Negara Dunia Ketiga


Haaaiii,, Halooo,, Apa kabar semuaaa??

Beberapa hari yang lalu, eh beberapa minggu deh (atau bulan?? ) Aaahh, pokoknya udah lama banget dah πŸ˜› aku menonton film yang menceritakan tentang perjuangan seorang warga negara Amerika yang membantu pembuatan rumah penampungan di Afrika. Katanya film ini terinspirasi dari kisah nyata. Udah ada yang pada tahu judul film ini? Yaaaakkk,, bener semua judul filmnya:Β  Machine Gun Preacher *tepuk tangan* :mrgreen:

21 cineplex

Β Film ini bercerita tentang seorang penjahat yang bernama Sam Childers (Gerard Butler) yang ‘bertobat’ kemudian menjadi seorang hampa yang patuh. Diapun kemudian bekerja sebagai tukang disebuah perusahaan kontraktor hingga akhirnya usahanya berhasil dan dia mendirikan perusahaannya sendiri.

Suatu ketika, dia diajak untuk membangun rumah-rumah di Sudan Afrika. Maka perginya Sam untuk melakukan pekerjaannya sambil lebih mendekatkan diri pada agama dengan menolong orang-orang disekitarnya.

Sampai di Sudan, yang dilihat Sam ternyata amatlah mengerikan. Perang saudara dimana-mana dan tidak adanya tempat bernaung anak-anak agar dapat hidup dengan tenang. Maka, saat waktunya sudah habis, Sam-pun pulang ke rumahnya dengan segala rencana yang telah disusunnya di Afrika. Untuk membangun rumah penampungan.

***

Aku gak akan cerita panjang lebar atas film ini. Tapi melihat ceritanya, kalau gak inget ini berasal dari kisah nyata (yang dibuktikan dengan gambar-gambar yang diambil Sam dan keluarganya saat mengunjungi sudan) aku gak akan percaya bahwa ada orang seperti Sam yang rela meninggalkan tempatnya yang nyaman di negaranya untuk menolong orang yang sama sekali tidak dikenalnya.

Dan berfikirlah aku, bahwa jika suatu negara dikunjungi oleh orang dari negara lain, kemudian orang lain itu terenyuh dan membantu negara tersebut bukankah itu termasuk kedalam negara dunia ketiga? Negara yang tidak bisa menuntaskan masalahnya sendiri sehingga ‘perlu’ bantuan orang dari negara lain. Seperti Sudan ini? Aaah,, kasian sekali Sudan itu yak πŸ˜›

Tapiiiii,,, kemudian aku menonton tayangan Kick Andy yang berjudul: KU TAMBATKAN HATI DI INDONESIA. Dalam episode ini, Andy F Noya mengundang 4 narasumber yang merupakan warga asing dan menetap di Indonesia, karena kata terenyuh itu keluar. Kemudian akupun berfikir, apakah Indonesia mirip dengan Sudan yang dibantu oleh WNA karena tidak mampu lagi menolong masyarakatnya sendiri?

kickandy.com

Contohnya adalah Andre Graff, seorang WN Perancis yang jatuh cinta pada Indonesia di Wora-Woru, Waikabubak, NTT. Dia jatuh cinta kepada daerah ini karena daerah ini gak mempunyai sumber air bersih! Jadi, diapun dengan usaha kerasnya membangun sumur-sumur air bersih dari hasil uang pribadinya sendiri yang awalnya dikatakan pekerjaan bodoh oleh warga sekitar. Tapi hasilnya? Sekarang beta sudah punya air bersih toh πŸ˜€ *pengaruh iklan*

Bangga, sekaliguh miris juga. Bangga karena ternyata banyak warga negara asing yang mencintai negeri ini lebih dari negeri tempat lahirnya sendiri. Namun miris melihat kenyataan kenapa mereka bisa sampe ke sasar disini kalau bukan kenyataan bahwa negara ini masih bermasalah? Atau lebih lagi kalau negara ini masih masuk kategori negara dunia ketiga?

