Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI: KALBAR Harus Maju..


Yuk, mari bermimpi ANDAI SAYA MENJADI ANGGOTA DPD RI, SAYA AKAN:

1. MEMBANGUN PERBATASAN

Pembangunan perbatasan tentu yang kena dengan keperluan masyarakatnya. Antara lain:

  • Akses: Gimana gak miris kalau akses ke negara tetangga lebih baik daripada akses ke ibu kotanya? Akses adalah hal yang paling utama untuk memperpendek jarak antara ibukota dan perbatasan. Untuk lebih mengenalkan mereka bahwa mereka masih punya pemerintah yang memperhatikan. Sudah cukup anggota dewan yang terhormat hanya berkunjung dan gak ada realisasinya yang nyata. Hanya untuk menghabiskan JALDIN? Aaahh rasanya udah gak jaman deh. Jadi wajar aja klo mereka dateng dicuekin sama warga disana. Mereka gak perlu didatangi. Tapi mereka perlu melihat aspal-aspal mulus yang menghubungkan desa mereka dengan ibukotanya. Jadi klo aku anggota DPD RI aku akan meminta dana ke pusat dan daerah setepat dan langsung melakukan pembangunan.
  • Kesehatan: rasanya bukan berita baru lagi mereka lebih memilih pergi ke semacam puskesmas diserawak. Untuk ke puskesmas ‘terdekat’ jarak yang mereka tempuh sangat jauh. Apalagi akses seperti di atas sama sekali belum memadai. Biaya pembangunan puskesmas? 3-4 M cukup deh, toh mereka juga gak perlu bangunan yang mewah. Asal ada 1 dokter, 2 bidan dan 2 perawat juga sudah bisa. Biaya segitu seberapa deh dibandingkan dengan pajak yang dilelep sama ‘yang namanya terlalu banyak buat disebut’ πŸ˜› Tenaga medisnya? Masih banyak kok yang mau jadi tenaga PTT yang kontrak 1-2 tahun. Aku Β akan memberdayakan lulusan s.ked dan segala jenisnya yang wajib diturunkan ke daerah terpencil.
  • Pendidikan: Pemikiran sotoy aku, daripada dana BOS juga diberikan kepada sekolah swasta mahal, lebih baik dana swasta itu dicabut dan diberdayakan untuk pembangunan sekolah yang lebih layak didaerah perbatasan. Soal guru lagi-lagi jadi masalah. Paksa CPNS kedaerah terpencil. Tapi saat pendaftaran emang udah transparan mereka akan diletakkan. Jadi gak akan ada yang merasa ‘ditipu’. Setelah lulus ku akan buat pernyataan agar mereka tidak akan pindah minimal 5 tahun pertama.

2. TRANS KALIMANTAN

Udah jadi berita sehari-hari kalau KALBAR merasa terkucilkan dari kalimantan lainnya. Coba tanya saja mereka yang tinggal di KALTENG-KALSEL-KALTIM.

Pembuatan trans kalimantan ini sudah selalu didengungkan oleh setiap gubernur yang baru terpilih. Tapi kenapa sampai sekarang belum terealisasi lagi? Fungsi DPD RIlah yang mengupayakan hal ini bukan lagi hanya angin lalu, yang tentunya akan aku laksanakan. Realisasikan pembuatan kereta api trans kalimantan! *menggepalkan tangan*

3. STOP ILEGAL LOGING DAN PERKEBUNAN SAWIT

Kalau ini yang paling mengesalkan. Mungkin karena perbatasan lagi. Coz masyarakatnya dengan mudah dihasut oleh orang-orang yang gak bertanggungjawab untuk membabat hutan. Padahalkan mereka juga dibayar dengan murah. Yang untung ya pengusahanya 😦

Makanya aku akan berusaha untuk menghentikan ilegalloging tersebut dengan mengadakan diskusi ke masyarakat apa yang sebenarnya mereka perlukan. Ini tentunya berhubungan dengan mereka yang tidak ada pekerjaan tetap. Mungkin aku akan memberikan modal seperti pepohonan yang bisa menghasilkan seperti karet dan pohon lainnya.

