Biaya Liburan ke Kuala Lumpur, Malaysia


Haiii, hallo… Apakabar semuanya?

Si Irni sendiri baru balik dari liburan ke Penang dan Kuala Lumpur btw. Cerita liburannya ditunda dulu aja ya karena mumpung masih semangat neh, aku mau nulis dulu berapa seh biaya yang diperlukan untuk liburan 3 hari dua malam ke Kuala Lumpur, Malaysia. Soalnya kok ya pas aku lagi liburan ke KL banyak yang DM di Instagram dan WA untuk biaya liburan ini. Nanti syok loh lihat harga tiket pesawat si irni, hahahahaha. Etapi di sini aku tekanin bahwa aku gak buka jasa untuk belikan tiket ya. Kasih info seh sering kalau lagi promo si Air Asia, tapi kalau mau carikan males!

Pertama nyari tiket gratis itu susah kakak! Perlu usaha keras begadang malam-malam dan perlu keahlian khusus untuk mencocokkan jadwal tiket gratis dengan jadwal pergi yang kita mau. Kedua, karena yang beli tiket selama ini ya bukan aku seh, tapi si abang suami, hahahahaha. Jadi tugas aku cuma menentukan destinasi dan jadwal yang aku mau misal kayak ke Korea kemaren aku maunya musim gugur dan ke Aussie kemaren maunya musim dingin. Jadilah si abang yang bolak balik menentukan jadwal yang pas dengan keuangan yang ada πŸ˜›

Karena aku baru balik dari liburan minggu lalu juga, jadi biaya-biaya yang aku tulis di bawah bakalan disesuaikan menurut perjalanan aku kemaren aja ya, biar gak ribet. So, here we go go go!

Tiket Pesawat dari dan ke Kuala Lumpur

Lagi pada heboh kan ya di timeline FB aku bahwa tiket pesawat di dalam negeri Indonesia tercinta ini mahalnya gila-gilaan. Aku seh sependapat ya dengan merasakan mahalnya tiket pesawat ini. Ya kali harga tiket untuk aku liburan ke Bali aja misalnya bisa samaan dengan harga tiket pesawat yang aku beli ke Aussie. Harga tiket aku sendirian untuk pergi ke Jakarta sekali jalan sama dengan harga tiket aku ke Kuala Lumpur bertiga PP. Kan nyeri! Makanya sobat Missqueen mah liburan ke luar negeri aja, nahan hati lihat tiket ke Pulau Jawa πŸ˜›

Baca : Liburan Musim Dingin di Aussie

Sebenarnya kemaren kan aku perginya ke Penang ya, tapi karena tulisan kali ini aku fokusnya ke Kuala Lumpur aja, maka tiket-tiket ke Penangnya aku skip ya. Aku bakalan cuma lihatin tiket aku dari/ke Pontianak dan Kuala Lumpur aja.

Harga Tiket aku BERTIGA dari Pontianak ke Kuala Lumpur PP

Bisa dilihat payment date di kolom sebelah kanan kan? Aku beli tiket pesawat ini tanggal 12 Nopember 2017 untuk kepergian tanggal 9 Januari 2019.Β  EMPAT BELAS BULAN BO! Hahahaha. Jadi jangan ngarep juga mau beli bulan depan dengan harga semurah ini yak. Aku inget ini belinya waktu pulang dari liburan ke Korea kemaren hanya karena AirAsia adain promo free seat dan abang langsung beli asal aja, hahahahaha.

Baca Juga : Biaya Liburan ke Korea Selatan

Promo gratis kursi itu apa? Yaitu Air Asia ngasih kita gratis untuk biaya kursi kita. Tapi kita juga harus bayar beberapa hal seperti Passenger Service Charge, pajak bandara (KLIA2 Fee) dan GST. Total yang harus aku bayar untuk penerbangan BERTIGA dari Pontianak ke Kuala Lumpur PULANG PERGI (PP) dengan memanfaatkan free seatnya Air Asia adalahΒ  588.900 IDR. Murah gak? Menurut aku seh murah banget! :mrgreen:

