Melihat Kupu-Kupu di Entopia by Penang Butterfly Farm


Waktu kami udah fix berencana untuk menginap satu malam di Batu Ferringhi, Penang kemaren, aku jadi searching ada apa di daerah sana yang bisa dikunjungi dalam waktu singkat saat udah cek out dari hotel tapi masih ada waktu sebelum ke bandara. Nah, ketemulah aku dengan satu tempat wisata yang direkomendasikan orang-orang kalau kita sedang di Batu Ferringhi : Taman Kupu-Kupu.

Sebelumnya, baca juga cerita aku jalan-jalan di Penang lainnya di bawah ya:

  1. Itinerary Liburan ke Penang dan Kuala Lumpur
  2. Review Hotel ~ Kimberley George Town Penang
  3. Jalan-Jalan di George Town Penang
  4. Review Hotel ~ Golden Sands Resort Batu Ferringhi, Penang
  5. Lihat Kupu-Kupu di Entopia by Penang Butterfly Farm
  6. Review Hotel ~ Mizumi Bukit Bintang
  7. Bermain di Kidzania Kuala Lumpur
  8. Jalan-Jalan di Kuala Lumpur

Sebenarnya, saat di Batu Ferringhi aku gak cuma di hotel aja. Malamnya, aku ke luar untuk mencari makan disekitaran hotel. Menurut supir taxi online dan para pegawai hotel setiap malam ada pasar malam di sini. Jadilah setelah sholat magrib aku mulai ke luar untuk melihat-lihat. Aku kirain tuh pasar malamnya seperti ada komedi putar dan sebagainya gitu ya. Ternyata gak saudara-saudara! Pasar malam yang mereka bilang ini cuma semacam PKL dadakan yang adanya dimalam hari. Mereka menjual beraneka ragam barang dari souvenir khas Penang, baju, tas, sepatu sampai mainan anak-anak.

Akhirnya karena kecewa gak dapat komedi putarnya (yang mana kita udah jalan sampai 1 km-an) kami berenti disalah satu foodcourt aja dan makan disalah satu stan makanan khas Thailand.

Keesokan paginya, setelah cek out barulah kami pergi ke Entopia by Penang Butterfly Farm dengan menggunakan taxi online. Kirain jaraknya dari hotel deket, ternyata lumayan jauh juga karena dari pantai naik lagi ke dalam dan perlu sekitar 20 menit juga dengan menggunakan mobil.

Dulunya tempat ini cuma diisi dengan kupu-kupu aja. Tapi kemudian beberapa tahun yang lalu mulai dibangun kembali dan dirubah namanya menjadi Entopia by Penang Butterfly Farm yang isinya juga disesuaikan. Selain kupu-kupu di sini juga menyajikan beberapa jenis binatang melata dan insekta lainnya.

Untuk bisa masuk ke Entopia by Penang Butterfly Farm kita perlu membayar tiket. Harganya untuk wisatawan mancanegara dewasa sebesar RM65 dan untuk anak anak 4-13 tahun sebesar RM 45.

Terus ada apa saja di dalamnya?

Sebenarnya aku kurang menikmati pas masuk ke dalam Entopia by Penang Butterfly Farm ini, soalnya si K tiba-tiba sebegitu takutnya dengan kupu-kupu yang jumlahnya banyak! Padahal kalau di rumah ada kupu-kupu biasanya dia yang heboh untuk berlari dan menangkapnya. Pas di sini dianya malah ketakutan dan menangis >.<

Tapi walaupun begitu aku tetep paksain si K buat keliling dong yak. Ya, sayang aja udah bayar mahal-mahal kalau langsung ke luar lagi kan, jadilah dengan cara menggendong dan sambil menenangkan aku gotong si K kemana-mana πŸ˜›

kalau kalian suka banget dengan kupu-kupu, wajib banget lah ke tempat ini. Pertama kali masuk, kita akan difoto terlebih dahulu untuk kemudian dapat dibeli saat ke luar. Terus kita akan diarahkan masuk ke dalam terowongan gitu di mana terowongan itu isinya adalah banyak binatang seperti ular, kodok, kadal, laba-laba dan lainnya. Mulai di sini si K udah rada kurang suka seh karena tempatnya gelap dan lembab. Padahal pas kita jalan di Tanggora Zoo di Sydney dan tempatnya ada kayak gini juga anaknya biasa-biasa aja tuh. Emang lagi melow aja deh neh anak.

