UNFOCUS: Keriang Bandong


Haaaaiiiii…. Haaalooooo…. Apakabar semua??

Buat seluruh bangsa Indonesia selamat hari kemerdekaan yak! πŸ™‚ Seperti kata mas Arman di twitternya tadi pagi:

Jangan bilang ‘kita blm merdeka dari ini itu’ di hari ini, krn sebenernya yg kita rayakan di 17 agt adlh kemerdekaan dari penjajahan.

So, lupakanlah keburukan bangsa ini yang kemudian menganggap kita belum merdeka. Indonesia terlalu banyak keindahannya. Sudah 364 hari kita menggunjing bangsa sendiri. Ya kurang ini lah, kurang itu lah. Nah, boleh dong satu hari ini kita membicarakan yang baik-baik saja dari Indonesia. Bisa kok! πŸ™‚

***

Sebenarnya pengen nulis tentang keriang bandong yang merupakan budaya khas Pontianak pada masa bulan Ramadhan ini. Pas pula rasanya keriang bandong difokuskan di Tugu Digulis yang lambangnya bambu runcing, pas untuk postingan 17 Agustus maksudnya :mrgreen:

Jadilah beberapa hari lalu berburu foto keriang bandong untuk dimasukkan ke blog ini. Hasilnya?? Gak bagus aja dong *banting hape* Emang dasar si niee gak ahli dalam hal photografer deh yak. >.<

This slideshow requires JavaScript.

Pada tahu keriang bandong gak? Itu adalah budaya orang Pontianak saat ramadhan menjeleng idul fitri. Yang paling tradisional seh membuat lampu dengan bahan bambu yang bersumbu gitu deh. Tapi sekarang yang modern seh lebih kepada memasang lampu warna-warni disemua tempat. Ya dijalan jalan, di rumah, di dalam gang, di kantor, di manapun deh. Aaaaahhh,,, pokoknya sayang banget aku gak bisa dapet fotonya. πŸ˜₯

Kalau di daerah temen-temen blogger, ada kebiasaan apa untuk menyambut lebaran? :mrgreen:

Advertisements

42 Comments Add yours

  1. Masih gak kebayang bentuk lampunya gimana hihi…
    Di tempatku sih gak ada kebiasaan apa2.
    Tapi kalau di rumah nenekku ada lomba drumband antar kampung gitu pas malam takbiran πŸ˜€

    1. niee says:

      hahahaha… emang foto aku gak fokus sama sekali deh >.<

      nah, kalau di pontianak ada lomba meriam karbit malahan un.. mudah2an bisa dapet deh fotonya,, ntar aku posting.. πŸ˜€

  2. arip says:

    Makin rame berarti agustusannya ya. Rame sama bendera dan lampu.
    Ga ada kebiasaan spesial di sini mah, paling nyiapin membuka hati seluas-luasnya untuk saling memaafkan. πŸ˜€

    1. niee says:

      iyaaaa…. jadi perayaannya ada 2 jenis.. pasang lampu dan pasang bendera tentunya.. meriah deh πŸ™‚

  3. Lidya says:

    disini sih biasa aja,yang psati macet iya disini (cikampek maksudnya)

    1. niee says:

      kalau pas malam takbirannya disini juga macet loh mbak >.<

  4. niquΓ© says:

    di sini apa ya? paling ada kembang api di malam takbiran
    itu pun klo masih boleh lho πŸ˜€
    eh klo pas foto2 dan hasilnya kurang bagus
    kan jadi gregetan terus tuh xixixi
    apalagi kudu nunggu taon depan lagi baru dapat momen itu lagi

    sabar ya Niee πŸ˜€

    1. niee says:

      kalau kembang api disini juga ada mbak.. tapi males banget sebenarnya denger kembang api.. lebih seruan denger suara meriam karbit seh >.<

      bener… tahun depan harus dapet foto foto yang lebih keren deh dari tahun ini πŸ˜€

  5. Sii Isni says:

    Di sini biasa aja sih Nie, malam takbiran rame2 muda-mui keluar rumah takbiran, naik motor, mobil kumpul di pusat kota (mesjid raya baiturrahman). dari situ takbiaran sepanjang jalan. hehe
    πŸ˜€

    1. niee says:

      waaahhh… sama dong… disini biasanya juga di alun-alun ada yang kumpul2 gitu.. tahun ini acaranya dipusatkan di depan pendopo gubernur kalbar.. jadi ntar habis ngumpul keliling2 gitu deh.. tapi aku gak pernah ikut aja.. hehehehe

      1. Sii Isni says:

        aku juga ga pernah ikut, pling nunggu aja dan rumahku mreka lewat. πŸ˜€

  6. affanibnu says:

    wah,, besok malm takbiran.. tapi hari ini kurang begitu semarak orang merayakan 17 agustus..
    tapi jangan khawatir, tahun depan masih ada.. πŸ™‚

    1. niee says:

      yang penting seh benderanya di pasang di depan rumah yak πŸ˜€

  7. matavip says:

    merdeka dan selamat hari raya iedul fitri

    1. niee says:

      mohon maaf lahir dan batin mas πŸ˜‰

  8. r10 says:

    di sini ga ada acara istimewa menyambut lebaran, maklum daerahku umumnya pendatang bukan warga lokal

    1. niee says:

      waaahhh… sepi dong yak yo?

