Weekend Story : Lomba Sakamoto

on

Tahun 2017 lalu, si K diajakin sama guru di sekolahnya untuk lomba sakamoto. Aku gak bilang iya gaknya seh, sebenarnya pasti gak karena lombanya bentrok sama jadwal jalan-jalan kami ke Korea kemaren. Jadilah lombanya berlalu begitu saja oleh aku. Eh terus lihat-lihat sosial medianya sekolah si K ada anak yang menang lomba sakamoto dan dapat kesempatan untuk berlomba lagi tingkat Nasional ke Jogja. Lah, aku jadi penasaran, ini lomba apaan seh? Kan aku semangat kalau ngajakin si K jalan-jalan dengan alasan lomba *eh πŸ˜›

Baca: Autumn Trip – Perjalanan ke Korea Selatan

Sebenarnya si K ini emang beberapa kali melewatkan momen di sekolahnya karena kebanyakan dibawa liburan sama kita πŸ˜› Etapikan mumpung dianya masih TK yak. Kalau udah SD kan waktunya makin terbatas untuk bawa liburan dengan waktu yang lama itu, jadilah kita emang memanfaatkan waktu sekarang dengan sebaik-baiknya untuk bisa liburan sepuas-puasnyanya.

Tapi sebenarnya aku tuh tipe orang tua yang juga pengen si K mengembangkan bakatnya, bakat apapunlah itu. Mau dibidang akademik kek, atau dibidang pelajarannya kek, dan itu aku yakini didapat salah satunya dengan mengikuti berbagai lomba. Maka, diawal tahun 2018 ini, akupun mencari berbagai lomba yang bisa diikuti oleh si K.

Menurut gurunya, si K ini baik dimewarnai, dan awal tahun ini si K juga juara 1 lomba Montessori di sekolahnya, makanya aku fikir bakalan nyari lomba yang berhubungan dengan mewarnai dan matematika dasar gitu yang ala-ala montessori. Etapi ternyata untuk mengajak anak ikut lomba itu susah ya, susah dari segi orang tuanya, hahahaha. Aku tuh suka males duluan untuk mengurus tetek bengek pendaftaran lomba yang akhirnya gak ada satupun lomba mewarnai yang diikuti oleh si K. Untung si K dipilih oleh gurunya kemaren mewakili sekolah untuk lomba mewarnai antar sekolah tingkat Kecamatan, jadi dia pernah juga deh merasakan ikut lomba mewarnai. Kalau gak diurusin sekolahnya, pasti aku udah males duluan lagi deh πŸ˜›

Baca : Mewakili Sekolah untuk Lomba Mewarnai

Aku juga nemu satu lomba yang kelihatannya ok untuk si K ikutan. Yang menyenggarakan lomba itu Rumah Matematika dan Sains Kalimantan Barat. Lombanya itu ya tentang matematika sama bahasa Inggris gitu yang aku dengan sangat yakin si K bisalah bersaing didua kategori itu. Etapi lagi-lagi lombanya bentrok sama jadwal kita liburan ke Aussie, gak jadi ikutan lagi deh πŸ˜› Padahal gurunya si K udah ngajakin lagi buat ikutan lombanya. Ya maap ya miss >.<

Baca : Itinerary Winter Trip ke Aussie

Gak putus asa untuk mencarikan si K lomba Matematika yang ok dan cocok dengan jadwal kita (yakate lo artis kali ya Niee πŸ˜› ) akhirnya aku dapet kabar bahwa sakamoto ngadain lomba lagi. Kali ini lombanya bakalan diadakan pada tanggal 4 Nopember yang artinya kita bisa ikutan karena gak ada jadwal liburan ditanggal itu πŸ˜› Ya bismillah aja deh, belum juga gurunya nyuruh si K daftar, aku udah daftar duluan saking semangatnya, hahahaha.

View this post on Instagram

. Asyiiikkk !!! Sebentar lagi ada lomba KMT untuk anak SD – SMP dan Lomba Kecerdasan & Kemampuan untuk anak TK di kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya .. . Gak kalah serunya juga!! Ada Lomba Belanja untuk orangtua GRATIS!! . #MatematikaSakamoto #Matematika #Sakamoto #SakamotoKPO #SakamotoIndonesia #MetodeJepang #MatematikaJepang #MetodeSakamoto #KursusAnak #KompetisiMatematikaTerbukaSakamoto #KompetisiMatematikaBereguSakamoto #SakamotoMatematikaBeregu #Logika #Analisa #Kreativitas #KompetisiMatematikaTerbuka #LombaMatematika #CobaGratis #SoalCobaGratis #CobaGratisSakamoto #SoalCobaGratisSakamoto #LombaCerdasCermat #LombaMatematika #AcaraLomba #AcaraLombaSakamoto #FreePendaftaran #GratisPendaftaran #KursusMatematikaSakamoto #SakamotoPontianak #SakamotoKalimantanBarat

