[Review Drakor] Extra Curricular


Beberapa waktu yang lalu, aku kayak gak dapet info gitu loh judul-judul drama korea yang baru yang bisa aku tonton. Padahal waktu luangnya ada kan jadi nyari-nyari ya, hahahaha. Kalau udah kayak gitu, biasanya aku lihat-lihat aja di dashboard Netflix sekiranya drama apa yang bisa ditonton. Lalunya muncul judul drama ini dengan embel embel Original Netflix yang pasti ceritanya gak biasa bahkan luar biasa itu. Jadilah cuss aku mulai nonton.

Yang serunya dari drama Original Netflix itukan dramanya langsung tamat gitu ya, dan biasanya jumlah episodenya gak banyak. Sama jugalah dengan drama ini. Jumlah episodenya cuma 10 episode aja, dan salah satu yang membuat aku memutuskan nonton adalah karena trailernya. Bisa dicek di video di bawah ini.

Ceritanya sendiri sebenarnya simpel. Seorang anak SMA dari keluarga miskin yang ingin bertahan hidup bernama Oh Ji Soo (Kim Dong-Hee). Cita-citanya sederhana aja, dia ingin bisa hidup seperti orang-orang pada umumnya, selesai sekolah bisa kuliah, dan setelah kuliah mendapatkan pekerjaan yang layak seperti orang pada umumnya. Dia juga merupakan anak terpintar di kelasnya. Akan tetapi, dia tidak ingin menonjol di sekolah dikarenakan dia sangat sibuk dengan pekerjaannya untuk mencari uang biaya kuliah dan mencari pekerjaan layak.

Seperti anak SMA pada umumnya, diapun menyukai seorang cewek dari sekolahnya bernama Bae Gyu-Ri (Park Joo-Hyun). Disaat yang bersamaan, mereka kemudian terikat kepada satu ekstrakulikuler di sekolahnya tentang permasalahan sosial anak-anak SMA.

TAPI, jika ceritanya hanya itu, sepertinya kurang cocok untuk menjadi cerita Netflix Original. Kurang ada gregetnya gitu kan yak? Jadilah dibuat spesial, hahahaha. Untuk mendapatkan uang kuliah, Oh Ji Soo mengambil langkah cepat. Bukannya bekerja sebagai paruh waktu di minimarket atau rumah makan seperti anak SMA pada umumnya, Ji Soo lebih memilih berbisnis. Bisnis gelap yang diorganisirnya bersama dengan seorang Bapak Tua bernama KIM. Bisnisnya adalah pelayanan jasa perempuan di mana Ji Soo sebagai penghubungnya dan Pak Kim sebagai pengamanannya.

Bisnis Ji Soo berjalan mulus sebelum akhirnya diketahui oleh Gyu Ri yang akhirnya meminta bergabung bersama bisnis tersebut. Setelah Gyu Ri bergabung, masalah demi masalahpun timbul. Dari uang yang dikumpulkan Ji Soo dicuri oleh Bapak kandungnya sendiri, para kliennya yang meminta putus kerja sama, hingga akhirnya dia berurusan dengan mafia yang membuatnya hampir kehilangan nyawanya.

Tentu masalahnya, tidak hanya urusan pekerjaannya. Setelah uangnya hilang, Ji Soo tidak bisa lagi membayar les mata pelayarannya yang membuat nilainya langsung turun di sekolah. Ji Soo juga yang sebelumnya tidak berhubungan dengan teman-teman di Sekolahnya terlibat permasalahan dengan Kwak Ki-Tae (Nam Yoon-Soo) yang adalah pacar Seo Min-Hee (Jung Da-Bin) yang merupakan salah satu klien dari pekerjaan Ji Soo. Min Hee yang terlihat disebuah motel oleh seorang polisipun kemudian mulai dicurigai oleh polisi tentang pekerjaannya.

Dengan masuknya polisi yang mulai menyelidiki tentang Min Hee, pekerjaan Ji Soo pun menjadi lebih kacau dari sebelumnya. Dia tidak bisa lagi mendapatkan keuntungan dari jasa pekerjaannya. Pelajaran di sekolahnyapun menjadi lebih kacau.

Kekacauan tersebut ditambah lagi dengan Gyu Ri yang selalu saja membuat masalah demi masalah karena dia tidak mau menyerah dan bukannya makin membaik, mereka malah makin terjerumus ke dalam permasalahan yang lebih pelik lagi.

Lalu, apakah Ji Soo tertangkap atas pekerjaannya kotornya selama ini? Dan apakah Gyu Ri akan selalu bersama dengan Ji Soo walaupun dia bisa saja lari menjauh karena berasal dari keluarga kaya? Ya ditonton aja deh sendiri filmnya.

***

Walaupun udah lihat trailernya, tapi tetap aja pas nonton dramanya aku merasa ini berat banget ya ini ceritanya. Bayangin aja ada anak SMA yang mencari uang jadi germo gitu kan. Walaupun dia ngakunya bukan germo seh, tapi fasilitas keamanan. Terus permasalahannya itu gak kaleng-kalengan gitu loh. Bener-bener masalah serius yang setiap mereka buat masalah aku selalu mikir kenapa gak berenti aja seh?

***

Sebenarnya Ji Soo udah mau berenti berurusan dengan bisnis ini berkali-kali. Tapi setiap dia mau berenti, selalu aja ditekan oleh Gyu Ri agar mereka terus berlanjut dan berlanjut lagi. Aku sendiri gemes banget dengan karakter Gyu Ri yang kok ya gak kapok-kapok gitu loh. Dia selalu merasa dia punya masalah yang sangat berat dengan keluarganya, tapikan orang tua yang nyuruh dia belajar atau baca buku ya biasa aja. Gak lebih berat dari masalah Ji Soo yang tidak diurus oleh orang tua dan harus bisa hidup dari usahanya sendiri.

Saat Ji Soo kehilangan uangnya yang dicuri oleh ayahnya dia juga sebenarnya udah mau menyerah. Tapi Gyu Rilah yang menekan dia agar jangan menyerah dan melanjutkan bisnis kotor itu.

Nonton drama ini aku jadi berfikir separah itukah masalah yang bisa dihadapi oleh anak-anak SMA? Bahwa orang tua harus banget tahu apa kegiatan anak-anaknya dan jangan sampai lepas tanggungjawab yang pada akhirnya malah menjadi beban anak itu sendiri.

So, yang mau nonton ini jangan berharap akan mendapatkan drama korea manis tentang anak-anak SMA yang baik-baik atau cinta monyet gitu ya, jaauuuuh banget. Drama ini termasuk drama kelam yang setiap episodenya aku selalu berharap bahwa gak ada kisah nyata dari cerita ini. Kalau ada ya serem banget kan, huhuhu.

Wokey segitu dulu review dari aku. Untuk ratingnya 7/10 aja kali ya, karena kelam banget dong dramanya, huhuhu.

 

bye.

1 Comment

  1. Nonton ini tuh bikin sesak banget.. Aku sempet nyerah abis nonton episode pertama… kejam bener! Tapi pas udah nonton episode berikutnya jadi nagih dan sekarang pengen banget kalau ada sekuelnya !

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s