Ke luar dari terowongan, wuss langsung deh kita diserbu sama para kupu-kupu ini. Dan disaat itulah pertahanan si K runtuh. Dia nangis dong setiap ada serbuan kupu-kupu cantik mengelilingi kami. Padahal kalau mau ditahan dan berpose beberapa menit bisa dapat foto yang cakep deh. Ah sayang banget K >.<

Wilayah kupu-kupu ini lumayan luas seh sebenarnya, kalau mau santai-santai sambil mempelajari dan melihat kupu-kupu ya bisa banget, cuma karena si K ketakutan banget jadi kami cuma selewat aja sambil kadang sempat-sempatin berfoto sebentar. Kadang-kadang kami ada ditempat terbuka gitu, kadang-kadang masuk ke terowongan lagi. Tapi dimanapun kami berada si K tetap ketakutan dong, jadi gak sampe sejam kami udah selesai mengelilingi taman kupu-kupunya.

Untungnya selain taman kupu-kupu ternyata di Entopia by Penang Butterfly Farm juga ada indoor discovery centernya. Ini semacam tempat untuk anak-anak mempelajari kupu-kupu dan binatang lainnya gitu deh, mulai dari siklus hidupnya dari telur-larva-kepompong-kupu-kupu dengan bentuk real yang anak-anak bisa banget melihat secara langsungnya, ada permainan edukasi juga tentang kupu-kupu, ada playground kecilnya, ada teater juga yang menampilkan film tentang binatang dan lain sebagainya.

Syukurnya di tempat ini si K betah. Karena udah belajar juga di sekolah tentang siklus hidup beberapa hewan seperti nyamuk, ayam dan lainnya dia jadi semangat juga untuk mengetahui siklus hidup kupu-kupu. Dia suka banget dibacain cerita (data) tentang perkembangan kupu-kupu mulai dari telur sampai mati kembali yang gak terlalu memakan waktu banyak ternyata. Dia juga suka main dengan permainan edukasinya, duduk-duduk di playgroundnya dan nonton filmnya. Untuk main di sini rasanya lebih dari sejam deh kami di dalam. Gak jadi rugi karena si K seasyik itu menikmatinya, hahahahaha.

Setelah puas melihat indoor discoverynya, akhirnya kita keluar dari Entopia by Penang Butterfly Farm, pesan taxi online ke hotel lagi untuk mengambil koper dan cuss langsung ke Bandara buat melanjutkan jalan-jalan di Kuala Lumpur.

bye.

34 Comments Add yours

  1. deadyrizky says:

    saya penasaran kupu” sebanyak ini
    ulatnya diternak atau gimana ya?

    1. niee says:

      kayaknya seh diternak mas. Tapi gak lihat juga seh tempat ternaknya. hahaha

  2. Dita says:

    wahhh keren juga ya tempatnya, mirip garden by the bay lah πŸ˜€

    1. niee says:

      Jauh lah mbak dita. hahahaha. Soalnya aku pernah ke garden by the bay, itu beneran bagus. kalau ini 1/10 nya deh πŸ˜†

  3. zilko says:

    Seru juga ya Niee tempat yang banyak kupu-kupunya begini. Tapi memang sih anak kecil memang bisa jadi “takut” tiba-tiba melihat kupu-kupu sebanyak itu dalam waktu bersamaan, haha πŸ˜› .

    1. niee says:

      Iya, ternyata banyak juga yang takut ko, aku jadi nyadar gak cuma si K doang, hahaha

  4. siti hairul says:

    jadi pengen ngajak anak-anak main ke sini. Bulan April besok mau ke KL sama anak2. Dan bingung sendiri ke KL mau kemana lagi udah 3 kali KL jadi kepikiran main ke Penang

    1. niee says:

      waahh. tanggal berapa mbak? aku juga mau ke KL lagi bulan depan. Mau nonton disney on ice 😁

  5. Bayangin keluar terowongan dikejar kupu-kupu, hihihihi. Kaya film China zaman dulu ya. Jadi Putri Kupu-kupu. Sekarang kupu2 udah jarang. Suka dg tempat kaya gini. Jadi tetap bisa melestarikan si Butterfly

    1. niee says:

      hahaha, kalau itu mah seram yak.

