[Cerita K] Masa-masa Kiddy 2 – Term 1


Masa-masa Kiddy 2 Katniss di sekolah

Kalau lihat-lihat aku belum pernah cerita tentang si K selama dia udah tiga bulan ini di sekolah ya. Niatnya aja dulu kalau anaknya udah sekolah bakalan rajin-rajin posting yak, tapi kenyataannya males juga πŸ˜› Keseringan posting di instagram dan facebook kayaknya, hahaha.

Nah, mumpung ada waktu dan kesempatan, mari kita cerita-cerita tentang si K selama tiga bulan ini di sekolah maupun di rumah.

Sekolah si K itu kurikulumnya dibagi per term yang setahunnya dibagi menjadi 4 Term. Akhir september kemaren seharusnya menjadi akhir dari Term 1 di sekolah sekaligus pembagian report untuk Term 1 tersebut. Tapi karena si K masuk rumah sakit minggu lalu karena DBD, jadilah aku nerima reportnya baru hari Rabu kemaren.

"We are delighted to have Katniss in this term. Katniss is an enthusiast learner who shows confidence and curiosity in everything she does. She is able to do most of the activities independently and adapt well at school. Katniss mesmerizes us with her ability in doing most ectivities without the teacher's help and doing a gread job in her fine motor skills area." - General Remark from Teacher, Term 1

Pada dasarnya inti memasukkan si K ke playgroup ini adalah untuk dia bisa bersosialisasi dan mempunyai aktivitas yang positif seperti yang menjadi pertimbangan aku sebelumnya. Karena salah emaknya ini si K rada keseringan bermain gadget buat nonton yutub. Nah, semenjak sekolah ini waktu bermain gadgetnya secara otomatis berkurang jauh. Kalau ada kemampuan lebih dari dia bersekolah aku anggap itu bonus aja. Pokoknya aku gak pernah nyuruh si K buat belajar di rumah (kecuali untuk ngaji yang aku rada tekankan banget untuk dia bisa serius). Nanti aja belajarnya kalau udah SD πŸ˜›

Yang sering aku lakuin pada si K adalah mengajaknya untuk aktif bercerita apa aja kegiatan dia selama di sekolah tadi pagi. Ini juga maksudnya untuk menstimulasi si K biar terbiasa bercerita keseharian dia dengan emaknya ini. Awalnya aku sering bertanya apa yang diajari di sekolah. Dari yang ceritanya asal-asalan, sampai cerita beneran hingga kadang kalau aku lupa tanya dia cerita sendiri. Ada gitu suatu malam pas kita mau bobo dan udah baca doa tidur dia tiba-tiba bilang “Oh iya, katniss belum cerita ke mama tadi di sekolah” jadilah kita berdua gak jadi bobo dan cerita panjang lebar tentang sekolah dan teman-temannya.

[Cerita K Hari Ini] Dari semua report segabreg yang diberikan di sekolahnya, cuma satu hal yang K excited banget pas buka activity bagnya. Apalagi kalau bukan foto dia bersama temen sekelasnya. . Menurut penurutan Missnya waktu menjelaskan report si K, K ini sudah mengenal semua nama temen temennya. Tapi kalau di rumah dia suka bilang tidak tahu kalau ditanya nama temen-temennya 😣 . Hanya satu temen yang secara konsisten sering diceritainnya, si A. Pas lihat foto ini si K juga langsung nunjuk si A dengan lantang. . Sayangnya A barusan pindah sekolah ke Jakarta. Dan setiap diceritain si K rada gak terima. Bahkan dia pernah minta gak usah ke Korea aja, tapi ke Jakarta aja ketemu si A πŸ˜“ . Semoga sekolah si K ini menjadi kenangan yang berkesan ya K. Karena sesungguhnya emaknya ini gak terlalu pusing soal pelajarannya, toh dia masih preschool aja. Yang penting pengalaman bersama teman-temannya. . #katniss #katnissaurea #kibuw #school #friends #schoolfriends #3yo

A post shared by Irni (@iirni) on

Soal temannya beda lagi. Si K ini sangat sulit untuk menjawab nama teman-temannya di sekolah kalau aku tanya. Biasanya jawabnya gak tahu, gak kenal. Padahal, menurut gurunya, si K ini adalah anak yang paling cepat menghapal nama teman-teman dan gurunya di sekolah. Aku gak kaget seh sebenarnya, soalnya dia pernah berkata “Kalau di rumah tuh salah-salah ma, kalau di sekolah baru benar” ketika aku bertanya sesuatu πŸ˜†

