Perjalanan Dinas


Haaaiiii… Halloooo.. Apakabar semuanyaaa?

Hasil bewe-bewe cantik dengan HP yang gak cantik lagi (curcol ya bo pengen ganti HP tapi HP yang diincer belom masuk ke Indonesia 😦 ) tersesatlah aku ke postingan Trinity di sini. Dia menceritakan tentang anggota dewan yang sedang perjalanan dinas ke Equador tapi ada yang ‘kabur’ ke Machu Picchu. Dia juga bercerita bahwa begitu enak dan gak enaknya perjalanan yang dibiayai itu karena pulangnya penuh dengan tanggungjawab dan laporan yang banyak bingit.

Membaca tulisan itu aku jadi ingin bercerita tentang perjalanan dinas aku selama ini. Pertama kali aku mendapat perjalanan dinas itu pas ke Bali. Pas tahu mau ke Bali aku semangat banget dah. Pertama karena aku gak pernah ke Bali, dan kedua karena aku baru tiga bulan kerja dan langsung disuruh pergi itu merupakan kesempatan yang luar biasa menurut aku.

Pantai di depan Hotel tempat pertemuan, Sanur - Bali
Pantai di depan Hotel tempat pertemuan, Sanur – Bali

Perjalanan dinasnya mulai dari hari selasa sampai hari kamis. Bos tengah aku waktu itu menanyakan apakah aku mau balik langsung ke Pontianak atau masih singgah dulu kemana. Terus langsung aku jawab buat singgah dulu ke Bandung (yang menjadi penyesalah aku kenapa harus bandung? Kenapa gak stay di Bali aja 2 hari? >.< )

Selasa sampe kamis tentu dibayarin full dari panitianya. Setelah itu pake uang pribadi. Tapi tahun 2011 lalu uang saku yang diberikan lumayan gede loh (kalau sekarang seh udah kicik banget. Seharinya cuma dapet 110k dipotong pajak pula sesuai dengan golongan) jadi kalau ‘nambah’ libur 3 hari (jumat – minggu) cukup lah dari uang saku yang diberikan.

***

Setelahnya perjalanan Dinas mengalir untuk aku. Tapi kalau gak di Jakarta ya di Bandung, jadi lumayan membosankan *dijitak* πŸ˜† Walaupun setiap perjalanan selalu aku selipkan untuk liburan 1-2 hari (coz panitia biasanya tahu kok kami yang dari daerah nun jauh disana ini juga butuh liburan, jadi selalu ngepasin kalau gak mulainya senin (yang berarti bisa ambil sabtu-minggu buat dateng duluan) atau gak berakhirnya jum’at) tapi lama kelamaan membuat aku sadar bahwa perjalanan dinas itu gak menyenangkan sama sekali loh!

Pertama yang namanya perjalanan itu pasti capek. Kedua, yang namanya perjalanan pake uang kantor itu selalu perlu pertanggungjawaban yang ngejelimet. Ketiga, pertemuan selama 3-4 hari itu gak ada istirahatnya! Biasanya pertemuannya dimulai dari jam 8 pagi sampe jam 12an malam *teler*. Dan Keempat, selalu ada laporan dan pekerjaan tambahan di setiap perjalanan dinas itu sendiri >.<

'Lari' sejenak ke Jogja pas weekend dipenghujung perjalanan dinas
‘Lari’ sejenak ke Jogja pas weekend dipenghujung perjalanan dinas

Jadi, si Niee masih mau gak kalau pergi buat perjalanan Dinas?

