Kartinian..


SELAMAT HARI KARTINI!!

Emang apa seh yang kalian pada fikirkan pas hari kartinian begini? Harinya wanita? Harinya emansipasi? Atau harinya berkebaya dan bersongket ria di seluruh tempat mulai dari anak2 TK hingga perkantoran?

Jujur bagi aku kartinian sampe sekarang cuma seremonial belaka. Gak pernah sama sekali aku menjadikan hari ini sebagai renungan atas jasa2 Ibu Kartini yang telah membuka jalan bagi kita kaum perempuan bisa duduk santai bersekolah, bekerja dan berpendapat.

Tapi emang begitukan kita diajarkan sejak di sekolah, untuk merayakan kartini semenjak kecil. Menjadikan tangga 21 April ini seremonial dan ajang menampilkan diri. Kalau aku salah salahkan guru2ku dari TK yang menjadikanku berfikir seperti ini *digampar guru* 😛

Hari ini di kantor juga ada acara untuk memperingati hari kartini. Dan lagi2 dengan acara yang sama sekali ‘gak nyambung’ dengan makna kartinian, apalagi kalau bukan: lomba masak nasi goreng cowok, lomba memakaikan dasi untuk cewek dan lomba busana terbaik. Tapi aku tetep semangat dong, apalagi ini perayaan kartinian aku di kantor dan perayaan kartinian aku setelah 5 tahun puasa acara (terakhir pas kelas 3 SMA deh).

(suasana kartinian di kantor)

Kemaren udah diumumkan untuk seluruh karyawan hari ini diwajibkan untuk memakai pakaian kebaya untuk cewek dan telok belanga buat cowok (FYI: telok belanga itu pakaian khas melayu Pontianak, modelnya seperti pakaian khas Malaysia gitu). Jadilah aku yang biasanya bangun setengah 6 jadi berusaha bangun jam 5 buat dandan2 dikit 😳

Awalnya ruangan aku, subbag Perencanaan ngikuti 3 lomba: masak nasi goreng, memakaikan dasi, dan lomba merangkai bunga. Tapi karena gak tahu kalau lomba merangkai bunga itu perlu bawa bunga sendiri jadilah ruangan aku di diskualifikasi 😥

Lomba masak nasi goreng juga hampir aja ruangan aku di dis, coz bang rio yang satu2nya perwakilan cowok di ruangan telat datang karena masalah teknis (bisa2nya pas perayaan gini harus ngirim surat ke Walikota sama Itwil).  Setelah hasil bujuk rayu dengan sang kasubag kepegawaian akhirnya kami bisa juga ikutan walaupun cuma 2 pesarta sisa *bangsai*

(aksi subbag perencanaan masak nasi goreng)

Walaupun tergesa2 karena habis perjalanan jauh *caelah* tapi hasil masakan bang rio enak juga loh teman. Buktinya aja pas piringnya dibawa balik ke ruangan nasinya habis gak bersisa (gak sia2 bang rio belajar lewat youtube 😆 ).

(hasil akhir nasi goreng bang rio)

Setelah lomba nasi goreng acara kemudian dilanjutkan dengan lomba memasangkan dasi, awalnya aku disuruh ikut, tapi ya aku sama sekali gak bisa masang dasi gitu, bukannya menang malah malu2in ntar. Tapi entah kenapa 2 dasi yang udah disiapkan yang satunya malah ilang ntah kemana, akhirnya cuma mbak dewi deh yang ikutan lomba *asyik*

(aksi mbak dewi memasangkan dasi)

Setelah lomba memasang dasi sebenarnya dilanjutin sama lomba merangkai bunga, tapi karena ya kami gak mempersiapkan bunganya jadilah ruangan kami gak ikutan dan langsung balik ke ruangan. Di ruangan tentu kami beraksi lagi, dengan modal mengambil bumbu nasigoreng yang tersisa dan memesan nasi putih ke ibu kantin akhirnya kami masak2 lagi :mrgreen:

(masak2 lagi di ruangan)

Kalau udah pakaian rapi gini gak sah rasanya klo gak ada sesi foto barengnya (lah ini foto udah seabrek2 apa lagi namanya niee? hehehe ). Itu loh foto rapi satu ruangan buat ntar dipajang biar pas orang2 yang datang ke kantor akan disambut foto2 kami dah hati merekapun menjadi lebih tenang dan damai *gubrak*

(foto atas: aku, bu wenang, mbak dewi, bang rio, bu sri, mbak ocha, bu dayang)

Pas lagi seneng2nya foto2 eh kami2 yang berpakaian rapi disuruh buat berjalan di depan. Dengan lugunya aku yang gak tahu apa2pun ikutan berjalan. Eh, udah selesai gak tahunya itu adalah buat penilaian pakaian terbaik. Ya, padaha keritingan rambut udah acak kadut, bedak udah ama lipstik udah luntur, perut udah lapar *eh* jadinya gak berharap2 banget deh menang.

Akhirnya jam 12an acara yang dinanti2 digelar. Yak! Apalagi kalau bukan pengumuman pemenang 😀 Lomba masang dasi kayaknya udah gak menang coz mbak dewi malah masangin dasinya kayak anak sekolahan, bukan dasi cowok yang bentuknya segitiga (-_-” ). Pas diumumin ya emang gak menang 😆

Jadi harapan kami satu2nya adalah lomba nasi goreng. Karena emang enak loh masakan bang rio ini. Tampilannya juga gak kalah lah dengan peserta lain. Dan saat diumumin ternyata. TERENG TENG TENG TEEEEENGGG!!!! Kami juga gak memang (penonton kecewa 😥 ).

Padahal udah diharap2in kalau ruangan kami paling gak ada 1 hadiah yang nyantol, karena tahun lalu katanya kami juga gak dapet hadiah. Semangat udah turun, eh tapi pas kami semua udah mau masuk ke ruangan lagi ternyata kami ada menang. Yak apalagi kalau bukan lomba busana terbaik *bangsai*

Siapakah diantara kami diatas yang menjadi bujang dare (istilah bagi cewek cowok di Pontianak, seperti abang none di jakarta) Dinas Kesehatan. Siapa lagi kalau bukaaaannn,,, bukan bukan aku tentunya, HAHAHAHA..

Pemenangnya adalah Ibu Dayang!!

Terakhir untuk menutupi kegiatan kami diruangan mengadakan acara tukaran kado. Aku sendiri ngsih kado untuk tempat nyimpan ATK yang ada untuk tempat nyimpan kerta kecil2, pulpen dll itu loh (kagak tahu namanya 😛 ) dan setelah tukeran aku dapet bingkai foto (yeah, akan aku isi dengan foto aku yang paling genik, hahaha ).

So, bagaimana dengan hari kartinian kalian teman? 🙂

Advertisements

37 thoughts on “Kartinian..”

  1. wahhh kantor ny seru amat ada lomba lombaan . kl gw lomba makan nasi goreng nya aja deh. ato lomba bungkus nasi goreng ke rumah. mungkin gw bisa menang

  2. dikantor g yang lama, biasanya hanya kantor g doank yang heboh pas kartini pada pkai kebaya dan biasanya dari kantor ngadain game atau kuis gitu yang hadiahnya kadang ada dari kocek petinggi sendiri buat ngeramein aja, jadi kangen, walaupun g kebayaan seumur idup cuma sekali pas wisuda doank 🙂

  3. waaaaa…meriah sekali kartinian di kantornyaaaa…sayang sekali gak ada satu pun gelar juara yang nyantol yaa…hahaaaaaa…padahal udah maksimal..

    salam 🙂

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s