      Etapi di Pontianak masih lumayan kok jumlah kupu-kupunya

  6. Afifah Haq says:

    Huhu kasian ada yang nangis ketakutan. Mungkin dia kaget kali ya, tiba2 dikeroyok segerombolan kupu-kupu 🀣.
    Kalau ke Penang mampir sini ah, semoga anakku ga ikutan kaget juga.

    1. niee says:

      Iya kali ya mbak. Dan tempatnya emang rada ketutup gitu, jadi makin takutlah dia

  7. K kenapa ketakutaan? padahal melihat indahnya kupu-kupu bisa menyenangkan dan sekalian belajar jenisnya ya.

    1. niee says:

      Gak tahu juga aku mbak, padahal di rumah gak takut juga sama kupu-kupu. Mungkin moodnya aja lagi jelek

  8. hikmah.nisa says:

    Waahh kayak taman kupu2 gitu yaa mba.. di Cimahi Bandung pun afa loh taman kupu2 gini..

    1. niee says:

      wah ada juga ya, jadi pengen. Tapi aku jarang banget liburan ke pulau jawa seh. Tiket dari Pontianak mahal kalau ke Jawa, lebib murah ke Malaysia atau Singapore. Makanya lebih sering ke sana daripada Jakarta dan Jawa πŸ™

  9. aswindautari says:

    Wah, tyt ada y taman kupu2 secantik ini. Itu gimana nernakin kupu2nyaa.. Pasti ada ruangan kepompong spesial nih. Hihi.. Anak sy kalo dibawa kesini pasti senang. Anak cewek pecinta kupu2 soalnya..

    1. niee says:

      Iya, pasti ada seh tempat khususnya seh yak. Aku juga gak kelihatan di mana tempatnya.

  10. waah…anak2ku pasti seneng banget kalau diajak ke sini. scara di rumah sampai mau piara ulat demi lihat2 kupu2. tp entah juga sih ya mbak kalau malah jd takut gara2 banyak kupu2nya hahaha

    1. niee says:

      wow, keren banget tuh mbak mau pelihara ulat segala. Kalau aku pasti gak mau seh, hahahaha

  11. Rachmanita says:

    Pemandangannya indah banget nie.. Apalagi bisa jalan jalan sama anak… Jadi pengen anakku cepet besar

    1. niee says:

      Kalau udah gede enak di bawa jalannya ya mbak, hehehe

  12. Rita Asmaraningsih says:

    Jadi pengen nih liburan ke Penang, ternyata banyak juga ya tempat wisata yg asyik utk disinggahi di sana..

    1. niee says:

      Iya banyak kok mbak. Dan seru banget πŸ˜€

  13. Berwisata ke tempat seperti ini membuat wawasan keilmuan bertambah. Apalagi buat anak-anak seperti K ya. Di sekolah teori dan di tempat traveling menyaksikan kenyataan di lapangan. Great experience Baby K.

    1. niee says:

      Iya, jadi bisa belajar langsung dengan melihat yang sebenarnya ya mbak

  14. Liswanti says:

    Kalau bawa anak-anak ketempat wisata begini pasti happy banget. Cakep banget juga ya tempatnya.

    1. niee says:

      Tapi anak aku nangis mbak, hahahaha

  15. Ria Rochma says:

    Ih sumpah..
    Fotonua cuakeeeeppp mbak.
    Dapetin foto hewan itu kan susah susah gampang. Apalagi sambil bawa anak begitu.

    1. niee says:

      Hahaha, makasih loh mbak. Padahal aku gak bisa photo loh, hehe

  16. Liza Fathia says:

    Melihat taman kupu-kupu secara langsung, kepingin banget. Anakku suka banget ngejar kupu-kupu. Noted. Kalau ke penang bisa nih kesini

    1. niee says:

      Iya mbak, kalau emang anaknya suka, wajib banget neh ke sini πŸ˜€

  17. iya lah nggak usah dipaksain kalau anak takut sama kupu2 banyakan gitu..
    daripada nanti dia ketakutan terus kan…,
    kupu2nya cantik2 .. tapi kebayang sih kalau sekaligus diserbu banyakan .. merinding juga sepertinya

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s