Sampe sekarang seh kalau bisa menghindar aku selalu menghindar yak kalau di suruh buat pergi perjalanan Dinas. Apalagi kalau bentuknya pertanggungjawaban ini dan itu. Lagian masih banyak juga temen-temen kantor yang ‘suka’ kalau disuruh ikut perjalanan dinas (apalagi yang aslinya orang jawa, bisa sekalian pulang kampung toh πŸ˜› ). Hanya kadang emang gak bisa ngelak kalau kerjaannya emang aku satu-satunya penanggungjawabnya #hufft

TAPI, kalau perjalanan dinasnya ke tempat yang aku belum pernah kunjungi semisal Lombok, Manado, Medan atau Aceh aku masih mau kok kakak! Biarin deh aku ngerjain laporan sampe lembur dan bergadang segala. Yang penting di foursquare aku bisa cek in di tempat baru (hadeeehh, masih jaman niee pake 4square? :mrgreen: )

Jadi kesimpulannya? Perjalanan Dinas itu gak menyenangkan kakak! Tapi ngangenin buat diundang ke tempat-tempat baru. Hayolah para kementerian yang di pusat sono. Undang-undang aku lagi dong buat ‘jalan-jalan’ πŸ˜›

Advertisements

38 thoughts on “Perjalanan Dinas”

    1. Gak bisa mbak, gak bisa kalau perjalanan dinas gini bawa anak atau suami. Selain biayanya harus bayar sendiri, gak ada waktu juga karena selalu yang namanya pertemuan itu jatohnya selalu dari pagi banget sampe malam banget >.<

    1. Kalau masih hamil si ibuk yang gak bolehin aku pergi jaldin mbak.. Padahal udah beberapa kali diundang akunya. Tapi selalu berakhir hadep bos biar digantiin sama orang lain dengan alasan hamil 😦

  1. Hahaha, disini juga sering mesti perjalanan ke konferensi-konferensi gitu Niee. Mungkin kira-kira ekuivalen sama perjalanan dinas ya, hehe πŸ˜€ . Kalau mau extend sih boleh-boleh aja tapi selama extend itu ya bayar sendiri πŸ˜€ . Kalau lokasinya di tempat yg eksotis mah oke2 aja ya Niee πŸ™‚ .

    1. Iyaaaa.. Emang harus uang sendiri deh yak.. Kalau dulu aku pakenya ya uang sakunya. Tapi karena skrg uang sakunya plg banter dapet 400k jadi harus ngeluarin duit lebih jatohnya..

      Makanya plg males skrg disuruh jaldin. Kecuali ya tempat eksotik gitu. Gak papa deh nambah2 pake uang sendiri.. Hehehe

  2. wah asik banget ya kalo perjalanan dinas dapet uang saku. hehehe.
    gua paling males kalo mesti pergi perjalanan dinas… abis gak dikasih uang saku sih πŸ˜›

  3. Mau-mau aja sik kalo aku mah, acara dari jam 8-12 kalo akhirnya dikasih bonus sehari atau dua hari jalan-jalan, hahaha…

    Eh, aku punya juga foto yang sama persis di pantai belakang hotel ituh…

  4. Niiiiee….
    Emang males yah, kalo abis jalan jalan gituh harus ngerjain PR yang seabrek abrek…
    Udah mah badan masih capek, cucian numpuk *dasar emak emak*, disuruh ngerjain tugas lagih…
    Tapi kalo sekali sekali mah, dinikmati aja yah Nieee…itung2 refreshing πŸ™‚

    Hayuk atuh kapan dinas ke festival citylink lagiiiih…hihihi…

    1. Teeeehhh… sebenarnya kalau jaldin ke Bandung itu rutin bulan Juli (kemaren digantikan sama temen karena masih dua bulan) dan Januari (dan ini akan digantikan lagi karena udah masuk 9 bulan) hiks..

  5. hahahaha.. emang kalo dinasnya ke tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya sih asyik yah.. tapi kalo dinasnya ke tempat yang sama berulang ulang.. udah males banget..

  6. Masih dong, sampe detik ini pun diriku masih berusaha biar badge di 4sq nambah…huahaha.. :p Kalo awal2 yah pasti enak yah Niee, tapi sifat mc emang bgitu kan. Kalo dah keseringan, dan ditempat yg sama bawaan yah bosen..hihii.. Klo ada dinas ke R4 gw ikutan yah dikopermuuu :p

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s