[Review Drakor] Dokter John


Mau review kok ya malas. Bukan karena dramanya gak bagus loh ya. Malahan aku suka terwow wow sama drama ini saking spesifik dan detailnya membahas tentang ilmu kesehatan dan kedokteran. Lupakan itu asmara asmaraan di drama ini LUPAKAN! Karena porsinya dikiiiittt banget, digantikan sama porsi istilah istilah medis yang aku kok jadi pengen ngeskipnya saking gak ngertinya istilah itu, hahahaha.

Sukanya drama korea adalah, mereka β€œcuma” membuat drama aja sampai sedetail itu gitu membahasnya, pasti pake research segala deh aku yakin. Bahkan temen aku sang dokter penggemar drama korea aja baru tahu beberapa jenis penyakit dari drama ini. Ternyata dari drama bisa dapat ilmu pengetahuan toh πŸ˜‚

Cerita dimulai dari penjara, saat dr Cha (Ji Sung) sedang menghabiskan 3 tahun hidupnya dipenjara karena dia menggunakan salah satu obat yang mempercepat kematian pasien yang sudah koma. Ada seh istilah medisnya, tapi aku males nyari, huahahahaha.

Saat dipenjara itulah dr Cha bertemu dengan dr Kang (Lee Se Young). Dia adalah dokter residen tingkat kedua yang meninggalkan masa residennya karena merasa gagal menyelamatkan pasiennya yang gak lain gak bukan adalah ayah kandungnya sendiri.

Di dalam penjara, dr Cha selalu saja mengkritik dokter jaga karena dia menilai mereka tidak cukup cakap untuk melayani pasien di sana. Pas adegan di penjara ini kelihatan dr Cha seperti orang psikopat seh yak

Gak lama kemudian akhirnya dr Cha ke luar dari penjara, dr Kang pun akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan dokternya karena mendapatkan banyak insight dari dr Cha. Lalu kemudian, tanpa disengaja, merekapun kemudian bertemu di rumah sakit yang sama, dan di ruangan yang sama di devisi Anastesi sebagai profesor dan murid.

Lalu apakh benih benih cinta itu muncul? Lah, tentu tidak! Mereka di rumah sakit terlalu sibuk dengan ngurus pasien kakak! dr Cha kelihatan banget sangat ambisius kalau berkaitan dengan menyembuhkan pasiennya. Salah satu yang paling menjadi perhatian dr Cha adalah seorang anak SMA yang terdiagnosa mengidap penyakit CIPA. Penyakit ini adalah penyakit langka yang mana pasien tidak bisa merasakan sakit. Gak bisa merasakan sakit ini sangat berbayaha ternyata loh. Bayangkan kalau kita demam kita akan menggigil kedinginan, mereka gak bisa! Kalau kita kembung akan sakit perut, mereka gak bisa. Bahkan kalau terindikasi kanker kita tahu bagian mana yang sakit, entah itu kepala, ada dada, atau jantung, mereka gak bisa! Karena itulah mereka seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja saat penyakit sudah amat parah.

Dibalik itu semua, ternyata dr Cha juga merupakan pasien CIPA! Dia berusaha menutupi hal itu karena, kalau orang tahu dia adalah seorang pasien, maka karir dia sebagai dokter yang amat dicintainya akan berakhir.

Saat dr Kang tahu bahwa dr Cha adalah seorang pasien, dia langsung syok. Diapun kemudian mulai memerhatikan dr Cha, bagaimana kondisinya, bagaimana kesehatannya, hingga akhirnya dia sadar bahwa dia menyukai dr Cha.

Tahu dr Kang menyukainya apakah dr Cha membalas? Ya tentu tidak ferguso!

Dr Cha adalah seorang pasien, dan dia tahu bahwa tubuhnya adalah bom yang setiap saat bisa meledak dan dia bisa mati kapan saja bahkan hanya karena demam! Maka, dr Cha pun menolak perhatian dr Kang.

Lalu apakah dr Kang menyerah? Bagaimana nasib asrama mereka? Terus apakah dr Cha bisa menjadi dokter selamanya dengan kondisi tubuhnya yang seperti itu? Ya ditonton aja seh, huahahahahaha.

***

Menurut aku jalan cerita drama ini bagus walaupun aku gak begitu tertarik sama istilah istilah kedokterannya seh. Emang si Irni kurang tertarik sama kesehatan dari dulu ya. Gak suka banget pelajaran semisal biologi atau kimia gitu, jadi nonton ini lihat jalan ceritanya aja tanpa lihat sisi medisnya, hahahaha.

Kalau yang aku lihat dengan detailnya alur tentang dunia medisnya juga, mungkin drama ini salah satu ajang promosi Korea Selatan untuk teknologi medisnya juga kali ya. Kali aja setelah ini para penonton dari China, Malaysia dan Indonesia berbondong bondong ke sana untuk melakukan perjalanan wisata medis. Ya mungkin aja.

So, ada yang udah nonton drama ini juga? Gimana pendapatnya?

Dan btw, kalian lagi nonton drama korea apa? Kok aku tiba tiba kehabisan stok drama korea ya? Selain Arthdal yang kok seriap episodenya keren banget itu aku gak ada lagi bisa nonton apa apa? Kasih masukkan dong πŸ˜„

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s