[Review Drakor] Tale of the Nine Tailed


Yak, si irni mau ngereview drakor lagi. Sesuai dengan judulnya, Drama Korea yang akan aku bahas kali ini adalah drama berjudul The Tale of Nine Tailed. Drama tentang rubah berekor sembilan atau kalau dulu aku tahunya rubah ekor sembilan itu Gumiho. Rasanya udah banyak banget ya drama korea yang mengangkat tema Gumiho ini, sebut aja My Girl Friend is Gumiho dramanya Lee Seung Gi, terus ada lagi Gu Family Book yang Lee Seung Gi juga main (lah kok Seung Gi demen banget main drama Gumiho yak?) dan beberapa drama lainnya yang aku gak terlalu ingat, huahahaha.

Biasanya, kalau nonton drama bergenre fantasi gini, jangan terlalu berharap sama ending yang indah. Katanya happy ending tetap aja ngegantung, buat penasaran dan berharap endingnya begini begitu. Aku setelah beberapa kali nonton drama korea bergenre seperti ini mengasumsikan bahwa sang penulis kalau mau buat ending semau hati dia langsung aja dah buat drama fantasi, jadi kalau ada penonton yang protes langsung di -apa lo apa lo terserah gue dong mau nulis apa juga- gitu. Jadi sebagai penonton kasta rendahan kita hanya bisa mengeluh di sosmed aja, huhuhu.

Jalan Cerita

Jalan cerita drama ini sebenarnya udah sering diangkat oleh drama-drama korea sebelumnya. Yaitu tentang seorang (atau seekor) rubah berekor sembilan yang menunggu cinta pertamanya yang mati dengan tidak seharusnya untuk bereinkarnasi.

Lee Yeon (Lee Dong Wook) adalah seekor rubah ekor sembilan. Enam ratus tahun yang lalu, dia adalah seorang dewa gunung yang menjaga kedamaian alam di gunungnya. Lalu diapun bertemu dengan seorang manusia yang kemudian menjadi cinta pertamanya. Namun, bahwa rubah dan manusia tidak pernah memiliki ending yang manis, merekapun seperti itu. Wanita yang dicintainya meninggal, dan karena sedihnya ditinggalkan oleh orang yang dicintainya, Lee Yeon pun meninggalkan gunungnya dan melepas status dewanya. Lee Yeon juga memberikan butiran rubahnya kepada wanita itu agar saat dia reinkarnasi, Yeon dapat mengenalinya.

Enam ratus tahun kemudian, Lee Yeon menjalani hari-harinya sebagai rubah ekor sembilan dan menangkap roh-roh jahat yang bergentayangan di bumi. Saat dia sedang melaksanakan tugasnya, Nam Ji A (Jo Bo A), seorang produser acara legenda menangkapnya dari kamera CCTV sebagai orang yang mencurigakan. Ji A pun kemudian mengejar Lee Yeon sehingga dia tahu bahwa Lee Yeon adalah seekor rubah dan bukan manusia.

Ji A yang memiliki wajah yang sama dengan wanita yang dicintainya membuat Yeon selalu ingin membantunya. Apalagi adik Yeon, Lee Rang (Kim Beom) selalu saja mengganggu Ji A.

Suatu ketika, saat Ji A sedang mencari tahu sebuah peristiwa ditemukannya tengkorak disebuah pulau, mereka malah secara tak sengaja membangunkan seekor monster ular atau Imoogi yang adalah musuh terbesar Lee Yeon. Tapi saat Lee Yeon ingin membunuh Imoogi tersebut, dia menyadari bahwa Imoogi yang asli ada di tubuh Ji A persis sama kejadiannya seperti 600 tahun yang lalu saat Ji A akhirnya merelakan dirinya agar Imoogi mati. Lalu bagaimanakah nasib cinta mereka berdua? Apakah rubah berekor sembilan tetap akan memiliki ending yang buruk jika mencintai seorang manusia?

***

Nah, udah tahu jalan ceritanya, mari kita bahas sedikit tentang para karakter dramanya. Walaupun para karakternya gak yang buat kita wow banget kayak Start Up, tapi marilah kita lihat bagian kelebihan dan kekurangannya.

