Katniss, parenting, personal life

Cerita Katniss 4 Tahun


Aku pernah nyebutin bahwa punya anak umur 3 tahun itu adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena, “beban” mengurus bayi bener-bener udah selesai diumur ketiga ini. Mungkin karena itu juga kali ya orang tua dulu bilang kalau mau nambah punya anak lagi, umur 3 tahun ini sangatlah pas. Karena kalau mau nambah setelah umur di atas 3 tahun emaknya akan terlena lagi dengan kenyamanan “tidak-ada-bayi-lagi-di rumah” seperti aku, hahahahaha.

Kalau diumur tiga tahun aku udah nyaman, nah perbedaan diumur empat tahun ini adalah aku merasa si K udah sangat mandiri. Mandiri untuk ukuran anak balita tentu saja.

APA SAJA YANG SUDAH BISA DILAKUKAN K?

Sebenarnya aku gak ada target khusus apa yang harus bisa si K lakukan diumur sekian. Yang aku lakukan selama ini adalah punya satu-dua target dan laksanakan. Kalau target-target itu sudah berhasil, aku akan memikirkan target apa lagi yang harus dimiliki oleh K. Sesimpel itu.

Aku juga tipe orang tua yang tidak pernah melahap buku atau datang keacara parenting. Bukannya gak perduli ya. Kalau ada bahan bacaaan diinternet tentang parenting aku juga suka membacanya, tapi untuk seserius itu aku gak terlalu. Aku lebih suka bertanya kepada temen yang udah berpengalaman, atau orang tua yang pastinya lebih bijak.

Lagipula, setelah aku dalami, ternyata buku-buku parenting itu gak juga melulu sesuai dengan anak kita. Ada gaya parenting yang keras banget mendidik anak-anaknya dengan jadwal yang sangat padat merayap. Tapi, ada juga gaya parenting yang membebaskan anaknya bereksplorasi sesuai dengan keinginan anak tanpa dibimbing namun hanya dengan mengarahkan si anak ke potensinya masing-masing. Jadi gak ada yang salah dengan gaya mendidik masing-masing orang tua.

Target aku gak muluk sebenarnya, hanya ingin K bisa melakukan SENDIRI urusan pribadinya seperti BAK, ganti baju, sikat gigi, berkemas mainannya, membersihkan sampah yang ia buat dan makan sendiri.

Semenjak si K umur 4 tahun, target pertama aku adalah si K bisa ke toilet sendiri untuk pipis. Ke toilet sendiri ini dalam arti semuanya sendiri sampai selesai. Aku gak terlalu muluk seh menargetkan kapan si K bisa untuk mandiri ke toilet, mengingat drama BAB ke toiletnya sangatlah panjang dan berliku hingga sampai bertahun tahun 😛

Etapi, saat aku merendahkan target, si K malah memberikan progres yang sangat cepat loh. Baru satu dua kali aku bilangin untuk kalau mau pipis langsung aja ke toilet sendiri dia langsung nangkep dan langsung laksanakan dengan senang hati! Awalnya seh dia mau ke toilet sendiri cuma waktu siang hari, malam hari tetep masih mau ditemenin. Lama-lama malam haripun dia udah mau sendiri, dan bahkan beberapa hari kemaren ditengah malam dia mau pipis ke toilet sendiri loh tanpa ditemanin lagi! Akunya terharu 😀 *mamanya bisa bobok dengan tenang* 😛

Soal ganti baju lain lagi. Aku penasaran banget kok si K ini kesusahan banget untuk buka bajunya sendiri. Kayak ada yang janggal dengan gaya membuka bajunya sehingga selalu berakhir dengan nyangkut dibagian tangannya. Ternyata setelah aku amati (setelah sekian tahun 😛 ) si K ini kalau menarik bajunya itu posisi tangannya lurus. Jadi tangan kanan di baju sebelah kanan, dan tangan kiri di baju sebelah kiri. Seharusnya kalau buka baju itu tangannyakan harus menyilang yak, agar mudah untuk mengeluarkan tangannya. Dan setelah aku ajarin untuk buka baju dengan tangan menyilang gitu akhirnya K bisa buka baju sendiri! Hahahaha. Telat banget emang. Diapun akhir-akhir ini makin lancar untuk pake baju sendiri, walaupun masih aku perhatikan tapi sudah ok lah.

Pernah kemaren aku gak enak badan banget. Kebetulan si abang lagi lembur di kantor sampai malam, jadi aku cuma berdua sama si K. Karena lagi lemes aku bilang ke K buat bantuin mama ya untuk pipis, ganti baju tidur, sikat gigi, dan matiin lampu kamar sendiri. Dan si K bisa dong! Aku terharu, anak mama udah mandiri :love: Bahkan pas dia makan snack gitu gak sengaja tumpah, aku udah senewen hampir marah karena udah lemes banget, K udah hampir nangis juga takut kena marah emaknya 😛 Terus dia langsung sigap bersihkan tumpahan makanannya sendiri dan membuang tissue yang pakai ke tempat sampah! Dengan bangganya dia bilang bahwa udah bersihkan sampahnya dan minta puji, hahahaha (sini-sini mama peluk aja).

Jadi PR terbesar aku adalah untuk bisa membuat si K makan sendiri. Selama ini seh dia mau makan sendiri kalau makana yang dia suka aja. Yang makan rutin masih minta disuapin terus. Semoga bisa terwujud sebelum si K berumur 5 tahun deh yak 😀

Advertisements

10 thoughts on “Cerita Katniss 4 Tahun”

  1. Usia-usianya K ini memang progress-nya cepet banget ya Niee!! 😀 Trus sedang lucu-lucunya juga pada saat yang sama! Hehehe 😀

  2. Wah K udah makin gede aja sih Niiiie…
    Aku juga gak kebanyakan ditarget sih, disesuaikan ama kemampuan anak aja lah yaaah…

    Dulu aku sempet tertekan sendiri waktu Fathir pas TK B masih belum bisa baca dan belum bisa naik sepeda roda dua, sementara temen2nya udah pada bisa huhuhu.
    Tapi ya udah sih emang ternyata ada waktunya sendiri dan semua ternyata baik2 aja, jadi sekarang nyoba buat lebih nyantai aja hahahaha.

    1. iya neh teh. Aku juga lagi mikirin gimana si K bisa maen sepeda roda dua. Soalnya dia maennya kalau pulang ke rumah neneknya doang. kalau di rumah aku gak sempet gitu dia maen 😓

      Sama dengan berenang, aku udah pengen lesin renang, eh bapaknya yang gak setuju. duh

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s