Thailand oh Thailand..


Kalau ada yang berfikir ini postingan tentang jalan2 aku ke Thailand maka anda salah besar. Maka berbesarlah hati untuk mendoakan aku suatu saat bisa sampe kesana sambil melanjutkan membaca postingan ini sampe selesai saja *maksa* 😛

Yak, kali ini aku mau menceritakan hobi baru aku akhir2 ini. Hmm,, kagak baru2 bener seh, cuma nuansanya aja yang baru, tapi masih hobi lama juga. Apalagi klo bukan soal FILM!!

Jadi baru2 ini aku berbondong2 menontong film Thailand, secara ya bok di XXI Pontianak film2nya kagak update2 ( baca: film2 lama ) terus yang diputar, jadi hobi aku menonton bioskop amat kurang tersalurkan sebulanan ini. Film hollywood yang ditanyangkan udah kapan tahun baru diputar di sini. Bayangin film Gnomeo and Juliet masih bertengger di studio 1 (-_-” ) dan sisa diisi oleh film2 yang gak kalah jadul seperti Public Enemy, Faster, Trade dan Last Exorcism. Hanya studio 5 yang diisi sama film baru Indonesia yang judulnya ‘?’ (baca: tanda tanya).

Untuk film terakhir aku cukup tertarik seh buat nontonnya, rencananya selasa entar aku mau nonton ntuh film. Ya, dari sutradaranya si Hanung aku yakin deh filmnya kagak ciri khas film Indonesia sekarang yang isinya hantu sex dan segala macamnya. Dari review orang2 juga banyak yang bilang bagus. Ada temans yang udah nonton? Gimana bagus gak?

Nah, kembali ke habitat semula tentang film Thailand. Sebenarnya aku udah gak terlalu asing dengan film2 Thailand, terutama film2 horronya. Pertama kali (atau yang aku ingat) film Thailand yang aku tonton juga film horor. Dan ini dia beberapa film yang udah aku tonton.

1. Alone (2007)

Film ini bercerita tentang sepasang anak kembar siam yang setelah cukup besar melakukan operasi pemisahan. Karena sebab yang tidak jelas, salah satu dari mereka akhirnya meninggal beberapa jam sebelum operasi dilakukan.

Anehnya dari ini semua adalah ibunya yang mengetahui tentang kematian anaknya tiba2 saja menjadi sakit dan tidak bisa bicara sepatah katapun, maka misteri inipun tidak bisa terungkap hingga sang anak menjadi dewasa.

Saat dewasa anak ini kemudian pacaran dengan teman masa kecilnya dan akan melangsungkan pernikahan. Namun hal2 anehpun terjadi. Sang kembaran yang maninggal secara tidak layak selalu mengganggu mereka berdua seperti tidak rela melihat mereka bedua menikah.

Hingga akhirnya munculah tanda2 bagaimana cara dia sampai meninggal dan kenapa dia tidak suka saudaranya dan laki2 itu menikah.

Menurut aku ceritanya pas banget, seremnya dapet, alur ceritanya juga gak bisa ditebak hingga akhir cerita. Jadi yang suka dengan film2 horror aku rekomendasikan deh neh film. Yah jauh lah dari film kuntilanak kesurupan (eh belom tayang yak 😛 ).

2. Bangkok Traffic Love Story (2010)

Ini film aku tahu dari baca TLnya Fitri Tropica dan Joko Anwar di Twitter awal tahun 2010 lalu. Dilihat2 mereka berdua seneng banget bicarakan neh film, sampai akhirnya aku tertarik tapi gak tertarik buat beli.

Pas aku datang ke rumah teman aku, eh gak sengaja lihat neh film dianggurin begitu aja sama si empunya. Ya daripada gak ditonton mendingan aku yang pinjem tho! 😛 *gak mau rugi*

Sebenarnya ini film darisegi cerita hanya drama biasa. Tapi karena dikemas dengan apik dan menurut aku sangat Thailand banget jadi membuat film ini menjadi bagus.

Ceritanya sendiri tentang seorang cewek berumur 27 tahun yang sama sekali gak pernah pacaran dan sudah diuber2 oleh orang tuanya bertemu dengan seorang cowok secara tak sengaja karena suatu insiden.