Ya, negara ini masih membangun. Negara ini masih banyak perlu belajar. Mudah-mudahan, negara ini akan terus maju hingga akhirnya gak ada lagi WNA yang mencintai Indonesia karena kemirisannya tapi mencintai Indonesia karena keindahannya kan yak πŸ™‚

Advertisements

60 thoughts on “Negara Dunia Ketiga”

  1. eh aku jg nntn pas Kick Andy ini, miris yah ketika malah orang lain yg bukan warga negara indonesia justru punya kepedulian lebih sama negara kita
    semoga aja segera membaik keadaan di sini ya Nie πŸ™‚

  2. Ada banyak kok (setahuku) tokoh-tokoh yang pergi dengan misi sosial seperti itu memang Nie πŸ™‚ Salah satu yang terkenal banget mungkin Mother Teresa ya (seorang biarawati gitu).

    Dan benar, mudah-mudahan Indonesia bisa menjadi negara maju ya! Dan menurutku, dasar dari itu semua adalah pendidikan πŸ™‚ Kualitas pendidikan (nggak cuma kualitas akademik/nilai aja, tapi juga kualitas yg lebih luas, misalnya kedisiplinan (gak boleh ada tuh soal ujian bocor demi sejumlah uang, guru mengizinkan siswa mencontek, dll), dsb juga harus sangat diperhatikan). Cuma entah kapan ya terlaksananya. Indonesia kan luas, penduduknya juga banyak banget; dan menurutku ya inilah tantangan yang cukup “besar” dalam usaha untuk mewujudkan itu semua, hmmm.

    1. Iya.. emang dasarnya itu pendidikan.. Sekarang bukan hanya soal murah dan bebas biaya lagi yak zil, Tapi kualitas dari hasil didik anak-anak sekolah itu. Jangan hanya mencetak banyak yang ujung-ujungnya masih sulit dapet kerjaan. Mungkin kurikulumnya bisa sedikit diubah deh *sotoy* hehehe..

      daaan iya, emang pasti banyak orang2 seperti itu yang berkeliling di dunia. Ya semoga aja indonesia gak jadi tujuannya karena merasa perlu dibantu yak yak >.<

  3. ini karena orang kita masih ‘kemaruk’ dengan yang namanya kekayaan pribadi, sehingga rasa simpati dan empati pada lingkungannya semakin lama semakin langka. Coba kalo seandainya semua warga muslim Indonesia menerapkan kewajiban zakat maal untuk orang-orang sekitarnya, Insya Alloh yang namanya kelaparan dan kekurangan bisa teratasi.

    1. iya aku juga mikirnya begitu.. Kalau semua menyisihkan 2,5%nya pasti bisa yak mas.. tapi masalahnya tempat apa yang bisa dipercaya untuk mengurus uang itu? Jujur sampe sekarang aku masih belum menemukan tempat yang pas,, jadinya sekarang ya langsung berkunjung ke titik poinnya aja.. Langsung ke panti asuhan yang pastinya hasilnya gak merata..

  4. Sebenarnya kita juga bisa peduli seperti itu… cuma permasalahannya bukan berada di niat, tapi di tindakan. Kebanyakan orang cuma bisa mengeluh akan kondisi, nggak mau benar-benar berkontribusi…

    Semoga kita bisa masuk ke dalam golongan orang-orang yang berkontribusi nyata bagi bangsa, negara, tanah air kita ini… πŸ˜€

    1. Iya bener banget.. Kalau untuk aku sendiri contohnya.. Mana bisa kepikiran untuk langsung ke temat seperti itu. Lah wong uang untuk perginya aja gak cukup, apalagi membantu yak..

      Tapi mudah2an banyak anak-anak bangsa indonesia yang punya kelebihan untuk bisa terjun langsung melihat permasalahan dan membantu sahabat kita yang kesulitan yak πŸ™‚

  5. i love indonesia, indonesia pasti bisa mari kita bangun bangsa ini. apa yg sudah bisa kita berikan kepada ibu pertiwi ini bukan apa yg sudah kita dpt dari bumi pertiwi ini. saat’a berjuang…semangat dan sukses selalu…

  6. Saleum,
    Kenyataannya kan begitu mbak, indonesia dibodohkan oleh perebutan kekuasaan. akibatnya rakyat tidak mendapat perhatian lalu mengundang beberapa asing untuk berperan aktif membantu masyarakat pedalaman dgn sukarela.

