Perjuangan ASI (2) – Perbanyak ASI


Nah, lanjut lagi dari tulisan kemaren tentang perjuangan ASI. Kalau udah niat ok, kalau udah didukung sama suami dan keluarga terus apa lagi?

Perbanyak ASI!

Memang seh teorinya ASI kita itu cukup sesuai dengan kebutuhan bayi kita. Tapi kita juga mau dong yak kalau ASI kita banyak bahkan sampe ngeluber kemana mana. Kan sekalian bisa untuk nyetok.

Aku sendiri sebenarnya bermasalah dengan ASI yang sedikit tadi. Untungnya niat aku udah kokoh banget, jadi walaupun sedikit aku masih bisa bertahan. Apalagi dukungan dari suami kuat banget.

Sedikit ini dalam artian pertama kali aku nyoba pumping aku gak dapet ASInya sama sekali loh! Di botol ASInya cuma bisa membasahi dasarnya aja deh. Mungkin kalau dihitung cuma dapet 1 ml. Langsung deh galau. Langsung deh mewek mewek sama suami. Langsung deh kepikiran aneh aneh.

Cari referensi sana sini ternyata kemungkinan yang salah dari aku adalah cara memompanya dan ASInya yang memang belum banyak untuk bisa dipompa. Untuk kesalahan pemompaan aku langsung cara deh cara memompa yang benar itu gimana. Lihat lihat video itu bukannya makin ahli tapi makin bingung loh! Awalnya aku mompanya pake tangan. Setelah dicoba pake breastpump eh berhasil, alhamdulillah. Jadi kesimpulan aku adalah pompa itu bukan dipelajari, tapi cari aja yang nyaman buat kita, dan untuk bisa dapat yang nyaman itu ya dengan cara sering sering dilatih πŸ™‚

ps: salah satu temen aku gagal ASI Eksklusif gara gara setiap pumping cuma dapet 50 ml aja katanya. Padahal untuk ukuran baru lahir itu banyak banget loh. Nah, balik lagi pelajari asi itu baik baik deh πŸ™‚

Nah kalau masalah untuk belum banyak itu gimana Niee? Ya banyakin dong ASInya!

Perbanyak ASI itu pada dasarnya ada tiga cara.

Pertama fikiran. Lagi lagi fikiran yak. Intinya ASI akan mengalir dengan lancar kalau si Ibu senang, bahagia dan gak stress. Makanya busui itu harus diperhatikan sama suami, kalau minta diturutin, kalau capek dibantuin, kalau minta emas dibeliin *eh πŸ˜›

Kedua menyusuilah. Karena hukum ASI itu bukan hukum matematika yang 1-1=0 atau makin sering disusui maka asi makin habis. Tapi, hukum ASI itu adalah hukum Ekonomi, yaitu kalau makin banyak permintaan maka produksi makin akan bertambah.

Ketiga ya makanlah makanan yang berpengaruh pada produksi ASI. Kalau aku dulu seringnya makan sayur bayam dan minum air kacang hijau. Tapi yang paling ok untuk aku adalah makan kacang tanah digongseng. Bisa dirasain deh perbedaannya.

Orang tua seh bilang jantung pisang juga sangat Ok, tapi aku gak bisa makannya. Setiap makan jantung pisang bukannya makin banyak ASInya malah buat mual dan muntah. Jadi intinya seh makanan itu senyaman kita aja. Dan percayalah bahwa gak ada pantangan buat busui, bahkan untuk cabe dan seafood sekalipun. Yang penting jangan kebanyakan aja.

Keempat ya minum suplemen. Aku sendiri minum suplemen pelancar asi baru setelah Katniss umur 4 bulan. Gak terlalu berpengaruh banyak seh menurut aku.

Kalau udah berbagai cara ASInya belum banyak juga gimana Niee?

Belum banyaknya itu gimana? Hasil pompanya? Gak terasa terik PDnya? Mungkin Anda masih stress. Coba deh minta beliin suami Iphone 6 Pluss aja, pasti bersoknya langsung banyak ASInya deh πŸ˜›

Advertisements

19 thoughts on “Perjuangan ASI (2) – Perbanyak ASI”

        1. Hebaaattt.. Salut deh yg kayak gitu… Klo aku berjuangnya masih hari demi hari..

          Didonorin aja mas klo mau.. Klo aku seh masih primitif, gak mau nerima atau donor asi.. Masih asing rasanya..

    1. Pengaruh banget zil.. Karena tergantung fikiran juga seh.. Kalau kita yakin dan happy pasti banyak asinya.. Udah terbukti sama busui busui lainnya loh.. 😁

    1. Hahahaha.. Mikirnya skrg dikasih waktu buat ben mbak.. Ntar udah gedean dikit dianya sibuk banyak maen sendirinya pasti.. Emaknya ditinggal dirumah lagi.. Ya balik lagi berkebun deh πŸ˜„

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s