kontes, Temans, wisata

Gak Ada Uang, ya ke Singkawang!!

JULI 2010

Kepala sedang mumet-mumetnya, skripsi tidak ada perkembangan. Sudah 5 bulan sebelumnya melarikan diri dari rutinitas di kampus untuk pergi ke Jakarta dan Bandung, tapi kepala ini masih protes. Aku tahu apa yang harus dilakukan agar aku tidak stress. LIBURAN!

Tapi bagaimana aku mau liburan? Kalau satu-satunya sumber dana yang biasanya aku pakai sudah aku habiskan. Hmm,, aku harus memutar otak untuk ini.

Beberapa hari kemudian seorang teman aku Butet mencetuskan untuk mengajak aku liburan. Usut punya usut dia mengajak aku karena akan diberdayakan untuk meminjam mobil. Tapi ah sudahlah, toh aku memang ingin liburan sekarang. Dan pilihan kami jatuh ke Singkawang. Memang, untuk masyarakat Pontianak, Singkawang adalah tujuan wisata yang murah dan mudah dijangkau :mrgreen:

Pada hari H akhirnya aku, butet, mumun dan aripun berangkat menuju singkawang. Menggunakan mobil si merah milikku, kamipun meluncur. Ditengah perjalanan, kami singgah ke kota Mempawah untuk menjemput Dini, orang kelima dan sekaligus terakhir yang akan mengikuti Singkawang Journey ini πŸ™‚

***

Kalau ke Singkawang, tak sah rasanya kalau belum menikmati wisata pantainya. Biasanya aku pergi ke Pantai Pasir Panjang. Namun karena sudah sering mengunjunginya, akhirnya kami lebih memilih Singka Island untuk tujuan pertama. Namanya saja Island, tapi ini murni hanya sebuah pantai yang menghadap ke Selat Karimata dan Laut Cina Selatan.

Sinka Island - Singkawang

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Singkawang. Sinka Island menawarkan fasilitas yang cukup lengkap untuk kami bersantai, melepas penat dan merenggangkan badan setelah kurang lebih 3 jam perjalanan dari Pontianak. Di Singka Island ini banyak pendopo-pendopo dan kursi-kursi yang disiapkan untuk pengunjung sehingga kita tidak perlu lagi membawa ‘perlengkapan perang’ alias tikar dll πŸ˜› (maklum dulu kalau kepantai pasti bawa tikar dan makanan πŸ˜† ).

Selain pantai, Singka Island menawarkan tempat lainnya yang gak kalah asyik.Apalagi kalau bukan Pulau Simping.

Pulau Simping - Singkawang
Pulau Terkecil di Dunia

Yak, pulau ini adalah pulau terkecil di dunia yang telah diakui oleh PBB. Awalnya aku penasaran juga gimana bentuk pulau terkecil itu. Ternyata pulau ini didominasi oleh bebatuan yang membentuk daratan semacam bukit. Dari sela-sela batu tersebut hidup beberapa pohon yang menurut aku membuat tempat ini ‘lebih pulau’.

Setelah puas berkeliling disekitar kawasan Sinka Island, menjelang sore kami melanjutkan perjalanan. Kali ini kami memilih tempat yang gak berbau pantai dan laut. Akhirnya kamipun memutuskan untuk pergi ke Rindu Alam.

Rindu Alam - Singkawang

Rindu Alam adalah sebuah tempat wisata yang berada di sebuah bukit dipinggiran laut. Pemandangannya perpaduan antara laut, bukit dan kota Singkawang yang sangat indah terlihat dari atas sini. Wisata yang terbilang baru di Singkawang ini telah merebut banyak perhatian wisatawan juga, termasuk aku tentunya :mrgreen:

Pemandangan dari Rindu Alam
Menjelang Matahari Terbenam
Sunset di Rindu Alam

Menjelang malam, kami melanjutkan perjalanan ke kota Singkawangnya. Aku sendiri sebenarnya tidak pernah berwisata kota di Singkawang ini yang menjadi perjalanan pertama aku. Tapi kok rasanya bosen yak nulis panjang-panjang *dasar pemalas*:lol: nanti aku lanjutkan yak cerita Singkawangnya. Mau tidur dulu πŸ˜›

bersambung..

*Artikel ini akan diikut sertakan dalam Adira Faces Off Indonesia*

Advertisements

74 thoughts on “Gak Ada Uang, ya ke Singkawang!!”

1. Wah, keren ya. Pulau terkecil di dunia ada di Indonesia. Pulau terbesar kedua dan ketiga di dunia juga ada di Indonesia (walau daerahnya dibagi-bagi sama negara lain), hahaha.

2. kenapa juga pas baca pulau simping langsung kebayang kue simping (kue khas betawi) *otak makanan muluk*
    kenapa dinamain pulau simping ya nie?

Dan lagilagi, baca rindu alam, langsung kebayang restoran rindu alam di puncak pass, udah lama banget ngga kesana *ini benerbener otak isinya cm di seputaran makan doang*

3. Aih Nieee…. pemandangan waktu matahari terbenam kereeen bangeeet,,

jadi mupeeeng nih.. huhuhu… T_T

ah, ternyata pulau terkecil di dunia ada di Indonesia ya… the largest archipelago in the world.. no wonder.. πŸ˜€

4. duh, padahal satu pulau, kalimantan, tapi aku ga’ pernah ke ponti sob apalagi singakwangnya, n pemandagan sunsetnya keren sob…

5. Nie …
    Ada tiga hal
    1. Foto …
    Saya suka foto-fotonya … ini keren-keren punya lho …

2. Singkawang
    Jika saya mendengar kata Singkawang … maka saya ingat saudara-saudara kita dari suku Tionghoa … Saya dengar ada yang menjadi petani, penarik becak dan sebagainya ya Nie …
    Kota ini sepertinya sangat khas … Pingin juga saya kesana

3. Pulau
    Dari postingan ini saya tambah pengetahuan baru.
    Bahwa pulau terkecil didunia … (dan sudah dicatat di PBB) adalah Pulau Simping
    Thanks ya Nie

Salam saya Nie

1. iya om,, itu temen aku yang ambil.. emang dia bisa nyari angel yang pas seh πŸ˜€

ya jarang juga seh om yang jadi petani atau penarik becak, seringnya mereka jualan dan penjaga toko gitu

iya.. om sama2.. ternyata banyak yang belom tahu yak πŸ˜€

6. Kalimantan Barat ternyata punya pesona yang indah juga ya…

Jadi tertarik ke sana. Dari foto-foto jepretan anda sepertinya masih banyak sudut yang bisa dieksplorasi. Terima kasih atas informasinya tentang Singkawang. πŸ™‚

7. Horeeeeee, Singkawang tambah ngetop neh setelah ada tulisan ini!!

Tapi, ngomong2, suami gw si Om Zul yang paling ganteng seduni, daru jaman belom kawin dah ngejanjiin mo ngajak ke Sinka Island. Ampe sekarang punya anak 2 biji belom juga direalisasikan. Hiks!! Janji2 palsuuuuuu πŸ™‚

NB: Nice pict Say, apalagi yang pas sunset ada siluet wajah dikau πŸ™‚

1. Wahahaha.. Pada tahu yak itu aku? waahhh mbak sus emang perhatian 😳

waduh parah neh bang zul belom pernah ngajakin ke sinka island.. Hajar aja mbak! *eh :)))