Liburan ke Bali ~ Jimbaran Bali


Sebelumnya, yuks baca cerita liburan di Bali yang lain juga di sini:

  1. Liburan ke Bali ~ Akhirnya Liburan Lagi Setelah 2 Tahun Lamanya
  2. Liburan ke Bali ~ Jimbaran Bali
  3. Liburan ke Bali ~ Nusa Dua, Bali
  4. Liburan ke Bali ~ Ubud Bali
  5. Liburan ke Bali ~ Legian, Bali
  6. Liburan ke Bali ~ Tambah liburan ke Jakarta

Kota pertama di Bali yang kami singgahi adalah Jimbaran. Alasan menginap di sini seh karena sebenarnya pengen makan malam di pantai jimbaran yang terkenal itu, etapi itu malah gak jadi dong, hahahaha. Akhirnya tempat yang aku kunjungi di daerah Jimbaran ini adalah cuma ke Garuda Wisnu Kencana (GWK) Uluwatu Temple serta tentu gak lupa menikmati hotel yang telah kami pilih.

Hotel

Kami sendiri menginap di Movenpick Resort and Spa Jimbaran Bali. Movenpick ini hotel bintang 5 di daerah Jimbaran, Bali. Kalau lihat di Traveloka per tanggal (22/12/2021) [cek di sini] harga kamar yang paling murah adalah IDR 1600k/night. Beruntung banget kami belinya tahun lalu jadi cuma bayar harga setengahnya yaitu 800k/night.

Karena kami liburan ke Bali sebagian besarnya adalah wisata hotel, makanya fasilitas hotel yang paling aku tekankan untuk pemilihannya. Untuk Movenpick ini sendiri aku pribadi sangat suka seh. Sukanya karena beberapa hal. Salah satunya karena area hotelnya luas untuk ukuran hotel baru di Bali. Biasanya kan yang hotel luas itu cuma hotel lama dan kalau hotel baru luasnya di gedung bagunan doang. Nah Movenpick ini gak cuma luas di bangunannya aja, tapi di luar bangunannya juga luas, terutama di bagian kolam renangnya.

Untuk kamarnya sendiri cukup luas seh untuk aku yang nginepnya bertiga. Dan asyiknya hotel ini adalah dari sisi manapun akan dapat pemandangan yang lumayan ok. Kalau ngadep depan hotel, yang mana adalah kamar aku akan dapat pemandangan jalan dan mall. Kalau kamarnya ngadep belakang hotel, akan dapat pemandangan kolam renang dan taman hotel. Kalau mau lihat jelasnya gimana kondisi kamar hotelnya bisa dicek ke video aku di bawah ya.

Kalau lihat videonya, aku kena kamar yang ngadep ke depan hotel yang mana viewnya adalah mall deket hotel. Jadi selama kita di hotel itu ada Spongebob yang berdiri di mall dari kita datang sampai malam mallnya tutup. Beneran berdiri aja gitu gak ada istirahatnya. Sampai-sampai si K merasa kasian banget sama Spongebobnya dan pengen ngamperin dan kasih uang (ada kotak di depannya). Tapi sampai kita keluar dari hotelnya kita gak sempat nyamperin dan kasih uang seh, sedih >.<

Selain kamar dan viewnya yang ok, hotel ini juga lengkap banget seh dan katanya dia ini adalah hotel dengan kolam berenang terbesar (atau terpanjang) di Bali (?) Tapi dari yang aku lihat seh emang kolam renangnya ini luas banget. Dari ujung ada kolam renang khusus untuk anak-anak yang ada seluncurannya. Terus ada kolam renang yang buat leyeh-leyeh sambil pake pelampung bantal. Terus ada juga kolam renang yang serius gitu buat yang beneran mau renang laps bolak balik, sampai ada kolam kecil yang isinya air mancur untuk anak balita main. Si K sendiri suka main di kolam leyeh-leyeh karena ukurannya pas yaitu 120 cm dan dia sendiri sekarang tingginya udah 140 cm lebih jadi udah bisa berdiri sambil pegang bantalnya.

Untuk sarapan hotelnya lumayan ok seh. Menunya banyak dan yang penting ada menu buat si K. Tapi karena kita di Bali, pasti ada aja menu porknya ya, jadi ditanyain aja atau baca dengan jelas menu-menunya terutama untuk yang bagian daging. Kalau aku seh karena pake kerudung jadi kalau salah ambil petugasnya pada ngingetin gitu. Kalau suami yang susah jadi harus ditanya bener-bener.

