Menghadapi Tahun 2020

on

01.01.20.20

Hallo semuanyaaa! Selamat tahun baru 2020 yak! Ngapain tadi malam? Kalau aku seh di rumah ibu aku aja. Ada bakar jagung sama buat bakso sedikit sampai jam 10 habis itu tidur blas! Jam 12 tepat kebangun bentar karena ternyata ada tetangga yang pasang kembang api dekat rumah banget. Tapi selebihnya tidur pulas sampai subuh, hahahaha.

Gimana tahun 2019? Sukses atau biasa aja neh?

Orang-orang pada membahas resolusi 2019 dan apa yang diinginkan pada tahun 2020. Aku sendiri sebenarnya jarang pake resolusi-resolusian seh karena emang susah banget untuk melaksanakannya. Tapi ternyata aku ada menulis beberapa hal yang ingin aku laksanakan di 2019 loh! Gak ada yang muluk-muluk kok seperti menurunkan berat badan (iya! si Irni ternyata udah terpapar perlu untuk menurunkan berat badan semenjak kok ya BB gak pernah turun dan selalu naik udah 2 tahun terakhir ini!). Mungkin karena gak muluk-muluk, dari 7 keinginan, aku bisa berhasil mencapai 6 keinginannya dong! Satunya gagal dan akan aku masukkan lagi kekeinginan tahun 2020 ini.

Jadi, 7 keinginan si irni di tahun 2019 adalah:

  1. Masukin si K ke les balet (berhasil, udah 10 bulan si K les balet dan masih berlanjut terus sampai sekarang)
  2. Melanjutkan les piano si K (berhasil, si K udah di JMC 3 sekarang dan bentar lagi akan ujian dan naik grade)
  3. Katniss les renang (gagal)
  4. Renovasi rumah (berhasil yeaaay! Walaupun belum selesai tapi paling lama 2 bulan lagi bakalan rampung deh dan gak ngungsi lagi)
  5. Pindah kantor (kejadian dong ya ampuuun)
  6. Memulai Investasi (berhasil yeaaay, udah mulai beli reksadana, beli 4 surat hutang negara dan mulai nabung emas, yeaay!)
  7. Jalan-jalan (walaupun gak ada negara baru, tapi tetap lumayan banyak jalan-jalan kok tahun ini :mrgreen: )

Kalau mau lihat versi lengkapnya bisa di baca di sini yak! Menghadapi 2019

Nah, sekarang marilah kita move on untuk keinginan di tahun 2020.

Masuk ke tahun 2020 di hari pertama aku kena musibah seh. Iphone xs aku yang baru aja di beli bulan april kemaren tiba-tiba mati dan gak bisa dihidupkan sama sekali dong! Tiba-tiba ini beneran gak ada angin gak ada hujan gitu loh. Gak ada sebab! Kemaren masih main-mainin iphonenya, terus baterainya mati, terus di charge, terus gak bisa hidup sampai sekarang! Maka, harapan pertama aku adalah

1. Iphone XS nyala

Hahahahaha, harapan remeh tapi beneran sangat aku harapkan seh ini di hari pertama tahun 2020 ini. Nyalanya ini kalau bisa gak perlu di service gitu loh. Karena tiba-tiba mati, semoga nanti siang bisa tiba-tiba nyala aja gitu >.< Kalaupun perlu diservice semoga gak ngeluarkan biaya seh. Karena kok ya aku melakukan hal bodoh dengan membuang semua struck bukti pembelian Iphone-Iphone ku! Astaga, pengen nangis rasanya. Padahal minggu depan ada temen yang ke KL yang kalau aku punya strucknya kan bisa minta tolongin dia datangin service centernya gitu kan yak. Karena emang aku beli Iphonenya di KL seh. Duh, aku sedih banget seh sekarang. Ada yang pernah mengalami hal serupa? Share dong pengalamannya. Siapa tahu bisa juga aku coba, hiks

2. Sekolah si K lancar

Yak, tahun 2020 ini, pada bulan Juli si K nanti akan resmi jadi anak SD! Huwaaaa, beneran waktu cepat banget berlalu yak! Rasanya baru aja melahirkan gitu kok tiba-tiba anaknya udah SD aja! Hahahaha. Lancar ini adalah aku berharap si K gak ada masalah khusus yang berhubungan dengan pelajarannya di sekolah. Si K seneng sama sekolahnya, suasananya, guru-gurunya dan teman-temannya. Dia yang akan melewati 6 tahun di sekolah yang sama tanpa ada kendala yang berarti.