Terus kenapa jadi total bayarnya 1.087.600 IDR Niee? Ya karena seperti yang aku sebutin di atas itu hanyalah untuk biaya kursinya aja. Kursi yang udah ditentukan sama Air Asianya. Karena aku perginya bertiga, biasanya kalau ditentukan sama AA kursinya itu gak berderet kakak! Biasanya satu di sini, satu di sono dan satu di sana. Karena aku selalu maunya berderet bertiga jadilah seringnya kami harus beli kursi lagi. Udah gitu kan kalau naik Pesawat LCC kita beli tiket gak termasuk bagasi ya. Ya ada seh cuma 7 KG per orang aja yang mana pastilah gak cukup untuk kami bertiga. Kalau dikali seh cukup, tapi musti pecah barang jadi 3 koper 7 kiloan itu ribet juga kan yak, jadi kami beli bagasi lagi. Kemaren kami perginya beli 20 Kg pulangnya beli 25 Kg. Semua pengeluaran pembelian kursi dan bagasi itulah yang masuk dalam Add Ons & Fees sebesar 498.700 IDR untuk Pulang Pergi.

Jadi total semua pengeluaran aku untuk tiket pesawat adalah 1.087.600 IDR, dibayar sebanyak 3 kali karena beli tiketnya dulu bulan Nopember 2017, terus beli bagasinya bulan desember 2018 (pas udah yakin bakalan jadi berangkat) dan baru beli kursinya pas udah bisa cek in online bulan Januari 2019, begono.

Penginapan (Hotel) di Kuala Lumpur

Selama kita di Kuala Lumpur, kami menginap di Hotel Izumi Bukit Bintang. Ini lokasi hotelnya ok banget seh. Cuma 2 menit jalan kaki dari pintu keluar F MRT Bukit Bintang. Buat ke pusat Bukit Bintangnya (yang mana aku asumsikan adalah sekitaran Mall Paviliun) cuma 5 menit palingan jalan kaki, jadi stategis banget. Untuk review hotelnya sendiri, mungkin aku bakalan akan nulis di postingan khusus dalam rangka si-irni-harus-rajin-nulis-review-hotel-oleh-pak-suami. Jadi sekarang diskip dulu ya. Aku kasih tahu harganya aja karenakan ini postingan biaya liburan πŸ˜›

Untuk penginapan, aku nginep di sini selama dua malam seharga IDR 559.235,- Untuk ukuran tengah Bukit Bintang ini termasuk murah seh yak, udah masuk sarapan dua kali lagi. Apalagi mau kemana mana mudah karena bisa pake MRT, Monorail atau Bus juga deket. Itu tapi aku dapet diskon dari agoda 300k seh karena sering booking pake agoda. Jadi sering-seringlah jalan biar sering dapat diskon juga πŸ˜› Kemarena aku dapet deal harga hotel di Aussie lumayan karena dapet diskon juga dari Agoda, hahahahaha.

Transportasi selama di Kuala Lumpur

Jujur selama aku ke KL kemaren aku gak terlalu ke mana-mana seh. Karena udah sering juga ke KL jadinya kemaren cuma ke Kidzania KL pake MRT seharga RM 7 untuk berdua (jadi bolak balik RM 14), sama jalan-jalan disekitaran Bukit Bintang yang cuma perlu jalan kaki aja. Terus cuma ke KLCC buat foto sama Twins Tower dari Bukit Bintang naik bis gratis KL yang namanya BUS GO KL. Selebihnya gak ada, hahahahaha.

Tapi karena aku baik hatinya dan tida sombong marilah kita perkirakan biaya transportasi selama di KL menurut pengalaman aku yang sudah-sudah. Cekidot:

Biaya transportasi dari KLIA2 ke Stasiun Central

  1. Kalau pake KLIA Ekspress RM 55/orang (kemaren aku pake ini bertiga total RM 125 gitu karena si K disuruh bayar juga >.< dan dapet diskonan dari Grabpay, hahaha)
  2. Kalau pake Grab RM 80 udah langsung sampe ke depan hotel.
  3. Kalau pake Bus cuma RM 10/orang (ini paling murah seh, cuma paling lama dan paling buat mabok jadi aku skip, hahahaha. Tapi dulu waktu pertama kali ke KL aku pake ini kok demi menghemat pembiayaan dan isi dompet yang kurang tebal dizamannya πŸ˜› )

Untuk pake KLIA Ekspress dan Bus kan cuma sampe di KL Central tuh. Nah, kita harus pindah transportasi lagi entah itu bus, monorail atau MRT buat ke hotel kita. Biayanya murah kok sekitaran RM 1-2 gitu tergantung jarak.

