Lembur


Haaaiiii… Haalloooo.. Apakabar semuaaaa? Mudah-mudahan sehat yak *aamiin*

Beberapa hari yang lalu, sosial media dihebohkan oleh berita tentang seorang yang meninggal dikarenakan dia bekerja 3 hari nonstop tanpa istirahat bernama Mita.

Hasil screenshoot dari twitternya Mita (17/12/13)
Hasil screenshoot dari twitternya Mita (17/12/13)

Sebagai orang awam dan tidak tahu menahu tentang bidang pekerjaan almarhumah tentu aku merasa terkejut bahwa ada orang yang bisa bekerja (lembur) selama itu! Tapi setelah melihat retweet2 dari orang-orang, aku baru tahu bahwa ternyata memang ada orang yang bekerja sampe 2 hari 2 malam gak pulang-pulang ke rumah karena dikejar deadline atau sejenisnya 😦

Aku sendiri tentu pernah merasakan yang namanya lembur. Kalau full dari pagi di kantor paling malam aku lembur itu sampe jam 7 malem (masih awal banget yak πŸ˜› ) Kalau ada pertemuan aku pernah lembur sampe jam 10 malem. Kalau sedang perjalanan dinas aku pernah bekerja sampe jam 2 pagi di luar kamar dan sampe gak tidur jam 5 pagi di dalam kamar untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus selesai sebelum pertemuan itu selesai atau dengan kata lain gak boleh pulang sebelum selesai!

Abang aku sendiri lebih parah tingkat lemburnya. Hari biasa dia seringnya pulang jam 5 sore (jam kantor di daerah aku itu dari jam 7 pagi sampe 3 sore). Kalau udah akhir tahun gini biasanya dia pulang sampe jam 2 pagi. Sekarang pas udah nikah belom pernah seh sampe jam segitu, paling malem sampe di rumah jam 1 pagi aja >.< Mungkin gak tega ninggalin si istri dan anak dalem perutnya ini πŸ˜›

Dari pengalaman pribadi dan orang terdekat, ada beberapa alasan kenapa lembur itu terjadi, antara lain:

  1. Manajemen waktu yang jelek. Ini biasanya udah dikasih waktu yang cukup tapi diabaikan begitu aja. Jatohnya pas deadline udah deket pontang panting ngerjain dihari-hari akhir sampe lembur segala deh.
  2. Deadline mendadak. Ini yang sering membuat aku lembur. Karena sebagai orang yang anti lembur se dunia aku selalu berusaha membagi pekerjaan aku hari perharinya agar tidak ada lembur lagi. Tapi pada saat pekerjaan tiba-tiba datang dan hanya dikasih waktu 1-2 hari untuk diselesaikan ya mau gak mau harus lembur toh.
  3. Rapat/pertemuan. Ini yang diluar nalar aku. Kenapa seh yak bosbos di atas itu suka sekali menjadwalkan rapat/pertemuan diluar jam kerja? Seringnya itu aku ketemunya diundang untuk membahas anggaran di jam 7 malem. Kayak gak ada wkatu pagi aja. Manalah gak ngawur semua wong orang-orangnya udah pada ngantuk *eh πŸ˜›

Jadi pada hakekatnya, kebanyakan lembur itu karena terpaksa dan dipaksa. Namun yang namanya bekerja itu tentu ada batasnya. Selalu lah nyempatin buat mengistirahatkan badan ini. Tidur adalah obat sehat paling nyaman dan murah menurut aku yang tipe molor ini.

***

Kalau temen-temen blogger pernah lembur gak? Biasanya lembur karena apa?

Advertisements

23 thoughts on “Lembur”

  1. Hahaha, bener Niee, yang namanya istirahat (termasuk tidur tentunya) memang penting banget ya. Karena dengan istirahat pikiran jadi fresh jadi kita kerja juga bisa lebih efisien sebenarnya πŸ˜‰ .

    Tapi aku juga kadang mesti lembur loh, hahaha. Biasa lah, namanya riset kan ya. Kan nggak bisa diprediksi juga kapan hasil riset yang okenya muncul πŸ˜› . Jadi kadang mesti lembur deh πŸ˜€ .

  2. Kalau suamiku ga mau dia kerja berlebihan, jeda jam kerja pertama ke hari berikutnya minimal harus 10 jam, klo ditanya bosnya santai aja jawabnya diaturannya harus jeda 10 jam. Penting adanya aturan tertulis sih jadi karyawan punya hak jawabnya πŸ˜‰ .

    1. Keren banget mbak aturannya. Jadi kalau kita lembur di kantor sampe jam 12 malam kita boleh ke kantor jam 10 pagi dong yak.. aahh,, andai peraturannya berlaku juga di Indonesia.. Ini udah lembur juga masih ada kena tegur pas dateng telat >.<

  3. Sama Niee. Dulu pernah lembur ampe jam 2 ato 3 pagi. Asalkan makan bener dan gak minum doping-doping, InsyaAllah kalo badan masih bilang kuat ya emang beneran kuat. Bukan karena doping yang jadi bikin gatahu batas badan.

  4. Selama kerja di Belgia, ga kenal yg namanya lembur, semua pulang on time πŸ™‚ kadang2 masih kebawa dengan ritme kerja di Jakarta, yg katanya kl pulang on time karena ga ada kerjaan eheheh

  5. Asli gw kaget lho denger berita itu.. Untung skrg boss gw paling anti lembur klo ga terpaksa. Itupun kadang klo dah kemaleman dia yg suruh kami pulang krn katanya udah ga maksimal mikirnya..

  6. aku gak kuat loh kalo ga tidur… begadang pun pasti ada tidurnya meski cuma 1 jam doang…
    pernah sih begadang ga tidur… tapi ujungnya besoknya tidur seharian krn nebus waktu tidur… ahhahaa πŸ˜›

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s