Untuk di sekolah juga, aku berharap si K bakalan ada ikut lomba math atau Inggris yang dia bisa juara sampai bisa ke tingkat nasional atau internasional seh. Tahun 2019 si K ada ikut lomba Math yang dia cuma sampai ke Merit Award. Mudah2an di tahun 2020 ini lebih baik deh :mrgreen:

3. Masih Lanjut Pianonya

Ini akan menjadi tahun ke-3 si K les piano dan aku berharap dia masih bisa lanjut terus les piano sampai ke level paling tinggi deh di Pontianak. Untuk sekarang dia sedang berada di level JMC 3 dan akan ujian tanggal 12 januari nanti. Semoga nilainya baik deh seperti ujian-ujian sebelumnya! Yang pasti seh aku berdoa semoga si K betah dengan lesnya ini :mrgreen:

4. Les Berenang

Karena tahun lalu keinginan ini gagal, jadi aku masukkan lagi keinginan untuk si K les renang tahun ini. Kalau ini ada harapan seh karena aku udah dapat akun IG tempat beberapa guru les private untuk les renang. Semoga bulan maret paling lama keinginan ini bisa terlaksana 😀

5. Nambah Negara Liburan

Nambah negara buat dikunjungi jalan-jalan dong pastinya! Hahahaha. Sudah ada dua negara baru seh yang udah aku persiapkan untuk liburan tahun ini. Bulan maret 2020 ke Jepang dan Bulan Juli ke Taiwan. Pengennya seh ada nambah kota baru yang dekat-dekat dari Pontianak juga, semacam Kota Kinabalu atau ke mana kek gitu, tapi belum ada rencana ke sana. Pengen juga balik ke Singapore karena udah 3 tahun gak ke Singapore, tapi gak tahu juga sama, hahahaha. Yang pasti jalan-jalannya harus lebih jauh dan lebih lama dari tahun 2019 😛

6. Cek Cashflow dan Perbaiki Keuangan

Yak, ternyata pola managemen keuangan aku selama ini ada sedikit kacau seh yak, hahahaha. Tahun lalu emang berhasil melakukan beberapa investasi seperti untuk pendidikan si K, terus nabung beberapa reksadana, hutang negara dan emas, tapi kok rasanya masih kacau gitu. Akhirnya minggu lalu aku ikut kelas online untuk perencanaan keluarga! Investasinya 100 ribu aja dan diketawain sama suami karena merasa gak perlu lah! Masak nabung aja perlu belajar 😛

Tapi setelah ikut kelas online itu aku merasa banyak belajar seh, bagaimana konsep mengelola keuangan itu. Apa yang harus aku persiapkan dan apa yang harus aku targetkan. Bagaimana mengisi cashflow untuk keuangan dengan tipe seperti aku dan keluarga dan masih banyak lagi. Untuk itu tahun 2020 ini aku ingin mulai benar-benar menuliskan cashflow untuk bulan januari. Cukup januari seh menurut aku, karena setelah 1 bulan (kalau sukses :P) itu akan aku jadikan base untuk aku memanage keuangan ke 12 bulan setelahnya.

Aku juga bakalan akan membuka beberapa tabungan khusus seperti tabungan khusus untuk dana darurat, membuka DPLK untuk tabungan dan investasi dana pensiun dan mulai memikirkan untuk investasi yang tepat untuk investasi pendidikan si K. Banyak PR!

7. Pindah Rumah

Yaay, walaupun udah hampir jadi, tapi tetep wajib ditulis di sini dong yak! Dan setelah pindah rumah aku pengennya lebih sering masak di rumah di hari sabtu minggu seh. Paling gak untuk ngajakin si K beraktivitas di rumah saat dia libur. Jadi gak nonton TV doang 😛

8. Katniss lulus Iqro

Sekarang si K udah punya guru ngaji sendiri, dan masih terus ngaji bareng aku. Aku berharap seh di akhir tahun 2020 nanti si K udah persiapan atau bahkan udah mulai ngaji di qur’an besar. Target aku juga mau ngajarin si K sholat seh juga di usianya yang 6 tahun ini.

9. Cepat Selesai Kerja

Ini udah sering aku omongin ke orang-orang disekitar aku seh. Aku pengen cepet-cepet  memulai pekerjaan dan cepat cepat mengakhiri pekerjaan juga. Tahun 2019 kemaren lumayan seh, bisa selesai dipertengahan bulan desember, tepatnya tanggal 19 Desember semua pekerjaan aku beres. Tapi pengennya tahun 2020 awal desember udah selesai semua, jadi bisa liburan 1 bulan, hahahaha. Kalau bisa akhir tahun pas natalan gitu bisa jalan ke mana kek. Semoga si papa K juga bisa menyelesaikan pekerjaannya di awal desember juga deh 😛

***

Ok, mungkin cukup sekian aja harapan dan keinginan aku di tahun 2020 ini. Kalau kalian apa keinginan dan harapan di tahun ini ? Atau mengikuti arus aja seperti tahun-tahun sebelumnya?

 

bye.

 

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s