[Review Drakor] Hospital Playlist


Nonton drama ini saat orang orang mulai tamatin nontonnya. Kemudian dapat spoiler kalau endingnya gantung. Ya udah, aku juga spoilerkan ke kalian bahwa endingnya emang gantung! 😜

Nonton drama ini karena posternya kece. Baca sinopsisnya jadi penasaran. Kok bisa gitu ada 5 orang dokter yang bersahabat dari semenjak mahasiswa sampai jadi spesialis. Manalah kerja di rumah sakit yang sama lagi! Kan buat iri! Iri karena aku gak punya teman yang tetap kontak dari sekolah sampai sekarang gitu, hahahaha. Etapi aku emang tipe manusia seperti itu seh, jadi gak bisa disamain 🥺

Aku masih suka kagum sama drama korea yang jika mengangkat satu tema drama pasti totalitas banget. Termasuklah drama ini. Setiap adegan disuguhkan sama bahasa bahasa medis yang kedengarannya sangat keren. Cuma kedengarannya seh, aku dari dulu gak suka pelajaran biologi juga 🤣

Jadi ceritanya tentang apa seh Niee?

Wokey, sama seperti yang aku sebut di atas, bahwa drama ini bercerita tentang 5 sahabat yang sudah berteman 20 tahun. Dari jaman rambut masih gimbal berekor panjang, sampai jadi manusia manusia keren menjulang.

Ada Lee Ik Jon (Cho Jung Seok) sang dokter spesialis dalam, Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok)  dokter spesialis bedah anak, Kim Jun Wan (Jung Kyoung Ho) dokter spesialis paru, Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung) dokter spesialis kandungan, Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) dokter spesialis bedah otak.

Pada mulanya, mereka bekerja di rumah sakit berbeda, lalu presiden direktur RS Yulje meninggal yang mana ayah dari Ahn Jeong Won. Jeong Won yang awalnya digadang sebagai penerus RS kemudian menolak dan memilih mengelola pasien VIP. Untuk mendukung itu, diapun meminta teman temannya untuk membantunya. Seok Hyeong setuju dengan syarat, untuk band mereka aktif kembali. Dan mulailah perjalanan cerita mereka.

Lee Ik Joon awalnya terlihat bahagia, dia memiliki anak yang sangat lucu bernama Lee U Jun dan istri yang tinggal di luar negeri. Namun tiba tiba istrinya kembali dan mengajak bercerai. Walaupun berat, akhirnya diapun setuju dan menjadi ayah tunggal dari U Ju.

Ahn Jeong Won walaupun dari keluarga kaya tapi selalu kekurangan uang. Dia adalah tipe manusia baik hati yang lebih suka menolong sesama. Dia anak kelima dari lima bersaudara dan keeempat abang dan kakaknya menjadi pastur dan biarawati. Jeong Won sendiri memiliki kegelisan sendiri untuk dirinya, dia juga ingin mengikuti jalan kakak kakaknya.

Kim Jung Wan yang paling tidak terlihat ada masalah. Tapi kemudian dia mulai berpacaran dengan Lee Ik Soon adiknya Ik Joon. Merekapun berpacaran diam diam dari kakak dan teman temannya. Mereka saling mencintai tapi Ik Soon tidak mau menikah karena ada trauma masa lalunya.

Yang Seok Hyeong yang memiliki masalah paling kompleks dari mereka berlima. Pernah menikah dan sekarang berstatus duda. Memiliki ayah yang selingkuh dan ibu yang tidak ingin bercerai dari ayahnya. Hari harinya hanya menemani ibunya dan mengurus permasalahan keluarganya. Dia disukai oleh dokter residen di rumah sakit tapi galau dengan keadaannya sendiri.

Terakhir Chae Song Hwa, tipe manusia sempurna. Satu satunya cewek di gank band para dokter spesialis. Pintar, baik, ramah dan disukai oleh semua orang disekelilingnya. Hanya satu kekurangannya, suaranya false 🤣

***

Sebenarnya cerita drama ini tentang apa seh? Kalau aku simpulkan, drama ini berkisah tentang kehidupan sehari hari para dokter spesialis di suatu rumah sakit. Udah. Hahahahaha.

