2 – DUA


Haiiii… Halooo… apa kabar semuanya? Baek-baek ajakan?

Gimana dengan kondisi kota kalian masing-masing? Masih aman kan? Pontianak sendiri disuruh waspada dengan ancaman angin puting beliung sampai akhir tahun ini. Emang seh daerah kalbar sangat rentan dengan ancaman angin besar. Dulu seh emang dibilang aman dari gempa lah ya. Tapi pas puasa kemaren ada aja gitu gempa di kalbar! Kalau gak salah sampe 4sr deh. Ya namanya juga manusia ya cuma bisa memprediksi aja kalau udah Tuhan bilang ‘kun fa ya kun’ ya semua prediksi manusia bubar dah. So, sekarang jadi lagi berhati-hatinya kalau jalan keluar rumah. Gak lucu kan yak kalau lagi mau jalan untuk memantapkan kegaulan sebagai anak gaol seantero kota Pontianak tiba-tiba nyangkut sampah ke muka kan πŸ˜›

Balik lagi ke topik. Beberapa bulan yang lalu Donny si 5-cm melaunching buku keduanya yang berjudul ‘2’. Rada aneh yak judulnya, terlalu simple gimana gitu (komen gak penting). Seperti biasa Pontianak kan kota gaul banget gitu sampe-sampe kalau ada novel baru itu lamaaaaaaaaaa banget baru ada bukunya nyantol di gramed. Jadinya aku titip aja bukunya ke wulan dari Bandung, biar dia sekalian bawa pas mudik lebaran ke Pontianak gitu.

Eh, ternyata pas bulan puasa kemaren bukunya udah ada dong di Gramed! Syukurnya si wulan belinya dapet lebih murah daripada di Gramed sini, jadinya masih bisa dianggap untung lah πŸ˜›

Ini Bulu Tangkis, dan ini Indonesia!

Kalimat inilah yang paling sering ditulis dibuku ini berkali-kali.Β  Yak, udah ketebak kan isi cerita buku ini. Setelah di buku pertamanya 5cm kemaren donny membahas tentang ‘anak gunung’, kali ini dia membahas tentang bulu tangkis.

Jadi ceritanya ada seorang anak bernama Gusni terlahir dengan sebuah kelebihan. Kelebihan yang membuatnya harus berjuang untuk hidup lebih dari manusia lainnya.

Gusni ini terlahir dengan tubuh yang besar. Mungkin termasuk golongan bayi raksasa yang membuatnya hingga remaja menjadi seorang gadis berbadan besar. Bahkan berat badannya mencapai 125kg! Tapi kegendutannya bukan merupakan gendut biasa yang dialami oleh orang lain pada umumnya. Karena ini adalah sebuah penyakit genetis yang jika terus dibiarkan dapat membahayakan nyawanya.

Walaupun punya tubuh yang besar, Gusni punya satu keinginan yang sedari kecil telah menjadi cita-citanya: menjadi atlet bulu tangkis!

***

Yak, gambaran ceritanya segitu aja ya, coz gak baek kalau ngasih resensi panjang-panjang, ntar jatoh-jatohnya spoiler! πŸ˜› (caelah macam si niee gak sering spoiler aja πŸ˜† ). Pada dasarnya seh ceritanya bagus, tentang keluarga yang sangat akrab satu dengan yanng lainnya, selalu mendukung dan gak pernah meninggalkan walaupun ada masalah sebesar apapun. Tentang sahabat, yang selalu setia kapanpun disaat suka, ataupun duka. Tentang cinta, dan tentang keberanian, perjuangan untuk hidup dan melawan segala penyakit yang menderanya.

Sebenarnya ada satu yang buat aku merasa sedikit kurang sreg dengan novel ini. Penggambaran adegan pertandingan bulu tangkis yang terlalu sering dan sangat panjang yang membuat aku sedikit malas untuk membacanya. Serasa baca berita siara bulu tangkis di detik.com gitu deh. Padahal kalau berita sebenarnya aja aku males buat baca ‘jalannya pertandingan’. Lah ini, dimasukin seubrek-ubrek di bukunya sampai beberapa lembar!

