[Review Drakor] Sisyphus


Awalnya gak tahu ini drama tentang apa. Cuma tahunya ada masa depan gitu lah. Tapi karena gak ada tontonan lainnya ya aku pilih ini aja buat tontonan, hahahaha. Lagian dramanya Park Shin Hye biasanya gak pernah salah. Dan dramanya Cho Seung Woo yang terakhir kali aku tonton lumayan banget jadinya lah kenapa gak kan? Lagian ini salah satu drama yang dipromosikan oleh akun instagramnya Netflix Indonesia, jadi yuk marilah lanjut.

Ternyata, dramanya tentang masa depan yang sudah hancur gitu. Kalau kalian pernah nonton Terminator alurnya kayaknya nyontek dari film tersebut. Kenapa aku bilang nyontek? Karena salah satu adegan mereka pas menjelaskan masa depan ada yang ngomong ini mirip Terminator, jadilah pasti mereka gak merasa tertanggu juga dibilang nyontek ๐Ÿ˜›

Gang Seo Hae ( Park Shin Hye ) adalah seorang gadis berumur 25 tahunan di tahun 2035 (waduh, aku ini sebenarnya lupa tahunnya berapa tapi malas nonton ulang, jadi anggap aja ini tahunnya bener yak, tapi gak akan mengurangi isi cerita kok, hahahahahaha). Dia hidup bersama ayahnya di mana bumi (atau dalam hal ini hanya Korea Selatan aja) telah rusak. Dari hari ke hari, Seo Hae bersama ayahnya berjalan menyisiri kota Seoul untuk mencari sisa sisa makanan kaleng yang mereka bisa makan.

Suatu hari, ayah Seo Hae terluka dan dia perlu antibiotik untuk mengobatinya. Karena itulah, Seo Hae pergi ke Rumah Sakit yang dijaga ketat untuk mencuri obat untuk ayahnya. Saat dia telah berhasil mendapatkan obat tersebut, penjaga rumah sakitpun mengejarnya hingga masuk ke dalam hutan. Di dalam hutan Seo Hae bersembunyi semalaman sampai para penjaga tidak mengejarnya lagi. Saat dia ke luar dari tempat persembunyiannya dia melihat sebuah makam dirinya dengan seseorang. Di makam tersebut dia mendapatkan sebuah buku catatan yang mengatakan bahwa dia harus ikut pengunduhan ke masa lalu agar semua kecauan ini tidak pernah terjadi. Dengan segala upaya dan atas pertolongan ayahnya, akhirnya Seo Hae berhasil mendapatkan kesempatan untuk pengunduhan dan kembali ke korea pada tahun 2020.

Sesampainya di korea, Seo Hae langsung melarikan diri dari biro imigrasi yang bertugas untuk menangkap para imigran gelap dari masa depan. Seo Haepun langsung menjalankan misinya untuk bertemu dengan Han Tae Sul ( Cho Seung Woo ). Misi Seo Hae adalah menyelamatkan hidup Tae Sul dan menghentikan Tae Sul untuk membuat alat pengunduhan.

Tae Sul adalah seorang direktur dari perusahaan teknologi terbesar di Korea, Quantum. Suatu hari, dalam perjalanannya pulang dari Amerika ke Korea, pesawat yang dia tumpangi mengalami kerusakan karena menambrak sesuatu. Dia karena kecerdasannya lalu membantu ko-pilot untuk mendapatkan pesawat tersebut dengan aman. Namun ada hal yang mengganjal dalam dirinya, bahwa yang menambrak pesawat dia bukannya seekor burung, tapi lebih kepada sebuah koper dan seorang manusia.

Karena penasaran, diapun kemudian mencari di mana koper tersebut terjatuh. Setelah pencarian, diapun menemukan sebuah koper yang berisi tentang barang-barang abangnya yang telah meninggal 10 tahun yang lalu. Di dalamnya juga dia menemukan sebuah kamera yang isinya ada foto-foto yang diambil di masa depan. Beberapa foto yang memperlihatkan dia sedang memakai baju pernikahan dan menikah dengan seorang perempuan yang sama sekali tidak dikenalnya. Dia juga mendapatkan sebuah foto saat acara perusahaannya sedang berlangsung. Mengikuti hal tersebut, Tae Sul lalu pergi ke Busan untuk mencari petunjuk lainnya dari foto yang ia temukan.

