celoteh, personal life

Tidur Yuk..


http://fikriaulia03.blogspot.com

Haiii Halooo, pagi pagi minggu lagi ngapain neh? Masih molor kah? Aku dong udah bangun dan belom mandi *nah loh* :mrgreen:

Beberapa hari yang lalu di kantor aku lagi ngomongin masalah tidur-tiduran ini. Maksudnya ya gak tidur di kantor juga ya. Begimana caranya juga bisa tidur di kantor yang tempatnya cuma ada bangku sama meja yang isinya komputer doang. Etapi aku penasaran loh kalau ada orang yang bisa tidur dimanapun. Seperti didalam kelas, di ruang tunggu, pokoknya dimanapun lah. Kok bisa seh? *merenung*

Aku sendiri termasuk orang yang yang susah tidur dimanapun. Jangankan di dalem kelas deh, di bis aja untuk perjalanan jauh aku susah banget tidur. Intinya seh aku gak bisa tidur dengan posisi tegak. Jadi pas jalan-jalan ke Kuching kemaren kan memakan waktu+/- 14 jam tuh, gak mungkin kan aku gak tidur, bisa tepar dah sampai-sampai kesananya. Jadi aku nyari-nyari 2 bangku yang kosong dan tidur dalam porsi rebahan. Dengan posisi itu, aku sukses tidur sampai diperbatasan πŸ˜€

Ternyata beberapa orang ada yang susah tidur dengan kondisi tertentu. Padahal udah ada di tempat yang tepat. Yak, apalagi kalau bukan ditempat tidur. Jadi mereka ini perlu kondisi penerangan tertentu, bisa harus terang banget, harus redup-redup, atau bahkan harus gelap banget sampai gak ada penerangan sama sekali.

Temen dikantor aku di atas terbiasa tidur dengan pencahayaan yang terang benderang. Kalau redup aja atau mati lampu dia pasti akan terbangun dan langsung gak bisa tidur. Jadinya dia harus siap sedia lampu emergency di dalam kamar kalau gak mau tiba-tiba malam mati lampu dan dia gak bisa tidur lagi sampai paginya.

Ada lagi temen aku vio yang sering aku ceritain di blog ini. Dia tidurnya harus dalam keadaan geap. Jangan sampai deh ada cahaya sedikit aja, dia langsung terbangun dan mematikan sumber cahayanya.

Sedangkan aku? Kebiasaan aku dari kecil yang dibiasain oleh orang tua adalah pake penerangan seh, tapi yang sangat redup. Jadi pake lampu tidur gitu, enaknya seh lampu kecil yang 5 watt dengan penerangan redup. Tapi seperti yang aku ceritain kalau posisinya udah bener (rebahan) aku seh bisa-bisa aja tidur dalam kondisi pencahayaan apapun. Mau terang benderang ok aja, mau gelap sama sekali gak ada cahaya juga ok.

Kalau menurut klikdokter.com pencahayaan yang paling bagus saat tidur seh dalam keadaan mati yak. Katanya dengan pencayaan yang rendah (bahkan gak ada sama sekali) kualitas tidur kita akan lebih baik dan saat bangun kondisi badan kita akan lebih segar daripada tidur dalam pencahayaan terang benderang. Tapi yang namanya kebiasaan rasa aku susah deh buat diubah deh :mrgreen: Sekarang aku sedang membiasakan diri tidur dalam keadaan lampu dimatiin. Selain mengejar kualitas, juga biar hemat energi dan rekening listrik kan yak 😳

So, gimana dengan cara tidur kalian? πŸ™‚

nb: kok pas baca judul postingannya jadi rada gimana gitu yak πŸ˜† Tapi ya sudah lah πŸ˜›

Advertisements

61 thoughts on “Tidur Yuk..”

  1. yuuuk hehhee
    aku tidak bisa tidur dalam keadaan gelap sekali. Karena aku takut kegelapan dan mudah panik.
    Dulu musti terang benderang, tapi skr cukup remang-remang.
    Tapi aku jago tidur di dalam kendaraan. di Bajaj aja bisa πŸ˜€

    EM

    1. iya mbak,, emang paling enak itu remangremang yak. gelap gak terang juga gak, hehehe..

      waduh, bukannya bajaj itu ribut banget dan goyang2 gak jelas, bisa2nya mbak tidur yak, hahahaha

  2. orang yang gampang tidur tuh harus disyukuri…
    gua juga bukan orang yang gampang tidur. kalo di mobil/kereta api/pesawat, susah banget tidur pules. tidur harus di ranjang dan ranjangnya harus nyaman. hehehe.

    rata2 sih gua harus gelap kalo tidur. kalo terang gak bisa….