Selain berenang, aktivitas lainnya yang dilakukan si K selama kami menginap di hotel Movenpick Jimbaran ini adalah main ke Kids Klub. Aku aneh banget si K masih aja suka main di Kids Klub karena kalau dilihat dari bentuknya udah gak cocok dengan badannya yang udah gede banget. Tapi ya namanya umur emang masih kecil ya, masih 7 tahun, jadi tetap aja dia masih suka main begituan. Total selama liburan di Bali dia ada ke 3 Kids Klub :mrgreen:

GARUDA WISNU KENCANA (GWK)

Aku sendiri cuma pernah sekali ke Bali dan itupun pas aku perjalanan dinas dari kantor. Yang berarti adalah aku gak terlalu jalan-jalan ke Bali seh pada intinya. Tapi dari perjalanan singkat aku itu yang aku ingat adalah aku pernah ke Garuda Wisnu Kencana yang aku sendiri bingung ini tempat apa seh cuma foto-foto dengan patung doang? Hahahaha.

Setelah balik lagi ke GWK ini dan masuk ke dalam gedungnya sambil dijelaskan sejarahnya jadi tahu, kenapa begini dan kenapa begitu.

Jadi, GWK ini dulu proyek pemerintah, bukan cuma pembuatan patung, tapi ini kayak proyek satu kawasan gitu dan salah satunya adalah dengan membuat patung oleh pematung yang terkenal asal Bali. Saat patung ini sudah beberapa bagiannya rampung, patungnyapun disimpan dikawasan GWK. Namun, beberapa kali proyek ini hampir gagal dikarenakan krisis moneter yang kemudian proyek diambil alih oleh Swasta. Lalu ada lagi halangan yaitu di Bali ada aturan tidak tertulis bahwa tidak ada bangunan yang tingginya lebih dari pura tertinggi di Bali. Namun dengan pendekatan ke pemuka agama dan dengan aturan keagamaan yang ketat, akhirnya patung GWK diperbolehkan didirikan di kawasan tersebut.

TAPI, lagi-lagi ada masalah karena bagian patung yang telah lama dibuat tidak cocok dengan bagian patung yang dibuat baru. Maka dari itu, akhirnya disepakati bahwa patung yang lama akan tetap dipertahankan diposisinya semula dan akan dibuat bagian lainnya dengan patung baru. Jadilah yang sekarang di atas gedung adalah patung yang baru semua (kecuali bagian tangannya yang tetap digunakan yang lama karena memang masih dirawat dengan sempurna).

Kami sendiri ke GWK gak terlalu keliling seh karena ternyata panas banget di sana tuh, huhuhu. Jadi rutenya cuma ke gedung patungnya terus naik ke lantai paling atas untuk pengunjung. Di sini ini kami ada guide yang ceritain tentang GWK ini. Terus habis dari gedungnya keliling sebentar foto-foto di area terbukanya di patung yang lama. Sebenarnya keren seh ya area GWK ini, gede dan bersih. Cuma ya berasa kosong aja gak ada atraksi apapun. Bagusnya dibuat Theme Park kali ya biar seru. Universal Studio mungkin? Hahaha.

ULUWATU TEMPLE

Aku sendiri udah pernah ke Uluwatu waktu pertama kali ke Bali. Tapi cuma sebentar doang, paling 30 menit untuk foto-foto kayaknya. Yang aku ingat Uluwatu itu cuma banyak monyet dan ada tebing untuk foto-fotonya. Jadilah aku ke sini emang cuma mau foto-foto aja dan pulangnya langsung cuss makan di pantai Jimbaran. Eyalah pas di sana ditawarkan nonton atraksi si K langsung bilang dia mau nonton. Katanya kenapa kita ke sini jauh-jauh kalau gak ngapa-ngapain? Padahal yang foto-foto itu ngapa-ngapain juga kan? Hahaha. Maka akhirnya kamipun langsung membeli tiket atraksi yang tak lain dan tak bukan adalah atraksi tari kecak.

Tapi lumayan seh ya kita jadinya nonton, karena si K sendiri gak pernah nonton tarian tradisional gini. Dan sepanjang atraksi dia juga senang dan minta menceritakan ke aku tentang jalan ceritanya. Untungnya sebelum masuk kita emang udah dikasih kertas cerita gitu (yang sekarang aku sendiri sudah lupa ceritanya, hahaha). Cuma pas penarinya interaksi sama penonton aja dia bete karena dia bilang itu gak seru, seharusnya mereka nari aja jangan ngomong, hahaha.

Pas nonton tari kecak, aku juga lihat pemandangan sunset cantik banget. Mataharinya beneran bulat gitu dan tenggelam sempurna. Rasanya seumur hidup aku gak pernah deh melihat matahari terbenam sempurna karena emang gak pernah hunting juga. Jadi beruntung banget. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa melihat matahari yang terbit bulat sempurna juga. Apa harus naik gunung dulu? Hahahaha.

bye.

11 Comments

    1. Termasuk sepi mbak Nel, karena turis asing kan gak ada jadi lokal aja. Dan kalau gak masuk ke acara atau atraksi pasti sepi seh mbak. Jadi lumayan nyaman jalan-jalannya

Leave a Reply to niee Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s