Biaya Transportasi selama di KL

Ini ya gak bisa diprediksi juga seh. Seperti kata aku kalau mau yang paling murah tentu naik bus. Tapi kalau mau naik Monorail atau MRT perkiraan biayanya itu sekitar RM 1-4 tergantung jarak. Kalau kalian nginep di daerah bukit bintang dan mau ke ikon KL semacam Twins Tower, Pasar Seni, Museum Negara, Dataran Merdeka dan KL Central sendiri bisa banget pake bus Go KL. Bus Go KL ini GRATIS saudara-saudara, tinggal nunggu aja di stasiun yang telah disediakan dan sesuaikan dengan warna-warnanya dan hop! Anda akan sampai ketempat yang diinginkan. Menyenangkan bukan! HA-HA-HA πŸ˜›

Peta jalur bus Go KL

Kalau mau jalan jauh-jauh semisal ke Genting atau Putra Jaya dan mau hemat lagi-lagi aku sarankan naik bus seh karena murah. ETAPI masak gak mau merasakan naik MRT dan Monorail seh kakak? Kan sayang udah jauh-jauh ke KL gak pake itu. Ya aku saranin pake seh, biar ketje *eh πŸ˜›

So, total untuk transportasi ini aku kira-kirakan aja ya, kalau untuk dua orang (plus satu balita deh) rasanya RM 250 (800ribuan IDR) cukup deh. Bisa lebih hemat kalau kemana-mana naik bus itu (apalagi yang dari KLIAnya) paling RM 100 udah cukup deh kayaknya. Itupun udah hampir seharga tiket pesawat kita, hiks.

Biaya Makan selama di Kuala Lumpur

Untuk biaya makan ini standar seh menurut aku. Kalau makan ditempat biasa gitu RM 10/orang cukup deh. Tinggal dikalikan 3 terus dikalikan jumlah harinya. Misal kalau perginya bertiga untuk 3 hari 2 malam di KL RM 10 x 7 kali makan x 3 orang adalah RM 210.

Biaya lain-lainnya, semisal oleh-oleh dan belanja-belanja marilah kita masukkan IDR 1.000.000 saja.

Jadi Totalnya Berapa Niee?

Mari kita hitung yak.

  • Tiket Pesawat Rp. 1.087.600,-
  • Hotel Rp. 559.235,-
  • Transportasi Rp. 800.000,-
  • Makan Rp. 700.000,-
  • Belanja dan Oleh-Oleh Rp. 1.000.000,-

Biaya liburan ke KL untuk 3 hari 2 malam satu keluarga (dua orang tua dan satu anak balita) adalah kurang lebih Rp. 4.146.835,-

Gimana-gimana? Mahal atau murah neh menurut pendapat temen-temen di sini? Untuk aku yang tinggal di Pontianak, dibanding kalau aku ke Jakarta ini termasuk murah seh. Karena tiket aku ke Jakarta rata-rata itu IDR 500.000 untuk seorang sekali jalan. Gak pernah ada promo sama sekali. Kalau aku jalan bertiga sama suami dan anak untuk tiket pesawat aja udah habis 3 juta. Inipun udah aku hitung yang paling murah. Biasanya bisa kena sejutaan juga seorang sekali jalan. Jadi bisa 6 juta untuk tiket pesawat aja. Sedangkan kalau ke KL mentok diharga 300ribuah aja dong! Belum di Jakarta kemana-mana naik taxi kan yak. Karena busway masih kurang cocok untuk aku deh rasanya (aku udah sering naik kok ini). Jadi kalau aku lebih milih liburan tipis-tipis ke KL aja.

Makanya, ayo jalan ke Luar Negeri!! *dipentung sama menteri keuangan* πŸ˜›

Advertisements

15 Comments Add yours

  1. zilko says:

    Huahaha, kalau tiket promo memang mesti gitu ya Niee, dibutuhkan skill dan … kesabaran banget! Kemarin untuk arrange perjalanan akhir tahunku juga sempat ketar-ketir sedikit sih karena harus beli tiket dari satu tujuan ke tujuan lainnya. Tapi tiketnya mahaaal. Eh suatu ketika tiba-tiba ada mujizat satu maskapai buka tiket promo pas di tanggal yang aku mau. Ya udah langsung aku beli aja keburu diambil orang lain, hahaha πŸ˜† .

