke berbagai orang baru yakin bahwa kita masuk ke kereta yang bener. Katanya seh kadang kena random cek di dalam keretanya. Tapi selama perjalan kita gak ada di cek sama sekali seh >.<

Harga tiket KTX dari Busan ke Seoul sendiri adalah 54.000 WON. Si abang beli cuma dua tiket dengan asumsi si K bakalan dipangku. Awalnya kelihatan keretanya kosong gak ada orang, jadi abang duduk dibelakang kita. Eh pas berenti di kota mana gitu orang-orang apda masuk kereta dan mebuat keretanya penuh. Untung masih ada kursi kosong buat abang sampai ke Seoul. Lumayan yak, daripada harus beli tiga tiketkan yak. Masih untung 700ribu πŸ˜›

Sampai di seoul udah jam 11 malam. Badan udah lelah banget dan pengen langsung rebahan aja rasanya. Tapi perjalanan masih panjang toh. Masih harus naek subway menuju ke hotelnya. Hoh Waiting! πŸ™‚

Advertisements

35 thoughts on “Autumn Trip [Korea] : Busan”

    1. aamiin, semoga ya mbak bisa ke sini nanti. Aku beberapa tahun lalu juga cuma ngarep bisa ke sini. Alhamdulillah gak sampai 5 tahun udah bisa terealisasi πŸ™‚

  1. Seru banget mbak liburannya. Mungkin si K cocok dengan makanan Korea hehe. BTW mbak, lengkapin jg dnegan info2 biaya donk, jd kepoh kalau makan di sana abis berapa, lalu jg ongkos kendaraan dan tiket2 masuk wisatanya hehe TFS

    1. sebenarnya pas jalan ini aku sering gak ngitung biayanya. Kadang bayarnya pake kartu kredit jadi gak inget. Ntar deh yak kalau lagi rajin aku tambahin, hehehe

  2. wah jadi keinget kemarin september habis dari seoul buat ikut confrence. eh pas acaranya kelar malah sakit. 3 hari sisa malah gajadi piknik keliling πŸ˜₯

    1. iya, makanya aku kalau ngetrip selalu bawa anak. Gak seru kalau cuma berdua sama suami. Malah kepikiran anak pasti disepanjang perjalanan, hehehehe.

      Kemaren sama pergi pulangnya total 10 hari πŸ™‚

    1. iya mbak, seperti di amerika dan di hongkong juga ada kemaren. Tapi lagi direnovasi.

      Sepertinya bukan cuma artis seh mbak, tapi orang-orang terkenal di korea juga ada.

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s