    1. Mudah2an yang merebutkan kekuasaan itu tetep ingat dengan yang dibawah yak.. Rasanya udah gak cocok lagi yang dipusat lihat dari atas terus.. udah saatnya langsung dilihat dari bawah.. Biar lebih jelas,.

    1. iya.. pasti emang ada yak orang-orang seperti itu.. menurut aku seh mereka bener2 nekat mau bersusah payah untuk orang lain.. dan sangat salut deh buat mereka πŸ˜€

  7. Keren nih perjuangannya, suatu aksi yang sebenarnya tidak semua orang tahu, bahkan kalau mungkin tahu justru dianggap merupakan hal yang sia-sia… Tapi ternyata mereka benar-benar membuktikan ketulusannya…

    Salut deh πŸ˜€

  8. jadi ingat biographi BJ. Habibie niee, sudah baca belum?? tentang kisah hidup dia yang tinggal di jerman, sukses, dan turur membangun jerman.. tapi kemudian, presiden soeharto sedikit memaksa, untuk menyuruhnya pulang ke indo.. hmm, semoga kita terinspirasi dari semua kisah ini, dari para WNA yang menetap di indo, supaya kita makin cinta dengan indo.. πŸ™‚

    1. Gak pernah baca buku begituan Dhe.. >.< *merasa sangat kuper*

      Setelah pulang malahan di Indonesia gak terlalu menerima dia lagi yak dhe.. akhirnya dia pulang lagi deh ke German -_-

  9. negara apa yang terkenal karena bunganya?
    oh tentu saja jawabannya Indonesia. karena negara kita masih negara ber-KEMBANG.

    opini seorang teman saya yang bule swiss. dia bilang negeri ini memiliki etos kerja yang malas. bila kondisi ini terus terjadi, maka bisa saja dalam satu dekade ke depan negeri ini mengalami krisis kebangkrutan seperti Yunani.

    tapi hal itu (bangkrut) tidak akan terjadi karena kita punya mata uang sendiri yang bisa dicetak lagi dan lagi. namun krisis dan angka pengangguran bakal melonjak.

    ups sorry klo agak OOT :3

    1. hahaha.. kembang yang memikat kumbang untuk datang yak πŸ˜›

      Yaaa,,, aku juga merasa seh orang2 indonesia kebanyakan terlalu santai.. Kalau gak ada kerja ya tinggal minta-minta. Kalau gak sesuai dengan keinginan ya tinggal protes. Tapi mudah2an gak sampe bangkrut deh indonesia mah.. Ngeri dengernya >.<

  10. Hahaha…aku termasuk orang yang malu semalu-malunya untuk nyebut Indonesia adalah negara ketiga. Lebih mending ngomong Indonesia adalah negara berkembang daripada dunia ketiga. Mmm, standarisasi sebuah negara disebut negara ketiga, itu diliat dari GDPnya, bukan dari apakah ada orang dari negara lain membantu perekonomiannya atau tidak πŸ™‚ Karena pada dasarnya tidak ada satu negara yang tidak dibantu oleh negara lain, sekalipun itu Amerika-sebuah negara adidaya πŸ™‚

    Buat aku, bantuan seperti apapun yang diberikan pihak luar ke Indonesia, tidak boleh membuat Indonesia manja. Itu aja πŸ™‚

    1. iya.. aku juga gak maksud seh nyebut negara ketiga.. Cuma kepikiran aja kemaren.. Kalau soal GDP indonesia masih sangat rendah banget yak yak.. Dari data statistika juga gak bisa menggambarkan kebenaran. Lihat aja kalau emang indonesia rata2 10k perhari gak mungkin dong ada yang masih makan nasi sisa dari bekas orang..

      daaannn setuju.. indonesia jangan karena didatangi oleh orang luar jadi manja yak.. mudah2an bisa mandiri dan belajar dari mereka. Bukan cuma menadahkan tangan terus πŸ˜€

  11. your post is nice.. πŸ™‚
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. πŸ™‚

  12. postingan yang sangat menarik πŸ™‚
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. πŸ™‚

  13. aku malah belum pernah nonton kick Andy nih

    tayangan yg bagus ya, kalau mereka yg WNA saja cinta sama tanah air, knp kita nggak ?

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s