Asia, Asia Tenggara, Langkawi, Malaysia, Review, traveling

Biaya Liburan ke Langkawi Malaysia


 

SkyBridge Oriental Village, Langkawi

Hiyaa, si irni lagi suka nulis tentang biaya liburan yak. Soalnya ternyata postingan seperti ini sangat meningkatkan jumlah pengunjung di blog aku, hahahahaha. Maafkan si irni yang fakir viewers tapi gak mau bekerja keras pake SEO dan tetek bengeknya segala yak 😛

Karena liburan terakhir aku adalah jalan-jalan ke Langkawi bulan April lalu, makanya sekarang aku bakalan memberikan informasi tentang berapa seh biaya yang harus dikeluarkan untuk satu kali liburan ke Langkawi selama 3 hari 3 malam. Berbeda dengan tulisan sebelumnya tentang biaya liburan ke Legoland dan Korea di mana aku menjabarkan biaya liburan untuk tiga orang. Kali ini aku akan menuliskan biaya liburan khusus untuk satu orang saja. Alasannya seh karena aku pergi kemaren serombongan gede yak. Jadi gak bakalan pas dengan kebutuhan orang pada umumnya.

Dan inilah rincian biaya yang perlu disiapkan untuk liburan ke Langkawi, Malaysia.

Tiket Pesawat

Tiket di atas adalah tiket aku berenam dari Pontianak – Kuala Lumpur – Langkawi dengan biaya perorang adalah sebesar Rp. 684.699,-. Aku sendiri sebenarnya pulang dari Langkawi langsung melanjutkan perjalanan ke Singapore dan pulang ke Pontianak lewat batam. Tapi, karena postingan ini khusus untuk liburan di langkawi, jadi aku asumsikan bahwa harga tiket pulang untuk tujuan Langkawi – Kuala Lumpur – Pontianak adalah kurang lebih sama sehingga untuk tiket pesawat PP Pontianak – Langkawi adalah Rp. 1.369.398,- menggunakan Air Asia sudah include bagasi dan makan.

Hotel

Untuk hotel sendiri kemaren aku nginep di Sesson Inn yang ada di daerah Kuah. Ini bukan masuk hotel seh yak, cuma kayak penginapan gitu. Jadi ada ruko yang dijadikan penginapan. Walaupun dari luar kelihatannya gak meyakinkan neh hotel 😛 tapi dalemnya lumayan kok. Kamarnya bersih dan gak sempit. Wifinya kenceng dan air panasnya ok. Tempatnya juga strategis karena deket dengan banyak tempat makan. Jadi kalau malem kelaperan gak susah untuk nyari makannya 😀

Harganya sendiri seperti yang ada digambar adalah Rp. 773.749 untuk tiga malam. Untuk ukuran aku yang tidurnya bertiga dengan 1 anak balita, hotel ini sangat lumayan deh.

Transportasi

Ini maksudnya adalah biaya sewa mobil dan isi bensin selama di Langkawi yak. Kemaren kami sewa mobil dari counter yang ada di bandara. Biaya sewanya sendiri adalah RM 170 untuk mobilnya dan RM 100 untuk isi bensinya. Jadi totalnya adalah Rp. 945.000,-

Sebenarnya kalau kalian jumlah orangnya lebih sedikit bisa sewa mobil yang kecil dengan harga yang lebih murah. Atau bahkan kalau perginya cuma berdua bisa juga sewa motor yang pasti lebih irit lagi yak. Kemaren karena kami isinya ada 5 orang dewasa dan 1 anak balita, jadi milih menyewa mobil avanza yang harganya termasuk rada mahal >.<

Biaya Makan

Untuk makan selama di Langkawi, rata-rata kami memilih untuk makan di tempat makan yang model prasmanan gitu. Harganya sendiri cendrung murah di sini. Sekali makan rata-rata untuk satu orang hanya menghabiskan RM 7-10 saja. Jadi kalau untuk biaya makan 3 hari 3 malam di Langkawi dengan asumsi makan di luar sebanyak 7 kali, biaya yang dihabiskan adalah sekitar Rp. 245.000,-

Rekreasi

SkyDome Langkawi

Namanya juga lagi liburan yak, pasti yang dituju adalah tempat rekreasi di Langkawi. Selama di Langkawi, kami mendatangi tempat rekreasi baik berbayar maupun yang gratisan. Kalau gratisan ini semacam Dataran Lang dan Pantai Cenang. Kalau tempat yang berbayar ada 2 lokasi yang kami datangi.

Pertama adalah Oriental Village. Sebenarnya masuk ke Oriental Village sendiri gratis. Tapi di dalam Oriental Village ini banyak atraksinya, di mana kami memilih satu paket aktraksi yang terdiri daria SkyCab, 3D Art dan 4D Dino dengan harga RM 55 (untuk anak harganya RM 40) dan juga membeli tiket untuk naik ke SkyBridge dengan harga RM 15 (untuk anak RM 10). Tempat rekreasi kedua adalah Underwater World Langkawi dengan harga tiket masuk sebesar RM 46 (RM 36 untuk anak-anak). Dari kedua tempat rekreasi itu, jumlah yang harus dibayar adalah sebesar Rp. 406.000,-

***

Total seluruh biaya untuk satu orang liburan ke Langkawi mulai dari tiket pesawat, makan, hotel, transportasi hingga tempat hiburan dalah Rp. 3.739.147,- Tentu biaya ini sangat amat bisa ditekan kalau kita emang liburan sendirian yak, bukan bareng keluarga kayak aku kemaren. Terutama yang bakalan jauh terasa adalah untuk biaya transportasi kalau diganti jadi sewa motor saja. Aku asumsikan, kalau beneran sendiri, untuk liburan ke Langkawi cukup dengan kurang dari 3000k, kita sudah bisa mengeksplore seluruh bagian dari pulau Langkawi.

Jadi, ada yang tertarik buat liburan ke Langkawi? :mrgreen:

 

Advertisements

28 thoughts on “Biaya Liburan ke Langkawi Malaysia”

  1. Di Malaysia memang nampaknya lumayan lazim ya Niee ruko dijadiin hotel/penginapan gitu. Dulu juga aku lumayan kaget pas penginapan-ku di Johor ternyata adalah ruko 😀 .

    Anyway, betul Niee. Dulu aku perginya ke Langkawi berempat (total) dan kami sewa mobil yang kecil gitu, dan seingatku sama sekali nggak mahal kok sewa mobilnya.

    1. lah emang gak kelihatan pas milihnya ko?

      Iya, kalau aku gak salah yang kecil itu cuma RM 40 aja. Ini aku sampe 70 gitu. beda hampir dua kali lipatnya.

  2. Aku pernah diajak ke Langkawi sama temen yg dr Malaysia, tapi cuma bentar, tamu ngikot aja deh, keburu explore tempat lainnya.
    Kalo lama2 di sana seneeng yaa, niee..

  3. Aduh, belum sempat ke Malaysia. Soalnya mindset yang tertanam, di sana nggak menarik :)) Ternyata setelah cari tahu sendiri lha kok NGGAK KALAH BAGUS! Wah, aku tertipu. Thank you infonya mba. Bisa jadi destinasi selanjutnya nih

    1. Malaysia itu klo urusan pariwisata keren bangrt loh. Minimal akomodasi, transportasi dan infrastrukturnya udah bagus banget. Jadi gak susa buat menuju ke tempat wisata di sana

Balas Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s