  3. Aku tidurnya dimana saja bisa, asal ngantuk, berdiri pun pernah, (sekali doang tapi), paling heboh cerita tidurku ya pas berdiri itu, pas taraweh, (#salahin imamnya saja πŸ˜€ ) abis baca Alfatihah, surat yang dibaca surat Al Baqarah, panjaaaaaaaaaaang gak berhenti berhenti, mana aku lagi capek seharian muter sana muter sini, saking lamanyaaaaa aku tertidur…. posisi berdiri…
    eh begitu sadar….
    Assalamualaikum Wr Wb…. Assalamualaikum Wr Wb….
    #jeduarrrr…. langsung ikut assalamualaikum sajalah…..

    1. huwahahahahaha,, parah parah bisa2nya tidur berdiri pas sholat mas! jadi selama orang berdiri duduk sujud masnya tetep berdiri sambil tidur gitu? hahaha ada2 aja dah

  4. Di kantorku ada yang menjejer 3 kursi kemudian dipakai untuk tiduran sampai ada yang tidur beneran. Saya pribadi lebih nyaman tidur kalau dalam keadaan gelap. Lampu menyala malah bikin susah tidurr.

  5. waktu sekolah saya jago tidur dikelas, apalagi sampai bisa rebahan, wah dimana aja sih bisa tidur
    soal kualitas tidur menurut saya gelap atau terang yang penting tidur dengan tenang tanpa gelisah sudah dapat istirahat dengan nyaman

  6. Mbak, saya gak bisa tidur kalo gak rebahan dan kaki lurus. 😐
    Makanya, kalo tidur di kereta api, saya gak bisa nyenyak. Soalnya, kepala selalu terkulai bolak-balik ke kanan atau ke kiri. Sakit leher! 😦

    Paling nggak harus ada sleeping bag. Tidur kayak kepompong seru juga. πŸ˜†

    Gelap? Bagi saya wajib. 😑
    Saya suka gelap!

    1. iya sop,, emang posisi menentukan tidur deh sama kayak aku.. mana enak klo posisi badan gak jelas gitu 😐

      Haha,, kalau aku mah gak wajib juga seh gelap πŸ˜›

  7. Sama!! Aku juga susah tidur kalau nggak di kasur! hahaha. Biasanya yang gini tuh baru bisa tidur kalau udah capek banget deh.

    Waktu pindah ke Belanda tahun lalu aja, di pesawat kan 17 jam tuh, aku total cuma tidur 3 jam loh, wkwkwkw. Pesawatnya transit di Dubai, dan 7 jam perjalanan ke Dubai gak bisa tidur (tapi akhirnya nonton film Shrek 4 deh, untung Garuda fasilitas entertainment on board-nya ok, wkwkwkw :P). Setelah dari Dubai, panik gak bisa tidur, akhirnya minta penutup mata dari pramugarinya. Dikasih, dan lumayan efektif juga. Sepertinya bisa dicoba tuh penutup mata. *btw, waktu tahun lalu ke Belanda itu penerbangannya penuh jadi ga bisa nyari dua kursi kosong buat selonjoran deh, hahaha*

    Kalau di kamar sih biasanya aku tidur dalam kondisi gelap. Seringnya cahaya redup sih, tapi gelap sama sekali juga nggak papa, haha

    1. Padaha kalau di pesawat lumayan enak kan yak kursinya buat tidur, tapi masih gak bisa tidur juga gitu? Hahaha,, bener bener sulit tidur berarti lo zil.. *tos*

  8. kalo gw cara tidur harus tutup mata. kalo buka mata ngak bisa tidur. ato tidur sambil berlari juga sulit. kalo tidur masi tutup mata dan idupin lampu kayak nya masi bisa tidur deh. ihihi

  9. wah gw sebenernya tipe yg gampang tidur dimana pun, jd ga harus di tempat tidur bisa aja. Di perjalanan dgn posisi tegak bisa, di kursi kantor bisa, di kursi bioskop aja bisa πŸ˜€ ketauan pelornya banget πŸ˜› Tapi semuanya tergantung kondisi jg Ni, kalo lg ada yg ganggu pikiran ya si insomnia bakal nongol. Hmm…gw kok ga bisa yah tidur dlm keadaan gelap, suka berasa sesek nafas, jd mesti ada sinar sedikit apapun itu, br bs tidur πŸ˜€ *lah kok jd kayak curhat ya ini komennya*

    1. jadi termasuk yang mudah tidur yak.. kalau ada masalah seh semua orang juga sulit tidur gak masuk hitungan deh, hehehe..