A post shared by Sakamoto Indonesia (@sakamoto.indonesia) on

Sebelum mengikuti lomba ini, aku gak tahu juga cara sekolahnya si K untuk mempersiapkan anak-anak dalam rangka mengikuti sebuah lomba. Jadi aku berusaha sendiri mempersiapkan si K untuk mengikuti lomba ini. Mulailah aku cari-cari di google dengan keyword soal lomba sakamoto tingkat TK yang akhirnya NIHIL dong! Aku jadi blank banget mau ngajarin si K apaan untuk lomba ini. Karena walaupun gak mengejar untuk juara atau gimana, tapi aku mau si K tampil dengan usaha yang maksimal. Gak asal ikut-ikutan aja gitu. Kalau asal ikut ya mending gak usah sama sekalikan yak.

Etapi ternyata sekolahnya si K ini juara banget kalau mempersiapkan anak-anak didiknya yang mau ikutan lomba. Jadi setelah si K daftar untuk mengikuti lomba ini, dia dan teman-temannya yang udah konfirmasi langsung dibimbing sama guru khusus di sekolahnya mempelajari soal-soal yang akan dilombakan di Sakamoto itu. Dalam seminggu, si K dan teman-temannya akan belajar matematika Sakamoto tiga kali dan hasilnya setiap hari dikembalikan ke orang tua agar kita para orang tua ada bayangan seperti apa seh soal-soal yang diperlombakan itu dan bisa mengajari anak-anak kembali di rumah.

Aku dikasih soal-soal kayak gitu langsung semangat dong! Karena gak bisa nyari soal di internet akunya langsung buat soal-soal itu sendiri loh! Dengan cara mencontoh soal-soal di sekolahnya si K dan memodifikasinya sedikit dan kemudian memberikan soal-soal itu ke si K untuk dia kerjakan sambil aku ajarkan di rumah. Hasilnya? Anaknya awut-awutan ngerjainnya, hahahahahaha. Hari-hari sesudahnya aku akhirnya tetep ngajarin si K untuk ngerjain soal-soal lombanya, tapi udah gak terlalu berharap banget seh si K bakalan bisa juara, karena lihat model anaknya gitu. Aku sampe bilang sama si abang suami mudah-mudahan si K masih bisa masuk 6 besar deh (juara harapan III gitu) biar tetep namanya tercantum di daftar pemenang walaupun gak juara, hahahaha.

Hari H pun tiba. Lombanya diadakan disalah satu hotel di Kota Pontianak dan dimulai pada pukul 8 pagi. Sekolahnya si K sendiri menjadwalkan anak-anak untuk datang sebelum jam 7.30 dan si Knya datangΒ  kurang dari itu, horeee gak telat πŸ˜› Anak-anak kemudian masuk ke ruangan lombanya sendiri tanpa didampingi oleh guru dan orang tua. Banyak aku lihat beberapa orang tua dan guru masih ada yang ikutan masuk untuk mengurus anaknya, tapi anak-anak Kinderfield masuk sendiri dong! Good job kids!

Lombanya sendiri dijadwalkan hanya dilaksanakan selama 45 menit. Sesuai dengan daya konsentrasi anak-anak tingkat TK lah ya. Setelah tepat 45 menit anak-anakpun keluar dari aula dengan membawa tentenang seperangkat KFC dan snack yang banyak banget! Si K kegirangan banget dapat snack. Tapi kita gak kasih dia makan seh, soalnya anaknya lagi batuk *puk-puk K*

Pas aku tanya si K bisa jawab gak? Dia bilang bisa. Terus aku tanya lagi, ngapain di dalam tadi? Dia jawab dia main-main sama si N (temen sekelasnya di sekolah yang satu meja dengannya pas lomba) dan cerita-cerita. Dia bilang dia juga bisa nulis-nulis dengan pensil (yang dibawa untuk lomba) dan dia suka banget. Nah, loh, jadi ni anak ngapain yak di dalam sono? Ikut lomba atau cerita-cerita? >.<

Pengumuman pemenang dijadwalkan pada pukul 2 siang ditempat yang sama. Cuma karena jam segitu jadwal bobonya si K dan kita juga gak terlalu berharap si K menang lombanya jadi aku memutuskan untuk gak datang pada saat pengumuman dan lebih memilih bobo-bobo manja di rumah πŸ˜›

Keesokan paginya, di sekolahnya si K ngadain fieldtrip ke Bandara. Karena anak-anak bakalan naik bus ke bandara, jadi sekalian aja aku tungguin si K sampai anaknya naik bus. Sambil nungguin, ngobrollah aku sama mommynya temen sekelas si K tentang lomba sakamoto kemaren yang dia cerita bahwa si K dapet juara 1. Eh yang bener neh bu?

