Dulu Itu..


Dulu itu.. Aku banyak makanan yang aku gak suka. Aneh aja gitu dilihat dari penampilannya (FYI : aku akan langsung gak suka dengan sebuah makanan hanya dilihat dari bentuk, bahkan tanpa mencobanya aku bisa gak suka banget. Terserah deh orang mau bilang itu enak banget atau gak).

Seiring berjalannya waktu, bertambahnya umur dan bertambahnya pergaulan *halah* akupun sedikit demi sedikit mulai memakan bahkan menyukai beberapa jenis makanan yang dulunya dikasih aja aku gak akan makan.

Nah, makanan-makanan yang aku gak makan itu bukan makanan yang unik loh. Biasa banget aja malahan, jadinya banyak yang memandang aku dengan tatapan aneh waktu aku bilang : “aku gak makan”. Beberapa makanan tersebut diantaranya:

BAKSO

Siapa yang gak suka bakso gitu? Jawabannya pasti AKU DONG. Hahahaha. Seingat aku jaman kuliah semester awal aku masih gak suka dengan yang namanya bakso. Ntah kenapa aku merasa aneh dengan daging yang dibulatkan (menurut lo niee?? 😛 )

Diantara temen-temen aku, gak ada dong yang gak suka dengan bakso. Semuanya suka, bahkan ada beberapa temen dekatku yang sampe hobi banget dengan makan bakso. Setiap hari gitu ceritanya minta temenkan terus. Jadi, kalau aku udah berada dikondisi itu, aku gak akan gak makan dong. Aku tetep makan bakso gak pake bakso. Nah Loh. Maksudnya ya aku pesen mienya (itupun aku cuma makan mie kuningnya) dengan perlengkapannya berupa sayur, kuah dan semuanya deh kecuali ya baksonya. Kadang-kadang aku kalau penjualnya ada pake tahu aja gitu. Dan kata temen-temen aku, aku aneh! (biarin wek! 😛 )

SEKARANG : aku masih gak terlalu suka seh, tapi makan deh. Kadang-kadang aku pesan baksonya juga. Tapi selalu aja paling banyak pesan baksonya 3 biji aja. Itupun pilih yang kecil-kecil. Kalau terlanjur dikasih aku emang gak pernah protes seh. Tinggal diberikan sama temen aku yang ngajakin aja. Makanya temen aku sering ngajak aku makan bakso. Katanya lumayan makan bakso sama irni dapet baksonya double :doh: -_-“

MPEK MPEK

Inget pertama kali lihat yang namanya makanan ini adalah jaman kelas 1 SMP (iyaaahhh aku tahu telat banget 😛 ) Teman aku ini berasal dari palembang asli. Baru pindah ke Pontianak jaman dia SD gitu deh. Jadi, suatu hari dia ngadain kerja kelompok gitu lah dirumahnya. Mamanya yang buka usaha empek-empek langsung kan yak menyediakan makanan itu buat kami.

Temen-temen aku langsung semangat dong waktu lihatnya. Sedangkan aku? Jangankan mau mencobanya, ngelihat bentuknya aja buat aku gak mau makannya. Apaan tuh putih-putih berkuah gak jelas? *dipentong orang palembang* Akhirnya sampe selesaipun aku hanya melihat sambil berfikir kenapa ada makanan jenis begituan. Hmm…

SEKARANG : Sukaaaaa bangeeeettt.. Jauh yak 😆 ini juga mulai sukanya jaman-jaman kuliah (ini aku jadi berfikir bahwa orang yang menghasut aku dengan makanan-makanan ini adalah tak lain dan tak bukan si vio dan nia) Ada dua tempat mpek-mpek yang enak dan terkenal di Pontianak. Satu dijalan nurali deket mal matahari, yang satu lagi yang biasanya aku makan itu di jalan gajahmada disamping bank kalbar gajahmada. Aaahhh, kedua tempat itu belum ada tandingannya deh mpek-mpeknya *jadi pengen*

CHAI KUE

Chai Kue dan Es Kacang Merah (jl. Setia budi, Pontianak)

Makanan satu ini udah sering aku lihat dari jaman kecil. Biasanya banyak yang jajakin untuk bukaan puasa. Tapi lagi lagi dilihat dari bentuknya gak banget yak.. Isinya apalagi yang standar itu kan isinya bengkoang gitu, ah apa rasanya?

SEKARANG : ternyata rasanya enaaaaakkk banget.. Apalagi yang goreng, aku sukaaaaa banget. Kadang sore-sore sepulang kantor janjian dengan abang buat makan chai kue ini. Pokoknya buat ngidam deh :mrgreen:

BAKWAN & RISOLES

Inget dulu jaman SMA ada temen kelas yang jualan gorengan ini. Kata temen-temenku gorengan ini enak bener loh. Tapi setahun sekelas aku gak pernah SEKALIPUN aku membelinya. Temen-temenku jadi penasaran kenapa? Tapi aku gak bilang dong aku gak suka, ntar dibilang sepok lagi. Eehh,, pas kuliah ada gitu bibi-bibi di depan kampus yang jual gorengan. Awalnya aku cuma beli goreng pisang gitu deh. Eh lama-lama jadi pengen juga makan yang laen, nyobain deh Bakwannya. Ternyata Enak yaaaakkkk 😳

Kalau Risoles sendiri aku mulai makan jaman-jaman kerja gini. Soalnya entah kenapa kalau ada dapet kotakan rapat selalu aja ada kue risolesnya. Mungkin karena murah kali yak :mrgreen:

PIZZA

Pertama kali ada yang jualan pizza di Pontianak itu jaman-jaman aku SMA gitu deh. Tapi lihatnya aja aku gak suka. Pernah suatu saat ada temen SMA yang ngerayain ulangtahunnya pesen Pizza aja gitu. Lagi-lagi temen-temen aku semangat banget makannya. Aku sendiri mual2 gitu lihatnya >.<

SEKARANG : seminggu sekali ada deh aku ke pizza hut atau pesan deleverynya. Lagian ngangenin banget deh tuh makanan 😛

SIOMAY

Ini yang paling fresh deh. Jadi selama ini aku gak pernah tertarik dengan somay yang gak jelas isinya. Daging ikan cincang gitu kan yak? (jadi aku menarik kesimpulan kalau aku dulu gak suka dengan sejenis daging yang dibuletin 😛 ) Apa enaknya?

Daaannn,, barusan tadi siang aku makan Siomay lohh.. Ini gara-gara ada pertemuan di kantor dan aku gak bisa keluar kantor. Daripada kelaparan kan yak, jadinya terpaksa deh makannya. Eh, ternyata gak parah-parah amet yak rasanya. Apalagi aku sangat suka kuah kacang 😀

***

Nah, itu adalah beberapa makanan yang dulunya aku gak suka dan gak mau sama sekali makan hingga sekarang mau makan bahkan sampe ada yang suka banget. Masih banyak seh (sepertinya) tapi aku lupa juga apa-apa itu. Hehehehe.. Ada juga dulu yang aku gak pernah makan sambel atau pake sambel sekarang jadi pake. Ternyata sambel itu enak juga yak (ya iyaaaaalah niee. Kemana aja lo? 😛 )

NOTE : sepok (bahasa melayu) = kuper dalam bahasa indonesia