Walaupun ada konflik gak dibahas dengan mendalam, ada percintaan yang buat greget tapi tetap hanya sebagai pemanis. Dari episode keepisode diisi oleh satu pasien kepasien lainnya.

Terus membosankan dong? Awal episodenya aku sempet bosan juga seh. Tapi dorongan para teman jadi pengen nonton lagi. So far nonton drama ini beneran menghibur banget. Cocok buat nonton teman minum teh sore hari. Tapi aku nontonnya selalu malam hari 😄

Terus kalau cuma cerita sehari hari gantungnya di mana?

Ya itu, walaupun gak ada yang bikin greget, tapi cerita drama ini sangat mengalir, bagaimana kehidupan keluarga mereka, dan bagaimana kehidupan cinta mereka.

Gantungnya saat jadian eh habis, saat nyatakan cinta eh habis, saat menolak eh habis, saat lagi cinta cintanya eh habis, semuanya saat nanggung eh habis, padahal lagi suka sukanya sama dramanya eh habis dong 😭😭

Untuk penggambaran tentang dokternya aku suka seh. Jadi beneran berasa dokter spesialispun manusia biasa 😂 Yang selama ini aku lihat para dokter di rumah sakit itukan jauh, berjarak dan kaya kaya kan yak. Kalau di sini mereka digambarkan adalah warga biasa aja. Ada yang kaya, tapi gak ada yang digambarkan dokter spesialis kaya raya. Ada yang pintar, tapi gak digambarkan bahwa semua dokter jenius.

Di drama ini juga dilihatkan perjuangan para dokter residen. Gak tahu kenyataannya ya, tapi kok ya di sini dokter spesialis dan residennya sweet banget gitu. Selalu mendampingi dan didampingi.

Dan lagi, didramanya juga dilihatkan bahwa dokter dokter ini suka banget kalau ada dokter baru dibidang mereka. Makanya mereka pada “cari muka” ke mahasiswa kedokteran biar mereka masuk ke spesialis seperti mereka. Biar ada yang bantu gitu. Padahal aku kira para dokter spesialis ini berlomba lomba siapa yang paling langka 😂

Kesimpulannya?

Aku jadi gak bisa nyimpulin seh drama model kayak gini, hahaha. Yang pasti selama 12 episode ini aku sangat menikmati. Akan ada season 2 tahun depan nanti. Mudah2an semua yang ngegantung bisa ada jawaban pasti.

Aku menunggumu ditahun depan para dokter 🥰🥰

[Review Drakor] Dokter John


Mau review kok ya malas. Bukan karena dramanya gak bagus loh ya. Malahan aku suka terwow wow sama drama ini saking spesifik dan detailnya membahas tentang ilmu kesehatan dan kedokteran. Lupakan itu asmara asmaraan di drama ini LUPAKAN! Karena porsinya dikiiiittt banget, digantikan sama porsi istilah istilah medis yang aku kok jadi pengen ngeskipnya saking gak ngertinya istilah itu, hahahaha.

Sukanya drama korea adalah, mereka “cuma” membuat drama aja sampai sedetail itu gitu membahasnya, pasti pake research segala deh aku yakin. Bahkan temen aku sang dokter penggemar drama korea aja baru tahu beberapa jenis penyakit dari drama ini. Ternyata dari drama bisa dapat ilmu pengetahuan toh 😂

Cerita dimulai dari penjara, saat dr Cha (Ji Sung) sedang menghabiskan 3 tahun hidupnya dipenjara karena dia menggunakan salah satu obat yang mempercepat kematian pasien yang sudah koma. Ada seh istilah medisnya, tapi aku males nyari, huahahahaha.