Soal kelapa sawit? Aku akan menghentikan perijinan pembuatan kebun kelapa sawit. Ya, yang ada gak papa deh udah terlanjur juga. Yang penting gak ada pembangunan baru lagi!

***

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba: ANDAI SAYA MENJADI ANGGOTA DPD RI.

35 Comments Add yours

  1. Miftahgeek says:

    Ketiga point di atas kayaknya ga bisa “bakal” dilakukan bersamaan deh mba..

    Soalnya yang pertama itu bidang pertahanan, yang kedua bidang perhubungan, yang terakhir bidang pertanian ato kehutanan gitu.

    Well, setidaknya kalo ada satu aja yang bisa dilaksanakan πŸ™‚

    1. niee says:

      Hahaha.. Iya, maksudnya ya dilakukannya satu-satu gitu.. Pertama mulai dari akses dulu, kalau udah selesai baru berlanjut πŸ˜€

  2. bensdoing says:

    jangan lupa juga ya Niee….revolusi moral dan revolusi mental dari bangsa ini yg harus dikedepankan agar bangsa ini mampu berdiri sejajar dengan negara2 maju lainnya…:-D
    sukses ngontesnya ya !

    1. niee says:

      Hahaha,, Kalau moral dan mental seh bukan urusan aku bens.. Lagian itu udah dari diri sendiri aja πŸ˜€

    1. niee says:

      *pake ikat kepala* πŸ˜›

  3. dinneno says:

    Isu konflik perbatasan memang harus diselesaikan secepat mungkin sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan negara tetangga.
    Hutan juga wajib dilindungi, mengingat Kalimantan adalah penyumbang oksigen terbesar karena hutannya, kalau hutan di “gunduli” mau jadi apa kita.

    1. niee says:

      Iya.. pemerintah pusat terlalu terlena yak.. Ntar kalau ada yang mau diambil aja baru berkoar2 sebentar.. Selepas itu lupa lagi deh >.<

  4. genial says:

    wahh… wahh.. apa trans bukannya malah bikin ribed?!?!

    1. niee says:

      Gak lah mas.. Lah wong inikan kereta api.. Lebih memudah2an kami dikalimantan barat untuk berpergian. Soalnya antar kabupaten jauh banget disini >.<

  5. kira says:

    andai aku jadi pejabat, aku akan korupsi. hahahahahahahaha
    tiap pejabat bisa menyuarakan janji2nya, tp godaan itu wajarlah datang pada mereka, dan wajarlah mereka tergoda, dan tidak wajar kalo semua2 seperti itu. hohohohoho πŸ™‚

    1. niee says:

      Hahahaha.. Udah niat tuh πŸ˜›

      Untung aku gak kepengen jadi anggota dewan, udah imagenya jelek dimata aku.. Mudah2an DPD beda yak dengan DPR πŸ˜€

  6. zilko says:

    Ya, masalah perbatasan memang harus segera dibenahi ya, karena ini kan masalah cukup sensitif juga; apalagi perbatasannya dengan Malaysia. Tahu lah, orang-orang Indonesia kan banyak yang cukup sensi dengan negara tetangga ini, hehehe πŸ™‚

    Oh iya, dan ada lagi tuh: pembangunan jalur kereta api di Kalimantan. Ini memang butuh modal gede sih, tapi kereta api kan terkenal akan ke-“hijau”-an dan keefektifannya tuh. Jadi pelan-pelan mungkin bisa deh dibangun di beberapa titik; kemudian perlahan-lahan dihubungkan satu sama lain, hmmm. Tapi ini susah juga sih, mengingat kereta api di Jawa aja juga gitu deh, hahaha

    1. niee says:

      Iya.. gak tahu deh kenapa sensi amat.. Mungkin karena dekat yak..Kalau malaysia jauh pasti dirindukan deh πŸ˜›

      Iya, modalnya emang gede seh.. Tapi kan gak mungkin gak bisa.. Dana APBN banyak kok *sering minta soalnya* hahaha πŸ˜‰

