Katniss Bicara


Si Katniss ini termasuk anaknya yang cepet banget bisa ngomongnya. Umur 12 bulanan dia udah bisa beberapa kata dengan jelas. Umur 14 bulan pas kita liburan ke Bangkok dia udah fasih menurut anak seumurannya gitulah ya biacaranya. Nah, kalau sekarang apa aja bisa deh dia ngikutin. Mau bahasa Indonesia kayak yang diajarin emak bapaknya, atau sedikit bahasa Inggris yang dia denger dari video di youtube semacam the wheel on the bus, rain rain go away, finger family song pun dia udah bisa ngikutin dengan lumayan fasih sampe bahasa melayu kuno yang dia pelajari dari nendanya yang ngasuh. Bisa gitu tiba-tiba dia bilang ndag osaaaa (gak boleh), atau apeeee jaaakk dan beberapa kata yang malah emaknya sendiri gak tahu artinya apa. Setelah ditanyai sama neneknya baru paham >.<

Palingan kekurangan si K sekarang soal bicara adalah masih ada nyangkut dibeberapa huruf. Misalnya huruf K diucapkannya dengan T, jadi dia nyebut namanya itu dengan Tatnis, lebih seringnya malah terdengar dengan Tatis kalau males nyebut N nya. Huruf L kalau ditengah bisa diucapkan, kayak Lala dia udah fasih banget, tapi kalau disuruh nyebut Mobil dia selalu menggantinya dengan sebutan MobiN, MotoN, Kapa(l)N. Huruf R juga gitu kalau didepan dia menghilangkan atau mengganti huruf itu dengan Y, misal nyebut rumah dengan Umah atau Yumah, kalau diujung kayak dapur tetep diganti dengan N jadi dapuN. Huruf J diganti dengan Y kayak jaYuh. Kalau huruf S udah bisa she, tapi kadang masih kurang terdengar jelas juga.

Nah, karena udah lancar bicara gini aku kadang-kadang suka ketawa dan kagum sendiri dengan ucapan-ucapan dia kepada kita. Dan emang sering kali aku berfikir si K ini emang udah bisa mikir kali ya (tapi seh sampe sekarang dia gak bisa bercerita tengtang kejadian yang dia alami seharian gitu pas aku tinggalin, tetep tahunya dari neneknya).

Pembicaraan 1: di dalam mobil jalan pulang ke rumah malem hari.

Katniss (K) : Maaaaaa.. Tatniss mau nenennnn..

Mama (M) : Tunggu bentar ya sampe di rumah dulu. Sikat gigi dulu, ganti baju dulu baru nenen di kamar (aku takutnya kalau dia nenen ketiduran terus gak ganti-ganti pakaiannya kan repot)

K : Tatniss mau neneeeeeennnnnnnnn… (dengan suara yang meningkat)

M : di rumah aja, udah mau sampe kok, Cuma 10 menit lagi.

K : !@!!$!$#! Maaaa…

M : apa sayang?

K : #%#&#%&# taaaaannn

M : Apa nak?

K : Nenen bentan jak maaaaa *sambil memelas*

ya ampuuuunnn dia udah bisa mikir gitu ya bahwa dia maunya nenen sebentar aja sebelum sampe rumah. Dan beneran loh sampe rumah yang emang tinggal dekat dia langsung melepas nenenya sambil bilang “udah sampeeeeee” dan proses sikat gigi dan ganti bajupun berlangsung dengan aman :mrgreen:

Pembicaraan 2: saat emaknya mau pergi kerja. Prosesnya setiap pagi dia akan berlari di dalam pagar sambil minta-minta disalam diantara lubang-lubang pagar yang kecil-kecil sampe dia puas (ya maafken kalau telat kantor gara-gara ini ya 😛 )

K : Mama salam di siniii.. (sambil nunjuk lubang)

M *ngasih tangan di lubang itu*

K : Bukaaaaaannnn… di sini (sambil nunjuk lubang lainnya yang lebih kecil dengan senyum tawa kemenangan)

M : *emaknya masukin jarinya lagi*

K : Di sini (sampe 10 kali berulang)

M : Udah ya mama pergi kantor sekaraaangg.