      Kalau sekarang mulai suka tidur gelap, lebih nikmat aja kayaknya πŸ˜€

  10. Kalau tidur dalam keadaan normal, harus gelap dan tanpa AC atau pun kipas angin. Soalnya saya ga bisa dingin, kecuali kalau dalam keadaan cuaca panas seperti beberapa hari belakangan ini.
    Tapi dalam keadaan tidak normal, seperti di mobil, di bus atau di kereta, saya gampang tidur. Apalagi manusia akan mudah mengantuk kalau kekurangan oksigen. Berhubung bus & kereta di Jakarta selalu penuh sesak, saya jadi mudah ngantuk. Sangking penuh di dalam kereta, saya bisa tidur berdiri tanpa pegangan, GA BAKAL JATUH πŸ˜€

    1. ya ampun sya, gimana caranya gitu sambil berdiri di kereta pula.. ya emang gak bakalan jatuh karena berdesakan seh, tapi kan apek aja gitu, hehehe

      iya tuh mbak, aneh2 aja sya πŸ˜›

  11. Kalau saya duluuuu waktu kecil sukanya tidur dengan lampu menyala. Perlahan2 saat kuliah saya mulai coba dengan penerangan dikurangi.
    Dan sekarang sukanya tidur agak gelap….

  12. Ini lagi dalam penyesuaian. Pasangan biasa tidur dengan lampu nyala, saya nggak bisa tidur ada cahaya, harus mati. Alhasil, mata masih berat ini, tidurnya nggak bisa maksimal.

    Lampu mati iya bener juga jadi hemat listrik ya. Tapi ada satu yang biasanya nggak saya matiin. Lampu kamar mandi. πŸ™‚

    1. nah, masalahnya sama dengan temen kantor aku mbak, suaminya juga sukanya tidur terang benderang, ya istri ngalah deh pasti, hehe

      Emang kenapa lampu kamar mandi mbak? Kalau aku malah lampu kamarmandi harus dimatikan klo gak dipake

  13. melihat temanku yang bisa tidur di kursi, pokoknya asal nyender aja, dia gampang tertidur
    kulihta dia segar
    akhirnya kutanya kok bisa, karena waktu itu tak bisa tidur di kendaraan
    dia bilang pasrah aja, nyender ke jendela,
    eh iya beneran aku jadi bisa tidur di bis dalam posisi duduk, tapi harus di pojok dekat jendela jadi tas kita aman dari orang jahil

    1. ow, jadi bisa gitu ya mbak tidur dengan fikiran pasrah.. *patut dicoba* hehehe..

      Tapi bener mbak, klo kendaraan musti hati2.. banyak orang yang jahil yang kita gak sadar malah makin gampang kan..

  14. aku sebenernya kalo di kelas emang suka ngantuk… tapi nggak pernah bisa sukses tidur. Beberapa temen ada yang sampe mimpi. Weleh-weleh.. aku bener-bener nggak bisa gitu. Tapi, aku termasuk gampangan milih tempat tidur. Mau di lantai kek, di kursi kek, di sofa, dimana aja asalkan minat tidur ya bisa tidur. Kecuali di kelas… dari sekolah dulu sampe sekarang kuliah nggak pernah tidur di kelas…

    emeng bener kak. Katanya kalo tidur di penerangan yang minim atau bahkan bener-bener gelap, itu bisa membantu proses pertumbuhan. Aku dari dulu sukanya tidur, lampunya dimatiin. walau kalo terang tetep bisa tidur… tapi anehnya kok aku masih “kurang tinggi” ya? (loh?)

  15. gw gampang tidur..dimana pun kapanpun..terang gelep ga masalah…nempel langsung blek!
    kadang ribet malah..kalo jalan jauh maunya kan liat2..tapi ga bisa..krn selalu molor ^^

  16. hmm… kalo aku lg kecapekan biasanya bisa tidur dimana aja sih…
    di mobil,di klinik… (sambil nelungkup di meja), hahaha…

    yang paling enak adalah,, ketiduran di salon, sambil di creambath… dipijet2 kepalanya… lama2 blas.. bobo deh… ahaha…

    1. nah klo ketiduran di salon aku setuju mbak, emang enak banget.. tapi aku pernah kejadian ada ibu2 yang ketiduran sambil ngorok di salon,, haha jadi malu kalau ketiduran eh gak sadar ngorok >.<

  17. Saya termasuk penidur *eh
    Tidur dimanapun, kapanpun. Berdiri di bis pun bisa tidur *mikir *gimanacaranyaya
    Tapi kalau sudah insomnia kumat, bisa gak tidur sampai fajar

  18. Aq mah mlh susah bgt tidur nya,,aplgi malem,,gak bs tdr ape pg,,,aplagi ssiang,,jrg bgt aq ngantuk…penyakit apa kalo keq gitu eahh,,,dijawab dun’k….

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s