  7. misstitisari says:

    hmmm…beneran ya Nie, walaupun ini sekedar kontes dan mimpimimpi, kalauu suatu hari nanti kesampean kamu jd anggota DPD RI, beneran yaa dicoba untuk dilaksanakan.
    kebanyakan kan mereka yang duduk manis di DPD RI, mengumbar janjijanji manis ehh begitu uah adem ayem di tempat duduknya lupa deh sama janjijanjinya yg dulu hehehehe
    sukses kontesnya Nie πŸ˜€

    1. niee says:

      Hmmm, sebenarnya aku gak ada niatan sedikitpun jadi anggota DPD tis.. ribet ah.. Pas pemilihannya aja perlu uang banyak. Sayang rasanya.. hihihihi…

  8. pitshu says:

    sepertinya banyak yang berharap negara kita jadi lebih baik, cuma kek na udah susah juga yah :), walaupun sekedar postingan untuk lomba, tapi klo bisa jadi kenyataan atau mungkin ada anggota DPDRI yang baca postingan lo, bisa jadi masukan buat mereka ^^

    1. niee says:

      Iya.. itulah maksud aku pit.. Agar mereka bisa baca dan paling gak ada satu yang direalisasikan sama mereka πŸ˜€

  9. giewahyudi says:

    Wah Kalbar harus maju terus pantang mundur..
    Semoga menang ya..

    1. niee says:

      Amin.. Makasih ya mas πŸ™‚

  10. Yah yah yah…
    Terlalu banyak hal yang harus dibenahi di negeri ini….

    1. niee says:

      Tapi gak akan pernah lepas untuk dibicarakan kan mas πŸ˜›

  11. Tiara Putri says:

    iya itu masalah perbatasan kayaknya vital banget ya, tapi kesannya masih dipandang sebelah mata gitu #duh

    1. niee says:

      Iya.. Banyak yang lupa.. Tapi kalau kami yang deket kan gak pernah lupa πŸ˜€

      Mungkin DPD kantornya sebaiknya di daerah masing2 yak.. Kalau ada rapat bisa via email aja.. biar lebih hemat,, hehehehe

  12. Zippy says:

    Soal perbatasan, di tempat saya juga alami tuh πŸ˜€
    Kebetulan Jayapura berbatasan dengan negara PNG πŸ˜€
    Jadi ya gitu deh, harus bener2 diperhatikan πŸ™‚

    1. niee says:

      Iya yak.. Kita yang jauh2 ini kenapa malah ada perbatasan? *bingung*

  13. JALDIN? O_o
    Sukses ya mbak lombanya πŸ˜€

    1. niee says:

      Perjalanan Dinas.. Biasanya ngeluarin uang yang banyak banget buat satu orang perjalanan dinas ini..

  14. Dwi Wahyudi says:

    Wah, ini dia satu lagi calon DPD RI Kalimantan Barat untuk periode berikutnya. Tetap semangat menyuarakan aspirasinya yach…

    1. niee says:

      Hahaha.. iya bang.. Semoga kalimantan barat di pimpin oleh orang2 yang baik yak πŸ˜€

  15. Bukik says:

    Aku suka ide kedua dan ketiga.
    Itu vital.
    Bila trans kalimantan terwujud, itu akan memudahkan mobilitas termasuk mobilitas pasukan penjaga perbatasan
    Bila ilegal logging dan perkebunan sawit beres maka bisa berdampak pada kesejahteraan. Yang berdampak positif terhadap perbatasan

    1. niee says:

      Hehehe.. Makasih mas.

      Soal trans kalimantan emang impian aku dari kecil yang sampe sekarang gak pernah terwujud 😦

  16. Say, minta link ke kontesnya dunks. Terus daftarnya dimana?? Pliiizzz infooo πŸ™‚

    Okeh, gw akan contreng dikau di pemilihan 10 taun mendatang yah Say πŸ™‚

    1. niee says:

      Hahaha.. gak usah mbak.. aku gak kepengen ikut pemilihan πŸ˜›

      Udah aku kasih linknya yak πŸ™‚

Leave a Reply to Miftahgeek Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s