Tukang Reparasi Komputer..


Setelah menjadi pengangguran selama 3 bulan dan bertahun-tahun gak pernah merasakan kewajiban buat bangun pagi serta apa enaknya liburan itu, akhirnya hari ini aku merasakannya juga. Pagi2 tadi udah kaget pas lihat jam di HP udah menunjukkan pukul 7.30. Yang ada di dalam fikiran cuma: TELAT!! Eh pas nyawa udah kumpul baru sadar kalau hari ini adalah hari minggu *bangsai*

Dulu rasanya merasa aneh dengan orang2 yang sangat membenci hari senin dengan selogan I HATE MONDAY-nya dan heran juga dengan adanya istilah THANKS GOD ITS FRIDAY! Lah, emang apa bedanya gitu senin sama jum’at? Sama2 matahari masih panas2 aja tuh di Pontianak *ditimpukin* πŸ˜†

Kalau kalian jadi pegawai dan rutin bekerja Senin-Jum’at mungkin itulah yang dirasakan.

Aku belum masuk kerja juga seh. Tapi karena belum merasakan itu jadinya udah membenamkan fikiran diri sendiri agar jangan ngeluh dengan hari senin dan jangan terlalu gembira dengan hari jum’at. Kasian kan senin gak ada kawan (sini2 kakak peluk *halah* ) :mrgreen:

Karena bimteknya tinggal 1 hari lagi tanggal 28 besok jadi para pegawai BKD itu memberi gambaran bagaimana nanti pas kita masuk kerja dihari pertama. Awalnya kok kedengaran mereka nakut2in yak! Kan jadi parno sendiri akunya. Lalu jum’at kemaren pun aku mendapat tugas untuk mengunjungi kantor untuk nanti untuk mengurus surat2.

Oia, sk aku menempatkan aku di dinas kesehatan kota Pontianak. Gak tahu juga ini pemilihan darimana hingga aku bisa kepilih masuk SKPD itu. Lalu teman2 akupun mulai berspekulasi untuk menerka2 hal ini, dari yang normal sampai yang absurdpun ada.

1. Karena skripsi aku ngangkat tentang kesehatan.

Hmmm,,, iya juga seh. Aku kemaren ngambil skripsi tentang sistem pakar diagnosa penyakit pada Anak gitu. Tapi apa iya sampai lihat judul skripsi kita. Lagian aku milih skripsi itu asal aja kok, karena mudah dan sepertinya bisa selesai dengan cepat, hahahahaha…

2. Karena berdasarkan ranking lulus ujiannya.

Jadi untuk formasi pranata komputer itu yang dipilih 6 orang. Aku sendiri lulus dengan ranking ke 4. Yang ranking 1 sendiri adalah kawan aku TJ. Tapi karena dia lulus di bank jadi dia ngundurin diri gitu (jahat aja neh anak ninggalin gue!! Pokoknya harus bayar ganti rugi makan2!) *emang lu siapa* πŸ˜› Jadinya aku naik jadi ranking 3. Mungkin dinkes emang diposisi ketiga atau gimana lah, aku juga kurang tahu, hehe.

3. Karena badan aku kurus.

Lah alasan ini kenapa juga dimasukin?!! *ambilgolok* Kata teman2 aku kali aja mereka mau ‘menyehatkan’ agar aku bisa gemukan dikit. Mungkin mereka lupa kalau temannya ini model seantero kota Pontianak emang perlu memiliki badan yang kurus! (ok yang mau muntah ditahan dulu 1jam).

***

Balik lagi cerita saat aku ke dinkes untuk mengurus surat. Masuk ke dalam ruang TU dan Kepegawaian aku disuruh nunggu beberapa lama sampai suratnya jadi. Dan saat itulah masalahnya dimulai. TENG TERENG TENG TENG!!!

Bagi yang udah kenal aku lewat tulisan2 aku pastinya udah tahu kalau aku emang lulusan informatika. Karena itu aku masuk cpns sebagai Pranata Komputer. Kadang ada masalah sendiri kalau aku menyebutkan jurusanku ini.

Emang masalahnya apa niee? Lah beneran kagak tahu? Ini karena eh karena aku adalah lulusan sarjana Informatika yang gaptek πŸ˜† Yak! Walaupun udah lulus aku masih menganggap ilmu perkomputeranku biasa2 aja. Nggak ada yang bisa dibanggain. Bahkan masih banyak orang yang jauh lebih hebat daripada aku. Apalagi kalau soal betulin komputer. Beneran kalian salah besar klo manggil aku buat ngebetulin kompi, ASLI aku kagak tahu apa2 (menunduk malu).

Jadi setelah beberapa lama ada seorang ibu2 memanggil aku, ternyata kompinya kena virus dan gak bisa dipakai buat kerja. Akupun kalut, lah wong biasanya klo ada virus aku cuma discan beres kok. Dan kalau udah parah ya tinggal tekan aja (tekan no hape kawan terdekat 😳 ).