K : Aaaaaaahhhhh… Salaaaammmm.. (sambil ngasih tangannya)

M : *salaman*

K : Ciuuuummmm

M : Sini-sini mama cium (sambil ngasih bibir dibalik pagar)

K : Helmnya bukaaaaaa… Lupaaa mama buka helmnya. Hehehe.

M : *nyium sambil dusel-dusel*

Bisa gitu ya dia mikir kalau emaknya pake helm gak bakalan bisa nyium dia karena gak muat di teralisnya 😀

Pembicaraan 3: sore hari di halaman rumah nenek yang penuh dengan bunga.

K : Mamamaaa.. Tatniss minta bunga boleh?

M : *metikin bunga kemudian kasih ke Katniss*

K : hmmmmm.. Mamaaaaa… bungaaaaaa…

M : Kan udah..

K : Bungaaaaaaaaa…

M : Udah aaahh kan udah mama kasih satu.

K : Dua boleeeehhhh maaa?? *sambil memelas*

M : (karena kagum sama katniss yang bisa minta habis satu itu jumlahnya dua jadinya dikasih deh bunganya 😀 )

***

Sebenarnya masih banyak lagi seh obrolan random si K yang buat mamanya ngerasa ini anak kok pinter banget seh? (ya gak papa lah ya emaknya muji anak sendiri 😛 ) Tapi kalau ditulis-tulis gak kelar kelar kali ya, hahahaha..

Cuma kekurangan si K ini giginya gak nambah-nambah. Sampe sekarang umurnya 19 bulan giginya masih 6 gitu aja loh. Empat di atas dan dua di bawah. Semoga giginya cepet nambah ya K! Secepat dirimu bisa ngomong gitu lah 😀

Advertisements

27 thoughts on “Katniss Bicara”

  1. Wah…pinternya dik Katnis… Happy terus ya di rumah.. Kalau Katnis nyebut K jadi T kalo ponakanku malah sebaliknya, belum bisa bilang “lewat” bisanya “lewak”, “pesawat” jadi “pesawak”, padahal udak TK kecil 😆

  2. Niiiie…
    Waktu Fathir usia segitu aku seriiing banget posting ttg bahasa planetnya Fathir Niiie..bhahaha…
    Bahkan sempet kepikiran buat bikin kamus bahasa planet gitu saking beragamnya itu bahasa yang belepotan hehe….

    Tapi moment kayak gini tuh indah banget lho Niiie, kita suka terkagum2 & takjub sendiri..
    Dan Katniss udah pintel cekali ciiih..
    Cini peyuk tanteeee :))

    1. Hahahahaha. Emang mau sering sering ya teh biar terdokumentasi dengan baik gitu. Kalau mau mengenang tinggal buka postingannya.

      Bener teh kangum banget lah dengan perkembangan anak itu. Baru setahun dari yang gak bisa apa apa sampe bisa gini 😂

  3. Pinter mbak..
    aku sampe terharu krn ngebayangin anak sndiri bs ngmg gt..
    anakku udh 16bln belum ngomong2..
    apa mgkin krn jalannya dluan ya? 11bln ud bs jalan.
    caranya anak biar cpt ngmg selain diajak ngomong trs apa ya?

    1. Gak diajarin apa apa mbakk. Gak tahu juga ya kenapa bisa cepet. Mungkin emang perkembangan anak ya beda beda jadi mau di simulasi apapun kalau belum ya belum.

      Kalau jalan seh si K juga lumayan cepet 12bulan udah lari. Cuma ya ini giginya belom banyak. Padahal udah dikasih makanan yang katanya biar tumbuh giginya cepet tetep aja gak tumbuh tumbuh 😆

      1. Emang gitu ya? Sebel juga aku diomelin ama Bundaku dituduh gak telaten dan telat kasih belajar anak makan, padahal ya 6 bln kan sudah begitu aturannya. Cuma pas masuk 8 bln ini saja Zafa mulai pinter pasang aksi tutup mulut…semua orang aku curhatin gimana caranya biar bayi kita mau makan he he he

        1. Emang ada waktu waktunya juga dia gak mau makan hannn. Kalo aku seh yang penting jadwalnya konsisten. Jam 7-8 makan pagi. 12-1 makan siang 5-6 makan sore. Biarpun dikit tapi biar anaknya tahu bahwa dia ada kewajiban makan pada jam segitu. Jadi lama lama dia minta sendiri pada jam jam itu 😊

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s