Alun-Alun Kapuas


Kemaren secara random kepikiran gitu mau ke Alun-Alun kota Pontianak tercinta ini. Ini tak lain karena pas tahun baru kemaren baru aja diresmikan air mancur baru di sana yang sepertinya bagus juga dari foto yang ada di kora πŸ˜† Alhasil, pergilah aku bersama Emi dan Nelly untuk melihat air mancur yang akan menjadi fenomenal ini :mrgreen:

Karena emang gak berencana apa-apa sebelumnya, akhirnya ya gak ada persiapan buat bawa kamera digital, dan gak nanya-nanya juga sama orang jam berapa seh yang paling pas buat kesana. Jadilah aku dan teman-teman pergi pada hari minggu sekitar jam 12an siang! (bener-bener gak direkomendasikan karena panasnya ampun-ampun, Pontianak gitu).

Pas udah datang kesana ternyata air mancurnya gak nyala :cry:, lalu setelah tahu dari doddy di twitter ternyata air mancur baru dihidupkan sorean gitu.

Alun-alun Kapuas Pontianak
Alun-alun Kapuas Pontianak

Ini suasana di Alun-alun tampak depan arah Utara. Dibagian tengah itu air mancurnya. Sayang banget pas aku datang air ancurnya belum idup (dengan berjanji akan menjadwalkan ulang pergi kesini pada malam hari biar bisa lihat air mancurnya :mrgreen: ). Air mancurnya sendiri berbatasan langsung dengan sungai Kapuas.

Sebenarnya alun-alun ini tengah direhab dan proses perehabannya belum 100%. Tapi lumayan deh buat dijadiin tempat alternatif jalan-jalan selain ke Mall yang rasanya udah membosankan :rool:

Alun-Alun Kapuas arah Timur

Dibagian timur Alun-alun tampak fery penyebrangan. Bagi yang belum tahu, fery ini berada di tengah kota Pontiank yang berfungsi untuk menghubungkan Pontianak Utara dengan Pontianak Kota. Yupz, kota ini memang terbagi menjadi 3 bagian karena dibelah oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Dulu sebelum ada jalan darat seperti tol seperti sekarang kota Pontianak memang sangat bergantung pada transportasi air.

Alun-alun Kapuas tampak Bagian Barat

Pada bagian Barat akan tampak pemandangan pelabuhan Pontianak di mana kapal-kapal bersar nangkring. Lebih dekat lagi ada tambak-tambak kecil yang dibuat oleh sebuah hotel yang memang letaknya ditepian sungai. Kalau orang ada yang rada iseng kadang-kadang mereka bisa juga tuh pura-pura mancing di sungai padahal ke dalam tambak (jangan ditiru πŸ˜‰ ).

Kodam Pontianak

Dulu Alun-Alun Pontianak ini juga terkenal dengan sebutan Korem. Ini tak lain karena letaknya yang memang berhadapan langsung dengan Korem (yang sekarang telah menjadi kodam). Fotonya itu lho yang warna ijo-ijo di belakang Nelly.

kantor Walikota Pontianak

Nah, dari Alun-alun Kapuas ini ternyata bisa juga kita berfoto-foto ria dengan background Kantor Walikota Pontianak. Kalau di Bandung orang berbondong-bondong untuk berfoto di depan gedung sate, Pontianak juga gak kalah kok dengan gedung Walikotanya πŸ˜€

So, kalau ada yang mau berkunjung ke Pontianak, silakan mampir deh ke Alun-alun ini. Mungkin saat kalian kesini renovasinya udah jadi dan akan semakin keren untuk dikunjungi. Can’t wait ❗

Advertisements

6 thoughts on “Alun-Alun Kapuas”

  1. Membaca tulisan ini, wah… jadi kepengen banget ke alun-alun Kapuas ato jalan-jalan ke tempat lain yang asyik di Pontianak. Terima kasih banyak ya… telah berbagi tulisan yang asyik ini. Semoga suatu saat bisa ke Pontianak.

    Salam bloger persahabatan dari Jogja.

    1. Ya, mudah2an ya suatu hari ke sini, banyak tempat asyik lho di Pontianak

      AKu juga ke Jogya baru satu kali, mudah2an ntar bisa liburan lagi kesana πŸ™‚

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s