  9. Zippy says:

    Kalo disini paling pawai obor, tapi itupun kalo masih dibolehin sama pemerintah daerah sini πŸ˜€
    Kalo nggak ya paling cuma takbiran doang πŸ˜€
    Lebih rame natal sih kalo di Jayapura sini.
    Maklum ya, mayoritas di Jayapura emang banyakan non muslimnya.
    Tapi tetep akur kok πŸ™‚

    1. niee says:

      waaahhh… kok bawa obor aja gak dibolehin seh zip?

      hmmm… iya yak.. pasti sepi disana.. kalau disini selain takbiran buat muslim acara imlek dan capgomeh juga meriah, soalnya banyak yang konghuchu πŸ˜€

  10. oh, kirain keriang bandong itu ada hubungannya sama bandung. hehe

    1. niee says:

      bukaaannn.. gak ada hubungannya dengan bandung πŸ˜€

  11. hilsya says:

    disini.. masih belum tau mau sholat Id dimana..
    sedih ga sih?

    1. niee says:

      waaahhh,,, gak pulang yak mbak? waaaahhh,,, kalau kuliah di LN dengan dan jadi minoritas kebanyakan seperti itu yak mbak, hmmm…

  12. Ely Meyer says:

    aku malah baru tahu Niee ttg keriang bandong, unik juga ya

    kaykany adi kampungku sana nggak ada kegiatan khusus menyambut lebaran, paling keliling kampung pakai obor, takbiran

    1. niee says:

      iya mbak.. emang khas pontianak, jadi banyak yang gak familiar pastinya πŸ˜€

      kalau takbiran disini juga ada seh mbak.. tapi gak pake obor sepertinya (kurang tahu juga) hehehehe

  13. Arman says:

    lho fotonya kok cuma item doang nie?

    1. niee says:

      gak kelihatan yak mas? hmmm.. tapi di tampilan aku ada seh kelihatan walo dikit dan gak jelas >.<

  14. dafhy says:

    Selamat hari kemerdekaan mbak. Kalau di desaku sama seperti itu. bikin lampu dari bahan bambu dan bersumbu tapi sekarang jarang πŸ™‚

    1. niee says:

      waaahhh… samaan yak.. desanya dimana?

  15. zilko says:

    Itu semacam hiasan lampu-lampu gitu ya Nie?? Hmmm

    1. niee says:

      sebenarnya seh awalnya bukan.. tapi semacam obor gitu.. cuma seiring berjalannya waktu *halah* jadinya orang lebih suka pake lampu hias gitu deh >.<

  16. “So, lupakanlah keburukan bangsa ini yang kemudian menganggap kita belum merdeka.”

    Entah kenapa di timeline socmedku banyak yang sok2an bikin kalimat “Kita belom merdeka!”. Saya setuju sama kamu.Kita terlalu melihat sisi buruk negeri kita sendiri…
    Love indonesia deh :* hahaha

    1. niee says:

      setujuh!!! kita harus membangkitkan bangsa ini dengan hal hal yang positif yak.. karena mengingat bangsa dengan hal yang negatif gak akan pernah selesai deh kayaknya >.<

  17. Volverhank says:

    di pontianak juga ada yang nyalain meriam gede gitu kan? hehe

    1. niee says:

      iyaaaa… namanya meriam karbit..

  18. Volverhank says:

    sori websitenya salah tadi haha

  19. uyoyahya says:

    waduh gka kebayang nih gimana tepatnya…

    kalau di daerah ku sih paling pada bikin “lodong” itu tuh sejenis meriam mainan yang dibuat dari bambu besar atau gombong…pas malam takbiran biasa di nyalain…persis meriam deh bunyinya…

    1. niee says:

      hahahaha… emang dasar akunya yang gak pas gitu deh fotonya 😦

      kalau soal meriam malahan di pontianak ada meriam gede gitu.. namanya meriam karbit.. dan kalau dibunyikan di tengah kota seluruh kota bisa kedengeran gitu deh πŸ˜€

  20. bensdoing says:

    hanya mo ucapin…..minal aidin walfaidzin ….mohon maaf lahir dan bathin ya mb…..

    1. niee says:

      Maaf lahir batin juga yak bens πŸ™‚

  21. Irfan Handi says:

    Kami sekeluarga mengucapkan,
    Selamat hari raya Idul Fitri.
    Minal aidin walfaizin
    mohon maaf lahir dan bathin.
    Semoga kembali Fitrah. Amin.

    1. niee says:

      Mohon maaf lahir batin juga mas irfan πŸ™‚

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s