Jurus Bersih-Bersih Kilat Ala Ibu Cerdas


Banyak ibu rumah tangga yang merasa enggan saat harus bersih-bersih rumah. Karena aktivitas yang satu ini harus dilakukan secara teliti dan butuh waktu yang tidak sebentar. Bersih-bersih yang benar bukan hanya sekadar mencuci baju, menyapu, dan mengepel. Karena setiap sudut rumah juga menuntut untuk dibersihkan dan dijaga kerapiannya.

sumber: www.suararakyatindonesia.org
sumber: http://www.suararakyatindonesia.org

Sebenarnya para ibu tidak perlu repot bersih-bersih rumah sambil menggerutu kalau sudah tahu triknya. Jurus bersih-bersih ampuh secara kilat ini pasti meringankan beban para ibu rumah tangga setiap hari :

Tetapkan Jadwal Bersih-bersih Harian

Jadwal bersih-bersih harian adalah hal yang harus ibu lakukan setiap hari. Bersih-bersih harian biasanya meliputi aktivitas menyapu, mengepel, mengelap meja serta menepuk-nepuk permukaan bantal dan kasur. Debu yang menempel membuat bagian-bagian tersebut harus ibu bersihkan setiap hari.

3 Prinsip Saat Membereskan Ruangan

Ada 3 prinsip dasar yang harus ibu pahami saat membereskan ruangan. Prinsip dasar tersebut adalah menyingkirkan sampah, mengembalikan barang yang berpindah tempat serta mengembalikan barang yang seharusnya ada di ruangan lain. Dengan memahami prinsip ini, ibu jadi tidak kesulitan saat harus bersih-bersih. Setiap ruangan di rumah bisa dibersihkan secara cepat dan sempurna.

Menggunakan Alat Kebersihan yang Bermutu

Sapu, kain pel lama atau alat kebersihan lainnya yang selalu ibu gunakan harus diganti secara berkala. Karena biasanya kualitasnya akan semakin menurun jika ibu terus menerus menggunakannya. Pilihlah alat kebersihan bermutu dengan teknologi canggih. MatahariMall juga jual produk online terlengkap untuk kebutuhan bersih-bersih rumah lho, Bu. Aneka alat kebersihan berkualitas bisa ibu dapatkan dengan harga yang bersahabat dan proses belanja online yang mudah. Semuanya tersedia secara lengkap di MatahariMall.

Hal-hal Sepele yang Sering Luput dari Perhatian

Ada berbagai hal sepele yang sering luput dari perhatian dan akhirnya lupa dibersihkan. Sela-sela jendela, lemari pajangan, bingkai foto, dan bagian bawah lemari adalah tempat bersarangnya debu serta kotoran. Kalau ibu selalu lupa membersihkan bagian-bagian tersebut, sudah pasti kotoran dan debu akan semakin menumpuk dan membuat rumah jadi tambah kotor.

Ibu cerdas pasti paham tentang bagaimana cara membersihkan rumah dengan efektif. Biasakan diri untuk membuat jadwal bersih-bersih secara teratur agar pekerjaan rumah yang satu ini jadi terasa ringan.

 

[Adv]

Semangat 2016


Haaaaiiii… Haaalllooooo.. Apakabar semuanyaaaa??

Iihhh, udah tanggal 14 aja ya bulan Januari ini, berarti udah 2 minggu aja masuk ke tahun 2016, gak terasa! Rasanya ya kalau dihitung hari emang kadang terasa lama banget, tapi kalau dihitung bulan, tahun ya kok cepet banget ya, apalagi sekarang.

Bekerja di pemerintahan itu sama dengan artinya gak ada libur akhir tahun dan awal tahun. Ya kadang iri lihat perusahaan yang meliburkan karyawannya di akhir tahun, ya namanyakan rumput tetangga selalu lebih hijau yak 😛 Akhir tahun berkutat sama realisasi, uang yang dikasih harus diserap, kalau gak diserap berarti kita salah, salah menentukan perencanaan, gak matang! Perlu dipertanggungjawabkan. Nah, kalau awal tahun ini aku berkutat mengurusi laporan akhir tahun 2015 untuk kinerja instansi di mana tempat aku bekerja sekarang.

Perubahan yang paling yang aku rasakan pada tahun keenam aku bekerja di kantor ini adalah (iihh, gak terasa udah enam tahun aja aku kerja yak) rasanya aku sudah hampir khatam dengan istilah pelaporan kesehatan loh! Ini prestasi banget menurut aku, hihihi.

