Katniss Lulus ASIX !!


Horeee!!! Akhirnya K lulus ASIX juga *sujudsyukur*

Kenapa sampai harus aku rayakan? Karena perjuangan ASIX aku itu berliku banget loh *halah*

Diakhir kehamilan aku mulai galau karena orang-orang disekitar aku mulai menanyakan apakah ASI aku udah keluar apa belom, karena KATANYA umur 7 bulan kehamilan itu ASI seharusnya udah keluar, NAH LOH! Tapi aku bisa tenang karena banyak baca sana sini kalau ASI itu keluarnya ya habis melahirkan, bahkan bisa 3 hari setelah melahirkan.

Nasibnya aku ikut yang paling akhir itu, hari pertama ASI aku sama sekali gak kelaur dong! Keluarga udah heboh sana sini nanyain apakah bayinya udah nyusu atau belom. Untungnya si abang cekatan banget dengan selalu bilang ASInya udah ada, cuma masih sedikit aja *geloyotandibahusuami* Antara tega gak tega juga melihat K gak minum apa-apa selama dua hari kelahirannya. Syukurnya neh anak pasrah aja dinenenin ke PD yang kosong *pukpukbaby*. Setelah umur K tiga hari barulah tuh ASI keluar dan dimulailah perjuangan tahap pertama untuk ASIX.

mama dan anak narsis waktu mau imunisasi
mama dan anak narsis waktu mau imunisasi

Tahap Pertama?

Iya, karena aku membagi perjuangan ASIX Ekslusif aku ke tiga tahap. Pertama harus ASIX selama masa cuti, kalau berhasil dilanjutkan sampe 6 bulan (yang alhamdulillah udah lulus sekarang). Sekarang melanjutkan perjuangan MP ASI sampai satu tahun.

Kenapa sampai satu tahun Niee?

Karena rencananya, sesuai dengan kesepakatan dengan suami, K akan dicampur ASInya dengan susu formula saat usianya nginjak 1 tahun. Alasannya biar K gak kaget aja seh ntar pas 2 tahun disapih dan biar emaknya bisa lebih tenang aja bekerja tanpa harus bolak balik ke rumah lagi.

Selama K ASIX aku emang masih bolak balik dari kantor ke rumah loh. Syukurnya rumah mertua gak jauh dari kantor, cuma 5 menit perjalanan. Jadi setiap istirahat siang aku pulang buat nyusuin sekaligus nganterin ASIP ke rumah. Kalau udah setahun kan boleh dong yak emaknya mulai geloyotan ke mall lagi jam makan siang? *digebukanak* πŸ˜›

Pertama Kali K dikasih Bubur dan SUKSES! Alhamdulillah :)
Pertama Kali K dikasih Bubur dan SUKSES! Alhamdulillah πŸ™‚

Sekarang K udah MPASI. K emang aku MPASIkan gak tepat saat umurnya 6 bulan, tapi pas 180 hari per tanggal dia lahir. Karena aku ngikutin WHO seh yak yang aku baca-baca bahwa MPASI itu bukan 6 bulan kalender. Tapi mau yang mana aja seh boleh aja kali yak, pilih yang nyamannya aja :mrgreen:

So, perjuangan tahap ketiga dimulai sekarang. Doakan K bisa tetap ASI sampe 6 bulan kedepan yak man teman πŸ™‚

katniss
Selamat Ulang Bulan sayang.. Sehat dan bahagia selalu yak :*

ps. hari ini K ulang bulan ke 6 loh oom dan aunty.. tumben neh emaknya bisa posting pas tanggal anaknya genap, biasanya kelewatan terus. hihihi..

Advertisements

17 thoughts on “Katniss Lulus ASIX !!”

  1. Yiayy.. Seneng deh klo baca2 berita bahagia gini.. πŸ˜€ Selamat buat perjuangan Mamanya.. Selamat ulang bulan juga yah, K πŸ˜€

  2. Kereeen bisa Ekslusif. Doakan aku jugaaa.
    Anw, kata DSA-ku yang benar tuh memang ASI keluar di hari ketiga. Itu normal bangeeet! Kenapa? Pembentukan ASI ada 2 tahap. Tahap 1 itu di trimester ketiga, dibentuk di dalam payudara. Tapi ASI nggak keluar karena otak masih mengirimkan sinyal bahwa tubuh kita masih hamil.
    Nah sesudah melahirkan, hormon kehamilan berhenti. Maka ASI bisa keluar. Tapi ya tapiiii… Hormon kehamilan walau nggak diproduksi masih tersisa di dalam darah sekitar 2 harian gitu. Pelan2 keluar melalui air seni, feses dan keringat. Nah begitu hormon kehamilan keluar semua dari dalam tubuh, ASI langsung keluar deh. Biasanya ya di hari ketiga ^_^
    Cium buat K ya

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s