celoteh, Review

UNFOCUS: Keriang Bandong


Haaaaiiiii…. Haaalooooo…. Apakabar semua??

Buat seluruh bangsa Indonesia selamat hari kemerdekaan yak! πŸ™‚ Seperti kata mas Arman di twitternya tadi pagi:

Jangan bilang ‘kita blm merdeka dari ini itu’ di hari ini, krn sebenernya yg kita rayakan di 17 agt adlh kemerdekaan dari penjajahan.

So, lupakanlah keburukan bangsa ini yang kemudian menganggap kita belum merdeka. Indonesia terlalu banyak keindahannya. Sudah 364 hari kita menggunjing bangsa sendiri. Ya kurang ini lah, kurang itu lah. Nah, boleh dong satu hari ini kita membicarakan yang baik-baik saja dari Indonesia. Bisa kok! πŸ™‚

***

Sebenarnya pengen nulis tentang keriang bandong yang merupakan budaya khas Pontianak pada masa bulan Ramadhan ini. Pas pula rasanya keriang bandong difokuskan di Tugu Digulis yang lambangnya bambu runcing, pas untuk postingan 17 Agustus maksudnya :mrgreen:

Jadilah beberapa hari lalu berburu foto keriang bandong untuk dimasukkan ke blog ini. Hasilnya?? Gak bagus aja dong *banting hape* Emang dasar si niee gak ahli dalam hal photografer deh yak. >.<

This slideshow requires JavaScript.

Pada tahu keriang bandong gak? Itu adalah budaya orang Pontianak saat ramadhan menjeleng idul fitri. Yang paling tradisional seh membuat lampu dengan bahan bambu yang bersumbu gitu deh. Tapi sekarang yang modern seh lebih kepada memasang lampu warna-warni disemua tempat. Ya dijalan jalan, di rumah, di dalam gang, di kantor, di manapun deh. Aaaaahhh,,, pokoknya sayang banget aku gak bisa dapet fotonya. πŸ˜₯

Kalau di daerah temen-temen blogger, ada kebiasaan apa untuk menyambut lebaran? :mrgreen:

Advertisements

42 thoughts on “UNFOCUS: Keriang Bandong”

  1. Masih gak kebayang bentuk lampunya gimana hihi…
    Di tempatku sih gak ada kebiasaan apa2.
    Tapi kalau di rumah nenekku ada lomba drumband antar kampung gitu pas malam takbiran πŸ˜€

    1. hahahaha… emang foto aku gak fokus sama sekali deh >.<

      nah, kalau di pontianak ada lomba meriam karbit malahan un.. mudah2an bisa dapet deh fotonya,, ntar aku posting.. πŸ˜€

  2. Makin rame berarti agustusannya ya. Rame sama bendera dan lampu.
    Ga ada kebiasaan spesial di sini mah, paling nyiapin membuka hati seluas-luasnya untuk saling memaafkan. πŸ˜€

  3. di sini apa ya? paling ada kembang api di malam takbiran
    itu pun klo masih boleh lho πŸ˜€
    eh klo pas foto2 dan hasilnya kurang bagus
    kan jadi gregetan terus tuh xixixi
    apalagi kudu nunggu taon depan lagi baru dapat momen itu lagi

    sabar ya Niee πŸ˜€

    1. kalau kembang api disini juga ada mbak.. tapi males banget sebenarnya denger kembang api.. lebih seruan denger suara meriam karbit seh >.<

      bener… tahun depan harus dapet foto foto yang lebih keren deh dari tahun ini πŸ˜€

  4. Di sini biasa aja sih Nie, malam takbiran rame2 muda-mui keluar rumah takbiran, naik motor, mobil kumpul di pusat kota (mesjid raya baiturrahman). dari situ takbiaran sepanjang jalan. hehe
    πŸ˜€

    1. waaahhh… sama dong… disini biasanya juga di alun-alun ada yang kumpul2 gitu.. tahun ini acaranya dipusatkan di depan pendopo gubernur kalbar.. jadi ntar habis ngumpul keliling2 gitu deh.. tapi aku gak pernah ikut aja.. hehehehe

  5. Kalo disini paling pawai obor, tapi itupun kalo masih dibolehin sama pemerintah daerah sini πŸ˜€
    Kalo nggak ya paling cuma takbiran doang πŸ˜€
    Lebih rame natal sih kalo di Jayapura sini.
    Maklum ya, mayoritas di Jayapura emang banyakan non muslimnya.
    Tapi tetep akur kok πŸ™‚

    1. waaahhh… kok bawa obor aja gak dibolehin seh zip?

      hmmm… iya yak.. pasti sepi disana.. kalau disini selain takbiran buat muslim acara imlek dan capgomeh juga meriah, soalnya banyak yang konghuchu πŸ˜€

  6. aku malah baru tahu Niee ttg keriang bandong, unik juga ya

    kaykany adi kampungku sana nggak ada kegiatan khusus menyambut lebaran, paling keliling kampung pakai obor, takbiran

    1. iya mbak.. emang khas pontianak, jadi banyak yang gak familiar pastinya πŸ˜€

      kalau takbiran disini juga ada seh mbak.. tapi gak pake obor sepertinya (kurang tahu juga) hehehehe

    1. sebenarnya seh awalnya bukan.. tapi semacam obor gitu.. cuma seiring berjalannya waktu *halah* jadinya orang lebih suka pake lampu hias gitu deh >.<

  7. “So, lupakanlah keburukan bangsa ini yang kemudian menganggap kita belum merdeka.”

    Entah kenapa di timeline socmedku banyak yang sok2an bikin kalimat “Kita belom merdeka!”. Saya setuju sama kamu.Kita terlalu melihat sisi buruk negeri kita sendiri…
    Love indonesia deh :* hahaha

    1. setujuh!!! kita harus membangkitkan bangsa ini dengan hal hal yang positif yak.. karena mengingat bangsa dengan hal yang negatif gak akan pernah selesai deh kayaknya >.<

  8. waduh gka kebayang nih gimana tepatnya…

    kalau di daerah ku sih paling pada bikin “lodong” itu tuh sejenis meriam mainan yang dibuat dari bambu besar atau gombong…pas malam takbiran biasa di nyalain…persis meriam deh bunyinya…

    1. hahahaha… emang dasar akunya yang gak pas gitu deh fotonya 😦

      kalau soal meriam malahan di pontianak ada meriam gede gitu.. namanya meriam karbit.. dan kalau dibunyikan di tengah kota seluruh kota bisa kedengeran gitu deh πŸ˜€

  9. Kami sekeluarga mengucapkan,
    Selamat hari raya Idul Fitri.
    Minal aidin walfaizin
    mohon maaf lahir dan bathin.
    Semoga kembali Fitrah. Amin.

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s