Ramadan dan Lebaran 1442 H


Akhirnya, Ramadan dan Lebaran tahun 2021 ini, atau tepatnya tahun 1442 H ini telah terlewatkan juga. Untuk aku sendiri gak ada yang spesial seh dengan Ramadan dan Lebaran tahun ini. Ramadan masih tetap di rumah aja. Padahal si K udah gede, udah ngerti salat itu apa. Kalau diajak taraweh di mesjid pasti udah bisa paham. Tapi ya karena di Kota Pontianak jumlah kasus lagi tinggi-tingginya dari awal Ramadan jadi ya aku gak mau seh membawa si K ke mesjid. Apalagi kalau udah masuk tempat ibadah gitu orang udah pake nama Tuhan kayak gak percaya virusnya, ya udah lah bye.

Untuk puasa sendiri, si K tahun ini ada kemajuan pesat. Kalau tahun lalu dia aku cobakan untuk puasa berjenjang gitu. Jadi awal puasa bukanya jam 9, terus naik sampe bukanya jam 12. Nah, kalau tahun ini dari awal puasanya udah buka jam 12. Untuk hari hari tertentu, yaitu hari libur sekolah dan akunya juga libur, aku mencoba si K untuk puasa full 1 hari. Jadi totalnya dia puasa full 1 hari itu 8 hari, puasa setengah hari itu 21 hari dan gak puasa 1 hari. Gak puasa ini karena aku telat bangun sahur, jadi kasian aja kalau dia gak sahur tapi disuruh puasa. Wong belum wajib juga.

Puasanya sendiri lancar jaya. Bahkan puasa yang full 1 hari si K gak ada ngeluh sedikitpun. Gak ada yang dia bilang haus atau laper gitu. Menurut aku seh ini karena emang umurnya udah cukup untuk diajarkan puasa. Jadi gak kekecilan gitu. Rencananya tahun depan (si K umur 8 tahun) dia akan aku puasanya full 1 hari sepanjang bulan Ramadan. Mudah-mudahan aja dia selalu sehat jadi bisa penuh puasanya. Aku sendiri bisa puasa penuh 30 hari itu waktu kelas 3 kalau gak salah. Jadi ya gak dari kecil juga, hahahaha.

Untuk lebaran sendiri aku dan suami tahun ini lagi-lagi memutuskan untuk tidak menerima tamu. Ada seh ibu aku datang, tapi ya cuma ibu aku gak ada yang lain. Beberapa teman dan sepupu yang tanyain mau datang ke rumah kami tolak tolakin karena ya masih gak nyaman aja rasanya.

Kalau tahun lalu aku seneng banget kan gak lebaran gitu. Tapi kalau tahun ini kok udah berasa bosennya. Udah berasa sepinya. Udah gak ngarep lagi seh bulan ini corona selesai, atau tahun ini atau tahun depan karena emang gak ada masa depannya, hahahaha. Tapi ya tetap kangen aja gitu suasana lebaran. Walaupun aku lihat di status teman-teman udah lebaran seperti sedia kala ya. Jadi ini hanya keputusan aku pribadi aja yang masih mau menahan untuk tidak berkumpul dengan orang yang jarang ketemu.

Wokey, udah gitu aja updatean puasa dan lebaran aku. Kalau kalian gimana puasa dan lebarannya? Masih sendiri atau udah rame-ramean?

Minal Aidin Walfaizin

Mohon Maaf Lahir dan Batin ya semuanya

bye

5 Comments

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s