Para Karakter

Lee Yeon (Lee Dong Wook)

Rubah yang gila cinta

Lee Yeon bertemu dengan Ji A masa lalu ketika Ji A masih sangat kecil, mungkin usianya sekitar 10 tahun saat itu. Dari dia masih kecil sampai dia dewasa mereka selalu bersama walaupun gak ada ikatan pacaran diantara mereka. Lee Yeon tahu betuk bahwa gak ada masa depan untuk mereka berdua karena hal tersebut Lee Yeon suatu hari mengusir Ji A dari gunungnya dan tidak mau bertemu dengan dia lagi.

Tapi bukannya terlepas, Lee Yeon malah terikat janji dengan Ji A saat dia diselamatkan oleh Ji A di desa ketika penduduk mengejar dirinya. Suatu hari tubuh Ji A dirasuki oleh Imoogi karena dia ingin menyelamatkan ayahnya yang seorang Raja, karena Imoogi tahu dia ada hubungan dengan Lee Yeon, akhirnya Imoogi pergi ke gunung untuk membunuh Imoogi. Ji A dengan segenap sisa kesadarannya meminta Yeon membalas janjinya dengan membunuh dirinya untuk mengalahkan Imoogi dan akhirnya merekapun mati. Yeon sang dewa gunung yang patah hati langsung pergi dari gunung kekuasaannya dan menelantarkan isi dari gunung tersebut.

Mungkin ya, karena cerita cinta Yeon dan Ji A dari masa lalu gak digambarkan secara penuh jadi menurut aku ya ngapain juga Yeon bersedih sampai 600 tahun hanya karena seorang cewek manusia. Ya emang seh diceritakan di drama bahwa kalau rubah udah jatuh cinta maka dia hanya akan mencintai satu orang itu aja. Tapi tetap gak worth it gitu loh.

Terus pas ketemu Ji A di masa depan, cintanya langsung tiba tiba muncul lagi. Walaupun gak melupakan sahabat serta keluarganya, tapi rasanya kok adegan per adegannya gak sekuat itu juga untuk akhirnya dia merelakan nyawanya untuk cintanya. Jadi mungkin buka salah Yeonnya juga ya, salah jalan ceritanya aja kenapa gak membangun kekuatan cinta mereka.

Di luar dari kisah cintanya, aku sebenarnya suka seh sama karakter Yeon ini. Dia digambarkan sebagai karakter yang humoris, kuat tapi sangat bertanggung jawab. Beda banget sama dua karakternya terakhir yang aku tonton di Goblin dan Touch Your Heart kan dua duanya serius gimana gitu, nah kalau di sini dia beda. Terus kok ya Lee Dong Wook terasa ganteng ya di sini, hahaha. Apa karena karakternya yang humoris gitu dan sering senyum dan ketawa jadi lebih ganteng? Tapi yang pasti, seneng lihat dia disepanjang drama ini :mrgreen:

Nam Ji A (Jo Bo Ah)

Cewek yang egois

Apa aku mainnya kurang jauh atau Jo Bo Ah ini emang kurang terkenal ya? Tapi yang pasti aku gak pernah nonton drama dia sebelumnya. Untuk orang yang baru nonton dia untuk pertama kali aku jadi gak bisa membandingkan acting dia untuk berbagai karakter.

Untuk karakter Nam Ji A sendiri sebenarnya aku kurang suka seh, hahahaha. Karena aku kurang suka sama karakter ini jadi berharap kalau endingnya gak happy, seharusnya yang mati adalah Ji A aja karena toh dia manusia biasa, kalau Yeon yang mati kan sayang ya dia udah hidup ribuan tahun masak mati karena seorang wanita.

Nam Ji A sendiri adalah seorang produser acara TV tentang misteri, tapi praktis gak ada satu adeganpun di keseluruhan drama ini ada dia sedang bekerja syuting atau mempersiapkan acara TVnya. Satu-satunya yang “katanya” dia bekerja adalah menyediki misteri-misteri yang terjadi diantara masyarakat. Menyelidikinya sampai mau datang ke pulau nun jauh di sana gitu loh. Polisi aja gak ada yang sampai lah dia bisa berusaha sangat keras menyusuri misteri kasus tersebut. Anehnya lagi, udah diselidiki capek-capek ya kok gak ada penayangan acara TV nya gitu loh. Lebih asyik kalau dia jadikan polisi aja sekalian kan?