Di Busan, Tae Sul kemudian bertemu dengan Seo Hae yang berusaha untuk menyelamatkan Tae Sul dari orang Sigma yang ingin membunuhnya. Seo Hae kemudian berusaha menjelaskan Tae Sul apa yang akan terjadi di dunia di masa depan. Tae Sul yang awalnya tidak percaya dan tidak mengerti mulai percaya dengan apa yang dikatakan Seo Hae. Namun dengan berjalannya waktu apa yang dikatakan Seo Hae mulai terjadi satu persatu dan membuat Tae Sul makin percaya.

Akan tetapi walaupun Tae Sul percaya apa yang dikatakan oleh Seo Hae, tetapi dia tetap ingin mencipkatan alat pengunduh tersebut karena penasaran dengan apa yang terjadi kepada kakaknya. Padahal Seo Hae tetap bersikeras bahwa alat pengunduh harus tidak pernah diciptakan agar masa depan yang suram tersebut tidak pernah terjadi. Alasan lain dari Tae Sul yang tetap ingin menciptakan alat pengunduh adalah karena dia tahu benar bahwa jika alat tersebut akhirnya tidak pernah diciptakan, maka Seo Hae yang ada di masa sekarang ditahun 2020 akan menghilang dan dia tidak bisa bertemu lagi dengannya (walaupun sebenarnya Soe Hae yang berumur 10 tahun di tahun 2020 akan tetap hidup dan menjalani hidup normalnya bersama dengan keluarganya).

Jadi bagaimanakah akhir ceritanya? Apakah Seo Hae berhasil membujuk Tae Sul untuk menghentikan membuat alat pengunduh tersebut? Ataukan Tae Sul tetap dengan prinsipnya untuk tetap membuat alat tersebut dan membuat lingkaran setan yang tak pernah berakhir? Ya silahkan nonton aja seh dramanya :mrgreen:

***

Menurut aku neh ya, korea selatan mulai ingin mencari ranah baru dalam perdrama koreaannya. Setelah sukses dengan drama romantis dan drama pembunuhan gitu. TAPI menurut aku dari segi cerita drama ini masih sangat kurang kuat.

Dibeberapa adegan dan garis ceritanya, banyak plot plot kosong yang kalau kita pertanyakan gak ada jawabannya gitu loh. Lalu banyak adegan di masa depan dan masa sekarang yang gak sesuai konteks dan bisa diperdebatkan.

Misalnya neh, di episode awal digambarkan Seo Hae yang baru datang dari masa depan seperti manusia bodoh yang tidak pernah melihat peradaban. Seperti cara makannya yang salah dan memakan buah pisang dengan kulit-kulitnya. Awalnya ya karena belum diceritakan bagaimana dia hidup dimasa depan aku ok ok aja. Tapi setelah episode mendalam dan diceritakan bahwa hal tersebut terjadi baru 20 tahun dan Seo Hae pernah hidup normal selama 10 tahun di dunia rasanya gak mungkin juga masak makan pisang perlu dibuka dulu kulitnya dia sampai lupa. Dan lagi dia juga selama ini didampingi oleh ayahnya yang mana hidup di masa normal lebih lama.

Yang kedua yang paling membuat aku aneh adalah ternyata bencana yang terjadi di masa depan itu adalah hanya terjadi di Korea Selatan. Aku kira ini terjadi di seluruh dunia gitu loh. Apakah tidak ada negara lain yang membantu Korea Selatan gitu? Kan Amerika itu sekutunya Korea Selatan ya? Masak gak mau bantu gitu padahal bencana udah berlangsung selama 20 tahun. Yang perang kemanusiaan aja pada bantu kan kayak di Afganistan, Palestina dll ya masak gak ada yang bantu Korea Selatan? Jadi berasa aneh, hahahaha.

Jadi ya, kalau suka sama drama korea boleh lah nonton drama ini. Tapi kalau berharap ini drama science fiction gitu ya jangan. Ini masih jauh jika dibanding drama atau film dari Amerika.

bye.

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s