Gak percaya sama emaknya temen si K πŸ˜› akupun langsung bertanya sama gurunya si K dan ternyata bener dong si K juara 1 tingkat TKA lomba Sakamoto! Yeaaay, emaknya senang :mrgreen:

Setelah menang dan menjadi juara 1 di Sakamoto, si K jadi agak menjadi perhatian di sekolahnya. Di sekolahnya si K ini emang banyak banget ya menang btw, gak cuma si K doang, tapi yang dapet juara 1 cuma si K dan itu ternyata bukan cuma membuat bangga emak bapaknya, tapi juga seluruh guru-guru di sekolahnya K dong aku terharu πŸ˜€

Terus guru-guru di Sekolahnya si K nanyain, gimana reaksi si K tahu bahwa dia menang lomba Sakamoto dan dapet juara 1? Sebenarnya, reaksi pertama yang dia perlihatkan adalah sedih, sedih karena kok dia dapetnya cuma piala dan boneka bantal. Dia fikirnya boneka bantalnya itu bisa dibuka dan isinya snack gitu btw, dan sewaktu dia sadar bahwa itu cumanlah boneka dia langsung bete, hahahaha.

Dia tahu seh dia juara 1, tapi yang aku perhatikan dia belum ngeh maksud juara 1 itu apa dan apa dampaknya bagi dia. Ya dia seneng aja tapi gak gimana-gimana gitu deh. Jadi yang senang si K juara 1 itu emak bapaknya dan guru-gurunya aja, dianya biasa aja πŸ˜› Pas ditanya dia mau gak ikutan lomba Sakamoto lagi? Jawaban langsung K adalah gak mau! Terus aku bilang, kan kalau ikut lomba dapat snack dan KFC, terus dia bilang mau dengan syarat snacknya untuk dia makan, gak boleh disimpan lagi, hahahaha, anaknya dendam πŸ˜›

Dengan si K menang lomba matematika yang soalnya lumayan sulit ini aku jadi mikir neh anak ada baat juga gitu dibidang akademik seperti matematika gitu ya. Apa perlu aku leskan biar bakat terpendamnya lebih gemilang gitu *halah* Tapi disisi lain aku gak pengen juga seh dia kebanyakan les pelajaran, karena di sekolahnya si K ini pelajarannya udah cukup padet menurut aku. Ya mungkin akan difikirkan lebih mendalam lagi besok besok, hahahaha.

Semoga si K bisa terus berprestasi aja deh, dan semoga suatu saat ada kesempatan untuk bisa ikutan olimpiade matematika dan bisa dapet mendali emas ya K *aamiiin* πŸ˜€

Jadi, segitu dulu cerita weekend kita dua minggu yang lalu. Karena si K memang lomba sakamoto, si abang suami ngasih dia hadiah berupa jalan-jalan ke Kuching minggu depannya, jadi si K diajak absen lagi dari sekolah πŸ˜›

Selamat hari rabu semuanya, bye bye.

 

Advertisements

11 Comments Add yours

  1. zilko says:

    Selamat ya K!! Hebat juara 1!!! πŸ˜€

    Hahaha, K pintar ya Niee. Buat apa juga dapet hadiah snack kalau snack-nya kaga boleh dimakan, ahahahah πŸ˜› .

    1. niee says:

      Makasih ya ko.

      Iya, hahahaha. akhirnya aku kasih seh makan tanggo dikit. Itupun langsung batuk lagi dia. hiks.

  2. deadyrizky says:

    Biasanya di postingan gini ada yang ngasih komen garing kayak
    Eh sakamoto apanya ajinomoto dah
    ….tapi kok gak ada ya
    Xixixi

    1. niee says:

      temen temen blogger aku gak pernah komen garing seh ya mas selama ini.

      Justru komen ini termasuk kategori garing klo untuk standar blog aku yang isinya cuma cerita cerita sehari hari gini.

      1. deadyrizky says:

        Wkwkwk

  3. nyonyasepatu says:

    Huaa selamat yaaa juara 1

    1. niee says:

      makasih mbak 😁

  4. Yos Adya says:

    Selamat ya K! Semoga bisa ikut lomba lagi.

    1. niee says:

      makasih yos.

      1. Yos Adya says:

        Iya, sama-sama Mbak

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s