Cewek yang egois menurut aku di sini adalah ya sebenarnya hampir sepanjang ceritanya dia hanya berfokus sama mencari orang tuanya aja loh. Baik di masa lalu yang ingin menyelamatkan ayahnya, ataupun di masa sekarang. Yeon yang udah gigih dari awal cerita menjaganya tetap aja jadi yang kedua. Padahal kalau dilihat dari kacamata seorang manusia, orang tua yang udah hilang 20 tahun ya udah direlakan aja seh yak tapi tetep aja. Bahkan ada beberapa adegan dia mencemaskan kedua orang tuanya (yang belum tentu juga ada) yang akhirnya banyak mengorbankan orang-orang terdekat Lee Yeon.

Sampai pada akhirnya, Ji A inipun tetap egois ketika tahu bahwa di dalam tubuhnya bersemayam Imoogi. Manusia udah pada banyak yang mati, teman-temannya udah pada sekarat, Lee Yeon udah pontang panting nyari cara agar dia selamat. Lah dia cuma duduk manis aja sambil nangis-nangis meratapi nasib.

Dua kali nonton drama kok ya aku gak suka karakter tokoh utama perempuannya ya, hahahaha.

Lee Rang (Kim Beom)

Si manja yang jahat

Lee Rang adalah adik Lee Yeon dengan ibu yang berbeda. Ibu Lee Rang adalah seorang manusia biasa. Sewaktu dia kecil, dia selalu saja menjadi bahan bullyan penduduk desanya dan ibunya bukannya menyelamatkannya malah dia bersembunyi saat Lee Rang sedang diserang. Pada akhirnya ibunya meninggalkan Lee Rang di dalam hutan dan berharap dia mati diterkam oleh makhluk ganas di sana. Tepat sebelum kejadian tersebut, Yeon menyelamatkannya dan mengasuhnya mulai saat itu.

Saat Yeon patah hati dan meninggalkan gunung, Lee Rang hidup sendirian di dalam hutan yang lama kelamaan terjajah oleh manusia. Diapun kemudian marah dan membunuh manusia di desa dekat gunungnya sambil mencari kakaknya Yeon. Tapi saat Yeon datang, bukannya dia menyelamatkannya, Yeon malah menyerang Rang dengan pedangnya yang merupakan tugasnya untuk menghentikan Rang membunuh manusia tidak berdosa. Karena kecewa dengan kakaknya, diapun kemudian membenci Yeon dan selalu berbuat jahat kepada kakaknya.

Di awal ceritanya, Lee Rang ini digambarkan sosok yang jahat yang selalu mengganggu Yeon dan Ji A. Sebenarnya seh dia hanya ingin menganggu Yeon aja ya, tapi karena Yeon gak bisa diganggu makanya dia mengganggu yang lemah dari orang terdekatnya Yeon siapa lagi kalau bukan Ji A.

Disepanjang filmnya, penulis juga berusaha menerangkan bahwa Lee Rang ini baik hanya kurang kasih sayang aja. Tapi menurut aku inti dari kejahatan di drama ini ya Lee Rang ini. Karena dialah yang membangunkan Imoogi hanya untuk mendapatkan perhatian dari kakaknya! Walaupun pada akhirnya dia mengobarkan dirinya untuk Yeon tapi pada dasarnya dia memang sosok manja yang jahat.

Aku sendiri kasian banget seh sama Yeon dikelilingi oleh orang orang egois dan manja yang malah orang yang paling dia sayangi. Untungnya, dia masih memiliki teman-teman setia yang selalu membantunya untuk menyelamatkan Ji A atau menghentikan Lee Rang.

***

Setelah baca kembali tulisan aku di atas, kok terkesan kayaknya aku banyak gak sukanya ya sama karakter di dramanya? Hahahaha. Tapi walaupun begitu untuk keseluruhan ceritanya aku lumaya suka kok dengan drama ini. Drama yang kategori ringan menurut aku walaupun ada penjahat kejamnya tapi tetap aja nuansa sepanjang dramanya teman drama romantis aja.

7/10

 

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s