Imleeekkk!!!


gambar diambil dari http://id.jabunta.com

WooHoo.. Selamat Tahun Baru Imlek!!

Gong Xi Fat Chai

Wah, gak terasa neh udah imlek saja. Aku sendiri sangat senang kalau udah imlek. Di kotaku Pontianak perayaan imlek lumayan meriah. Tadi malam aja pesta kembang apinya hampir merata diseluruh penjuru kota. Bahkan kembang api yang dinyalakan lebih banyak dari pada saat tahun baru masehi.

Tinggal di kota yang etnis Tionghoanya lumayan banyak membuat aku gak asing dengan kebudayaan satu ini. Dari kecil bergaul dengan mereka memang bukan hal aneh lagi. Kebanyakan di sini toko-toko kebutuhan sehari-hari yang punya adalah Tionghoa. (BTW capek ya nulis2 Tionghoa ini, aku lebih sering nyebut mereka cina seh. Ada beberapa orang yang bilang kalau nyebut cina itu menghina, tapi aku tanya langsung ke teman2 cina aku mereka bisa aja kok nganggapnya).

Aku ingat pertama kali melihat perayaan imlek ini saat SD. Ketika itu ada arak-arakan barongsai yang masuk kedalam gang-gang. Dulu juga gak tahu menahu soal perayaan yang ditentang oleh Suharto ini. Kami ya asyik2 dan seru2an aja nontonnya. (lebih seru lagi kalau dikasih angpao πŸ˜† ).

Makin lama perayaan Imlekpun makin berkembang. Kebiasaan mengunjungi tetangga saat lebaran dan natal mulai masuk saat imlek. Pernah dulu saat SMP aku pergi ke rumah teman aku yang imlek dan dapat angpao yang isinya 3000 perak. Huihh,, senangnya bukan main :mrgreen:

Ingat jaman SMP, jadi inget saat imlek belum menjadi hari libur nasional. Aku dulu bersekolah di SMP Negeri, namun sebagian siswanya itu Cina. Pernah waktu kelas 1 saat imlek aku melihat kelas 3 yang sedang belajar. Saat aku intip kedalam kelasnya (tolong jangan fikirkan bagaimana caranya aku mengintip ke dalam kelas 3 ini) yang belajar tinggal 5 orang :O. Kelas aku sendiri lebih dari setengahnya gak masuk karena Imlek.

Thanks to Gusdur yang telah membuat IMLEK jadi hari libur nasional!!

Perayaan imlek di Pontianak sendiri berlangsung 15 hari. Selama itu di jalan-jalan akan selalu semarak dengan arak-arakan barongsai dan naga-naga kecil. Puncaknya ya pas hari ke 15nya atau disebut dengan Cap Go Meh. Biasanya akan ada arak-arakan besar2an di kota ini (FYI: tahun ini katanya gak ada karena dilarang oleh BAPAK WALIKOTA PONTIANAK YANG TERHOTMAT πŸ˜₯ ). Biasanya ada naga2 yang panjangnya lebih dari 15 meter berseliweran di Jalan Gajahmada (pusat cinanya Pontianak), ada Barongsai yang keren-keren, ada Tatung dan tentunya akan ada pembagian angpao untuk para penonton! YEAH :mrgreen:. Mudah2an aja masih ada perayaan Cap Go Mehnya ntar. Kalau ada ntar aku postingin deh di blog ini.

Pokoknya imlek di kota Pontianak meriah banget. Kalau kalian pengin lihat Pontianak yang sedang semarak ya datangnya pas perayaan imlek gini. Kalian juga bisa sekalian pergi ke Singkawang yang perayaannya jauh lebih meriah lagi.

***

Oia, hari ini ulang tahun bapakku yang ke 56 tahun!!

HAPPY BIRTH DAY DAD!!

Semoga bapak selalu bahagia dan sehat selalu. Amin.

Karena kebiasaan keluargaku yang gak ada perayaan apapun di rumah kalau ada yang ulangtahun ya hari ini biasa-biasa aja (padahal aku suka banget perayaan. Ntar klo aku punya keluarga entar ulangtahun harus jadi momen yang spesial di rumah :D).

Advertisements

9 thoughts on “Imleeekkk!!!”

    1. iya, makasih ya selamatnya..
      salam kenal juga πŸ™‚

      itu sebenarnya mau aku buat website lainnya juga selain blog makanya dipisah2in dulu sebelum masuk, tapi sekarang belum sempat buatnya, hehe..

    1. iya neh orang Pontianak πŸ™‚
      salam kenal juga ya..

      Orang bugis banyak lah, kebetulan aku juga masih keturunan bugis. Bapak masih bisa bahasa bugis, tapi kalau aku sendiri udah gak bisa, hehe..

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s