저는 한국어를 공부했어요


Temen-teman blog aku pasti udah pada tahulah ya bahwa aku tuh suka banget nonton drama korea. Yep, spesifik drama korea karena kalau film korea rasanya aku jarang banget nontonnya. Yang bisa aku ingat aku cuma pernah nonton film Parasite sama Train to Busan, terus gak ada lagi. Aku juga bukan penggemar K-Pop karena pada dasarnya aku gak suka dengerin musik apalagi mengikuti musik. Tapi tahulah idol jaman dulu semacam 2PM atau yang lagi ngehits di jaman sekarang yang ya apalagi kalau bukan BTS (dan Black Pink kalau masih bisa dimasukkan).

Sebenarnya, dari tahun lalu tuh aku pengen banget nambah kegiatan baru karena ya orang orang kan pas mulai pandemi jadi ada hobi baru atau nambah ilmu baru gitu. Aku ada seh jadi suka beli-beli tanaman, tapi ya sampai beli aja, tetap gak suka merawatnya, hahahaha. Sampai sekarang tanaman aku masih banyak yang bertahan, tapi banyak juga yang mati dan dicuri. Iya, dicuri, gak habis fikir tahun 2021 masih ada aja pencuri tanaman, huhuhu.

Udah ada ‘hobi’ baru kok tapi gak ada nambah ilmu baru ya? Hahaha. Padahal ya, kalau dihitung, pandemi gak pandemi aku tuh gak ada bedanya gitu loh. Yang paling berasa cuma si K jadi sekolah online. Tapi ya dibandingkan anak Pontianak pada umumnya dia sekolahnya masih rutin dan ilmunya masih ok lah. Nah sedangkan aku ya bekerja seperti biasanya. Aku tetap masuk kantor dan pulang kantor seperti sedia kala. Gak ada bedanya dengan sebelum pandemi, cuma yang berasa ya pada pake masker aja.

Sekarang, aku emang punya lumayan waktu luang. Bukan karena pandemi (yang seperti aku ceritakan kerjaan aku gak ada bedanya juga) tapi lebih ke si K udah lumayan besar dan bisa melakukan segala macam hal sendiri. Segala hal ini ya kegiatan pribadi gitu, seperti makan sendiri, mandiri sendiri, pake baju sendiri dan hal hal lainnya yang ternyata jika anak kita udah bisa itu semua jadi berasa luas banget waktu aku di rumah. Jadi aku tuh punya banyak waktu untuk nonton lebih banyak drama korea 😆

Terus karena aku banyak waktu kosong ini, aku mikir, ya masak aku cuma kerjaannya nonton doang. Jadilah aku kepikiran buat les bahasa aja! Awalnya aku pengen les bahasa mandarin biar aku bisa sedikit ngajarin si K gitu loh pas dia belajar. Tapi aku urungkan niat karena lihat buku pelajaran si K aja udah nyerah aku, hahahaha. Makanya jadi beralih ke pengen belajar bahasa Korea karena kayaknya bakalan lebih mudah karena aku udah sering denger orang ngomongnya dari drama yang aku tonton.

Pas banget waktu lebaran aku ada lihat tempat les bahasa korea gitu yang online via zoom. Namanya EdyHakyo. Tingkat pertama itu belajar Hangeulnya dulu, itu tuh Alphabetnya bahasa korea. Cuma 4 kali pertemuan selama 2 minggu. Dan pas belajar hangeul kok ya seru dan mudah! Aku sesekali baca udah hapal dengan huruf-hurufnya dan aku jadi bisa baca tulisan korea! Seneng bangetkan!

Karena merasa oh, bisa neh aku belajar bahasa korea dengan mudah. Jadilah aku langsung ambil kelas selanjutnya yaitu kelas Basic 1 di tempat yang sama. Sebelum kelas dimulai, aku dikirimkan paket buku untuk belajarnya seperti gambar di bawah ini.

Ya gak ada isi gimana-gimana seh, yang dipake cuma buku paketnya doang. Hahahaha. Stikernya aku tempelin ke bukunya biar gak hilang ke mana-mana sedangkan pinnya gak aku gunakan.

Terus gimana belajar bahasa koreanya? 어렵다! Alias susah kakak! Hahahaha.

Jadi di Basic 1 ini langsung belajar tentang tata bahasa alias grammer, partikel sekaligus disuruh hapalin seabrek-abrek kosakatanya. Yang buat aku susah adalah ternyata kosakata yang aku tahu gak begitu banyak ternyata! Huhuhu. Udah belasan tahun nonton korea kosakata aku cuma tahunya 사랑해요 (I Love You) aja, hahahahaha. Yang lain ngeblank. Belum lagi gak hapal kosakata tapi dipaksa buat kalimat dengan grammer yang benar *matik*

Saat aku belajar bahasa Korea ini, aku jadi ingat bahwa aku emang sangat kesulitan untuk belajar bahasa dari dulu, makanya Inggris aku gak bagus-bagus, hahahahaha. Karena sulit banget rasanya jadi aku di tengah les pengen berenti gitu loh, kok ya capek banget. Waktu luangku yang bisa digunakan untuk bobo siang jadi harus belajar hal yang susah banget, hahahaha.

Tapi terus aku lihat si K. Dia setiap hari belajar baik pelajaran yang dia suka maupun pelajaran yang dia gak suka, tapi dia gak boleh berenti dan gak boleh mengeluh karena ya emang gak ada jalan lain selain hadapi aja. Aku terus mikir gak mau menjadi contoh yang jelek buat si K akhirnya bertekat untuk minimal menyelesaikanlah Basic 1 ini dan bisa lulus yang gak jelek-jelek amat nilainya.

Makanya 2 minggu sebelum ujian terakhir aku belajar setiap hari. Baik itu ngapalin kosakata maupun pahamin grammer dan partikelnya dan hasilnya ya not bad seh. Aku lumayan lancar mengerjakan ujian tertulisnya walaupun ujian praktek ngomongnya aku masih aja kaku pol, hahahaha.

Akhirnya, minggu lalu, setelah 4 bulan aku belajar bahasa korea, aku lulus dengan nilai yang lumayan! Yeaaay.

Setelah selesai paket basic 1 ini, aku gak mau langsung lanjut ke basic 2. Aku mau befikir sejenak apakah aku mau meluangkan waktu dan tenaga aku untuk lanjut belajar bahasa Korea lagi.

Sebenarnya, kalau dari dalam diri seh aku mau banget lanjut, karena walaupun susah, belajar bahasa yang emang aku suka itu menyenangkan banget. Aku tarik kebelakang kenapa aku mau berenti ya karena merasa aku kayak orang bloon gitu loh belajar bahasa tapi gak nyambung-nyambung, hahahaha.

Mungkin aku bakalan memperdalam pelajaran basic 1 ini sendirian dulu dan bakalan ikut Basic 2 nanti kalau udah siap. Semoga di basic 2 aku gak lebih bloon dari belajar di Basic 1. Hahahaha.

Ini nilai-nilai aku untuk kelas Basic 1. Lumayan ya, tapi merasakan harus belajar 2 minggu untuk ujian itu rasanya melelahkan banget dikondisi aku sekarang, hahahaha. Jadi merasa hebat banget lihat ibu-ibu atau bapak-bapak yang kuliah, kerja sambil tetap mengurus anak dan rumah. Kalian luar biasa! :mrgreen:

bye

2 Comments

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s