Saat dipenjara itulah dr Cha bertemu dengan dr Kang (Lee Se Young). Dia adalah dokter residen tingkat kedua yang meninggalkan masa residennya karena merasa gagal menyelamatkan pasiennya yang gak lain gak bukan adalah ayah kandungnya sendiri.

Di dalam penjara, dr Cha selalu saja mengkritik dokter jaga karena dia menilai mereka tidak cukup cakap untuk melayani pasien di sana. Pas adegan di penjara ini kelihatan dr Cha seperti orang psikopat seh yak

Gak lama kemudian akhirnya dr Cha ke luar dari penjara, dr Kang pun akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan dokternya karena mendapatkan banyak insight dari dr Cha. Lalu kemudian, tanpa disengaja, merekapun kemudian bertemu di rumah sakit yang sama, dan di ruangan yang sama di devisi Anastesi sebagai profesor dan murid.

Lalu apakh benih benih cinta itu muncul? Lah, tentu tidak! Mereka di rumah sakit terlalu sibuk dengan ngurus pasien kakak! dr Cha kelihatan banget sangat ambisius kalau berkaitan dengan menyembuhkan pasiennya. Salah satu yang paling menjadi perhatian dr Cha adalah seorang anak SMA yang terdiagnosa mengidap penyakit CIPA. Penyakit ini adalah penyakit langka yang mana pasien tidak bisa merasakan sakit. Gak bisa merasakan sakit ini sangat berbayaha ternyata loh. Bayangkan kalau kita demam kita akan menggigil kedinginan, mereka gak bisa! Kalau kita kembung akan sakit perut, mereka gak bisa. Bahkan kalau terindikasi kanker kita tahu bagian mana yang sakit, entah itu kepala, ada dada, atau jantung, mereka gak bisa! Karena itulah mereka seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja saat penyakit sudah amat parah.

Dibalik itu semua, ternyata dr Cha juga merupakan pasien CIPA! Dia berusaha menutupi hal itu karena, kalau orang tahu dia adalah seorang pasien, maka karir dia sebagai dokter yang amat dicintainya akan berakhir.

Saat dr Kang tahu bahwa dr Cha adalah seorang pasien, dia langsung syok. Diapun kemudian mulai memerhatikan dr Cha, bagaimana kondisinya, bagaimana kesehatannya, hingga akhirnya dia sadar bahwa dia menyukai dr Cha.

Tahu dr Kang menyukainya apakah dr Cha membalas? Ya tentu tidak ferguso!

Dr Cha adalah seorang pasien, dan dia tahu bahwa tubuhnya adalah bom yang setiap saat bisa meledak dan dia bisa mati kapan saja bahkan hanya karena demam! Maka, dr Cha pun menolak perhatian dr Kang.

Lalu apakah dr Kang menyerah? Bagaimana nasib asrama mereka? Terus apakah dr Cha bisa menjadi dokter selamanya dengan kondisi tubuhnya yang seperti itu? Ya ditonton aja seh, huahahahahaha.

***

Menurut aku jalan cerita drama ini bagus walaupun aku gak begitu tertarik sama istilah istilah kedokterannya seh. Emang si Irni kurang tertarik sama kesehatan dari dulu ya. Gak suka banget pelajaran semisal biologi atau kimia gitu, jadi nonton ini lihat jalan ceritanya aja tanpa lihat sisi medisnya, hahahaha.

Kalau yang aku lihat dengan detailnya alur tentang dunia medisnya juga, mungkin drama ini salah satu ajang promosi Korea Selatan untuk teknologi medisnya juga kali ya. Kali aja setelah ini para penonton dari China, Malaysia dan Indonesia berbondong bondong ke sana untuk melakukan perjalanan wisata medis. Ya mungkin aja.

So, ada yang udah nonton drama ini juga? Gimana pendapatnya?

Dan btw, kalian lagi nonton drama korea apa? Kok aku tiba tiba kehabisan stok drama korea ya? Selain Arthdal yang kok seriap episodenya keren banget itu aku gak ada lagi bisa nonton apa apa? Kasih masukkan dong 😄