Hasil si K mewarnai di sekolah
Secara keseluruhan, sesuai dengan catatan gurunya yang aku petik dari report termnya di atas, si K gak ada masalah yang terlalu berarti di sekolah. Bahkan dia sering menjadi sukarelawan untuk maju ke depan kelas kalau miss nya bertanya (ini alasan sebenarnya seh karena awalnya dia iri temennya dapat stamp (setiap anak yang jawab bener dikasih stamp sama gurunya) sedangkan dia gak, jadilah dia pengen juga dapat stampnya πŸ˜› ). Dan ada beberapa pertanyaan yang belum diajarkan di sekolah dan ditanyakan si K bisa menjawabnya. Padahal di rumah mah boro-boro, mau jawab aja udah syukur πŸ˜›

Hanya beberapa kelakuan si K yang masih rada ajaib di sekolah seperti selalu gak mau masuk ke sekolah kalau Miss nya gak jemput di depan pintu masuk! Nah loh >.< Mudah-mudahan di Term 2 ini gak minta jemput lagi ya K!

***

Selain perkembangan soal sekolah, ada dua hal besar lagi yang terjadi di K selama 3 bulan ini. Yang pertama adalah si K sejak 2 bulan lalu sudah tidak lagi minum susu formula!

Awalnya seh karena si K bolak balik pilek mulu (tanpa disertai dengan demam). Jadilah kita ke DSA menanyakan hal tersebut. Karena bingung DSAnya menyuruh kita untuk memberhentikan susu formulanya. Kita seh nurut aja, sambil ikhtiar minum air bioglass.  Karena kita tahu pasti bahwa susu formula itu juga gak ada pengaruhnya ke tubuh dan ke otak. Pandai-pandai iklan aja soal DHA dan A-A lainnya πŸ˜› Si K selama ini kita kasih susu formula selepas asi diumur 2 tahun 7 bulan ya karena kebiasaan orang tua aja >.<

Eyalah Alhamdulillah semenjak kita berhentikan susu formulanya pilek si K berangsur-angsur membaik, ya udahlah kita teruskan aja. Walaupun rada diprotes sama orang tua. Bahkan disarankan untuk kasih susu soya lah, apalah-apalah. Tapi aku masih kekeuh bahwa si K gak perlu lagi minum susu formula apapun. Kadang kalau anaknya pengen susu paling kita belikan milo itu aja anaknya udah seneng πŸ˜›

Perkembangan yang kedua adalah akhirnya si K lulus toilet training! Hah? Baru lulus Niee? Hahahaha. Ok sebenarnya si K udah gak pake diapers semenjak umurnya 2 tahun 1 bulan. Untuk urusan BAK si K udah lancar banget semenjak saat itu. Bahkan setelah beberapa bulan diajarkan dia gak lagi ngompol saat malam hari kecuali kalau dia ketiduran sebelum pipis dulu ke toilet.

Nah, yang bermasalah itu adalah untuk BABnya. Entah mengapa dia paling gak mau disuruh BAB di toilet. Selalu maunya dibalik pintu! Yang otomatis BAB dicelana dong yak. Awalnya aku biarin, tapi lama kelamaan kok ya jadi nyebelin >.< Bolak balik aku suruh ke toilet anaknya gak mau. Kadang kalau aku udah keras nyuruhnya anaknya malah nangis dan beberapa hari gak BAB karena males >.<

Setelah aku bolak balik ngomongkan yang kadang ngancem-ngancem juga akhirnya mau juga dia BAB ke toilet. Awalnya belum lancar masih bolak balik toilet dan celana. Beberapa minggu ini udah lebih konsisten, tapi menurut penuturan mbahnya pas aku kerja masih gak mau ke toilet. Jadilah aku omongin lagi. Akhirnya dua mingguan ini secara konsisten si K udah BAB di toilet dan gak pernah dicelana lagi. Mudah-mudahan untuk seterusnya ya K!

Bye!

Advertisements

[Milestone K] Menyapih Dengan Cinta


Haaaiiii Haallooo.. Apakabar semua..

Kali ini si Niee mau cerita tentang perkembangan K yang terbaru. Sebenarnya yang mau diceritain itu ada dua, tapi perihal menyapih emang yang paling baru seh yak, jadi judul postingannya pake yang paling baru aja πŸ˜›

Beberapa bulan yang lalu. Semenjak pulang dari Singapore si K timbul ruam-ruam gitu diselangkangannya. Awalnya seh aku cuek aja ya karena biasa juga waktu dia bayi ada ruam gitu, tapi dikasih krim langsung ilang. Tapi ini kok ya udah seminggu lebih gak hilang-hilang. Jadilah kita bawa ke Dokter. Pas dokter lihat dibilang kalau ini karena diapernya. Jadi untuk bisa sembuh total si K harus berenti sama sekali pake diaper.

Baca cerita jalan-jalan kita ke Singapore di sini

Awalnya kita gak pakein dia diaper pas siang aja. Diajarin deh anaknya kalau pake diaper terus ntar alerginya gak ilang ilang. Ehhh tapi kok gak sembuh-sembuh juga ya alerginya. Jadi kita putuskan untuk melepas diapernya pada saat malam juga.