Selain itu tetap dengan gaya Donny yang gamblang dan dengan segala konflik yang pas. Gak sampe nangis mewek seh bacanya. Dan menurut aku, walaupun bukunya tebal, tapi ceritanya termasuk ringan buat dibaca.

nb: dari mulai baru ngebaca, sampai pas bener-bener mulai ngebaca bukunya aku penasaran banget apakah ini kisah nyata atau gak. Sampai googling segala gitu. Setelah bekerja keras dengan peluh dan keringat *lebay* akhirnyaΒ  dapet juga jawabannya :mrgreen:

Advertisements

58 thoughts on “2 – DUA”

  1. kota g sih aman2 aja.. cuma panasnya amit2 dah, ngarepp ujan tak kunjung turun nich wakakaka πŸ˜€
    end jakarta semenjak senin kembali sudah back to normal, alias kembali macet dimana2 hahaha

  2. wah…kalau gitu kalimantan juga ada gempanya juga yah?…padahal kata orang-orang yang berilmu Pulau Kalimantan adalah pulau yang paling aman di antara pulau2 besar…..

  3. wadau indonesia jangan bencana alam terus dong. mudah mudahan baik baik aja disana ya.

    novel bulu tangkis. unik nih. baru sekali kayaknya novel yang bahas bulu tangkis. kalo laris di pasaran. bisa bisa di buat film nih

  4. lha, jadi jawabannya apa tuh? Fiksi ato berdasarkan cerita nyata nih?? hehehe πŸ˜›

    Btw, iya ya, kebayang deh kalau bagian pertandingannya terlalu detail gitu. Kalo aku yang baca bisa-bisa bagian itu cepet bolak-balik halamannya, wkkwkw πŸ˜†

  5. Ahh novel ini gw bacanya ngga beresberes, pdhl udh sampe dibawa mudik, niatnya buat temen baca di perjalanan, tapi ujungujungnya ya tersimpan manis aja gitu di dalem tas. Ceritanya kepanjangan yang menurut gw agak berteletele jadinya bosen duluan. Tapi gw lumayan sempet berkacakaca bacanya Nie… Nanti deh gw terusin lagi, moodnya buat menuntaskan novel itu belum nongol juga soalnya. Btw…fakta atau fiksi nih? Dengerdenger katanya cerita ini soal salah satu pebulutangkis Indonesia ya? Bener ga Nie? *males googling*

  6. Di daerah Kalimantan bahaya yang sering terjadi adalah kebakaran. Tapi hal itu sudah imbang dengan adanya sungai-sungai besar yang mengalir di wilayahnya. Saya juga pernah di kalimantan dalam kurun waktu sepuluh tahun namun belum pernah merasakan ada gempa.

  7. yang 5 cm udah baca…ternyata ada lagi yah bukunya Bang Donny…baru tau info dari sinih
    beginilah orang yang sukabuku tapi tak suka baca…*aneh dan jangan diikuti yah…
    hehehehehe…
    kalo di Kaltim ada puting beliung juga gak yah mba?…

  8. wah blom baca bukunya nih, jadi penasaran …. juga novel buluntangkis … hmm kayak apa ya isinya, jadi pengen mbaca πŸ™‚

    1. klo novel andrea hirata aku gak terlalu baca mbak, tapi kemaren pernah nyoba baca pas di rumah temen aku lumayan suka dengan gaya bahasanya..

      mungkin selera tulisan mbak nunik beda πŸ˜€

  9. jadi ini kisah nyata / fiksi? saya penasaran juga ma buku ini. pertama kali liat buku ini di fb nya bundadontworry (bunda lily). kayaknya rame. boleh minjem buku nya atuh πŸ˜€

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s