Maka bingunglah aku masak pegawai baru kagak lulus ‘ujian’ pertama! *nangisdipojokan* *kesegukan*. Tapi karena untuk menjaga image pertemuan pertama akupun dengan soknya mencoba2 membersihakn tuh virus. Dengan gaya sok teu akupun mulai mengutak atik kompi. Eh, ternyata berhasil (akupun bersyukur sampai berlinang air mata *lebay*) Tuh ibu langsung senang bukan kepalang, hahahaha..

Beberapa menit kemudian si ibu2 manggil lagi, kali ini komputernya ngehang gitu, layarnya tiba2 biru. Ibunya panik kerjaannya gak bisa dibuka. AKU? Ya panik juga lah. Tapi karena lagi2 menjaga image akupun pura2 bergaya propesional (mereka kagak tahu aja aku udah kalut parah πŸ˜† ).

Lagi2 Allah lagi baek banget sama aku. Ternyata aku bisa mengembalikan kompuertnya seperti semula (kagak tahu aja ibu itu aku pakai jurus sakti: ASAL TEKAN! πŸ˜† ).

Akhirnya surat akupun jadi. Dengan gaya sok ramah akupun berpamitan pada para pegawai kantor di sana. Pas mau pergi ibu yang sering2 manggil akupun berkata dengan senyuman tebaiknya. ‘iya dek, hati2 ya. Kalau udah kerja ibu bakalan banyak minta bantuan adek ya klo komputer ibu rusak’ *glek* (merenungi nasib setahun kedepan).

Untuk mengantisipasi ibu2 yang seperti itu, akupun mulai mengatur strategi agar aku terhindar untuk menjadi ‘tukang reparasi’ komputer: sok sibuk kerja dan menghindar πŸ˜† . Bukan gak mau bantu seh, tapi beneran aku kagak tahu apa2 soal kompi2an itu. Lagian di kampus dulu CUMA diajari ngoding2 terus seh. Kagak ada tuh namanya matakuliah REPARASI KOMPUTER. Bisa install ulang kompi sendiri aja aku udah bersyukur πŸ˜›

nb: bagi yang mau kuliah di teknik informatika janganlah dicontoh seniormu yang aneh ini. Belajarnya banyak2 sewaktu jam luar kelas. Karena ilmu seperti itu emang gak diajarin di dalam kelas. Lagian akukan emang ST (Syukur-syukur bisa Tamat). πŸ˜†

Advertisements

60 thoughts on “Tukang Reparasi Komputer..”

  1. Aku jadi inget dg CPNS baru di tempatku. Dia pranata komputer juga.. tapi ngetik pake excel aja kurang mahir. Malah beberapa kali tanya… #heran
    Untung aja sekarang dia udah lancar ngetik pake excel.

    1. waktu kuliah jurusan aku emang gak ada matkul excel sama sekali mbak,
      yang adanya buat aplikasi gitu yang siap pakai,
      sayangnya kebanyakan kantor masih pakai excel buat kerja.
      aku sendiri udah lupa rumus2 excel dan cara cepat pakainya,
      udah hampir 5 tahun gak pernah nyentuh2 lagi πŸ˜€

    1. udah lama seh sha, tapi baru masuk kerjanya sekarang πŸ˜€

      ya, sukurannya udah.. tapi klo shasa mau ke Pontianak ntar kakak undang lagi kok πŸ˜›

  2. heheheh lol ” lucu juga nich mba yang satu ini… masa kuliah tinggi 2 cuma jadi reparasi… yak jelas aja kaburrrrrrrrrrrrrrr mulu hehhe… tapi tetep semangat ya… non”

  3. Ahahaha… ini pranata komputer yg males bantu2 inih :))
    Untung di unit kerjaku ada 2 pranata komputer yg baek2, seminggu sekali tanpa diminta update antivirus and bersih2 laptopku.. laptop lhoo bukan kompiku πŸ˜€
    hihihi
    CONGRATS yah udh jd CPNS πŸ˜‰

    1. hah beneran gitu pranata komputer kerjaannya seperti itu?
      waduh, gak seperti bayangan aku deh klo gitu >.<
      kirain pranata komputer kerjaannya buat aplikasi,
      soalnya gak pernah deh diajarin di kampus buat bersih2 komputer *melemah* hahaha..

      iya, makasih :mrgreen:

  4. hahaha… gua bukan sarjana informatika tapi gua kerja di IT dan juga gaptek total! masalahnya ya sama kayak yang lu bilang, gak semua orang kerja di IT itu harus bisa reparasi komputer juga kan… πŸ˜› herannya banyak orang suka nanya2 soal komputer ke gua, lha meneketehe… gua juga gak ngerti! hahaha

  5. “pranata komputer”, wah sebutan yang baru bagi saya. Tapi memang kecenderungan di kantor-kantor, mereka yang berjabatan pranata komputer akhirnya job desknya jadi “bersih-bersih komputer”. Padahal bukan demikian ya?