    Oh iya, tiket promo itu tergantung availability. Jadi per penerbangan cuma ada sekian kursi aja πŸ˜€ .

    1. niee says:

      skill dan sabarnya itu biasanya orang gak punya ko. Lah dikate kita dapet segitu murah bisa cepet cepet aja. hahahaha.

      Iya, keberuntungan dan mujizat juga seh. Kalau aku tetiba dapat diskon dari mana gitu atau promo kan seneng. hahahaha

  2. deadyrizky says:

    pelajaran yang bisa dipetik:
    rencanakanlah liburan kalian 2 tahun sebelumnya
    wkwkwk

    1. niee says:

      hahahahahaha. harus itu mah kalau aku mas.

  3. Wah tips nya boleh juga nih. Dan kuncinya adalah rajin pantau harga promo..n booking jauh2 hari dr sebelumnya. Memang hrs well prepared banget judulnya ya πŸ˜€

    1. niee says:

      iya. kalau mau dapet yang harga ok emang harus direncanakan dengan baik

  4. bloggergunung says:

    Yang suka hunting tiket promo harga murah semoga dipanjangkan umurnya. Amin. Saya gagal fokus. Membayangkannya hunting tiket beberapa tahun sebelumnya. Pas udah beli misalkan ga ada umur. Duh…

    1. niee says:

      Kalau udah meninggal gak difikirkan lagi tiket lah mbak. Duh.

      Kalau aku seh kalau udah beli tiket dilupain. Ntar kalau udah deket tanggal baru diurus lagi.

      Lah gimana dengan orang yang daftar haji jauh jauh hari? Kalau mikirin umur seh gak ada yang daftar juga ya mbak. Aku aja tahun lalu daftar haji masa tunggunya 18 tahun. Ini beneran bisa meninggal deh kalau selama ini. Tapi ya bismillah aja. Namanya juga berencana. Manusia mana ada yang tahu.

  5. nyonyasepatu says:

    Izumi nih letaknya strategis ya

    1. niee says:

      iya mbak

  6. Alaika says:

    Belum pernah hunting tiket jauh2 hari seperti ini, Mba. Udah lama juga ga ke KL. Dulu wkt suami msh tinggal dan bekerja di sana, tiap 2 minggu sekali pasti nebeng si AA (Airasia) terbang ke KL, berangkat dari Aceh. Dan harga dari Aceh tuh murah banget ke KL.

    Baca tulisan Mba Irni, jd pengen hunting tiket murah juga ah untuk bbrp masa ke depan. Bener, habis beli, lupakan saja dulu ya. Haha.

    Thanks for sharingnya, Kakak! πŸ˜‰

    1. niee says:

      Iya mbak, kemaren juga ada baca portal berita yang orang aceh kalau mau ke Jakarta transit dulu ke KL pake AA, biar lebih murah. Duh, kapan ya pesawat lokal kita bisa murah dan berkualitas.

  7. Ana Leg says:

    Ah kangen baca cerita2 Irni. Tapi lg malesss banget buka wp hiks. Salut banget sama skill cari tiketnya deh ni. Emang tiket domestik lagi parah. 2 minggu lalu iseng liat tiket pulkam ponti bulan Juni, masa lion aja hampit sejuta bok. Ber3 pp aja udah melebihi budget irni jalan2sekeluarga ke KLπŸ˜…. Tp menurut berita beredar udah mulai diturunin tp masih males intip harganya, masih kesyel hahhaha

    1. niee says:

      hallo kak! Kangen juga deh, hehehe..

      Sampai sekarang aku perhatikan harga tiket Pontianak – Jakarta masih mahal seh kak. Ntah kapan murahnya, atau itu hanyalah wacana doang kali πŸ˜›

      Btw, imlek gak mudik kak?

      1. Ana Leg says:

        Iya Nie, kmrn iseng cek di traveloka masih sejutaan ternyata hehehe

        Imlek gak mudik Nie, di jakarta aja.

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s