Ya dulu kan pas aku disuruh nyari data K-1, K-4, neonatus ya kan kayak mencari rambut dalam jerami ya. Tapi sekarang aku ngerti. Dan rasanya aku bisa menerangkan dari A-Z tentang hal itu kepada orang awam lainnya. Malahan kadang aku lebih paham indikator itu daripada orang Puskesmas loh! Keren yak *ya diiyain aja lah ya* 😛

Foto perdana satu tim diawal tahun di gedung yang baru :D
Foto perdana satu tim diawal tahun di gedung yang baru 😀

Eh, tumben intronya kepanjangan. Semangat 2016 dari judul di atas tentu gak ada hubungannya dengan kerjaan di kantor aku kok, tapi ada beberapa hal yang aku semangatin kalau udah masuk bulan januari ini.

Pindah Rumah

Ya, yang paling terasa perbedaannya dari tahun 2015 ke tahun 2016 ini bagi keluarga aku tentu pindah rumah ya. Walaupun tetep belum seratuspersen pindahnya >.< tapi udah mulai nyicil ngabisin barang dari rumah ortu ke rumah yang baru. Kalau dari rumah mertua seh udah langsung dihabiskan barangnya, jadi otomatis sekarang udah gak pernah nginep di rumah mertua lagi. Sekarang cuma berkutat antara rumah sendiri sama rumah ortu. Mudah-mudahan dalam waktu deket barang yang mau dipindahin udah bisa pindah semua jadi bener bener udah gak perlu pindah-pindah sama sekali lagi.

Perbedaan dari tinggal rumah sendiri juga adalah dipagi hari ada aktifitas baru buat aku dan si abang. Kalau selama ini aku mau berangkat ke kantor ya langsung berangkat aja, kali ini aku harus boyong si K dulu dari rumah ke rumah mbahnya karena di rumah kan kosong ya gak ada yang jaga. Pengennya seh yang jagain K yang dateng ke rumah, tapi ya namanya juga minta tolong sama keluarga (bukan mbahnya seh yang jagain, tapi bibi) jadi gak bisa juga dipaksain buat dateng ke rumah. Pulangnya juga boyong-boyong K dari rumah mbahnya buat pulang ke rumah. Kasian deh lihatnya >.<

Ulang Tahun Katniss

Si K yang sekarang bisa minta dibacain cerita :D
Si K yang sekarang bisa minta dibacain cerita 😀

Semangat disetiap januari karena udah pengen ngurus-ngurusin buat si K ulang tahun! Ya, bayi yang imut-imut itu gak terasa udah mau 2 tahun aja loh! Udah cerewet banget ngomongnya mengarah ke bawel 😛 Udah bisa protes dengan segala sesuatu. Misal dia suruh aku minum obat (biasa aku minum tolak angin gitu dia lihat) terus dia suruh aku minum. Ya aku pura-pura minum dong tampa membuka obatnya. Lah dia protes “buka dulu ma bungkusnya, baru diminum” yaaaa.. udah gak bisa dikibulin lagi ya K :mrgreen:

Gak sama dengan tahun lalu di mana ultah K dirayain lumayan rame. Kali ini aku pengen bertiga aja ulang tahunnya! Sesuai dengan keinginan tahun lalu yang gak bisa terealisasi karena neneknya maunya ngundang banyak orang. Nah, karena udah bisa ngerayain di rumah sendiri, jadinya bisa dong ya konsepnya semau emaknya aja. Paginya foto-foto bertiga, tiup-tiup lilin sampe puas (si K seneng bener dah kalau disuruh tiup lilin) nah siangnya baru niat nyuruh nenek dan mbahnya datang buat makan dan doa gitu deh.

Liburaaaaaannnnn.

Dan salah satu yang bikin semangat menginjakin tahun 2016 ini apalagi kalau bukan rencana liburan aku ke Hongkong nanti di bulan Juli. Masih lama yaaa 😛 tapikan karena budget dan jatah cuti terbatas yang cuma 9 hari kerja setahun itu 😥 jadi emang bisanya jalan setahun sekali aja 😦

Tapi efektif kok ini liburan sekali setahun. Soalnya kalau udah capek gitu dengan kerjaan kantor yang gak selesai-selesai, bukan catatan sendiri, lihat-lihat itenerary yang udah dibuat, cari cari referensi lagi terus jadi semangat. Di dalam hati bilang tenang Niee kerjanya tinggal 6 bulan lagi kok, ntar kita bisa liburan.. Hahahahaha *gak banget deh*

Selain liburan ke Hongkong, tahun ini aku juga akan lagi-lagi berburu tiket untuk liburan selanjutnya. Mudah-mudahan seh gak ada halangan deh yak buat libur-liburan lagi 😀

***

So, semangat dong ya menatap 2016! *jiaaah menatap* kalau gak inget laporan 2015 yang belum selesai aja 😛