Merekapun akhirnya sering bertemu karena perjalanan mereka satu jalur kereta yang biasa mereka lalui. Si cewek yang melihat cowok yang lumayan cakep tentunya jadi jatuh hati namun tak berani mengungkapkan isihatinya hingga akhirnya si cowok pergi dari Bangkok.

Gak cuma menggambarkan kehidupan masyarakat Thailand dengan segala rutinitasnya yang ada, film ini juga memuat unsur budaya Thailand dan settingannya yang berada di permukiman padat penduduk makin mebuat kita merasa dekat dengan keseharian di sana.

Dari yang aku baca dibeberapa situs film, film ini banyak mendapatkan nominasi di negaranya dan menyambet beberapa gelar. Yang suka dengan film komedi romantis cocok deh untuk nonton film ini.

3. A Crazzy Little Thing Called Love (2010)

Kalau film ini aku tahunya baru beberapa hari ini, dan lagi2 dari TL di twitter yang banyak teman2 aku membicarakannya. Aku yang gak boleh denger film bagus dikit langsung penasaran dan nyari neh film, akhirnya ketemua deh 😀

Jadi, film ini bercerita tentang seorang anak cewek (sekisaran SMP gitu) yang berkulit hitam kucel dumel berkacamata besar dan berkawat gigi menyukai kakak kelasnya yang ganteng dan disenangi banyak cewek.

Karena ingin menarik perhatian dari sang cowok pujaan hati, diapun berusaha merubah dirinya hingga akhirnya dia menjadi cewek yang cantik dan banyak disukai laki2 disekolahnya. Tapi masih saja cowok yang diincarnya kelihatan gak tertarik padanya.

Malahan ada cowok baru pindahan yang merupakan kawan kecil cowok incerannya itu yang secara terang2an bilang kalau dia menyukai cewek tersebut. Makin susahlah sang cewek mendapatkan cowok pujaan hatinya karena diantara mereka berdua (sahabat cowok itu) pernah berjanji kalau gak akan pernah menyukai dan memperebutkan cewek yang sama.

Ceritanya ringan, namun bisa membawa kita tertawa karena banyak adegan2 lucunya serta menangis mewek (bagi aku) untuk adegan2 tertentu. Yak! Setelah nonton film ini makin jatuh cinta deh sama film2 Thailand :mrgreen:

4. Hello Stranger (2010)

Dan ini dia film terakhir yang aku nonton. Beneran baru terakhir coz cuma berjarak beberapa menit dari waktu aku selesai nonton dan nulis ini postingan 😀

Ceritanya terntang seorang cewek dan cowok dari Thailand yang melakukan perjalanan ke Korea. Si cowok menggunakan jasa Travel sedangkan si cewek dengan modal backpakernya.

Pada saat hari kedua mereka di Korea, sang cowok ketinggalan bus yang mengantarnya ketempat wisata dan malah terdampar di hotel tempat sang cewek menginap. Karena merasa sama2 orang Thailand, si cowokpun mengikuti si cewek karena gak tahu juga mau kemana.

Inti dari film ini sebenarnya adalah membuat iri pada penyuka k-drama seperti aku. Kenapa? Ya karena eh karena perjalanan mereka itu bo, berkeliling ke tempat wisata yang berasal dari drama korea yang udah amat terkenal.

Seperti si cowok hari pertama berkunjung ke tempat syuting drama Dae Jang Geum sang dokter perempuan pertama itu. Lalu si cewek berkunjung ke Cafe yang menjadi lokasi suting drama Coffe Prince. Ada lagi dia ke pulau tempat lokasinya Winter Sonata dan masih banyak lagi.

Ternyata Korea setelah syuting drama2 film seperti itu tempat syuting filmnya dijadiin tempat kunjungan wisata gitu yak. Sepertinya mereka berpromosi lewat film dan drama. Ya coba aja dulu sebelum k-drama ngetrend, mana ada yang tertarik buat pergi ke korea, yang ada mah kita pinginnya pergi ke Jepang atau Hongkong.

Dan sekarang sepertinya Thailand akan mengikuti langkah Korea untuk menjual pariwisatanya melalui film. Kalau Indonesia kapan ya? Secara gitu sampe sekarang film2nya masih horror2 geje.

sumber gambar

  1. gambar 1
  2. gambar 2
  3. gambar 3
  4. gambar 4