Walaupun gak serta merta hilang, alhamdulillah semenjak dia gak pake diaper udah mulai berkurang alerginya dan sepulangnya kita dari Hongkong hilanglah sama sekali alerginya itu dan si K udah bener-bener lepas dari diaper. Bahkan waktu di Hongkong walaupun kadang aku masih pakein dia waktu jalan tapi tetep anaknya kalau mau pipis selalu bilang dan selalu gak mau kalau pipis di diapernya. Seneng deh emaknya! Jadi sekarang gak perlu beli beli diaper lagi. Tinggal bagian buang air besarnya aja seh dia susah banget buat bilang. Biasanya kalau mau BAB dia langsung sembunyi gitu dipojokan πŸ˜›

IMG_2979Setelah sukses ngajarin si K toilet training akupun punya target lainnya lagi yaitu menyapih si Katniss. Kegiatan menyapih ini begitu menakutkan seh sebenarnya buat aku. Dulu aja waktu si K berenti nenen selama seminggu gara-gara sakit flu singapore aku rada stress loh. Lihat dia yang pengen nenen tapi gak bisa karena sakit yang akhirnya dia membenci kegiatan nenen itu agak horor buat aku.

Baca cerita tentang menyusui si K di sini

Karena horor seperti itulah aku selalu cari cara bagaimana menyapih si K dengan baik. Kebanyakan orang yang aku tanyain gimana caranya berentiin nenen itu caranya agak-agak ekstrem seh yak. Ada yang ngasih payudaranya pake lipstik sehingga anaknya jadi geli, ada yang kasi ramuan-ramuan biar jadi pedas atau pait. Dan semuanya yang membuat aku berfikir kasian banget anaknya berenti nenenkan disiksa gitu.

Pengennya seh anaknya sadar sendiri kalau dia udah gede dan nenen itu harus dihentikan untuk kemandiriannya juga kelak. Karena aku gak pasang target juga mau kapan menyapihnya jadi aku masih santai aja. Sambil setiap hari dijelasin dan bilang ke anaknya nanti berenti ya nenennya soalnya udah gede.

Minggu lalu aku mulai coba ngasih pengertian kalau malam nenenya satu kali aja ya, jadi gak sampe bobo gitu udah diberentiin dan sampailah malam jum’at lalu aku ngasih pengertian ke anaknya buat gak nenen lagi.

DAAAAAAANNNN Tanpa BA BI BU anaknya mau looohhh! Begitu terharunya aku sampai mikir iiihhh kok anaknya pinter banget seehhh *peluk cium*

Walaupun besok-besoknya masih setiap mau bobo malam minta nenen (dan gak dikasih sambil dikasih pengertian) dan kadang ada adegan ngigau juga minta nenennya. Tapi udah seminggu ini makin hari anaknya makin pengertian. Bahkan ada gitu hari apa dia yang menyatakan dirinya “katniss udah gak nenen lagi kan ma, kan katniss udah gede” huwaaa, rasa bangga dan terharu aja gitu anaknya gomong begituan. Bahkan dua hari ini dia udah bisa minta bobo sendiri karena udah ngantuk dan pasang posisi tidur sambil minta dipeluk.

Tentu selama masa menyapih ini dia minta perhatian dan aku sama abang juga lebih ngasih perhatian ke dia tapi secara garis besar gak ada kendala apapun selama seminggu menyapih ini. Aku seneng banget bisa menyapih si K dengan memberikan dia pengertian tanpa pemaksaan yang menyakitkan dianya.

Ternyata menyapih dengan cinta itu ada, dan anak kecil itu kalau dikasih pengertian bisa nerima juga ya. Karena dianya juga udah bisa berfikir. Walaupun anak yang baru berusia 2 tahun sekalipun. Akunya juga gak stress karena gak harus ngerasain si K pedas atau pait dulu biar dia mau berenti nenen yang menghororkan buat aku.

Semoga aja seh Katniss terus tumbuh menjadi anak yang pengertian dan mandiri dikemudian hari. Dan bisa melewati tahapan-tahapan kemandiriannya dengan bahagia πŸ™‚

*noted: si K gak pernah aku kasih botol kalau nyusu. Walaupun kalau ditinggal sama neneknya dia nyusunya pake botol tapi lebih aku biasain pake susu UHT aja seh, jadi selama aku yang pegang dia gak pernah ngebotol. Banyak yang nyaranin ke aku untuk mengganti nenen dengan ngebotol untuk bisa bobo di malam hari, tapi daripada nanti aku susah lagi nyapih si K untuk melepas botolnya lebih baik sekalian aja kan sekarang, gak nenen sekaligus gak ngebotol juga.