  6. hehehe, emang seorang lulusan informatikanharus jago dan bisa ngebasmi virus di kompuer? gw aja yag lulusan pertanian belum bisa ngebasmi hama di tanaman..:) *curcooolll* hahaha

  7. Benar jika ada yg mengutarakan, lulusan dari komputer tidak selamanya bekerja di Komputer, dan ini adalah contoh nyata, hehe..

    ingat kembali film 3idiots, itu memang inspiring movie.
    salam kenal, aziz hadi

  8. Tapi kan seahli apapun kalo ngga diizinin Allah buat bikin yang ngehang itu jadi bener sih ngga bakal bener sampe kapanpun kak.. haha berarti Allah sayang sama kak Niee πŸ˜€
    Anw, selamat ya kak :selamat

  9. Halo Niee.. sori nih lagi mampir dimari.. beberapa kali, nunggu kotak komen keluar lamanyaaa minta ampun.. hahaha, dan ini setelah berjuang beberapa kali..

    skip, langsung komen..

    kalo masuk dinkes alasannya karena kurus dan biar gmukan dikit, saya juga mau tuh!..

    eh, tapi beneran loh, kalo dah kerja rutin senin-jumat.. pasti ngerasain thanks god its friday.

    lah, emang panata komputer tuh buat apa sih kerjaannya?.. sering ada dilowongan kerjaan, cuman gak ngerti jobdesknya apaan..

    1. hah? Emang lama yak? Apanya yang buat lama keluar yak? *bingung* 😦

      kita lihat aja ya Phe, klo aku gemukan ntar masuk ke dinkes deh πŸ˜›
      Pranata komputer kagak jelas kerjaannya, lain kantor lain kerjaan sepertinya.
      Mungkin SSG (suka-suka gue) hahaha..

  10. wah selamat….
    pns yang geek pula…
    hahahha….
    nggak aneh kok, ini ada yang lebih aneh, lulusan fakultas teknik universitas paling top di semarang (lebay), kerja di leasing, proprerti kemudian di bank beberapa tahun, abis itu cabut…. sekarang motretin setiap sudut kota, jalan warung restoran sampai pabriknya… hhaahahahihi… lebih aneh pokokmenn…. πŸ˜€

    1. hahahahahaha… asek ada teman πŸ˜›
      kawan2 aku juga banyak yang jadi photografer juga, sepertinya asyik yak πŸ˜€

  11. wakakaka ST (syukur-syukut bisa Tamat) demen dah baca akronim inih, hihihi… *gak tau derita teman* hheheh,,,

    Sukses deh di kerjaannya, mga enjoy sama hari2nya di Dinkes dan inget tetap sabar ya Niee,, mudah2an kedepannya, gak ada lagi ibu2 yang manggil2 buat benerin komputer, tapi kalo ada yang mangil buat ngenalin anak bujangnya yang cakep, situ mau kan?? hihihi.. πŸ˜›

    1. itu akronim yang dipakai sebagai kawan2 di Teknik emang πŸ˜†

      iya, makasih mbak. Eh kalau mau dikenalin dengan anak yang cakep siapa juga yang nolak 😳

  12. bener sekali πŸ˜€
    nggak ada jaminan kerjaan kita nanti sesuai apa yg kita pelajari sekarang (kuliah)

    yang paling enak memang kerja di bidang yang kita suka
    hobbi yang dibayar πŸ˜€

  13. Dunia IT terus berkembang dan masalahnyapun juga,biasanya anak yang biasa ambil bagian softwarenya agak susah kalau disuruh nanganin hardwarenya…..

    Tetapi selamat juga dah lulus dari permasalahannya πŸ˜€

    1. ah, akhirnya ada yang ngerti penderitaan aku *lebay* hahaha..
      iya, aku dulu kuliah lebih konsen ke software, jadi kurang ngerti di hardware *membenarkandiri* hehehe..

  14. kalau gitu.. postingan ini di umpetin dari irniimaryani.com
    lha kalo mreka tau kan bisa dicabut ntar SK nya πŸ˜€

    aku juga dulu begitu, aku lulusan sosiologi malah ga ada relevansinya sama komputer, waktu kerja di tambang batu bara jadi staff IT..

    asal aja nglamar.. wonk lagi butuh pekerjaan

    1. hahahaha,, belom tahu aja mereka blog aku πŸ˜›

      iya ya, emang banyak yang gak sesuai keilmuannya klo nyari kerja.. yang penting dinikmati saja lah :mrgreen:

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s